Tempat Wisata

Koka Beach Flores – atraksi, kegiatan, lokasi dan harga tiket

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 08.00-18.00 WITA, Alamat: Voloviro, Kec. Paga, Kab.Sikka, Nusa Tenggara Timur; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Apakah Anda sedang merencanakan liburan di Indonesia bagian timur? Ternyata keindahan alam di sana juga mampu memikat hati wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata alam yang ada memiliki pesona dan keunikan tersendiri. Salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Flores adalah Pantai Koka.

Banyak wisatawan yang memberi julukan pantai ini Pesona Pantai Tersembunyi di Maumere. Pantai dengan pemandangan indah ini masih terjaga kemurnian dan keasliannya karena belum banyak orang yang datang. Bagi wisatawan yang mencari pantai pribadi, pantai cantik ini bisa jadi pilihan.

Letak pantai yang masih tersembunyi memberikan kesan sepi dan damai. Anda semakin penasaran dengan keindahan Pantai Koka, jangan jauh-jauh karena kami akan membahas tentang objek wisata pantai, alamat dan rute, biaya masuk serta fasilitas dan aktivitas menarik yang dapat dilakukan di pantai.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Koka

Obyek wisata Pantai KokaSumber gambar: Google Maps Arianky Eldavi

1. Diapit oleh dua bukit

Pantai Koka disebut sebagai pantai yang masih tersembunyi selain lokasinya yang belum banyak diketahui orang. Tentunya pantai ini sebenarnya tersembunyi dengan adanya dua buah bukit yang mengapitnya di kanan dan kiri. Ada dua bukit kecil di kedua sisinya, yaitu Bukit Rodja dan Bukit Ndata Sare.

2. Pasir pantai putih

Pantai indah ini menawarkan pemandangan luar biasa yang dipadukan dengan pasir putih di tepiannya. Birunya air laut dan eksotiknya terumbu karang yang bisa dilihat langsung dari permukaan air menambah kesan WOW pantai ini. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, suara ombak akan bercampur dengan keindahan yang ada disana.

3. Pantainya melengkung membentuk angka 3

Daya tarik pantai indah selanjutnya adalah bentuknya yang melengkung membentuk angka 3 jika dilihat dari atas atau dengan drone. Bentuk pantai yang melengkung ini memberikan Anda pemandangan tidak hanya pantai yang luas tetapi juga area perbukitan yang hijau.

4. Ombak pantai mencapai ketinggian 1,5 meter

Bagi wisatawan yang memiliki hobi selancar atau surfing, kegiatan tersebut bisa dilakukan di Pantai Koka karena ombak di pantai cantik ini cukup besar dan bisa mencapai setinggi 1,5 meter. Hembusan ombak ini diperkuat dengan adanya tebing bebatuan di pinggir pantai yang akan semakin mendorong wisatawan untuk berselancar.

5. Keindahan terumbu karang bawah laut yang mempesona

Jernihnya air pantai memungkinkan wisatawan untuk mengamati secara langsung terumbu karang dan biota laut yang berada di sana hanya dari permukaan air. Untuk menjelajahi keindahan bawah laut yang penuh warna lebih dekat, wisatawan bisa snorkeling di pantai eksotis ini.

6. Gua Batu di Bukit Rodja

Wisatawan tak hanya bisa bermain air di Pantai Koka, tapi juga bisa berpetualang di gua-gua yang ada di Bukit Rodja. Nama goa batu ini adalah Lia Wio yang memiliki kedalaman sekitar 500 meter. Di langit-langit gua terdapat bebatuan yang sangat indah. Gua ini bisa dijelajahi saat air laut surut.

7. Kamp Tentara Jepang

Tempat menarik berikutnya di kawasan pantai ini adalah sebuah bangku di kaki bukit Ndate Sare. Bangkar ini merupakan peninggalan yang digunakan oleh Tentara Jepang selama Perang Dunia II. Bangka memiliki kedalaman sekitar 50 meter tempat penyimpanan senjata dan tank.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Pantai KokaKredit foto: Google Maps Virgile Genoud

Seperti namanya, Pantai Koka terletak di Kota Maumere, Flores. Terkenal dengan keindahannya, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata alam pantai di Nusa Tenggara Timur. Di akhir pekan, banyak warga lokal dari Kecamatan Paga dan Kabupaten Sikka menjadikan pantai ini sebagai tujuan berlibur.

Lokasi pantai ini berjarak sekitar 2 kilometer dari jalan raya Trans Flores. Jika Anda mengikuti jalan Trans Flores menuju Maumere menjelang akhir, Anda akan menemukan papan petunjuk di sisi kiri jalan yang menunjukkan keberadaan Pantai Koka. Dari Maumere sendiri, pantai indah ini berjarak sekitar 35 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil.

Untuk menuju pantai eksotis ini, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi karena akses transportasi umum belum tersedia. Jika Anda tidak memiliki kendaraan sendiri, Anda bisa memanfaatkan rental mobil atau motor Kota Maumere.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai KokaKredit foto: Google Maps Ti Ma

Wisatawan harus membayar biaya dua kali lipat untuk masuk ke Pantai Koka. Kedua biaya tersebut adalah biaya masuk dan biaya parkir. Di gerbang bawah atau dikenal juga dengan Welcome Gate, dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Setibanya di pantai, wisatawan diminta membayar biaya parkir. Biaya parkir adalah Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat. Ada baiknya wisatawan menyiapkan budget yang lebih besar untuk mengunjungi kawasan pantai terlebih dahulu.

Harga tiket yang dikeluarkan masih terjangkau untuk lokasi tempat wisata yang super keren ini. Manajemen terus berupaya memberikan kemudahan akses dan meningkatkan fasilitas agar pengunjung semakin betah berada di lokasi ini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Koka

Kegiatan wisata Pantai KokaSumber gambar: Google Maps Modellapa. seni

1. Main renang air di pantai

Saat musim liburan, banyak warga lokal maupun wisatawan yang memanfaatkan Pantai Koka untuk berlibur bersama keluarga. Di pantai ini anak-anak dan orang dewasa bisa berenang di air laut.

Bermain air sepuasnya tanpa takut tersapu ombak karena pantai ini tidak memiliki ombak yang terlalu tinggi di bibir pantai, anak-anak tetap harus diawasi oleh orang tuanya.

2. Menikmati panorama Pantai Koka

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan liburannya dengan santai, duduk diam di pinggir pantai sambil menikmati panorama bisa menjadi hal yang mengasyikkan. Ada banyak kursi gratis di tenda toko. Duduk santai ditemani kopi hangat, jagung bakar yang nikmat bisa jadi pilihan.

3. Selfie menyenangkan

Kegiatan liburan merupakan acara yang tidak bisa dilakukan setiap saat, apalagi bisa mengunjungi pantai eksotik ini. Abadikan semua momen selama liburan Anda di pantai dengan foto dan selfie. Jangan lewatkan momen berharga. Latar belakang pemandangan pantai yang indah bisa menjadi latar belakang foto yang indah.

4. Pendakian gunung

Seperti halnya aktivitas petualangan, pengunjung juga bisa merasakan sensasi mendaki bukit saat berkunjung ke Pantai Koka. Ada dua bukit di kanan dan kiri pantai yang bisa dipilih pengunjung. Bukit Rodja yang menawarkan keindahan alam dan Bukit Ndate Sare yang menawarkan misteri wisata sejarah.

5. Petualangan di dalam gua

Kedua bukit yang mengapit kawasan pantai ini memiliki gua. Kedua gua ini tidak banyak ditemukan sebelum seorang turis Belanda mencoba memasuki gua di Bukit Rodja pada tahun 1992 tetapi hanya berhasil mencapai kedalaman 50m.

6. Berjemur manis di pantai

Perbedaan pantai di Flores dengan pantai lainnya adalah intensitas sinar matahari. Seperti yang kita tahu, berjemur adalah kegiatan umum di kawasan pantai bagi wisatawan yang menginginkan kulit eksotis yang mempesona. Berjemur di pantai ini akan terasa seperti memiliki pantai pribadi, lho.

7. Olahraga pantai

Wisatawan yang datang bersama rombongan bisa memanfaatkan liburan di pantai untuk berolahraga. Ada berbagai olahraga yang bisa Anda lakukan di pantai seperti voli pantai, sepak bola pantai, lari dan lain-lain. Tentunya untuk berolahraga di pantai ini, pengunjung harus membawa peralatan sendiri.

8. Snorkling

Melihat keindahan alam bawah laut merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pantai Koka. Terumbu karang, ikan, dan biota laut yang berwarna-warni dapat ditemukan di laut. Keindahan alam bawah laut pantai nan indah ini masih terjaga dengan sangat baik.

9. Berselancar atau Berselancar

Wisatawan yang menyukai aktivitas pantai yang memacu adrenalin bisa memilih surfing atau selancar. Ombak di tengah pantai ini cukup tinggi, mencapai 1,5 meter, yang tentunya cukup kuat untuk dihantam papan selancar.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas wisata Pantai KokaKredit foto: Google Maps Ti Ma

Berbagai fasilitas seperti tempat parkir mobil, sejumlah paviliun sederhana, warung makan di pinggir pantai dan homestay juga tersedia. Untuk fasilitas toilet, Anda bisa menggunakan fasilitas yang disediakan di area kabin penghuni.

Pantai Koka juga menawarkan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap di kawasan pantai. Biasanya, keluarga tuan rumah adalah turis asing yang ingin tinggal lebih lama di dekat pantai.

Meski warung makan yang tersedia tidak semewah di restoran, pengunjung sudah bisa menikmati makanan dan minuman segar di sini. Ada kelapa muda yang buahnya dipetik langsung dari pohonnya, dan minuman ringan.

Pesona pantai tersembunyi Maumere Flores memang cocok dengan Pantai Koka ini. Keindahan alam dan kecantikan yang masih terjaga akan memikat setiap orang yang melihatnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button