Tempat Wisata

Masjid Raya Batam: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Masjid Agung Batam memiliki daya tarik yang begitu kuat sehingga mengundang wisatawan seperti anda untuk berkunjung. Masjid yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya oleh warga Batam ini merupakan pusat kegiatan dan tujuan wisata. Masjid ini menjadi ikon bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Bentuk bangunannya yang berbeda dengan masjid lainnya menjadi daya tarik wisatawan. Bentuk kubah piramidal persegi panjang tiga bagian membedakannya dengan bentuk kubah lainnya. Fondasi berbentuk balok persegi memperkuat masjid ini.

Masjid dari dalam pun tak kalah indahnya dengan bangunan masjid dari luar. Masjid ini memiliki mimbar berbentuk limas terbalik, lampu-lampu indah di dalamnya, dan wastafel di koridor masjid berlantai bata merah.

Selain itu, masjid ini menjadi tempat fokus aktivitas. Mulai dari kegiatan sosial, pendidikan, keagamaan dan ukhuwa hingga kegiatan budaya untuk menyebarkan Islam di masjid ini. Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah, namun juga untuk melakukan aktivitas.

Masjid ini mampu menampung hingga 3.500 jamaah, namun jika jemaah memenuhi halaman masjid mampu menampung 15.000 jamaah. Jumlah jamaah dari masjid sendiri akan bertambah menjelang Idul Fitri.

Bepergian dan belajar tentang sejarah pada saat yang bersamaan

Masjid dengan luas 7000 meter persegi ini dibangun pada tahun 1999 oleh seorang arsitek ternama. Draf pertama diterbitkan pada tanggal 13 Agustus 1997 oleh Ir. Achmad Nou’man terkenal dengan masjidnya seperti Masjid Salman di kampus ITB Bandung, Masjid Syekh Yusuf di Cape Town (Afrika Selatan) dan Masjid Muhammad Suharto di Sarajevo (Bosnia).

Hasil karya Arsitek Seribu Masjid sangat unik, sehingga pada saat pembangunan masjid di Batam, arsitek menyerahkan gambarnya kepada BJ. Habibie dan Pak BJ. Habibie kini memilih desain masjid.

Baca Juga: Wisata Makam Temenggung Abdul Jamal dengan Sekilas Peninggalan Kesultanan Riau

Masjid Agung Batam memiliki kubah berbentuk limas segi empat yang terbagi menjadi tiga bagian. Masing-masing bagian melambangkan simbol perjalanan manusia, yaitu alam kandungan, alam dunia, dan alam akhirat. Lebih khusus lagi, hubungan antara manusia dengan dewa-dewanya.

Sedangkan pondasi kokoh berupa balok-balok persegi yang dipadukan dengan limas persegi panjang yang sangat kokoh merupakan salah satu prasyarat penguatan keimanan. Selain itu, ruang ini juga memberikan ruang lebih banyak bagi jamaah untuk beribadah di masjid.

Fasilitas Masjid Raya Batam

Bagi anda yang akan mengunjungi kami Masjid Agung Batam Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas masjid. Masjid ini memudahkan penyandang disabilitas untuk mengunjungi masjid dengan adanya ramp yang mengarah ke aula utama masjid.

Lantai satu masjid nantinya akan dijadikan tempat warung. Kios ini diperuntukkan bagi para pedagang yang membuka tokonya. Misalnya toko buku, toko jamu, toko busana muslim, serta toko makanan dan minuman ringan.

Setelah itu ruangan di lantai 1 juga digunakan sebagai kantor, perpustakaan, Klinik As-Syifa dan kantor Lembaga Pengkajian Makanan dan Obat-obatan, kantor Lembaga Amil Zakat (LAZ) MRB, dll. Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI). Batam.

Ada tempat di mana kurban dapat dipersembahkan yang disebut tempat kurban. Tempat ini digunakan untuk penyembelihan hewan kurban dan dilengkapi dengan saluran pembuangan agar tempat selalu bersih. Selain itu, lahan parkirnya pun cukup luas dan mampu menampung 158 mobil, 9 bus, 140 kendaraan bermotor bahkan kendaraan VIP.

Berburu foto di Masjid Agung Batam

berburu foto Masjid Agung Batam Caranya dengan melihatnya dari luar masjid dengan latar belakang bangunan masjid. Sementara itu, setiap detail di dalam masjid bisa diabadikan.

Akses ke Masjid Raya Batam

Karena masjid ini menjadi pusat keramaian, maka untuk mencapai masjid ini cukup mudah sehingga aksesnya pun tidak akan terlalu menyulitkan Anda. Anda dapat mencapai masjid ini dengan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi.

Tips Berwisata ke Masjid Raya Batam

Saat mengunjungi Masjidil Haram, kenakanlah pakaian pantas yang tertutup dan tidak terbuka saat mengunjungi tempat ibadah. Perhatikan setiap kata yang Anda ucapkan. Berbicara terlalu keras akan mengganggu komunitas lain dan berbicara kasar sangatlah tidak sopan.

Peta lokasi Masjid Raya Batam

Jam buka Masjid Raya Batam dan tarif masuk

Tidak ada jam buka tetap yang ditetapkan oleh pihak manajemen Masjid Agung Batam bagi anda yang berkunjung. Anda bisa datang kapan saja tanpa batasan waktu dan tidak ada harga tiket yang dibebankan kepada pengunjung.

Galeri Foto Masjid Raya Batam

Potret Masjid Agung Batam

Berburu foto di halaman masjid
Ibadah di Masjid Agung Batam
Keindahan Masjid Agung Batam
Sunset di Masjid Agung Batam
Potret udara Masjid Raya Batam pada malam hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button