Tempat Wisata

Pantai Bosur, pantai indah dengan panorama alam yang indah di tengah kota Tapanuli

Pantai Bosur adalah nama lain dari Pantai Indah Pandan. Pesonanya sangat epik dengan berbagai fasilitas yang memadai. Sebelum ke sana, baca dulu reviewnya!

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Dibawah Kec. Pandan, Kab.Tapanuli Tengah, Sumatera Utara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Indonesia adalah negara maritim dengan banyak pantai yang menakjubkan. Di Tapanuli Tengah ada satu yang menjadi tujuan wisata unggulan yaitu Pantai Bosur. Namanya mungkin cukup aneh. Tapi jangan salah, ternyata banyak sekali turis dari dalam dan luar negeri yang datang ke sini.

Mereka biasanya mengisi pantai pada hari libur dan akhir pekan. Sebenarnya Tapanuli Tengah masih memiliki banyak tempat wisata bertema gunung, perbukitan dan lain sebagainya, namun pantai ini tetap menjadi idola.

Panorama alam yang tersaji pasti tidak akan mengecewakan para pengunjung. Sebaliknya, mereka dimanjakan dengan suasana yang layak dan mampu menyegarkan jiwa. Berikut ulasan lengkapnya!

Daya Tarik Pantai Bosur

Objek wisata Pantai BosurSumber gambar: Google Maps usman riau

Saat seseorang sedang berlibur, tentunya ingin bersantai dan mencari ketenangan. Sayangnya, tidak semua kebutuhan tersebut dapat dipenuhi. Destinasi wisata alam yang paling diminati selain pegunungan adalah pantai karena dipercaya dapat meningkatkan mood dan semangat.

Kini setiap pantai pasti memiliki pesona tersendiri yang menjadikan keunikan atau kekhasan tempat tersebut. Berikut beberapa daya tarik Bosur:

1. Pertahankan sejarah yang menarik

Ada fakta menarik kenapa pantai ini akhirnya dinamakan Bosur. Bosur sendiri merupakan nama yang diambil dari gabungan nama bupati Tapanuli Tengah, yaitu Bondara Situmeang, dan wakil bupatinya, Sukran Tanjung.

Memang, saat diadakan pemilihan walikota, nama mereka disingkat menjadi Bosur. Namun karena waktunya sudah habis dan masyarakat setempat ingin memperbaiki masalah tersebut, nama tersebut dihapus dan diganti dengan Pantai Indah Pandan atau PIP.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah mengubah nama tersebut sebagai tindak lanjut dari aspirasi masyarakat setempat. Harapannya agar pantai ini semakin dikenal dengan nama yang indah.

Jadi sebelum bernama Bosur dan berganti nama, pantai ini bernama Pantai Kahona dan akhirnya berganti nama pada tahun 2019.

2. Pantai Bosur mendapat perhatian khusus

Pantai Bosur atau PIP mendapat perhatian khusus baik dari pemerintah maupun masyarakat setempat. Ini dibuktikan dengan antusiasme perubahan nama yang dijelaskan sebelumnya.

Pantai ini memang tergolong masih muda karena baru diresmikan sekitar tahun 2013 lalu. Seiring berjalannya waktu, pihak pengelola pariwisata memperbaiki dan merawat fasilitas agar wisatawan bisa merasa nyaman di sini.

Terdengar kabar bahwa pemerintah setempat siap merogoh kocek sekitar 12 miliar untuk membuat tampilan browser semakin sempurna. Beberapa fasilitas tambahan adalah tempat bermain anak, perahu, jet ski, banana boat, food court dan masih banyak lagi.

Selain itu juga dibangun masjid terapung yang juga menambah deretan masjid lainnya seperti yang ada di pantai Losari Makassar. Pemerintah juga memasang tanda besar “Saya Cinta Tapeng” di Bosur. Hal ini mendukung bukti bahwa pesona pantai ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

3. Panorama alam yang indah

Pantai ini terkenal dengan panoramanya yang indah. Namun, Pantai Bosur memiliki satu nilai plus. Hamparan pasir putih terhampar dari ujung ke ujung. Dan pantai ini dekat dengan rumah penduduk setempat, sehingga pengunjung di sepanjang garis depan akan melihat banyak penduduk setempat melakukan aktivitas sehari-hari.

Air lautnya sangat biru. Saat cuaca cerah, pemandangan awan dan air menjadi satu kesatuan yang sangat menyegarkan mata setiap orang yang melihatnya.

Meski pantai ini berganti nama, namun tidak menyurutkan niat wisatawan untuk mengunjunginya. Apalagi saat ini masih dilakukan renovasi yang membuat pantai ini semakin layak untuk dikunjungi.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Tiket masuk Pantai BosurKredit Foto: Kura-kura Bersayap Google Maps

Seperti yang sudah disebutkan, Pantai Bosur terletak di Sumatera Utara. lebih tepatnya di Sibolga Kabupaten Tapanuli Tengah. Situs tersebut ternyata diapit oleh posisi koordinat yang sangat strategis. Kawasan ini juga dikelilingi oleh beberapa pulau yang indah.

Contohnya Pulau Sarudik, Poncan, Mursala dan masih banyak lainnya. Tak heran jika pantai ini disebut Balinya Sumatera Utara karena keindahannya dan banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk mengunjunginya.

Untuk menuju tempat ini, wisatawan perlu mengarahkan kendaraannya ke Desa Kalangan di Kecamatan Pandan. Ada tiga jalur yang bisa dilalui yaitu jalur darat, udara dan laut:

1. Telepon rumah

Wisatawan dapat memulai perjalanannya saat berada di kawasan Tapanuli Utara. Arahkan kendaraan ke arah Sibolga lalu lanjut ke Barus. Jalan terus sampai ketemu Jalan Ade Irma Suryani dan Jalan Sutoyo Siswomiharjo.

Lokasi pantai ini sangat dekat dengan jalan raya. Para wisatawan biasanya menggunakan fitur Google Maps pada ponselnya masing-masing dan tentunya sangat mudah dikenali.

2. Pernafasan

Yang kedua adalah saluran udara. Wisatawan bisa berhenti di Bandara Kuala Namu kemudian melanjutkan dengan bus umum untuk langsung menuju lokasi.

3. Jalur laut

Yang ketiga adalah jalur laut. Para wisatawan harus terlebih dahulu tiba di pelabuhan Belawan. Lanjutkan ke Terminal Amplas dan naik bus ke Terminal Tarutung. Bus membawa wisatawan ke pintu masuk pantai.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket masuk yang akan dikenakan saat Anda tiba di tempat ini adalah:

informasi Harga
tiket masuk Rp5.000
Parkir kendaraan roda dua Rp3.000
parkir kendaraan roda empat Rp5.000

Harga tiket di atas terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan panorama indah yang Anda dapatkan. Jangan lupa siapkan budget ekstra untuk menikmati kuliner di sekitar pantai.

Aktivitas menarik di pantai Bosur

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai BosurKredit foto: Google Maps Wendryk Pangaribuan

Mengetahui ulasan di atas, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Bosur? Mengingat daya tariknya, sulit dipercaya:

1. Bepergian dengan perahu

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah berkeliling pulau dengan perahu yang disediakan oleh pemandu. Wisatawan akan melihat Batu Gajah dan Batu Lubang yang terletak di ujung teluk.

2. Menikmati matahari terbenam

Sudah bukan rahasia lagi kalau pantai adalah tempat terbaik untuk menikmati sunset. Di sini juga, pengunjung bisa menyaksikan matahari terbenam yang indah.

Tampilan warna kuning keemasan dan jingga yang disandingkan dengan udara semilir memang tak boleh dilewatkan.

3. Bermain air dan berenang

Karena ombak di Pantai Bosur cukup landai, wisatawan diperbolehkan untuk berenang dan bermain air. Tapi tetap keamanan, terutama bagi yang mengajak anak-anak.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas pantai BosurKredit foto: Google Maps mel sagala

Pengelola pantai cantik ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Parkir luas untuk roda dua dan empat.
  • Ada gazebo untuk makan dan bersantai.
  • Toilet bersih dan memadai.
  • ruang ganti.
  • Kursi santai di pantai.
  • wisata olahraga air
  • Berbagai tempat kuliner seperti restoran dan warung makan sederhana.

Pantai Bosur memang tidak boleh dilewatkan. Apalagi saat ini sudah banyak renovasi dan pembaruan yang dilakukan oleh pemerintah dan warga setempat demi kenyamanan pengunjung untuk berwisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button