Tempat Wisata

Pantai Cacalan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang beruntung memiliki letak geografis yang menjadikan tempat ini menawarkan banyak spot wisata pantai yang indah dan banyak digemari wisatawan dalam dan luar negeri. Faktanya, satu lagi objek wisata baru muncul di sana tahun ini.

Objek wisatanya adalah Pantai Cacalan. Pantai yang terletak di Sukowidi, Desa Klatak, Kecamatan Kalipuro ini rupanya diinisiasi oleh Kelompok Sadar Wisata Lingkungan (Pokdarwis) setempat. Pemandangan yang didapat dari tempat ini memang menarik, tidak hanya indahnya pasir pantai yang cocok untuk berlari dan bermain, namun birunya air laut Selat Bali yang berkilauan diterpa sinar matahari juga sangat sayang jika dilewatkan.

Angin di Pantai Cacalan juga terasa sejuk dan sepoi-sepoi, cocok bagi anda yang ingin bersantai di atas pasir pantai dan melihat dari kejauhan pesona indah Selat Bali yang sesekali dihiasi dengan penampakan beberapa perahu nelayan. .

Meski merupakan objek wisata yang baru dibuka, Pantai Cacalan nampaknya dengan cepat menarik perhatian penduduk setempat yang hampir setiap hari berbondong-bondong datang ke pantai ini. Menurut penjaga pantai, hampir 500 pengunjung bisa datang setiap hari dari berbagai kalangan, termasuk anak-anak, pasangan muda, dan orang tua. Rupanya mereka tak mau melewatkan keindahan objek wisata yang baru dibuka ini.

Pengunjung yang datang ke Cacalan diperbolehkan untuk bermain air laut atau sekedar mencari makhluk laut seperti umang di pinggir pantai.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati panorama Selat Bali dan melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti memancing dan berenang di pantai. Pemandangan semakin indah dengan hadirnya pohon palem yang berjejer di pinggir pantai.

Saat ini semakin banyak orang yang mengunjungi pantai ini terutama pada pagi dan sore hari. Bagi Anda yang ingin menikmati deburan ombak dan keindahan pantai, Pantai Cacalan adalah tempat liburan yang sempurna bersama keluarga dan teman. Selain itu, pada bulan Agustus 2017 juga diadakan acara musik jazz tahunan di pantai ini yang dimeriahkan oleh banyak musisi tanah air. Hal ini tentu saja membuat nama Pantai Cacalan semakin dikenal luas, khususnya bagi masyarakat di luar Banyuwangi atau Jawa Timur. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengajak keluarga, teman, dan pasangan berlibur ke pantai ini.

Fasilitas di Pantai Cacalan

Meski merupakan objek wisata yang baru dibuka untuk umum beberapa bulan lalu, namun fasilitas di Pantai Cacalan semakin ditingkatkan untuk menarik lebih banyak wisatawan. Fasilitas yang bisa Anda nikmati antara lain:

– Tempat peristirahatan umum

Anda yang ingin bermain pasir pantai atau mungkin berenang di laut tidak perlu khawatir mencari tempat untuk membilas diri karena terdapat dua toilet umum dan ruang ganti.

– Masjid

Bagi pemeluk agama Islam yang ingin segera menunaikan ibadah salat juga bisa langsung mengunjungi musala yang dibangun berbentuk unik rumah panggung serta dilengkapi sarung dan mukena.

– Kantin/bilik

Apakah Anda sengaja tidak membawa bekal makan siang karena malas menyiapkannya lalu merasa lapar di tengah aktivitas? Buatlah diri Anda nyaman, di sekitar pantai terdapat banyak warung atau kantin tempat Anda bisa membeli makanan ringan, makanan berat, dan minuman. Harganya juga cukup terjangkau.

– payung

Pantai ini juga memiliki beberapa payung berukuran besar yang tersebar di beberapa tempat. Hal ini tentu saja sangat membantu pengunjung yang mencari keteduhan ketika sinar matahari mulai menyinari kulit.

– Paviliun

Selain payung, Pantai Cacalan juga memiliki beberapa pendopo tempat Anda bisa bersantai bersama keluarga sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah.

– Perahu wisata

Ingin lebih menikmati pemandangan Selat Bali? Kemudian Anda bisa menyewa perahu wisata yang cukup murah untuk menjelajahi kawasan sekitar pantai.

– Memberi makan ikan

Selain wisata perahu wisata, Anda juga bisa menikmati aktivitas lain di pantai ini, seperti memberi makan ikan di kolam yang dibuat oleh Pemerintah Pantai Cacalan. Ikan-ikan di kolam juga indah untuk dilihat.

Berburu foto di Pantai Cacalan

Di Pantai Cacalan, Anda yang tertarik dengan seni fotografi bisa mengambil foto dari tempat-tempat menarik. Pemandangan Pulau Bali dari kejauhan kontras dengan birunya Selat Bali yang mengelilinginya pasti sangat menarik untuk diabadikan dan kemudian diposting di media sosial anda agar banyak orang yang mengetahui keindahan Pantai Cacalan.

Selain itu, ada tempat yang juga sering digunakan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berfoto bersama teman atau sekadar bersenang-senang: ayunan di pinggir pantai. Anda bisa meminta orang lain untuk mengambil foto Anda saat Anda sedang berayun dengan latar belakang laut yang indah.

Baca juga: Agrowisata Glantangan, temukan segudang keseruan di tengah alam yang indah

Akses menuju Pantai Cacalan

Jika anda berada di kota banyuwangi, anda hanya perlu mengambil jalur menuju Ketapang lalu melewati perempatan lampu merah Sukowidi. Setelah lampu merah Anda akan melewati pompa bensin dan kemudian garasi. Pintu masuk Pantai Cacalan ada di depan bengkel. Terdapat tanda bertuliskan “Pantai Cacalan” maka anda tinggal mengikuti jalan tersebut langsung menuju pantai.

Biaya masuk ke Pantai Cacalan

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Pantai Cacalan

  • Buka setiap hari dari jam 4 pagi sampai jam 10 malam

Tips berlibur di Pantai Cacalan

  • Jangan lupa membawa makanan dan minuman
  • Jika Anda tidak menyukai terik matahari, datanglah lagi pada sore hari
  • Gunakan tabir surya
  • Awasi anak Anda saat mereka bermain di pantai

Galeri foto Pantai Cacalan

Selamat datang di Pantai Cacalan
Potret Pantai Cacalan di pagi hari
Potret hutan bakau di pantai
Fasilitas saung untuk istirahat
Bersantai di Pantai Cacalan
KRI Golok-688 di Pantai Cacalan
Sunset di pantai Cacalan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button