Tempat Wisata

Pantai Cipatujah Tasikmalaya – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Temukan eksotisme Pantai Cipatujah di Tasikmalaya, destinasi wisata bahari populer yang memberikan kejutan dengan pesona alamnya, sembari menikmati atraksi balap kerbau yang unik dan menarik di tepi pantai.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Cipatujah, Kab.Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Pantai Cipatujah merupakan destinasi pantai dengan kontur yang landai. Luas pantainya sekitar 115 hektar dan ditutupi pasir besi yang eksotis. Pantai di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ini menjadi tujuan liburan populer para wisatawan. Pemandangannya yang menawan tidak akan pernah membuat Anda bosan.

Pantai eksotik di Tasikmalaya ini tidak hanya unik karena memiliki hamparan pasir besi namun juga memiliki pesona terumbu karang yang indah. Banyak ikan yang bertelur di bebatuan karang tersebut.

Sebagai wisatawan yang berkunjung ke Tasikmalaya, jangan lupa untuk menikmati pesona Pantai Cipatujah yang sedang populer. Sesampainya di pantai, Anda akan disuguhi pemandangan laut yang luas. Pasirnya yang lembut dan angin pantai yang sepoi-sepoi.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Cipatujah

Daya Tarik Pantai CipatujahSumber gambar: Ayam Goreng Google Maps

1. Suasana pantai yang tenang

Pantai Cipatujah menjadi destinasi liburan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan nyaman. Hal ini dikarenakan pantai ini tidak begitu ramai pengunjung. Apalagi di hari biasa, suasana pantai relatif tenang dan tenang.

Perkebunan kelapa yang luas di pinggir pantai membuat suasana semakin asri. Anda bisa menikmati pemandangan pepohonan berkelok-kelok yang tertiup angin segar pantai. Seolah mengajak Anda untuk mengikuti aktivitas menari di pantai indah ini.

2. Atraksi Balapan Kerbau

Keunikan Pantai Cipatujah adalah wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan kerbau. Meski tidak terjadi setiap hari, namun banyak wisatawan yang menantikan momen ini.

Kerbau-kerbau yang terlibat dihias dengan indah, layaknya pacuan sapi di Madura. Dua ekor kerbau yang berdampingan diikatkan pada sebuah gerobak kayu. Lalu ada seorang pawang yang siap memberikan perintah kepada kerbaunya.

3. Terumbu karang masih terlindungi

Di pantai ini wisatawan bisa mengagumi keindahan terumbu karang yang masih terjaga. Anda bahkan bisa menemukan ikan-ikan cantik bertelur di celah-celah terumbu karang ini.

Ikan-ikan kecil lucu menyerupai bayi ikan juga tumbuh subur di balik indahnya terumbu karang. Pemandangan ini akan membuat anda betah dan tentunya menyenangkan juga.

4. Pasir berwarna hitam kecoklatan

Umumnya pasir di pantai ini berwarna putih atau hitam. Namun pemandangan berbeda menanti wisatawan di Pantai Cipatujah. Luas wilayah pasir besinya cukup jauh.

Mungkin sekilas namanya cukup ekstrim bukan? Namun pasir ini tidak setajam yang Anda bayangkan. Pasir besi ini memiliki warna kehitaman dan tekstur lembut. Telapak kaki Anda terasa seperti sedang menginjak butiran debu halus berpasir.

5. Banyak spot foto yang Instagrammable

Wisatawan pecinta dunia fotografi tentu tidak akan melewatkan setiap sudut Pantai Cipatujah yang menawarkan panorama fantastis. Anda dapat menatanya sesuai selera Anda dalam semua jenis gaya.

Spot foto yang paling banyak diminati wisatawan tak lain adalah hamparan lautan biru luas yang membentang hingga tak terhingga. Selain itu, panorama matahari terbit dan terbenam juga menjadi momen yang tak terlupakan untuk diabadikan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai CipatujahKredit foto: Google Maps Viver Brabo

Sesuai dengan namanya, Pantai Cipatujah terletak di Desa Cipatujah, kecamatan yang sama yaitu Cipatujah. Lebih populer di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jarak ke pusat kota Tasikmalaya sekitar 74 kilometer.

Pantai mempesona ini berjarak sekitar 97 kilometer dari Pantai Pangandaran. Wisatawan dapat dengan mudah mencapai pantai selatan melalui jalan darat.

Wisatawan bisa menuju pantai ini melalui tol Cileunyi. Setelah keluar tol ambil arah lewat jalur Nagrek. Selanjutnya menuju Kota Tasikmalaya. Sesampainya di Tasikmalaya, Anda bisa menyusuri jalan berkelok-kelok dan menikmati pemandangan indah di kedua sisinya.

Jika wisatawan ingin menggunakan angkutan umum untuk menuju pantai indah ini, terdapat rute yang berbeda-beda. Anda bisa naik bus tujuan Bandung-Tasikmalaya dari Terminal Cicaheum. Sesampainya di Terminal Tasik, Anda bisa naik bus menuju Tasikmalaya Cipatujah.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk menikmati eksotisme Pantai Cipatujah, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Tidak ada perbedaan biaya masuk untuk dewasa dan anak-anak.

Selain itu, harga tiket tetap sama meskipun pada hari libur atau akhir pekan. Wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai dari pagi hingga sore hari. Karena tur ini berlangsung sepanjang waktu.

Aktivitas yang menyenangkan

Berbagai aktivitas seru di Pantai CipatujahSumber gambar: Google Maps Partho Djjojodihardjo

1. Nikmati pemandangan pantai yang menakjubkan

Setiap pantai menawarkan karakteristik pemandangan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan Pantai Cipatujah. Pemandangan alamnya sangat memanjakan mata.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan laut biru dilengkapi pasir hitam eksotis di pinggir pantai. Ombaknya cukup tinggi sehingga ombak seolah-olah bergulung dan berkejaran menuju bibir pantai. Wisatawan yang melihatnya pasti akan merasa lebih tenang dan damai.

Di sekitar pantai juga terlihat pepohonan hijau yang asri dengan kanopi dedaunan. Kawasan ini merupakan lokasi perkebunan dengan pepohonan yang melimpah. Seolah menambah suasana pantai, terasa lebih sejuk.

2. Berburu Kuliner

Wisatawan tidak hanya bisa menikmati sejuknya pemandangan Pantai Cipatujah, tapi juga mencari kuliner di warung-warung sekitar pantai. Ada beberapa menu lezat khas pantai. Mulai dari seafood hingga ikan bakar dengan sambal yang berbeda-beda.

Minuman yang selalu populer di kalangan wisatawan adalah kelapa muda. Sebagai pelepas dahaga di cuaca panas.

3. Kunjungi Atraksi Balap Kerbau

Jika berkunjung di waktu yang tepat, Anda bisa menyaksikan atraksi balap kerbau yang menampilkan beberapa peserta lokal dan luar kota. Sorakan antusias warga sekitar dan wisatawan pun terdengar.

Hal ini membuat suasana pantai terkesan lebih ramai dari biasanya, kerbau-kerbau tersebut dihias dengan indah sehingga menarik wisatawan untuk melihatnya. Wisatawan juga bisa belajar cara menunggangi kerbau yang benar di sini. Tentu saja ada pengawas yang menjalankannya.

4. Selfie di Pantai Cipatujah

Berfoto di tempat yang stagnan tentu menjadi aktivitas yang sayang untuk dilewatkan. Wisatawan bisa mengambil angle yang keren untuk mengambil gambar atau foto yang keren. Kemudian bisa diunggah ke beranda media sosial sebagai penambah koleksi momen liburan Anda.

5. Carilah ikan di bebatuan karang

Di sekitar Pantai Cipatujah terdapat bebatuan yang dilengkapi dengan terumbu karang. Kondisi terumbu karang di pantai ini masih sangat sehat. Maka tak heran jika Anda melihat ikan-ikan kecil dengan warna berbeda-beda.

Wisatawan bisa memancing atau menjaring ikan di kawasan ini. Yang terpenting jangan merusak habitat atau membunuh ikan dengan bahan kimia.

6. Menyaksikan matahari terbenam di sore hari

Suasana senja seiring terbenamnya matahari memang menjadi daya tarik yang patut dinantikan. Wisatawan bisa melihat cahaya kemerahan yang memenuhi area pantai. Matahari perlahan tenggelam di balik lautan luas yang tak berbatas.

Suasana cerah berangsur-angsur menjadi lebih gelap. Menandakan hari sudah berganti malam. Wisatawan bisa memandangi sisi barat lautan. Siap mengirim matahari untuk beristirahat lagi.

Wisatawan bisa mengabadikan suasana mempesona tersebut dengan menikmati pemandangan yang sejuk. Tentunya dengan menyiapkan kamera terbaik agar hasil foto terlihat semakin eksotis.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai CipatujahKredit foto: Google Maps Asep Apandi Saputra

  • Lokasi parkir – Tempat parkir di Pantai Cipatujah cukup luas dan aman. Wisatawan bisa memarkir kendaraannya di sini.
  • kamar mandi – Fasilitas sanitasi di pantai indah ini dapat digunakan untuk toilet. Wisatawan khususnya bisa langsung mandi dan berganti pakaian setelah basah kuyup di air pantai. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas lain seperti relaksasi.
  • restoran – Anda tidak perlu takut lapar, karena di pantai ini terdapat warung-warung yang berjejer rapi dengan berbagai macam menu kuliner. Harga yang dipatok oleh dealer juga sangat terjangkau.
  • paviliun – Terdapat pendopo di pinggir pantai yang dapat digunakan wisatawan untuk beristirahat. Bersantai sambil menikmati jajanan, menikmati pemandangan sekitar pantai, atau bahkan ngobrol bersama kerabat.
  • Menara observasi – Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut dari ketinggian dapat menaiki menara observasi yang ada di pinggir pantai.
  • masjid – Bagi umat Islam yang hendak menunaikan ibadah salat, kini tersedia masjid tak jauh dari lokasi pantai. Anda bisa berjalan kaki ke masjid.
  • Akomodasi – Wisatawan yang ingin bermalam di dekat pantai untuk menikmati sensasi pantai dengan udara sejuk dan suara deburan ombak dapat menyewa akomodasi terdekat. Ada beberapa hotel yang menawarkan harga dari kelas basic hingga khusus.

Demikian ulasan tentang Pantai Cipatujah yang dikelola Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin mengunjungi pantai indah ini. Jangan lupa ajak keluarga atau kerabat anda agar liburan anda di pantai eksotik ini semakin tak terlupakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button