Tempat Wisata

Pantai Mengening Bali – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Cemagi, Kec. Mengwi, Cab.Badung, Bali; map: pemeriksaan situs

Ada banyak tempat wisata populer yang bisa Anda temukan di pulau Bali. Seperti yang kita tahu, pulau Bali memang menjadi salah satu tujuan wisata yang paling populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya turis lokal, turis mancanegara pun banyak yang membanjiri pulau ini.

Di sini Anda akan menemukan berbagai tempat wisata yang begitu eksotik. Misalnya danau, air terjun, pemandian, perbukitan, pantai dan sebagainya. Salah satu pantai yang menjadi spot populer dan menarik wisatawan adalah Pantai Mengening. Pantai ini memang tidak terlalu populer, namun keindahannya tak terbantahkan.

Destinasi ini memiliki pemandangan yang begitu indah, baik, unik dan menarik. Pantai ini cocok sebagai salah satu destinasi liburan anda di pulau Bali.

Daya Tarik Pantai Mengening

Objek wisata pantai MengeningKredit foto: Instagram Sharka Mihokova

1. Pemandangan pantai yang indah

Daya tarik pertama yang disuguhkan pantai Mengening adalah panorama pantai yang sangat indah. Fitur alam pantai ini unik. Anda akan melihat bahwa struktur alam dan garis pantai sebenarnya mirip dengan tempat wisata Pantai Tanah Lot.

Dimana pada kawasan ini kawasan pantai lebih didominasi oleh bebatuan. Apalagi di sini terdapat bebatuan di sepanjang pantai. Batu-batu ini berukuran sangat besar namun terlihat eksotis.

Namun tidak hanya di wilayah daratan saja, di tengah laut juga Anda akan menemukan bebatuan dan karang. Ombak yang menerjang kawasan pantai dipecah oleh bebatuan dan bebatuan tersebut. Pemandangannya akan sangat memukau Anda saat berada di sana.

Meski pasirnya tidak putih, pantainya sangat indah. Apalagi saat melihat pasir yang disinari terik matahari. Pantai ini sangat cocok untuk menjadi tempat bagi anda yang mencari ketenangan. Karena tempat ini masih tergolong sepi dari pengunjung.

2. Pemandangan matahari terbenam yang indah

Daya tarik selanjutnya saat mengunjungi pantai Mengening adalah sunset yang sangat indah. Memang keindahan sunset di kawasan pantai ini akan memukau semua orang. Apalagi saat berada di pantai.

Karena itu, tidak jarang wisatawan yang datang ke tempat ini datang pada sore hari. Karena saya ingin melihat momen sunset yang begitu menakjubkan. Percikan warna jingga di langit berpadu dengan keindahan air laut membuat keteduhan begitu romantis.

Bagi Anda yang sedang berlibur bersama pasangan, sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini saat menjelang sunset. Dijamin liburan akan semakin tak terlupakan nantinya.

3. Pura Luhur Gede Batu Ngau

Di Pantai Mengening juga terdapat Pura Luhur. Seperti yang kita tahu, pulau Bali memiliki banyak pura. Dan Anda juga dapat menemukannya di pantai. Pura di pantai ini bernama Pura Luhur Gede Batu Ngaus.

Keberadaan pura di pinggir pantai akan mengingatkan Anda pada pura yang ada di Tanah Lot. Karena sepintas, bentuk kedua candi ini cukup mirip. Lokasi Pura Luhur Batu Ngaus cukup menjorok ke tengah laut.

Berdiri di atas batu. Dibandingkan dengan pura di Tanah Lot, ukurannya cenderung lebih kecil. Untuk mengakses situs Pura Batu Ngaus, Anda bisa memilih waktu saat air laut surut. Jika Anda ingin pergi ke pura saat air pasang, Anda perlu menggunakan perahu.

Tidak jauh beda dengan pura yang ada di Tanah Lot atau pura lainnya yang ada di Bali. Hanya beberapa orang saja yang diperbolehkan memasuki pekarangan candi. Karena memang bangunan tersebut sangat disakralkan dan juga disucikan oleh umat Hindu di Pulau Bali.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai MengeningKredit foto: Instagram Slamet Mardiyono

Bagi anda yang saat ini sedang berencana untuk mengunjungi Pantai Mengening, pantai ini terletak di kecamatan Mengwi. Lebih tepatnya terletak di Desa Cemagi, Kabupaten Badung. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Cemagi. Karena itu, jika Anda bertanya kepada penduduk setempat, mereka akan lebih mengenal pantai daripada Pantai Cemagi.

Berangkat dari tempat wisata di Kuta, jarak tempuh menuju Pantai Cemagi sekitar 40 menit. Karena jarak yang Anda tempuh hingga 22 km.

Akses jalan menuju pantai ini sendiri sangat nyaman dan mudah dilalui. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat jika ingin berkunjung ke pantai ini.

Pastikan Anda mengatur waktu dengan benar jika Anda ingin pergi ke daerah ini. Jangan memilih waktu saat mendung. Karena ini hanya mengganggu liburan atau perjalanan Anda ke tempat wisata.

Jika anda masih bingung dengan peta untuk menuju ke pantai ini, anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Dengan cara ini Anda hanya perlu mengikuti rute yang ditunjukkan oleh perangkat smartphone Anda.

Biaya masuk ke objek wisata

Biaya masuk ke Pantai MengeningKredit foto: Instagram Slamet Mardiyono

Jika Anda mengeluarkan tiket masuk sendiri untuk kawasan pantai Mengening, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun atau tiket masuk gratis. Itu juga menjadi salah satu alasan mengapa anda wajib mengunjungi tempat ini yang merupakan salah satu wisata murah yang bisa ditemukan di pulau Bali.

Tidak ada harga tiket yang harus anda bayar, namun jika anda membawa kendaraan, anda hanya perlu membayar tiket parkir saja. Tiketnya sendiri cukup murah yaitu 2.000 Ro untuk sepeda motor. Untuk roda empat harganya Rp 5.000.

Aktivitas seru di pantai Mengening

Kegiatan seru di Pantai MengeningKredit foto: Instagram Herry Sobiran

1. Berburu foto keren

Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai Mengening. Salah satunya adalah hunting foto. Anda tidak bisa melewatkan keindahan alam yang begitu eksotik.

Sayang sekali jika Anda tidak mengabadikan wisata alam seperti sunset atau backdrop Pura Luhur selama Anda menginap. Karena memang jepretan yang bisa Anda ambil akan sangat menarik dan akan menambah variasi halaman Instagram Anda.

Tak sedikit pula wisatawan yang menggunakan kawasan pantai sebagai lokasi berfoto jelang pernikahan. Bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk menikah, tidak ada salahnya menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat foto prewedding Anda.

2. Menikmati pemandangan karang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kontur Pantai Mengening sangat unik. Anda akan disuguhi pemandangan bebatuan dan karang di tengah laut yang menakjubkan. Karang memungkinkan gelombang yang datang menghilang.

Pemandangan itu pasti akan membuat Anda takjub. Oleh karena itu, salah satu aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menikmati pemandangan. Anda cukup duduk di pinggir pantai dan dengan santai menyaksikan deburan ombak yang menghantam karang.

3. Memancing

Bagi yang sangat suka memancing, pantai Mengening merupakan tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Ada banyak tempat memancing untuk dimanfaatkan saat Anda berada di sana. Jenis ikan laut yang sering dijumpai seperti lobster dan juga ikan kerapu.

Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk mengunjungi pantai populer ini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan memancing Anda. Memancing sambil memandangi pemandangan alam yang indah dari pantai tentu menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai MengeningKredit foto: Instagram pruibrahmantyo

Sebagai salah satu kawasan wisata alam dengan pura, Pantai Mengening masih tergolong sepi dari pengunjung. Meski demikian, fasilitas di pantai ini cukup memadai untuk mendukung berbagai aktivitas.

Salah satu fasilitas yang bisa Anda dapatkan selama berada di sana adalah warung makan yang romantis. Warung makan di tempat ini menawarkan berbagai macam kuliner yang nikmat.

Bagi pecinta kuliner tak perlu khawatir saat berkunjung ke pantai ini. Anda tetap bisa menikmati kuliner lezat sambil merenungi pemandangan alam dari pantai.

Selain warung makan, fasilitas lain yang bisa ditemui adalah kamar mandi, toilet, tempat parkir yang cukup luas dan juga jalan menuju kawasan pura. Tentunya dengan berbagai macam fasilitas tersebut, Anda sebagai wisatawan akan merasa sangat nyaman.

Itu tadi laporan lengkap yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Mengening di Bali. Karena pantainya masih belum begitu populer, datang ke tempat ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari ketenangan. Anda bisa datang memancing bersama pasangan atau bersama teman-teman Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button