Tempat Wisata

Pantai Raya Utama, nikmati keindahan pantai yang mempesona di Situbondo

harga tiket: Rp5.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Keberadaan rest area Utama Raya jalur Surabaya – Banyuwangi memang menjadi topik perbincangan yang menarik, terutama bagi masyarakat yang kerap melintas di kawasan ini. Rest area ini tepatnya terletak di Situbondo dan memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari toilet, restoran, supermarket, SPBU hingga rumah liburan dan villa. Menariknya, tepat di belakang SPBU terdapat Pantai Utama Raya yang patut untuk dikunjungi.

Pantai ini mempunyai sejuta pesona. Selain letaknya yang strategis di jalur Pantura, pemandangan alam dan beragam fasilitas juga patut diapresiasi. Tersedia juga pilihan akomodasi bermalam yang cocok sebagai tempat persinggahan yang nyaman. Yuk simak apa saja yang menarik dari pantai ini pada ulasan berikut ini!

Objek Wisata Pantai Utama Raya

Daya Tarik Pantai Raya UtamaFoto oleh David Christian di Google Maps

✦ Pemandangan indah pantai utara jawa

Laut Jawa Utara terkenal dengan ombaknya yang tenang membawa suasana damai yang memanjakan hati dan pikiran masyarakat. Pantai Utama Raya yang sedang hangat diperdebatkan bisa menjadi tempat yang tepat untuk menyendiri. Ombaknya yang tenang dipercantik dengan pemandangan laut dan alam sekitar yang indah dan segar dipandang mata. Meski hanya berdiam diri, pesona pantai ini seakan menghipnotis pengunjung.

✦ Berbagai permainan air seru

Karena ombaknya yang tenang, pantai seperti ini pasti cocok untuk bermain air. Dari berbagai fitur air yang tersedia, ada beberapa fitur air di pantai ini yang paling populer di kalangan pengunjung. Sebut saja permainan seperti kano, banana boat, donut boat, speed boat, speed fishing, jet ski dan snorkeling.

Pengunjung dapat menyewa perlengkapan dan biaya perjalanan permainan di counter yang ada. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 5.000 – 600.000 saja, pengunjung sudah bisa menikmati fitur air seru di pantai utama Situbondo ini. Saat Anda berkunjung ke pantai ini, jangan lupa untuk menjajal fitur airnya untuk menciptakan kenangan tak terlupakan.

✦ Penyewaan sepeda

Selain berbagai fitur air, pengunjung juga bisa menyewa sepeda di sini untuk bersepeda menyusuri pantai. Ada juga berbagai jenis sepeda yang disewakan, mulai dari sepeda keseimbangan, sepeda lipat, hingga tandem. Harga sewanya terjangkau dan syaratnya hanya menunjukkan KTP sebagai jaminan.

✦ Wisata Kuliner Lezat

Berkunjung ke pantai ini belum lengkap rasanya jika tidak mencari kuliner khas seafood. Sama seperti pantai ini, ada beberapa restoran yang menyajikan jajanan lezat yang wajib Anda coba. Rasakan sensasi makan di pinggir pantai dengan sajian lezat dan pemandangan indah terbentang di tempat ini.

✦ Akomodasi yang nyaman

Salah satu alasan mengapa pantai ini banyak dibicarakan adalah keberadaan rumah liburan dan villa yang berdiri di pinggir pantai. Penginapan nyaman ini sengaja dibangun untuk pengunjung yang ingin menikmati Pantai Raya Raya lebih lama atau bagi pengunjung yang ingin berhenti sejenak di tengah perjalanan.

Harga sewa akomodasi ini pun bervariasi mulai dari Rp 200.000 – 1.500.000 per malam. Harganya tergantung jenis kamar yang disewa dan pada hari apa. Karena pada akhir pekan atau hari libur harga sewanya akan berbeda. Meski fasilitas dan kenyamanannya tidak perlu dikhawatirkan, namun pengunjung tetap bisa merasakan kenyamanan di sini.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Raya UtamaFoto oleh Raditya Putra Ramadani di Google Maps

Alamat pantai ini terletak di Jalan Raya Pantura Banyuglugur, Situbondo, Jawa Timur. Letaknya tepat di belakang SPBU Raya Utama. Jika belum mengetahui lokasi pastinya, Anda bisa langsung bertanya kepada petugas di sana karena letaknya yang cukup tersembunyi. Sekadar informasi, pantai ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Penasaran dengan harga tiket masuk pantai menarik ini? Harga tiketnya pun relatif murah, hanya Rp 5.000 saja. Namun, jika Anda ingin mencoba berbagai fitur air, Anda perlu menganggarkan dana sekitar Rp50.000 – 600.000. Biaya ini tergantung pada jenis permainan dan lama bermain di Pantai Utama Raya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di Pantai Utama RayaFoto oleh Iffatin Aini di Google Maps

1. Coba fitur air yang berbeda

Bagi pengunjung yang senang bermain permainan air, pantai ini bisa menjadi tujuan utamanya. Bagaimana bisa? Pantai utama Raya Situbondo menawarkan beragam fitur perairan yang didukung ombak yang tenang. Beragam permainan air seru menanti di sini seperti kano, banana boat, donut boat, speed boat, speed fishing, jet ski, dan snorkeling. Jangan lupa untuk memeriksanya ketika Anda berkunjung ke sini.

2. Sepanjang Pantai Raya Utama

Tidak ingin basah saat bermain air? Ada pilihan lain yang tak kalah menarik di pantai ini, yakni berjalan-jalan di pinggir pantai dengan bersepeda. Penyewaan sepeda tersedia di sini bagi pengunjung yang ingin berjalan-jalan santai di sepanjang pantai. Dikombinasikan dengan angin sepoi-sepoi dan pemandangan yang menakjubkan, bersepeda di sini pasti menyenangkan.

3. Makan camilan enak

Jangan lupa untuk mampir untuk makan setiap kali Anda mengunjungi suatu tempat, termasuk pantai ini. Banyak menu lezat yang disiapkan di berbagai warung makan untuk disantap pengunjung. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan pantai membuat pengunjung dapat menikmati santapan dengan tenang sambil menikmati pemandangan pantai yang luar biasa.

4. Bersantai dan menikmati pemandangan Laut Jawa Utara

Selain keseruan bermain air dan permainan, pengunjung juga disuguhi pemandangan Pantai Raya Utama yang menakjubkan. Alam di sekitar Pantai Sasih yang indah dan hamparan laut lepas yang tenang menjadikan pemandangannya luar biasa dan menenangkan. Selain itu, terdapat bangku-bangku berdesain modern di tepi pantai tempat Anda dapat bersantai dan menikmati pemandangan.

5. Menginap di akomodasi yang nyaman

Jika berbicara tentang pantai ini pasti anda teringat bahwa di sekitar pantai terdapat akomodasi yang sangat nyaman. Ada segalanya mulai dari hotel hingga rumah liburan dan vila. Harganya pun bervariasi dengan fasilitas super lengkap dan nyaman. Pengunjung bisa yakin akan betah berada di sini, apalagi berkat wisata bahari berupa pantai dan sederet fitur perairan yang bisa dicoba di sini. Menginap di sini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas pantai Raya UtamaFoto oleh Adin Prakosantoro di Google Maps

Jika Anda berkunjung ke satu-satunya pantai di belakang salah satu SPBU jalur Pantura ini, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Karena masih di rest area, fasilitas seperti toilet dan musala pasti tersedia. Tidak akan ada drama apa pun dalam mencari air karena Anda akan kembali ke pantai.

Kemudian fasilitas penunjang yang biasa tersedia di rest area seperti supermarket dan SPBU juga sangat membantu. Betapa tidak, di dekat kedua tempat ini terdapat sebuah pantai yang pastinya sangat menyenangkan. Pengunjung dapat bersantai di kursi berjemur di tepi pantai dan menikmati makanan ringan yang dibeli dari supermarket.

Fasilitas menarik di Pantai Utama Raya sendiri juga banyak, seperti pilihan penyewaan alat air dan sepeda. Nikmati keseruan bermain di pantai dengan menyewa seri game ini. Lalu ada juga restoran yang menyajikan jajanan lezat dan akomodasi nyaman bagi pengunjung.

Bagi pengendara jalur Pantura, pantai induk Situbondo Raya bisa menjadi tempat melepas kepenatan sementara sebelum melanjutkan perjalanan. Pantai ini kini memiliki banyak daya tarik yang ditawarkan kepada pengunjung yang datang ke sana secara khusus. Selain itu, daya tariknya serta fasilitasnya yang lengkap membuat pantai ini wajib dikunjungi saat Anda berada di Situbondo.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button