Tempat Wisata

Pulau Jemur: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Alam Indonesia memang sangat kaya. Pecinta perjalanan tidak akan melewatkan ini daftar tempat apa yang harus dikunjungi. Ada banyak destinasi di Indonesia yang wajib dikunjungi mengeksplorasi Salah satunya adalah Pulau Jemur.

Pulau Jemur merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Pulau ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu, Pulau Jemur merupakan habitat alami dari banyak satwa langka, termasuk penyu hijau.

Dengan keindahan alamnya dan keistimewaan lainnya, Pulau Jemur layak untuk dikunjungi dan patut diulas di media sosial. Wisatawan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Pulau Jemur, informasi lebih lanjut dijelaskan di bawah ini.

Lokasi Pulau Jemur

Pulau Jemur Pulau Jemur Sumber: instagram.com/bauamdewinata

Pulau Jemur terletak sekitar 45 mil dari ibu kota Kabupaten Rokan Hilir, Bagan Siapiapi, dan 45 mil dari negara tetangga yaitu Malaysia, sedangkan Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi Indonesia yang paling dekat dengan Pulau Jemur.

Terdapat beberapa gugusan pulau di Pulau Jemur, yaitu Pulau Labuhan Bilik, Pulau Tekong Simbang, Pulau Tekong Emas dan pulau-pulau kecil lainnya.

Biaya masuk ke pulau Jemur

  1. Biaya masuk: Gratis
  2. Biaya pulang pergi: Rp 260.000

(Diperbarui April 2023)

Jam Operasional Pulau Jemur

Jam buka di Pulau Jemur bisa dikunjungi 24 jam sehari.

Peta lokasi pulau Jemur

Keistimewaan Pulau Jemur

Keistimewaan Pulau JemurPulau Jemur Sumber : instagram.com/irhasibnu

Pulau Jamur memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan tempat wisata lainnya. apa pun? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Lingkungan yang masih asli

Bisa dikatakan Pulau Jemur memiliki lingkungan yang belum terjamah dan hampir tidak terjamah oleh manusia. Oleh karena itu, tentunya lingkungan ini masih sangat bersih.

2. Pasir Emas

Selain panorama pantainya yang memikat, pasir pantainya juga tak kalah memikat di pulau ini. Pasir di pulau ini berwarna putih keemasan sehingga menjadi spot foto yang sangat bagus untuk para wisatawan.

3. Habitat asli penyu hijau

Hal yang paling terkenal dari Pulau Jemur adalah pulau ini merupakan habitat asli penyu hijau. Penyu Hijau merupakan satwa langka dan dilindungi di Indonesia.

Dengan keistimewaan tersebut, wisatawan dapat melihat langsung saat penyu bertelur dan menetaskan telurnya pada waktu-waktu tertentu. Tentu saja keistimewaan ini tidak mudah ditemukan di tempat lain.

4. Suasana tenang

Suasana di Pulau Jemur masih sangat bagus dan tenang karena jauh dari hiruk pikuk kita. Cocok sebagai tempat melepas penat atau stress akibat aktivitas sehari-hari.

5. Bisa melihat pemandangan negara tetangga

Pulau Jemur merupakan salah satu pulau terluar Indonesia karena terletak di Selat Malaka. Pulau ini berbatasan langsung dengan daerah tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Karena letak geografis inilah, Pulau Jemur mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Selain itu, keistimewaan lain dari tempat ini adalah wisatawan dapat melihat pemandangan dari seluruh penjuru negeri.

Akomodasi di Pulau Jemur

Saat ini, Pulau Jemur masih dalam tahap pengembangan pemerintah. Oleh karena itu, tidak banyak pilihan akomodasi yang tersedia. Saat ini hanya ada sekitar 10 shelter yang disediakan oleh pemerintah setempat.

Sebuah Halfway House dapat ditempati oleh 10 hingga 11 orang. Namun menariknya, penginapan tersebut gratis saat digunakan wisatawan. Hanya sekitar 100.000 euro yang dikenakan untuk biaya pembersihan.

Kegiatan di Pulau Jemur

Kegiatan di Pulau JemurPulau Jemur Sumber: instagram.com/septianhendrasyahputra

Tentunya ketika Anda mengunjungi tempat wisata Anda harus mengharapkan banyak kegiatan yang bisa dilakukan disana. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Mushroom Island.

1. Berenang di pantai

Aktivitas pertama yang bisa dinikmati wisatawan adalah berenang di pantai. Jadi usahakan untuk menyiapkan baju ganti saat berkunjung ke Pulau Jemur. Air lautnya yang biru dan tenang sangat cocok untuk berenang.

2. Perhatikan penyu bertelur

Pulau Jemur merupakan habitat yang sangat alami bagi penyu hijau. Di sana, wisatawan bisa menyaksikan secara langsung proses bertelur penyu ini jika berkunjung saat musim bertelur.

Tentu pemandangan seperti itu sangat jarang bisa dinikmati di tempat lain. Wisatawan dapat menyaksikan proses ini di sekitar pantai.

3. Lihat tukik (bayi penyu hijau).

Wisatawan tidak hanya bisa menyaksikan induk penyu bertelur secara langsung, tetapi juga melihat bayi penyu yang berhasil ditetaskan oleh induknya. Bayi penyu akan keluar dari sarangnya menuju laut.

Menyaksikan bayi penyu menetas langsung dari habitatnya akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Jadi tidak ada ruginya memilih Pulau Jemur sebagai destinasi wisata.

4. Memancing oleh wisatawan

Baru-baru ini, pemerintah setempat memperluas fasilitas yang ada di Pulau Jemur. Yaitu berupa peluang penangkapan ikan. Pengunjung dapat menyewa alat pancing, membeli umpan dan ikan di Pulau Jemur.

5. Menyelam

Selain kegiatan di atas, wisatawan di Pulau Jemur juga bisa menikmati keindahan alam dengan cara menyelam. Saat menyelam, wisatawan bisa mengagumi keindahan alam bawah laut yang sangat indah karena banyaknya karang alami.

Demikian penjelasan tentang Pulau Jemur. Terletak di Rokan Hilir, Sumatera Selatan, pulau ini sangat cocok masuk ke dalam daftar itinerary Anda. Karena ada banyak hal menarik yang bisa didapatkan.

Gambar dan foto pulau Jemur di Rokan Hilir, Riau

Potret Pulau Jemur di Rokan Hilir, RiauBebatuan di pantai pulau JemurBukit kecil di pulau JemurFoto sebelum pernikahan di Pulau JemurDermaga di Pulau JemurKeindahan Pantai Pulau JemurMatahari terbenam di pulau Jemur

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button