Tempat Wisata

Pulau Serasan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Serasan milik KEPRI atau lebih dikenal dengan Kepulauan Riau yang menawarkan banyak tempat untuk dikunjungi wisatawan. Pulau ini memiliki banyak pantai yang bisa dipilih dan dikunjungi wisatawan.

Bagi wisatawan yang sangat senang mengunjungi pantai, pulau ini bisa menjadi destinasi pertama yang dikunjungi wisatawan. Setidaknya ada lima pantai di pulau ini yang bisa dikunjungi wisatawan.

Pesona Pulau Serasan

Pulau ini mempunyai banyak pantai seperti Pantai Resan, Pantai Tarum, Pantai Jodoh, Pantai Sempadi dan Pantai Sisi. Pantai Sisi lebih terkenal dibandingkan pantai lainnya. Pantai ini memiliki air laut yang jernih dengan pasir putih. Pantai ini berfungsi sebagai tempat persinggahan para nelayan.

Selain itu, wisata bahari pun tak kalah menariknya bagi wisatawan. Bagi pecinta bawah laut, wisatawan bisa snorkeling di pinggir pantai. Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan penyu di pulau tersebut.

Selain pantainya yang menjadi daya tarik wisatawan, kerajinan tangan khas Pulau Sersan juga menarik perhatian wisatawan. Kerajinan tikar merupakan kerajinan khas pulau yang diwariskan secara turun temurun. Kerajinan yang paling terkenal adalah tikar Pandan dengan motif Rabun bunga anyelir 13 buah.

Bepergian dan belajar tentang sejarah pada saat yang bersamaan

Pulau Serasan merupakan pulau terjauh dari sebagian besar pulau yang ada di kepulauan Riau. Dijuluki Pulau Tujuh, pulau ini terletak di dekat Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia Timur (Sarawak).

Dari ibu kotanya Tanjung Pinang, pulau ini sangat jauh dari Kepulauan Riau lainnya. Meski termasuk salah satu pulau paling terpencil, pulau ini termasuk salah satu pulau terbesar setelah Pulau Bunguran

Fasilitas di Pulau Serasan

Pulau Serasan merupakan rumah bagi penduduk yang mayoritas adalah nelayan yang mengandalkan hasil tangkapan laut. Meskipun demikian, terdapat perkebunan yang terawat baik di pulau ini seperti cengkeh yang merupakan tanaman utama pulau ini.

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Banyak warga yang membantu wisatawan selama berkunjung.

Berburu foto di tur ini

Saat berkunjung ke pulau ini, wisatawan tidak akan lupa mencatat segala aktivitas yang akan mereka lakukan selama berlibur. Jika wisatawan menyukai pantai-pantai yang ada di pulau ini, wisatawan dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk mengambil foto.

Begitu pula dengan pecinta bawah laut yang bisa mengabadikan aktivitas snorkelingnya sambil menikmati terumbu karang dan biota laut. Ditambah lagi kegiatan pembuatan tikar khusus Pulau Serasan bisa menjadi kenangan yang patut diabadikan.

Akses ke Pulau Serasan

Untuk menuju pulau ini seperti biasa, setiap wisatawan harus menggunakan perahu, karena jalurnya melalui laut. Wisatawan bisa menggunakan pesawat, namun pada akhirnya tetap menggunakan kapal laut untuk menuju Pulau Serasan.

Dari ibu kota Nanuta dapat dicapai dengan perahu KM Pelni. Bukit Raya. Sedangkan Anda bisa naik kapal perintis dari Pelabuhan Penagi dengan waktu tempuh 10 hingga 12 jam.

Anda bisa mencapai ibu kota Tanjung Pinang dengan menggunakan perahu, hanya saja waktu tempuhnya lebih lama yaitu 3 hari. Wisatawan dari luar yang ingin mengunjungi kami tidak perlu khawatir kemana rutenya menuju.

Bagi wisatawan dari luar, akan sangat cepat jika melewati Kalimantan Barat (Sambas) dan Sematan (Malaysia Timur). Anda bisa mencapainya dengan perahu dari Pontianak. Dari Batam ke Natuna dengan pesawat dan ke Ranai bisa kembali dengan perahu.

Baca Juga: Pulau Senoa, Nikmati Snorkeling dengan Terumbu Karang yang Masih Terpelihara

Tips berwisata ke Pulau Serasan

Meskipun Pulau Serasan Tidak berpenghuni bukan berarti wisatawan bebas melakukan apa pun. Wisatawan juga perlu menjaga ketenangan dan mengingat bahwa wisatawan tidak berada di tempat asalnya. Selain itu, wisatawan juga perlu menjaga kondisi lingkungan dengan tidak merusaknya.

Karena jarak yang ditempuh juga jauh, wisatawan juga perlu memilih bulan perjalanan yang tepat agar tidak menjadi kendala dalam berkunjung. Gelombang tinggi membuat navigasi menuju pulau itu sulit.

Jam buka dan biaya masuk Pulau Serasan

Meski sudah menjadi pulau tujuan wisata, bukan berarti Pulau Serasan mempunyai jam buka seperti tempat wisata lainnya. Tidak ada waktu tertentu kapan tempat wisata buka dan tutup.

Begitu pula dengan tiket masuk. Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini tidak dipungut biaya apa pun. Oleh karena itu, tidak ada tiket yang dijual kepada wisatawan saat berkunjung ke pulau tersebut.

Berwisata sudah menjadi hal yang lumrah bagi para wisatawan, terutama ke destinasi pulau yang memiliki pantai. Ini akan menarik wisatawan dengan keindahan dan kealamiannya Pulau Serasan.

Galeri foto Pulau Serasan

Potret Pulau Serasan dari Laut Natuna
Keindahan Pantai Pulau Serasan
Berburu foto di pantai
Sunset di Pulau Serasan
Menikmati keindahan pantai di Pulau Serasan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button