Tempat Wisata

Tahura Pocut Meurah Intan : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Pesona keindahan alam Kabupaten Aceh Besar seakan tak ada habisnya untuk dijelajahi. Kawasan yang merupakan tempat kelahiran salah satu pahlawan Indonesia Cut Nyak Dhien ini memiliki berbagai wisata alam yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu objek wisata alam yang sangat populer di kalangan penduduk setempat adalah Tahura Pocut Meurah Intan.

Tahura Pocut Meurah Intan merupakan sebuah taman hutan luas yang di dalamnya terdapat puluhan jenis flora dan fauna yang dilindungi. Selain itu, tempat ini juga populer di kalangan anak muda Aceh karena memiliki rumah pohon unik yang menjadi spot selfie populer. Wisatawan juga bisa menemukan air terjun alami di taman hutan yang menakjubkan ini.

Secara administratif, taman hutan raya besar ini terletak di Saree, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Untuk mencapai Tahura Pocut Meurah Intan, wisatawan harus menempuh perjalanan setidaknya 60 kilometer atau satu jam dari Banda Aceh. Taman hutan ini terletak di antara kaki Gunung Seulawah Agam dan kaki Gunung Seulawah Inong.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke taman hutan ini dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dari Banda Aceh. Kondisi jalan sudah beraspal cukup baik sehingga wisatawan merasa nyaman saat melakukan perjalanan. Namun tak jarang kita menjumpai jalanan dengan tikungan terjal serta tanjakan dan turunan yang cukup menantang.

Kisah Tahura Pocut Meurah Intan

Nama taman hutan besar ini berasal dari tokoh asal Aceh bernama Pocut Meurah Intan. Pocut Meurah Intan adalah seorang wanita dari garis keturunan bangsawan Kesultanan Aceh yang juga berperang melawan Belanda. Ia dianggap sebagai wanita pemberani yang pantang menyerah.

Semasa hidupnya, Pocut Meurah Intan yang hanya berbekal sebuah Rencong, bertempur dengan gagah berani melawan 18 prajurit khusus Belanda bernama Marsose. Ia ditangkap tentara Belanda, dijebloskan ke penjara dan terluka parah hingga kakinya cacat permanen. Keberanian Pocut Meurah Intan akhirnya diabadikan oleh pemerintah setempat sebagai nama taman hutan besar tersebut.

Pesona Tahura Pocut Meurah Intan

Total luas lahan yang dimiliki Tahura Pocut Meurah Intan adalah 6.300 hektar, dengan topografi didominasi daerah perbukitan. Tempat wisata di Aceh Besar ini resmi dikelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi Aceh. Wisatawan yang ingin mengunjungi taman tersebut harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari pos penjagaan Taman Hutan Raya.

Setelah mendapat persetujuan dari petugas, wisatawan bisa langsung memasuki taman hutan ini. Tak jauh dari pos, jika wisatawan menyusuri jalan setapak, terlihat hutan pinus dengan rumah pohon berdesain unik. Di Tahura Pocut Meruah Intan, sebagian besar wilayahnya ditumbuhi pohon pinus yang lincah.

Rumah pohon berdiri di antara dua pohon pinus yang juga berfungsi sebagai penyangga utama. Rumah pohon ini terbuat dari bahan kayu berwarna coklat tua dan memberikan suasana klasik pada interior rumah pohon. Wisatawan bisa memanjat hingga memasuki rumah pohon yang mampu menampung hingga 15 orang dewasa.

Di rumah pohon, tak jarang terlihat banyak wisatawan yang berpose di depan kamera tanpa ragu. Ambil foto di rumah pohon atau berfoto dengan latar belakang puluhan pohon pinus yang tumbuh rapi. Udara di sekitar hutan pinus ini juga sejuk dan segar sehingga mampu memberikan kelegaan bagi wisatawan setelah perjalanan yang cukup melelahkan.

Usai berfoto selfie di rumah pohon, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan melihat flora dan fauna Tahura Pocut Meurah Intan. Kawasan ini merupakan cagar alam bagi hewan dan tumbuhan. Wisatawan dapat menjumpai satwa seperti rusa, gajah, harimau, burung hutan, monyet vervet dan tumbuhan seperti pohon pinus, akasia, pakis dan masih banyak lagi.

Wisatawan juga disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan saat menyusuri hutan. Terkadang pemandangan didominasi oleh pepohonan pinus, namun di lain waktu wisatawan juga bisa menyaksikan hijaunya kawasan perbukitan dan perkebunan masyarakat. Meski membutuhkan tenaga ekstra, perjalanan menyusuri Tahura Pocut Meurah Intan cukup mengasyikkan.

Fasilitas Tahura Pocut Meurah Intan

Fasilitas di Tahura Pocut Meurah Intan cukup lengkap, terdapat pos penjagaan dengan petugas polisi hutan yang siap menemani wisatawan berjalan-jalan di hutan. Selain itu juga terdapat toilet dan tempat parkir yang cukup luas tidak jauh dari pos jaga.

Di taman hutan luas ini juga terdapat wahana tamasya yang bisa digunakan oleh wisatawan. Wahana tersebut antara lain Flying Fox dan Jembatan Tambang. Lokasi wahana berada di sebelah rumah pohon di hutan pinus.

Baca juga: Cagar Alam Jantho, Paru-Paru Dunia di Aceh Besar

Di dalam hutan pinus juga terdapat taman kecil dengan paviliun unik dengan tempat duduk. Taman kecil ini juga memiliki tempat bermain anak seperti ayunan dan perosotan. Jika wisatawan lapar atau haus, mereka bisa memesan makanan di kafe yang ada di taman.

Tahura Pocut Meurah Intan mempunyai daya tarik yang mampu menarik minat wisatawan dalam dan luar negeri. Terlepas dari beberapa kasus yang pernah terjadi seperti pembakaran sebagian hutan, tempat ini masih sangat cocok dijadikan destinasi liburan. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di taman hutan megah ini.

Kunjungi Air Terjun Tahura

Setelah bersantai di rumah pohon, Anda bisa mengunjungi air terjun yang letaknya cukup jauh dari hutan pinus. Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 per orang dan menuju air terjun akan diantar oleh polisi hutan. Anda harus berjalan melewati jalan aspal, jalan tanah, perbukitan dan bebatuan sebelum mencapai air terjun ini.

Sesampainya di Air Terjun Tahura, Anda bisa bermain air deras yang jatuh ke bebatuan. Airnya sangat alami dan segar, mampu menghilangkan segala penat akibat perjalanan yang anda lalui seketika. Sepanjang jalan menuju air terjun Anda juga bisa menikmati pemandangan alam padang rumput, perbukitan, dan perkebunan lokal yang mempesona.

Nikmati keindahan alam

Tahura Pocut Meurah Intan menawarkan keindahan alam yang sangat terjaga. Meski ada tindakan tidak bertanggung jawab dari sebagian masyarakat yang menebang dan membakar hutan secara ilegal, namun hutan ini tetap memiliki pesona yang tidak dapat disangkal. Anda bisa merasakan betapa segarnya udara di sekitar hutan yang masih bebas polusi.

Di hutan ini Anda juga bisa melihat pemandangan alam berupa perbukitan, gunung dan berbagai tumbuhan. Tentu yang menarik adalah hutan pinus yang menjadi magnet utama wisatawan yang berkunjung ke Tahura Pocut Meurah Intan. Tempat ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk kota.

Foto di rumah pohon dan saat bermain outbond

Taman hutan luas di Aceh Besar ini memiliki rumah pohon unik yang sering dijadikan spot berfoto. Keberadaan rumah pohon yang berada tepat di tengah hutan pinus Merkusi juga menjadi nilai tambah bagi hutan ini. Anda bisa bersantai di rumah pohon sambil menikmati udara segar dan pemandangan pohon pinus merkuri yang tingginya bisa mencapai 9 meter.

Selain itu, banyak juga yang memanfaatkan tempat ini sebagai tempat foto prewedding. Jika Anda menyukai tantangan, Anda juga bisa bermain outbound di hutan ini. Tidak perlu khawatir karena Anda akan didampingi oleh petugas kehutanan. Anda bisa memainkan Flying Fox atau Mine Bridge, yang membutuhkan keberanian.

berkemah

Di kalangan pecinta alam juga bisa bermalam di hutan ini dengan mendirikan tenda. Tersedia lahan yang cukup luas bagi wisatawan yang ingin berkemah. Propertinya cukup luas dan tidak jauh dari hutan pinus Merkusi.

Tentunya menghabiskan malam yang dingin di sekitar api unggun akan menjadi pengalaman tersendiri. Anda bisa ngobrol bersama orang-orang terdekat dan menikmati indahnya malam bertabur bintang di hutan pinus Merkusi.

Jam buka dan tarif masuk Tahura Pocut Meurah Intan

Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata ini bisa datang pada pukul 08.00 hingga 18.00. Untuk memasuki kawasan Tahura Pocut Meurah Intan, wisatawan tidak dipungut biaya apapun, namun harus mendapatkan izin terlebih dahulu di pos penjagaan. Namun jika ingin menuju Air Terjun Tahura wisatawan harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000 per orang.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Dilihat

Tips berwisata di Tahura Pocut Meurah Intan

  • Persiapkan kondisi fisik Anda sebelum berencana menjelajah Taura.
  • Bawalah perbekalan yang banyak seperti air minum dan makanan ringan.
  • Pastikan Anda mendapat izin dari petugas hutan sebelum memasuki Taura.
  • Kenakan pakaian yang nyaman saat melakukan tracking.
  • Selalu berhati-hati di hutan.
  • Jangan merusak atau mengganggu seluruh ekosistem di dalam Taura.
  • Selalu menjaga kebersihan dengan tidak sembarangan membuang sampah ke taman

Galeri Foto Tahura Pocut Meurah Intan

Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan
Potret rumah pohon
Spot foto di Taman Hutan Raya
Spot foto di rumah pohon
Potret pohon besar
Potret jamur

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button