Tempat Wisata

Tiket Masuk & Aktivitas CANDI PRAMBANAN Februari 2023

Biaya masuk ke Candi Prambanan: Rp 25.000 – Rp 85.000. Jam buka: 06.30 – 17.00 WIB. Nomor telepon: +62274496405/08112688000. Alamat/Lokasi: Candi Prambanan Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55571.

Berkunjung ke Jogja belum lengkap tanpa mengunjungi tempat-tempat bersejarah Candi Prambanan. Salah satu situs warisan dunia dan tujuan yang tepat bagi wisatawan yang tertarik dengan sejarah.

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tidak jauh dari jalan raya Solo-Yogya dan sangat mudah diakses dengan transportasi umum.

Harga tiket masuk Candi Prambanan Yogyakarta

Mengunjungi Candi Prambanan di Yogyakarta memang tidak membutuhkan biaya yang mahal. Karena harga tiket masuknya cukup terjangkau dengan peralatan yang lengkap. Berikut tarif yang diberlakukan oleh TWC (Taman Wisata Candi), pengelola Taman Candi Yogyakarta:

Biaya masuk ke Candi Prambanan
Tiket masuk untuk dewasa (dari 10 tahun) Rp 50.000
Tiket masuk untuk anak-anak (usia 3-10 tahun) Rp 25.000
Tiket Masuk Terusan Prambanan Borobudur Dewasa Rp 75.000
Tiket masuk Prambanan-Borobudur Pass untuk anak (3-10 tahun) Rp35.000
Tiket masuk Terusan Prambanan Ratu Boko untuk dewasa Rp 85.000
Tiket Masuk Anak Prambanan-Ratu Boko (3-10 Tahun) Rp40.000

Baca: Tiket Masuk & Aktivitas CANDI BOROBUDUR

Informasi Syarat Kepesertaan:

  • Wajib mematuhi protokol kesehatan.
  • Setiap hari Senin, hanya kawasan pelataran II dan kawasan taman wisata Candi Prambanan yang bisa dikunjungi.

Jam buka Candi Prambanan

Taman wisata candi ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga malam hari.

Jam buka Candi Prambanan
loket tiket 06.30 – 17.00 WIB
Kunjungan Tempelhof 07.00 – 17.30 WIB

Daya Tarik Candi Prambanan

Aksara raksasa PrambananSalah satu spot foto yang paling diminati pengunjung adalah naskah raksasa Prambanan. Foto: instagram/prambananpark

Saat memasuki kompleks, pengunjung akan terkagum-kagum dengan bangunan candi yang menjulang tinggi. Dengan total sedikitnya 240 candi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti restoran, tempat ibadah, rest area, lapangan, taman, stand souvenir, dll.

Kegiatan di Candi Prambanan

Meski tempat wisata ini merupakan tempat bersejarah, namun pengunjung disuguhi berbagai wahana dan aktivitas yang menarik. Mulai dari air mancur menari, situs candi Prambanan, photo drive Instagramable hingga atraksi pertunjukan seni.

Baca: Tiket Masuk The Lost World Castle Sleman & Spot Foto

Air mancur menari

Di pintu masuk utama, pengunjung dihibur oleh air mancur menari. Lokasi pintu masuk ini juga sering digunakan untuk mengadakan acara mengumpulkan. Pengunjung dapat mengambil foto yang bagus di area ini sambil mengantri.

Kompleks Candi Prambanan

Taman Wisata Candi PrambananTaman Wisata Candi Prambanan. Foto: /instagram/prambananpark

Dengan luas minimal 40 hektar, pengunjung bisa menikmati keindahan candi sambil berjalan kaki. Bangunan candi semakin indah dengan hiasan relief naratif dari cerita epik Ramayana dan Kresnayana. Pengunjung dapat mempelajari seni sastra dan cerita fenomenal melalui relief naratif.

Selain itu, kereta golf tersedia bagi mereka yang tidak ingin berjalan kaki. Sambil berjalan-jalan, Anda bisa menikmati pemandangan kompleks candi tanpa harus repot berjalan kaki. Sedangkan harga sewa masih terjangkau, berlaku selama 15 menit.

Baca: Tiket Masuk BREKSI Cliff Park & ​​4 Aktivitas Teratas

Museum Rumah Joglo

Museum rumah joglo terletak tepat di bagian utara kompleks. Di dalamnya pengunjung bisa melihat peninggalan kompleks candi berupa arca, arca dan bebatuan purba.

Seni Pertunjukan Tari

Sendratari Ramayana di Candi PrambananSendratari Ramayana yang rutin diadakan. Foto: /instagram/twc_mediaa

Ada pertunjukan sendratari Ramayana setiap bulan pada bulan purnama. Pertunjukan spesial ini biasanya berlangsung antara pukul 20.00 hingga 22.00 WIB. Sendratari adalah kombinasi drama tanpa dialog dan tarian. Panggung sendratari berada di panggung terbuka dengan latar tiga candi dewa (Trimurti).

Pertunjukan ini diadakan dalam 2 kelas, yaitu kelas panggung terbuka dan kelas panggung tertutup. Jika cuaca memungkinkan, itu berlangsung di panggung terbuka dengan latar belakang candi. Pertunjukan ini berlangsung pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu (setiap bulan pada setiap bulan purnama).

taman hiburan

Setelah berkeliling kompleks candi, luangkan waktu untuk bersantai di taman. Wisatawan dapat menikmati keindahan kreasi tanaman Kerokot berupa kura-kura, bunga pot tumpah dan lainnya. Lokasi taman ini tidak jauh dari restoran Prambanan.

Baca: Tiket Masuk World Landmarks Merapi Park dan 8 Aktivitas Serunya

Wahana Ayunan Langit De Geyong

Ayunan naik De GeyongSwing ride De Geyong Foto:/instagram/twc+mediaa

Di sini, wisatawan bisa berfoto dengan kemegahan Candi Prambanan sebagai latar belakang. Untuk merasakan ayunan De Geyong, pengunjung harus membayar harga khusus yang masih terjangkau. Selama permainan, pengunjung bisa menyewa fotografer untuk mengabadikan setiap momen.

wisata menunggang kuda

Ada juga menunggang kuda di sekitar kompleks candi. Untuk merasakan sensasi menunggang kuda, ada biaya Rp 50.000 untuk berkeliling kompleks. Terus kalau mau belajar riding juga bisa. Dengan durasi 30 menit, pengunjung dilatih oleh seorang instruktur.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas HEHA SKY VIEW

Interaksi dengan hewan

Di areal kompleks candi juga terdapat berbagai koleksi binatang yang berbeda. Pengunjung dapat melihat rusa, kambing, dan burung hantu secara langsung. Selain melihat, wisatawan bisa berfoto dengan berbagai binatang.

Lapangan Garuda Mandala Tama

Spot foto dengan background candispot foto dengan background candi Foto: instagram/prambananpark

Lapangan ini berada di sisi timur selatan. Ruang terbuka hijau ini paling sering digunakan untuk acara makan malam, Pernikahanpameran, acara keluar. Lokasinya yang dekat dengan tempat parkir menawarkan kenyamanan tersendiri. Selain itu, kawasan ini cocok untuk wisatawan yang datang berombongan dan memiliki program kegiatan di luar.

Fasilitas lain

Ada banyak area foto yang menarik di sekitar kompleks ini. Keluar Fon besar Prambanan, persewaan sepeda, panggung hingga taman bermain.

Lalu ada lapangan luas yang sering dijadikan tempat pertunjukan. Mulai dari pertunjukan tari, konser musik jazz, pameran budaya hingga acara kenegaraan lainnya.

Alamat Candi Prambanan

Pura ini terletak di alamat tepatnya Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Anda dapat menggunakan Google Maps untuk petunjuk arah dan peta. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Otoritas Pengelola Kawasan Wisata Candi Prambanan di media sosial Instagram atau telepon di 024 8646 2345.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button