Tempat Wisata

Wisata Sungai Oyo, destinasi wisata alam selancar sungai seru di Gunung Kidul

Temukan serunya pelayaran sungai yang memacu adrenalin bersama Oyo River Tour, Gunung Kidul, yang menawarkan pengalaman wisata alam yang mendebarkan dan mengasyikkan bagi pengunjungnya.

Harga tiket: Rp 45.000, Jam beroperasi: 07.00 – 16.30 WIB, Alamat: Seropan, Kecamatan Bejiharjo. Karangmojo, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Sungai Oyo Sungai Oya merupakan salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul, Jogja yang tidak pernah sepi pengunjung. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini merupakan sebuah sungai, namun tentunya bukan sungai biasa.

Pengunjung yang datang ke tempat tersebut terutama mendambakan olahraga arung jeram yang menantang dan memacu adrenalin.

Menjadi sungai terpanjang di Jogja, wajar jika banyak hal seru yang bisa kita temukan saat menyusuri sungai. Panjangnya lebih dari 106 kilometer dan membentang dari timur ke barat daya.

Debit air tergantung musim, debit rata-rata 9,31 m3/detik. Pada musim hujan debit air meningkat hingga maksimum 83,2 m3/detik. Saat ini menurun pada musim kemarau, namun tetap di atas 1,89 m3/detik.

Sepanjang jalur yang panjang ini, sungai yang terbentuk akibat erosi batuan karst dan fluktuasi suhu membelah perbukitan kapur, memisahkannya di sisi utara dan selatan. Penduduk setempat menyebutnya Kali Oyo dan dapat dilihat di beberapa tempat wisata lainnya seperti Ngarai Tembelan Kanigoro.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

➥ Jogja Day Tour : Sunrise Lava Tour Merapi, Gua Pindul dan Sungai Oya

Daya tarik Sungai Oyo

Atraksi di Sungai OyoFoto Syafrizal Adi Saktia di Instagram

Beberapa orang yang pernah berkunjung menganggap Sungai Oyo tidak terlalu menarik. Hal ini sangatlah wajar, karena setiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda. Di sisi lain, ada juga yang menganggap objek wisata di Gunung Kidul ini sangat indah dan memiliki daya tarik tersendiri.

Bepergian merangsang tingkat adrenalin

Daya tarik yang pertama dan juga menjadi alasan mengapa objek wisata ini selalu ramai dikunjungi adalah karena tawaran olahraganya. Apalagi kalau olah raganya bukan rafting atau river tubing. Dengan jarak tempuh lebih dari 106 kilometer, olahraga ini tentu semakin seru dan memacu adrenalin.

Di beberapa bagian sungai terdapat bebatuan yang membuat olahraga ini semakin menantang. Apalagi pada musim hujan yang debit airnya lebih tinggi sehingga kecepatannya pun lebih tinggi. Musim hujan ini juga menambah panjang sungai menjadi dua hingga empat kali lipat panjang sebelumnya.

Pemandangan indah Sungai Oyo

Sebagai sebuah objek wisata alam, keindahannya tentu saja menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Sungai Oyo yang panjang mengalir melewati perbukitan menawarkan pemandangan yang indah. Banyaknya pepohonan rindang di kedua sisi sungai, tidak hanya menaungi area tersebut tetapi juga menyejukkan mata.

Tak hanya pepohonan saja yang Anda lihat, formasi batuan eksotik juga bisa ditemukan di beberapa sungai tersebut. Jalur yang berkelok-kelok seperti Amazon menjadi daya tarik lain yang bisa Anda saksikan. Saat musim kemarau, air sungai sangat jernih hingga terlihat bebatuan di dasarnya.

➥ Jogja Day Tour: Arung Jeram Sungai Oya, Sri Getuk dan Lintang Sewu

Air Terjun Sungai Oyo

Daya tarik Sungai Oyo selanjutnya adalah air terjun dengan panorama yang indah. Keindahan yang akan Anda saksikan akan semakin lengkap jika Anda menghabiskan liburan di tempat wisata di Jogja ini. Airnya sangat jernih, seperti air sungai saat musim kemarau. Ketinggiannya sekitar 4 meter dengan aliran air yang cukup deras.

Jika Anda menjumpai air terjun ini saat sedang arung jeram, disarankan untuk tidak sekedar melihatnya tetapi berhenti untuk menikmati keindahannya. Anda bisa berada di bawah air terjun sekaligus menikmati air yang jatuh. Anda juga bisa mandi di bawahnya untuk menikmati kesegaran sempurna air yang mengalir alami.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat di Sungai OyoFoto oleh Hans Kemarau di Google Maps

Langsung saja ke Jalan Grogol V, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta jika tertarik mengunjungi Sungai Oyo.

Lokasinya tidak jauh dari objek wisata Goa Pindul, jadi anda bisa mengikuti jalur yang sama. Jaraknya sekitar 7 kilometer jika saat ini Anda berada di kawasan Wonosari.

Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Jogja, ambillah arah yang mengarah ke Bukit Bintang. Silakan ikuti jalan utama hingga mencapai Hutan Tesleh dan tiba di pertigaan Gading.

Sampai di sini Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Wonosari. Sesampainya di Bundaran Sinoya, carilah rambu yang mengarahkan Anda menuju lokasi atau tanyakan pada warga sekitar.

➥ Cek penawaran hotel di Gunung Kidul

Biaya masuk ke tempat wisata

Sebenarnya tidak ada biaya masuk untuk memasuki kawasan Sungai Oyo. Namun jika ingin rafting atau river tubing, harga yang berlaku tetap termasuk dalam paket wisata Goa Pindul.

Cukup murah, hanya 45.000.000 untuk satu orang dengan minimal 10 orang per tim atau perahu. Harga tersebut sudah termasuk seluruh perlengkapan seperti sepatu karet, ban karet, dan jaket pelampung.

Terdapat pemandu profesional untuk setiap perahu, sudah termasuk dalam harga tiket di atas. Pemandu akan dengan senang hati menjawab pertanyaan untuk memperluas pengetahuan Anda tentang destinasi wisata ini.

Anda juga bisa memintanya untuk berhenti sejenak jika ingin mengabadikan momen penting saat berjalan menyusuri sungai. Jam buka mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 16.30 waktu setempat.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Sungai OyoFoto Syafrizal Adi Saktia di Instagram

Berbagai aktivitas menarik bisa Anda lakukan di Sungai Oyo. Objek wisata ini dibangun untuk berbagai kegiatan termasuk arung jeram yang menjadi tujuan utama wisatawan. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai kegiatan menariknya!

1. Pacu adrenalin Anda dengan arung jeram

Arung jeram merupakan aktivitas unggulan di tempat wisata ini. Sungai yang membentang sepanjang 106 kilometer ini layak untuk dijelajahi. Apalagi jika rutenya menjadi dua hingga empat kali lebih panjang di musim hujan. Aliran air yang tinggi dengan kecepatan rata-rata lebih dari 9 m3/detik menambah daya tarik aktivitas arung jeram.

Meski dimaksudkan untuk memacu adrenalin, namun arung jeram di Sungai Oyo tidak terlalu ekstrem. Di tengah sungai masih terdapat beberapa bebatuan yang biasanya menimbulkan riak gelombang tinggi.

Jadi jika Anda masih pemula atau baru pertama kali mengikuti olahraga seru ini, tidak perlu khawatir. Selain itu, keselamatan terjamin dengan jaket pelampung dan helm.

2. River Tubing Santai di Sungai Oyo

Selain rafting, river tubing juga tak kalah menariknya saat menginap di tempat wisata di Jogja ini. Pilihan kedua bagi wisatawan adalah bersantai sambil mengendarai ban karet menyusuri sungai. Umumnya river tubing di Sungai Oyo direkomendasikan pengelola saat debit air sedang rendah.

3. Berenang seru sambil cliff diving

Bagi yang suka berenang, sungai yang disebut Kali Oyo ini menjadi pilihan utama. Airnya yang jernih apalagi di musim kemarau membuat aktivitas semakin seru.

Wisatawan yang melakukan aktivitas ini kerap memanfaatkan air terjun tersebut. Jadi sambil arung jeram atau river tubing, singgahlah di air terjun cantik ini.

Kehadiran tebing bebatuan dengan ketinggian 4 hingga 9 meter menjadi pilihan tepat untuk melakukan cliff jumping. Cukup aman karena kondisinya tidak licin seperti bebatuan di air terjun lainnya.

Namun kedalamannya harus tetap diperhatikan karena ada bagian yang kedalamannya mencapai 12 meter. Oleh karena itu, pemandu wisata menyarankan untuk tidak melepas jaket pelampung saat berenang.

4. Cari titik foto

Mencari spot foto di sepanjang Sungai Oyo menjadi aktivitas yang wajib dilakukan. Wisata alam yang indah tidak boleh dilewatkan. Apalagi jika Anda berada di atas tebing yang tinggi dan menjulang tinggi.

Dari kejauhan tampak seperti gua yang berdiri kokoh di atas air. Spot foto yang tak kalah menarik tentunya adalah air terjunnya yang indah dan terlihat eksotis.

Meski tidak ada tempat khusus, hampir semua tempat memberikan kesan alam yang indah. Tanaman yang tidak membutuhkan naungan menghiasi setiap sisi sungai. Jangan lupa abadikan momen saat melakukan rafting atau river tubing. Kedua aktivitas ini wajib dilakukan saat mengunjungi Sungai Oya.

5. Mengunjungi Gua Pindul

Jika Anda senang dengan semua aktivitas yang disebutkan di atas, berkunjung ke Gua Pindul tidak ada salahnya. Tempat-tempat wisata ini letaknya berdekatan satu sama lain namun berada dalam satu tempat.

Masih satu jalur dengan rafting dan river tubing, eksotisme goa ini sayang untuk dilewatkan. Ada kalanya sinar matahari masuk ke celah-celah gua dan terpantul setelah menyentuh permukaan air sungai, menambah pesona alamnya yang luar biasa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Sungai OyoFoto oleh Rockland Sitorus di Instagram

Sungai Oyo menawarkan beragam aktivitas yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan selama berkunjung. Keberadaan tempat parkir merupakan fasilitas pertama dengan biaya sebesar 2.000 rupiah untuk sepeda motor dan 5.000 rupiah untuk mobil.

Silakan gunakan toilet untuk buang air kecil atau berganti pakaian. Warung makan ini terletak di satu tempat dan menawarkan menu khas Jawa.

Fasilitas umum lainnya yang akan Anda temukan adalah akomodasi dengan harga berbeda-beda, mulai dari 100.000 rupiah per malam.

Perlengkapan keselamatan menjadi salah satu fasilitas wajib yang Anda dapatkan saat memilih paket wisata river tubing. Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, namun tetap tersedia tempat duduk jika ingin bersantai menikmati suasana.

Apakah Anda tertarik mengunjungi Sungai Oyo di Jogja dan merasa tertantang membaca ulasan di atas? Sedikit tip: usahakan datang saat cuaca cerah.

Pilihan yang paling cocok adalah musim kemarau karena debit air tidak terlalu tinggi dan arusnya tidak terlalu deras. Saat musim hujan, terkadang terjadi banjir di sungai yang menjadi objek wisata utama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button