Tempat Wisata

√ Pantai Baron Jogja, gambar, rahasia, tiket tahun ini

Pantai Baron Gunung Kidul merupakan objek wisata pantai yang bisa anda kunjungi saat liburan di Jogja.

Pantai ini menawarkan keunikan dan pesona tersendiri yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di Jogja bahkan Indonesia.

Apa saja daya tarik Pantai Baron dan kegiatan wisata apa saja yang bisa kita lakukan disana? Untuk menemukan jawabannya, silahkan baca ulasan lengkap kami tentang Pantai Baron jogja di bawah.

Pantai Baron Jogja

Pantai Baron

pantai baron sebenarnya adalah pantai klasik tua yang sudah lama dikenal sebagai salah satu tujuan wisata di Jogja.

Meski demikian, pantai ini tetap eksis dan selalu menarik untuk dikunjungi mengingat munculnya objek-objek wisata baru yang lebih modern dan kekinian.

Sebagai informasi, banyak yang mengatakan bahwa Pantai Baron saat ini telah mengalami beberapa perubahan dari segi bentuk dan kelengkapannya.

Hal itu mungkin yang membuat pantai ini bertahan dan mendapat tempat di hati para wisatawan sehingga membuat mereka memutuskan untuk datang ke Pantai Baron ketimbang objek wisata lainnya.

Daya Tarik Pantai Baron Jogja

Banyak hal menarik yang bisa kita temukan dan cari alasan untuk berwisata ke Pantai Baron. Objek wisata ini dapat kami gambarkan dari berbagai sisi sebagai berikut:

Keindahan dan keunikan Pantai Baron

Pantai Baron Gunung Kidulinstagram.com/pantaibaron

Pantai Baron menyuguhkan keindahan berupa hamparan pantai yang indah berpadu dengan air laut yang biru dan bersih.

Meski memiliki pasir hitam, namun pasirnya bersih dan lembut sehingga sangat aman untuk melakukan berbagai aktivitas di pantai.

Selain itu, Pantai Baron juga semakin terlihat eksotik dengan tebing atau bukit yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman dan pepohonan hijau.

Adanya perbukitan tersebut membuat suasana di Pantai Baron terasa teduh dan udaranya juga cukup sejuk.

Tak hanya itu, Pantai Baron selalu menarik untuk dikunjungi karena keunikannya.

Keunikannya adalah terdapat dua sungai yang mengalir melewati pesisir pantai dimana kedua sungai ini membawa air dengan rasa yang berbeda yakni air tawar dan air asin.

Yang membuatnya lebih unik lagi, konon setiap 5 tahun arus air kedua sungai ini bertemu dan menciptakan perpaduan warna yang indah dipandang mata.

Kisah sejarah dan misteri Pantai Baron Jogja

baron pantai misteriusinstagram.com/pantaibaron

Selain keindahan dan keunikannya, Pantai Baron juga menarik karena sejarah dan misteri yang melingkupinya.

Menurut cerita dan kepercayaan masyarakat setempat, pantai ini dinamakan Pantai Baron karena dahulu seorang bangsawan Belanda pernah berlabuh di pantai ini dan konon pernah menaklukkan Panembahan Senopati dari Kesultanan Mataram.

Pantai ini akhirnya diberi nama Pantai Baron karena kesaktian dan kemasyhuran cerita tentang berlabuhnya seorang laki-laki yang kemudian dikenal dengan nama Baron Skeber.

Selain cerita nama, ada beberapa lagi rahasia Pantai Baron yang masih dipercaya masyarakat.

Antara lain misteri seputar keberadaan Ratu Pantai Selatan yang konon menguasai laut di sepanjang garis pantai selatan Jawa.

Karena kepercayaan ini, pengunjung yang datang ke pantai ini harus selalu menjaga sopan santun untuk menghindari hal-hal buruk yang disebabkan oleh kemarahan Ratu.

Selain itu, konon seekor harimau juga pernah terlihat di Pantai Baron membawa jenazah manusia ke dalam gua di kawasan perbukitan.

Namun setelah dilakukan pencarian oleh tim SAR dan warga sekitar, harimau tersebut tidak ditemukan dan keberadaannya masih menjadi misteri hingga saat ini.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Baron

Ada berbagai aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan Anda di Pantai Baron. Kegiatan tersebut meliputi:

1. Berenang

Pantai Baron memiliki ombak yang cukup besar seperti kebanyakan pantai Pasifik Selatan.

Meski begitu, pengunjung tetap bisa berenang di lepas pantai asalkan tidak terlalu jauh dari laut.

Selain itu, pengelola Pantai Baron biasanya memberikan semacam peringatan kepada pengunjung untuk tidak berenang jika kondisi ombak tidak memungkinkan untuk berenang.

2. Menikmati pemandangan Pantai Baron dari mercusuar

Mercusuar Pantai Baroninstagram.com/pantaibaron

Hal lain yang jarang ditemui di pantai lain adalah keberadaan mercusuar Pantai Baron.

Pengunjung dapat menikmati dari atas mercusuar ini lanskap Pantai Baron lebih bebas tanpa hambatan.

Selain menikmati keindahan pantai dari atas, pengunjung juga bisa mengabadikan momen dengan kamera saat berada di atas mercusuar.

Untuk bisa naik ke puncak mercusuar, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 2.000.

Baca juga: Pantai Drini Jogja

3. Keliling pantai dengan perahu nelayan

Pantai Baron juga menjadi tempat berkumpulnya para nelayan untuk mencari ikan. Sebagian besar penduduk lokal berprofesi sebagai nelayan dan bermata pencaharian dari melaut di pantai ini.

Jadi sesampainya di Pantai Baron, Anda pasti akan menjumpai banyak kapal yang tertambat di pinggir pantai.

Selain digunakan untuk transportasi mencari ikan, nelayan juga menyewakan perahunya untuk digunakan wisatawan di pesisir pantai.

Jadi jika Anda ingin menjelajahi kawasan Pantai Baron, Anda bisa menyewa perahu nelayan ini dengan harga beberapa ribu rupiah saja.

Anda juga bisa melakukan kegiatan seperti ini di Pantai Sadranan yang juga terletak di Gunung Kidul. Perbedaannya, kendaraan yang terkenal untuk menjelajahi pantai adalah perahu kano.

4. Berburu kuliner khas pantai

baron-beach-imageinstagram.com/pantaibaron

Daya tarik Pantai Baron selanjutnya yang mungkin tidak dimiliki semua pantai adalah keberadaan warung makan pinggir pantai.

Hal yang menarik dari stan ini adalah pelanggan bebas memilih jenis lauk atau kuliner apa yang mereka inginkan.

Beberapa menu kuliner khas pantai yang dijual di penjaja makanan antara lain ikan kakap, kepiting, udang windu dan tongkol.

Selain diracik dengan bumbu khas, citarasa kuliner yang dijual di warung ini juga terasa lebih nikmat karena ikannya masih segar.

Baca juga: Puncak Becici Dlingo, Jogja.

5. Berburu foto

Aktivitas yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Pantai Baron. Kawasan pantai Baron Gunung Kidul, Jogja eksotik sangat cocok sebagai background foto.

Pekerjaan Foto untuk Anda pilih Pekerjaan Mercusuar, pantai, atau berfoto dengan perahu atau perahu nelayan di latar belakang.

Alamat Pantai Baron

Hadiah Baron Pantaiinstagram.com/pantaibaron

Alamat Pantai Baron terletak di Rejosari, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Prefektur Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk menuju lokasi Pantai Baron dari pusat Kota Jogja, Anda harus menempuh jarak 40 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara.

Meski terbilang cukup jauh, infrastruktur jalan yang memadai akan membuat perjalanan Anda menuju pantai ini mudah dan tidak terlalu menguras tenaga.

Baca juga: Pantai Nglambor

Rute menuju Pantai Baron

Menuju Pantai Baron dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Saat menggunakan kendaraan pribadi Rute yang bisa dilalui menuju Pantai Baron Anda dapat dengan mudah menemukan dengan bantuan aplikasi Peta Google.

Hanya saja, Anda perlu memastikan kondisi kendaraan benar-benar pas sebelum Anda berangkat, agar tidak mengganggu perjalanan Anda nantinya.

Bagi Anda yang lebih suka menggunakan transportasi umum seperti bus, Anda bisa memulai perjalanan dengan naik bus yang menuju ke Terminal Wonosari.

Dari Terminal Wonosari, lanjutkan perjalanan Anda dengan bus yang langsung menuju ke Jalur Pantai Baron.

Baca juga : Tempat wisata romantis di jogja

Jam buka Pantai Baron

baron-buka-pantai-jaminstagram.com/pantaibaron

Pantai Baron buka 24 jam sehari.

hari berkunjung jam buka
Setiap hari 24 jam

Namun untuk mendapatkan suasana yang lebih bagus dan teduh, Anda harus bisa tiba di pantai ini pada pukul 9 pagi dan pulang pada pukul 12 malam.

Atau jika Anda tidak memungkinkan untuk datang di pagi hari, Anda bisa datang pada siang hari dan pulang sekitar jam 4 sore.

Biaya masuk ke Pantai Baron

Biaya masuk Pantai Baroninstagram.com/pantaibaron

Biaya masuk Pantai Baron Sangat murah. Anda hanya bisa masuk ke pantai ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

jenis tiket harga tiket
tiket masuk Rp 10.000
PARKIR MOTOR Rp1000
area parkir Rp 2.500
Tiket Mercusuar Rp 2000

Selain itu, ada pula biaya parkir sebesar Rp 2.500 untuk mobil dan Rp 1.000 untuk sepeda motor yang harus dibayar pengunjung jika menggunakan kendaraan pribadi.

Jika kemudian ingin menaiki mercusuar, pengunjung juga perlu membayar tiket mercusuar seharga Rp 2.000.

Baca juga: Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Fasilitas pantai Baron Gunung Kidul

Fasilitas umum di Pantai Baron juga cukup memadai. Di pantai ini terdapat fasilitas seperti tempat parkir yang cukup luas, tempat makan, tempat cuci piring, mushola dan penginapan.

Untuk menginap di pantai ini terdapat beberapa hotel yang sesuai dengan hotel melati, dengan harga sewa per malam tergantung kelengkapan fasilitas yang ada di hotel tersebut.

fasilitas-pantai-baroninstagram.com/pantaibaron

Baca juga : Tempat wisata di Jogja

Pantai Baron Jogja sangat cocok untuk tujuan rekreasi bersama teman atau keluarga. Banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini tidak hanya akan membuat perjalanan liburan Anda menyenangkan tetapi juga lebih berwarna.

Jika ingin melanjutkan liburan ke objek wisata pantai lain yang juga berada di Jogja, Anda bisa datang ke Pantai Indrayanti yang terletak di Desa Tepus, Gunung Kidul, Jogja.

Kami telah mengumpulkan informasi di atas dari berbagai sumber dengan sangat hati-hatisahdata. Jika ada informasi yang tidak akurat, kami harap Anda tidak keberatan memberi tahu kami.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button