Tempat Wisata

10 foto makanan khas mojokerto selain onde onde

Mojokerto adalah nama salah satu kabupaten paling terkenal di provinsi Jawa Timur yang terletak di barat daya kota Surabaya dan dianggap sebagai zona penyangga terpenting di Jawa Timur.

Meski tergolong kota kecil, Mojokerto merupakan salah satu daerah yang berkembang cukup pesat dibandingkan daerah lain di Jawa Timur.

Tak hanya dikenal dengan tempat wisatanya, Mojokerto juga banyak dikunjungi wisatawan untuk mencari makanan dan minuman lezat khas daerah tersebut.

Nah, penasaran dengan daftar makanan khas Mojokerto yang menggugah selera dan wajib dicoba saat berkunjung ke kota kecil ini? Berikut ratingnya.

1. Sate Keong

Foto dari gotravelly.com

Mungkin sangat asing bagi sebagian orang Indonesia mendengar nama masakan kuliner Mojokerto yang pertama ini, karena kita tahu bahan utama sate biasanya daging sapi atau ayam.

Berbeda dengan mojokerto, bahan utama sate di daerah ini terbuat dari siput, sejenis hewan bercangkang yang hidup di sawah.

Menurut resepnya, sangat mudah untuk menyiapkan hidangan ini, di mana Anda merebus kerang terlebih dahulu, lalu mengeluarkannya dari cangkangnya, lalu menutupinya dengan bumbu khusus, dan setelah itu menusuk, membakarnya di atas bara.

Salah satu tempat kuliner yang paling populer adalah Sate Keong SMK Brawijaya di Jln. Benteng Pancasila No 242, Balongsari, Mojokerto. Di sini harga sate mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000/porsi.

2. Penyeberang Sambal

Foto dari masakandapurku.com

Selain sate keong, sajian kedua ini juga merupakan salah satu makanan khas Pacet Mojokerto, dan rasanya pun tak kalah nikmat karena bahan dasarnya sendiri terbuat dari sejenis ikan air tawar.

Untuk menyiapkan sajian kuliner ini sangat sederhana, bersihkan dulu wadernya, lalu campurkan bawang merah dan cabai, lalu goreng hingga matang, lalu haluskan lalu sajikan dengan nasi.

Jika ingin menikmatinya, ada tempat yang paling cocok yaitu toko Wader Bu Tin di Jln. Pendopo Agung, Kec. Trovulan. Di kedai legendaris ini, penjual sambal dengan nasi hanya berharga sekitar Rp.15.000/porsi.

3. Upil kerupuk

Foto dari masakandapurku.com

Makanan lain yang menjadi ciri khas kota Mojokerto adalah Kerupuk Upil, salah satu jajanan ringan yang paling cocok untuk makan siang.

Meski namanya terdengar aneh, konpeksi ini sebenarnya tidak terbuat dari upil, namun tepung dan kerupuknya cukup unik karena digoreng dengan pasir, bukan minyak.

Kerupuk ini bisa ditemukan di hampir setiap toko di sekitar Mojokerto dan biasanya hanya berkisar Rp 5.000/bungkus.

4. Kerupuk rambak

Foto dari tokomesin.com

Jajanan tradisional ini tidak hanya cocok sebagai cemilan, tapi juga sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Dilihat dari gambarnya, bentuk jajanan ini tidak jauh berbeda dengan kerupuk upil.

Kerupuk rambak adalah sejenis jajanan tradisional yang terbuat dari kulit sapi, ikan, udang atau singkong yang telah dijemur terlebih dahulu.

Jajanan yang satu ini paling banyak ditemukan di Desa Doas di Kecamatan Trowulan. Soal harga, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 40.000 hingga 50.000 rupiah per kilo.

5. Onde onde

Foto dari masakandapurku.com

Onde-onde merupakan jenis makanan yang mungkin kurang spesial bagi para pecinta JejakPiknik karena bisa ditemukan di setiap kota, terutama di Pulau Jawa.

Namun onde-onde khas Mojokerto ini bisa dibilang berbeda dan tentunya lebih nikmat. Menurut resepnya, snack tepung terigu berbentuk bola-bola dan ditaburi wijen ini paling enak dinikmati hangat-hangat.

Jajanan ini banyak dijual di pasar tradisional dan toko souvenir, salah satunya Onde-onde Bo Liem di Jln.Empu Nala No.43. Disini harga permen ini hanya sekitar 40.000 per kotak isi 10 biji.

6. Memble kerupuk

Foto dari idntimes.com

Tidak hanya namanya yang unik, proses pembuatan kerupuk memble ini juga cukup aneh karena membutuhkan dua wajan sekaligus untuk menggorengnya.

Selain enak untuk cemilan, toko kue ini juga bagus untuk dijadikan oleh-oleh sebagai tanda teman JejakPiknik sudah masuk ke Mojokerto.

Kerupuk ini bisa ditemukan di pasar tradisional dan juga di toko souvenir. Dari segi harga tentu tidak membuat kantong kita semakin sempit.

7. Kari Mentok

Foto dari cookpad.com

Kari Menthok menjadi salah satu makanan khas Ngoro Mojokerto yang wajib dicoba, karena makanan ini menjadi favorit masyarakat setempat.

Bahan kuliner ini pada dasarnya terbuat dari menthok atau daging bebek yang kemudian dibumbui dengan berbagai bumbu khas Mojokerto.

Bagi yang ingin mencicipinya, ada salah satu tempat makan legendaris yang paling direkomendasikan yaitu Lesehan Paulina di Jln.Residen Pamuji No.99.

Toko ini buka dari jam 5 sore sampai jam 3 pagi dan harganya hanya sekitar 10.000 rupee untuk seporsi kari menthok. Bukankah itu murah?

8. Susu mentega

Foto dari tribunnews.com

Botok Tempe pada dasarnya terbuat dari perasan ampas kelapa, yang kemudian dibumbui kemudian dicampur dengan tahu, udang, ikan teri, dan tempe. Sajian kuliner ini biasanya disajikan dengan nasi jagung.

Dan salah satu Botok Tempe yang paling terkenal di Mojokerto adalah Botoh Mbah Parti di dekat alun-alun kota, tepatnya di depan Masjid Al-Fatah. Toko buka dari jam 6 sore sampai jam 11 malam. Untuk harga, satu porsi hanya berkisar Rp 5.000.

9. Sate Bangil

Foto dari gotravelly.com

Sate Bangil adalah sajian kuliner yang terbuat dari daging atau jeroan kambing, biasanya disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah dan sambal.

Nah, bagi yang penasaran dengan rasanya, Kedai Bang Soleh di Jln.Majapahit No.248 adalah tempat terbaik. Warungnya buka dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam dan harganya hanya sekitar 25.000, lengkap dengan nasinya.

10. Bubur Srunthu

Foto dari recepharian.com

Nah bahan kuliner yang terakhir ini dibuat utamanya dari tepung sagu yang dibuat menjadi srunthul kemudian disiram dengan santan kental. Hidangan ini juga termasuk makanan favorit warga Mojokerto.

Jika ingin menikmatinya, ada salah satu tempat yang paling cocok yaitu Bubur Srunthul Bu Saudah di Jln.Mayjen Sungkono. Selain rasanya yang cukup asli dan enak, harganya juga sangat murah, hanya 4.000 per porsi.

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen dibawah guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat penulisan artikel ini. Harap beri tahu kami tentang perubahan terbaru yang Anda ketahui sehingga dapat segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik bisnis dan ingin disertakan dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: alamat, nomor telepon, whatsapp dan informasi pendukung lainnya.

Source: jejakpiknik.com

Related Articles

Back to top button