Tempat Wisata

10 Pantai Indah Di Sumatera Utara

Tertarik untuk liburan di pantai? Jangan lupa untuk mengunjungi pantai terindah di Sumatera Utara. Destinasi wisata laut yang populer dan wajib dikunjungi.

Negara Sumatera memang dikaruniai keindahan alam yang luar biasa, salah satunya terletak di Sumatera Utara. Provinsi ini memiliki keindahan alam yang indah dan eksotik, terutama tujuan wisatanya yang terkenal yaitu Danau Toba. Namun provinsi ini juga memiliki sejumlah pantai cantik yang akan menggoda Anda untuk berkunjung.

Ada beberapa kawasan wisata bahari yang tak kalah menarik untuk dijelajahi lebih dalam, karena banyak orang di luar Sumatera Utara yang belum mengenalnya. Berikut daftar wisata pantai populer di Sumatera Utara yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Cermin, Serdang Bedagai

Daya tarik Pantai Cermin Serdang BedagaiKredit Foto: Google Maps LaMustak Channel

Lokasi persisnya di Serdang Bedagai, Desa Pantai Cermin Kanan, yang hadir sebagai destinasi wisata keluarga. Pantai ini memakan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Medan dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Anda membutuhkan kondisi bodi dan kendaraan yang prima, meskipun kontur jalan memadai dan diperbaiki.

Daya tarik utama destinasi ini adalah keindahan alamnya yang luar biasa dan pasir putihnya yang lembut. Anda bisa bermain pasir di pantai untuk membangun kastil atau semacamnya. Selain itu, tempat ini juga menawarkan resor dan taman rekreasi untuk membuat liburan Anda lebih berkesan. Tempat ini menjadi sangat ramah anak dan cocok untuk liburan keluarga.

harga tiket: Rp30.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pantai Cermin Kanan, Kec. Mirror Beach, Cab.Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

2. Pantai Pandan, Tapanuli Tengah

Pantai Pandan, Tapanuli TengahKredit foto: Google Maps Rinaldi Adam

Destinasi wisata ini merupakan salah satu pantai terindah yang wajib Anda kunjungi selama berlibur di Sumatera Utara. Lokasi persisnya berada di pusat Kabupaten Tapanuli dan memakan waktu sekitar 30 menit dari Sibolga. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat pribadi, membuat mobilitas Anda saat liburan bersama keluarga jauh lebih nyaman dan aman.

Pesona yang disuguhkan kepada pengunjung cukup menarik yaitu air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Pasir ini membentang di sepanjang lautan, sehingga sangat menyenangkan untuk berjalan di sepanjang pantai. Suasana di pantai akan semakin nyaman dan teduh karena pepohonan yang menjulang tinggi dan rimbun di sekelilingnya.

Fasilitas yang tersedia untuk pengunjung sangat banyak, termasuk restoran seafood olahan yang menggiurkan. Selain itu, akomodasi juga tersedia bagi pengunjung yang datang dari luar. Harga setiap kamar cukup murah dan disertai dengan fasilitas yang memadai membuat liburan Anda semakin terasa nyaman.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L.Sisimangaraja, Padang Sidempuan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

3. Pantai Mutiara, Serdang Bedagai

pantai mutiaraSumber Gambar: Google Maps Arya the Sneakerhead Pirates

Bagi warga Desa Kota Pari, Serdang Bedagai, pantai yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Lokasi persisnya berada di kawasan hutan mangrove, sehingga daya tarik utamanya ada di hamparan pepohonan yang luas. Saya heran pantai ini indah dan nyaman, dan pengunjung yang berlibur di tempat ini betah berlama-lama.

Para wisatawan yang datang ke tempat ini bisa bersantai dan menyegarkan pikiran. Laut yang tenang dan hutan bakau yang indah menjadi salah satu alasannya. Tak kalah menarik, yakni keberadaan penangkaran ikan laut dan kepiting di kawasan hutan mangrove. Kedua makhluk laut ini merupakan salah satu mata pencaharian unggulan bagi masyarakat setempat.

Selain pemandangan yang luar biasa, fasilitas untuk para pengunjung juga sangat memadai. Anda bisa menikmati makan siang di kawasan hutan mangrove dengan menu yang bisa membuat lidah Anda bergoyang. Selain itu, pengunjung juga dapat beristirahat sejenak di penginapan yang telah disediakan untuk bersantai.

harga tiket: Rp8.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kota Pari, Kec. Mirror Beach, Cab.Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

4. Pantai Lumban Bul Bul Balige

Pantai Lumban Bul Bul BaligeKredit foto: Google Maps Surya Lilik Sundari

Salah satu destinasi wisata paling terkenal di Sumatera Utara yaitu Danau Toba. Tak jauh dari tempat wisata ini terdapat kota Balige yang terkenal dengan keindahan pantainya yaitu Pantai Lumban Bul Bul. Jarak ke tempat wisata sekitar 2 km. Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini baik dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Daya tarik utama dari pantai yang indah ini adalah ombaknya yang tenang dan pasir putihnya yang lembut. Ombak yang tenang ini membuat wisatawan dapat bermain air di pantai dengan aman dan nyaman. Tak kalah menarik, pasir putihnya yang lembut ini bisa membuat Anda nyaman berjalan di atasnya dalam waktu lama.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Lumban Bulbul, Balige, Cab.Toba Samosir, Sumatera Utara.

5. Pantai Bali Lestari, Serdang Bedagai

Daya tarik pantai Bali yang lestariKredit foto: Google Maps guk guk

Tempat wisata ini berada tidak jauh dari bekas Pantai Cermin, sehingga Anda bisa mengunjungi dua tempat sekaligus. Menariknya, pengunjung disuguhi nuansa pantai ala Bali yang sangat kental. Hal itu terlihat di beberapa lokasi pantai yang dihiasi patung atau ornamen khas Pulau Dewata. Tempat ini bisa menjadi obat rindu para pecinta pantai Bali.

Yang sangat menarik adalah fasilitas yang tersedia untuk wisatawan yaitu banana boat yang bisa anda sewa untuk memuaskan hobi olahraga air anda. Bagi yang ingin menantang adrenalin lainnya, ada juga parasailing yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Jika tidak ingin beraktivitas terlalu berat, Anda bisa menyewa perahu kecil untuk berkeliling pantai.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada hari kerja. Hal ini dikarenakan pengunjung yang tidak terlalu banyak, sehingga Anda bisa berfoto di berbagai spot menarik. Jika Anda datang pada saat liburan akhir pekan, bisa dipastikan tempat ini akan terlalu ramai dan ramai pengunjung.

harga tiket: Rp15.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pantai Cermin Kanan, Kec. Mirror Beach, Cab.Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

6. Pantai Pondok Permai, Serdang Bedagai

Daya Tarik Pantai Pondok PermaiSumber gambar: Twitter [email protected]

Pantai yang dianggap sebagai salah satu pantai terbersih di Sumatera Utara ini terletak di Kabupaten Serdang Bedagai. Rekomendasi tempat liburan terbaik ini membutuhkan jarak sekitar 50 km dari pusat kota Medan. Dengan begini kamu harus berangkat lebih awal agar bisa menikmati liburan pantai dengan cara yang sangat memuaskan.

Daya tarik utama pantai ini cukup indah yaitu lautnya yang dangkal dan ombaknya yang tidak terlalu besar. Anda dapat membawa keluarga dan anak-anak Anda untuk liburan yang aman dan nyaman. Hal yang menarik dari wisata indah ini adalah Anda bisa bermain selancar layang di pantai dan voli pantai dengan maksimal tiga pemain.

harga tiket: Rp15.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pantai Cermin Kanan, Kec. Mirror Beach, Cab.Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

7. Pantai Sorake dan Pantai Lagundri, Pulau Nias

Pantai Sorake dan Pantai LagundriKredit foto: Google Maps Leafio Rinta

Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman budaya, yang meliputi pulau Nias. Pulau yang satu ini sudah dikenal banyak orang karena budayanya, bahkan sampai ke luar negeri. Tak hanya itu, pulau yang satu ini juga dikenal sebagai tempat dengan keindahan alam yang luar biasa, terutama pantainya yang mampu memikat hati semua pengunjung.

Ada dua pantai yang bisa dipilih, yaitu Pantai Lagundri dan Saroke yang memiliki keindahan luar biasa dan ombak yang tinggi. Ombak di kedua pantai ini cocok bagi Anda yang gemar berselancar. Anda harus mencoba berselancar di tempat ini karena dapat memberi Anda pengalaman berselancar di ketinggian ombak yang tidak biasa.

Para penggiat olahraga ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan pantai-pantai di Indonesia yang menawarkan ombak selancar. Tidak hanya cocok untuk latihan selancar, tempat wisata ini juga sering dikunjungi wisatawan lain. Anda bisa berlibur ke tempat ini untuk menikmati keindahan pantai dan suara ombak yang saling berkejaran.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: JL.Sorake, Botohilitano, Kec. Fanayama, Kab. Nias Selatan, Sumatera Utara.

8. Pantai Tureloto, Pulau Nias

Pantai TurelotoKredit foto: Google Maps Frans S. Kierana

Kembali mengisi deretan pantai di Pulau Nias yang tak boleh dilewatkan karena Pantai Tureloto memiliki Keindahan yang Luar Biasa. Keindahan alam pantai ini memanjakan mata, mulai dari tebing karang yang cantik hingga pasir putih yang lembut. Perpaduan dua keindahan alam ini menjadi salah satu icon Pantai Tureloto yang sangat unik.

Yang membuat pantai ini semakin menarik adalah konon merupakan Laut Mati versi Indonesia. Hal ini karena pengunjung tidak perlu takut tenggelam saat berenang di tengah laut. Kandungan garam yang tinggi memungkinkan semua orang untuk mengapung, bahkan tanpa perenang. Ini mirip dengan keunikan Laut Mati yang terletak di tiga negara.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Balefadorotuho, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara, Sumatera Utara.

9. Pantai di Pulau Pandang Batubara

Pantai di Pulau Pandang BatubaraKredit foto: Google Maps Iran Situmorang

Lokasi tepatnya pantai ini berada di salah satu pulau terluar Indonesia yaitu Pulau Pandang. Pengunjung harus menempuh perjalanan darat dan laut untuk sampai ke tempat ini. Jalur darat memakan waktu sekitar 4 jam sedangkan jalur laut memakan waktu sekitar 2 jam.

Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa yaitu air laut berwarna kehijauan yang sangat jernih. Selain itu, pantai ini memiliki suasana yang sangat menyenangkan karena diberkahi dengan tanaman yang rimbun dan lebat. Sehingga para pengunjung akan merasa sangat nyaman disini.

Biaya tur: Dari Rp 350.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Selat Malaka, Taksi Batubara, Sumatera Utara.

10. Pantai Berawe, Pulau Kampai Langkat

Pantai Berawe, Pulau Kampai LangkatSumber gambar: Google Maps Okta Via

Liburan berbeda bisa Anda temukan saat berkunjung ke Pantai Berawe yang menghadap langsung ke Selat Malaka. Destinasi yang satu ini terletak di Pulau Kampai yang membutuhkan jarak sekitar 96 km dari pusat kota Medan. Anda hanya perlu menempuh jalur darat untuk sampai ke tempat ini.

Daya tarik utama tempat ini adalah hamparan pasir putihnya yang luas cocok untuk jalan-jalan di pantai. Selain itu, Anda juga akan dimanjakan dengan ombak yang kencang dan angin yang segar. Pengalaman liburan di Sumatera Utara dijamin tak akan terlupakan.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Pulau Kampai, Kec. Pangkalan Susu, Kabin Langkat, Sumatera Utara.

Berlibur di sebuah provinsi dengan keindahan luar biasa tentu menyenangkan. Anda wajib mencoba destinasi wisata pantai yang disuguhkan oleh alam Sumatera Utara. Hal ini akan membuat liburan Anda semakin berkesan dan pastikan Anda membawa perlengkapan yang sesuai, mulai dari fotografi hingga perlengkapan pendukung lainnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button