Tempat Wisata

10 Pantai Indah & Hits Dekat Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata menarik mulai dari wisata yang bernuansa alam, sejarah hingga masa kini. Kota ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik pada hari biasa maupun akhir pekan, terutama saat hari libur nasional. Setiap tempat wisata di daerah bandung memiliki daya tarik tersendiri.

Bicara tempat wisata bernuansa alam, ada berbagai tempat wisata di Bandung. Ada beberapa pantai di dekat kota Bandung yang bisa dijadikan rekomendasi destinasi wisata untuk dikunjungi. Pantai-pantai ini memiliki daya tarik yang tidak membuat wisatawan bosan saat berkunjung.

Berwisata ke Bandung tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengunjungi kawasan pusat kota, namun menjelajahi tempat wisata bernuansa alam di kawasan Bandung juga bisa menjadi pilihan. Wisatawan dari dalam dan luar negeri menjadikan Bandung sebagai tujuan liburan karena terdapat berbagai tempat wisata menarik di sana.

1. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang TawulanKredit foto: Google Maps Adrianus Hary Susiawan

Terletak di Tasikmalaya, provinsi Jawa Barat, pantai ini menawarkan pesona pantai alami yang mirip dengan pantai Tanah Lot yang populer di Bali dengan tebing karangnya. Situs ini dekat dengan Pantai Pangandaran dan melewati Pantai Pamayang, Cipatujah dan Sindangkerta saat Anda berkendara ke situs Pantai Karang Tawulan.

Fasilitasnya cukup lengkap. Terdapat mushola, tempat parkir, toilet, beberapa pendopo dan tempat pengamatan, serta warung makan yang menyajikan kuliner khas berupa ikan bakar Pamayangsari. Meski tidak sepopuler Pantai Pangandaran, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Banyak pengunjung yang datang ke sini melakukan aktivitas memancing di sekitar tebing karang yang menjorok ke tengah laut. Ombak lautnya cukup tinggi, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan berenang di Pantai Karang Tawulan.

harga tiket: Rp 7.500; map: pemeriksaan situs
Alamat: Cimanuk, Kalapagegenep, Kec. Cikalong, Cab.Tasikmalaya, Jawa Barat.

2. Pantai Pangandaran

Pantai PangandaranKredit foto: Google Maps Risalatul Maheasy

Nama pantai ini sudah sangat dikenal oleh sebagian besar wisatawan lokal maupun mancanegara. Panorama alamnya tak kalah indah dengan pantai-pantai lain yang juga terkenal di Indonesia, seperti Pantai Kuta, Raja Ampat, Pantai Parangtritis dan lain-lain. Keindahan sunset menjadi panorama alam yang populer di pantai ini.

Pantai Pangandaran memiliki berbagai fasilitas yang memadai termasuk restoran dan kafe untuk menemani wisatawan menikmati sajian kuliner sambil merasakan keindahan alam pantai ini. Selain itu, terdapat pula akomodasi berupa resort mewah yang bisa dipilih wisatawan untuk bermalam di sana.

Ada juga wahana water sport yang menarik seperti parasailing dan banana boat yang pastinya seru dan seru. Wisatawan juga dapat menjelajahi kawasan pesisir dengan bersepeda. Sepeda yang digunakan adalah jenis sepeda tandem yang bisa disewa di area pantai.

harga tiket: Rp 9.000; map: cek situs
Alamat: Kecamatan Pangandaran, Cab Pangandaran, Jawa Barat.

3. Pantai Jayanti

Pantai JayantiKredit foto: Google Maps Mastri Ridwan S

Pantai Jayanti terletak di Kabupaten Cianjur, lebih tepatnya Cidamar, Kecamatan Cidaun. Lokasinya sangat dekat dengan bandung makanya nama pantainya jayanti dekat ciwidey. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan dihiasi bebatuan. Keindahan alam lainnya berupa pasir hitam kecoklatan yang begitu cantik.

Wisatawan akan melihat banyak perahu nelayan yang bersandar di pantai bila menghadap ke timur. Pemandangan ini menjadi latar foto yang indah, sehingga wisatawan yang gemar memotret merasa sangat dimanjakan. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, terdapat beberapa penginapan di sekitar pantai.

harga tiket: Rp5.000; map: cek situs
Alamat: Pantai J L. Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Cab.Cianjur, Jawa Barat.

4. Pantai Pamayangsari

Pantai PamyangsariKredit foto: Google Maps Mastri Asep Apandi Saputra

Di Kabupaten Tasikmalaya juga terdapat Pantai Pamayangsari yang memiliki ciri khas mercusuar dan menara pengintai. Letak kedua menara tersebut berada di ujung pemecah gelombang sehingga terlihat seperti pintu gerbang ke laut lepas. Ada tangga melingkar di menara observasi.

Pengunjung dapat menaiki menara menggunakan anak tangga yang ada. Dari atas menara, pengunjung dapat melihat panorama laut lepas yang begitu indah dan luas. Ombaknya besar karena merupakan bagian dari pantai selatan.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Sindangkerta, Kec. Cipaturjah, Kab.Tasikmalaya, Jawa Barat.

5. Pantai Santolo Pantai

Pantai SantoloSumber gambar: Google Maps Afidin S

Pantai Santolo terletak di Kabupaten Garut, lebih tepatnya di Kecamatan Cikelet. Terletak di Desa Pamalayan, pantai ini berjarak sekitar 4-5 jam perjalanan dari Bandung. Banyak hal yang menarik di kawasan pantai ini, salah satunya adalah keberadaan markas LAPAN, sehingga eksperimen penerbangan roket terkadang dilakukan di sana.

Panorama yang disuguhkan begitu indah karena memiliki pasir putih dengan laut biru jernih. Di sana, wisatawan bisa menyaksikan matahari terbenam sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Di Pantai Santolo, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, bermain pasir, dll.

Lokasinya yang tersembunyi, sehingga wisatawan yang ingin menikmati panorama alam pantai yang menenangkan bisa datang ke Pantai Santolo. Ada banyak spot foto seperti gugusan bebatuan besar. Wisatawan juga dapat menemukan deretan toko yang menjual pakaian, topi, suvenir, dan ikan.

harga tiket: Rp4.000; map: cek situs
Alamat: Daerah. Cikelet, Cab. Garut, Jawa Barat.

6. Pantai Rancabuaya

Pantai RancabuayaSumber Gambar: Google Maps Harry Permana

Dari Kabupaten Garut, Pantai Rancabuaya berjarak sekitar 20 kilometer. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang populer di kalangan wisatawan karena pernah dijadikan lokasi syuting film terkenal “Paper Boat”. Pantai Rancabuaya adalah salah satu pantai terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

Padahal, di kawasan pantai banyak terdapat gubuk-gubuk yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat. Wisatawan juga bisa menikmati aneka olahan seafood yang begitu nikmat. Selain itu, menikmati es krim kelapa muda juga bisa menjadi pilihan pelepas dahaga setelah bermain di Pantai Rancabuaya.

Ciri khas Pantai Rancabuaya adalah bebatuan hitam yang bertebaran di pasir. Ukuran batu sangat bervariasi. Selain itu, ada pohon besar yang batangnya memanjang ke atas, membuatnya terlihat sangat ikonik. Pesona alamnya sungguh memukau para wisatawan.

harga tiket: Rp5.000; map: cek situs
Alamat: Kecamatan Caringin, Kabin Garut, Jawa Barat.

7. Pantai Sindangkerta

Pantai SindangkertaSumber Gambar: Saluran Google Maps ZoeL ZF

Berada di kawasan Tasikmalaya bagian selatan, pantai ini memiliki keindahan alam berupa pasir putih dan pantai yang landai. Saat air laut surut, pengunjung akan melihat bagian dari taman laut dengan berbagai biota laut. Padahal, biota laut ini masih terjaga dengan baik.

Fasilitas yang tersedia di pantai Sindangkerta cukup lengkap, mulai dari penginapan, bumi perkemahan, warung makan, tempat parkir hingga musala. Panorama pantai didominasi oleh birunya laut, pasir putih, dan rindangnya pohon kelapa yang tumbuh di tepinya.

harga tiket: Rp3.500; map: cek situs
Alamat: Sindangkerta, Kec. Cipaturjah, Kab.Tasikmalaya, Jawa Barat.

8. Pantai Karapyak

Pantai KarapyakSumber Gambar: Google Maps Alexander’s Grace

Pantai Karapyak di Kabupaten Ciamis, Kecamatan Kalipucang tepatnya masih satu kelompok dengan tempat wisata Taman Nasional Ujung Kulon. Pesona alamnya sangat mirip dengan Pantai Ketapang di kawasan Bandungharjo, Jepara. Wisatawan yang ingin menikmati suasana romantis bisa datang ke pantai ini.

Namun Pantai Karapyak belum begitu dikenal masyarakat luas. Maka tak heran jika pesona alamnya begitu bersih dan terlihat sangat indah. Wisatawan tidak akan menemukan sampah berserakan di sana, sehingga setiap orang yang datang berkunjung harus mengikuti untuk melihat pantai ini bersih dan indah.

harga tiket: Rp 10.000; map: cek situs
Alamat: Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

9. Pantai Sayang Heulang

Pantai Heulang yang terhormatSumber gambar: Google Maps Snsc

Mengunjungi Kabupaten Garut tepatnya kabupaten Pameungpeuk, wisatawan akan menjumpai pantai Sayang Heulang yang berjarak sekitar 5 jam perjalanan dari kota Bandung, Jawa Barat. Jalan masuk wisatawan menuju lokasi cukup terjal, sehingga kendaraan harus dalam kondisi prima.

Meski jalan yang akan dilalui cukup terjal, wisatawan yang tiba di lokasi akan disuguhi panorama alam yang sungguh memanjakan mata. Hal yang menarik dari pantai ini adalah adanya bebatuan yang mencuat ke laut dan memiliki ombak yang terlihat begitu indah saat bergulung.

harga tiket: Rp10.000; map: cek situs
Alamat: Cijambe, Kec. Cikelet, Cab. Garut, Jawa Barat.

10 Pantai Cipatujah

Pantai CipatujaSumber gambar: Google Maps Jotje Karuh

Pantai Cipatujah pernah terkena dampak tsunami 2006 yang menerjang pesisir selatan Pulau Jawa. Meski banyak fasilitas yang rusak akibat tsunami, manajemen telah memperbaiki fasilitas yang rusak tersebut sehingga kini Pantai Cipatujah dapat kembali nyaman dikunjungi.

Pantai ini sering dijadikan tempat ritual yang dilakukan oleh masyarakat setempat setiap tahunnya. Ritual yang dimaksud adalah Hajat Laut, atau sesaji, yang merupakan bentuk rasa syukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan dan bentuk meminta pertolongan dan keselamatan kepada Tuhan.

harga tiket: Rp5.000; map: cek situs
Alamat: Daerah. Cipaturjah, Cab.Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ini adalah beberapa pantai populer di dekat Bandung. Wisatawan yang ingin berlibur ke kawasan pantai dekat Bandung bisa mengunjungi pantai-pantai tersebut bersama pasangan atau keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button