Tempat Wisata

10 pulau indah yang wajib dikunjungi di Jawa Timur

Jawa Timur tidak hanya memiliki wisata alam yang indah. Berbagai pulau kecil yang mengelilinginya pun memiliki pesona tersendiri yang bisa membuat Anda terkagum-kagum.

Dengan ibukota di Surabaya, Jawa Timur dikenal memiliki wisata alam berupa pegunungan dan pantai yang sangat memukau. Namun tidak hanya itu, di provinsi ini juga terdapat beberapa pulau yang memiliki pemandangan dan pesona tersendiri. Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung, berikut beberapa pulau cantik yang ada di Jawa Timur.

1. Pulau Nusa Barong, Jember

Pemandangan Pulau Nusa Barong JemberKredit foto: Google Maps Oni Suganda

Siapa sangka ternyata daerah Jember ternyata memiliki pesona alam yang begitu memanjakan mata. Jember tidak hanya dikenal sebagai salah satu penghasil tembakau terpenting, tetapi juga memiliki pulau indah yang wajib Anda kunjungi. Destinasi yang satu ini bernama Pulau Nusa Barong yang terletak di kawasan Desa Puger. Bisa dikatakan Nusa Barong merupakan pulau terluar Indonesia yang berada tepat di Samudera Hindia.

Nusa Barong sendiri sudah menjadi cagar alam sejak tahun 1920. Karena namanya Cagar Alam Pulau Nusa Barong, pulau ini sangat cocok sebagai tempat liburan. Untuk menuju pulau ini Anda cukup menyeberang dengan perahu nelayan. Pulau indah ini memiliki hutan pantai, hutan bakau, dan hutan dataran rendah.

Tentunya bagi anda yang menginginkan liburan dengan suasana alam yang masih asri dan hijau, Pulau Nusa Barong adalah jawaban yang bisa anda dapatkan. Berikut adalah keindahan beragam dari berbagai flora dan fauna. Mulai dari jenis mamalia yang dilindungi, reptil, burung hingga serangga. Ada juga penyu hijau, rusa jawa dan elang laut berdada putih yang sangat cantik yang bisa anda temui disini.

Biaya tur: Dari Rp 150.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Puger Wetan, Kec. Puger, Cab. Jember, Jawa Timur.

2. Gili Labak, Sumenep

Objek wisata Gili Labak, SumenepKredit foto: Google Maps Yohanes Riyan

Gili Labak merupakan salah satu pulau yang sering dikunjungi wisatawan untuk berlibur. Pulau ini sendiri merupakan salah satu wilayah terkecil di antara 127 pulau lainnya yang ada di wilayah Sumenep. Meski memiliki luas kurang dari 5 hektar, Anda bisa berlatih berbagai aktivitas menarik di sini. Bahkan, Anda bisa mengelilingi pulau ini hanya dalam waktu setengah jam saja.

Namun, pesona Gili Labak tak bisa dipungkiri lagi. Keindahan alam bawah lautnya sungguh mempesona. Anda juga akan terbuai dengan indahnya dunia bawah laut yang akan mengundang Anda untuk menyelam. Tak heran, wisata ini kerap dijadikan referensi bagi para traveller yang ingin snorkeling. Pasalnya, keindahan bawah lautnya benar-benar memanjakan mata.

Biaya tur: Dari Rp 150.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Pulau Gili Labak, Kembang, Kec. Talango, Cab.Sumenep, Jawa Timur.

3. Pulau Kambing, Sampang

Pulau Kambing, SampangSumber gambar: Google Maps Ririen Wisma

Tepatnya, Sampang masih memiliki sebuah pulau di kawasan Madura dengan panorama yang super eksotik. Dengan hanya sekitar 1,5 jam dari Kabupaten Sampang Anda sudah bisa mencapai pulau cantik ini. Meski bernama Pulau Kambing, pulau yang satu ini tidak dihuni oleh hewan-hewan tersebut. Di sini Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi menarik.

Mulai dari Wisata Pasir Putih hingga Batu Alam Candin. Di tempat yang satu ini Anda bisa menikmati pesona wisata alam yang mempesona. Ditambah lagi dengan panorama alam yang masih asri dan pantai yang sangat eksotik membuat anda betah berada di tempat yang satu ini. Selain itu, bagi anda yang ingin menikmati sunset yang indah, Pulau Kambing merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi.

Biaya tur: Dari Rp 10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Gunung Sekar, Kec. Sampang, Cab.Sampang, Jawa Timur.

4. Pulau Kangean, Madura

Objek Wisata Pulau Kangean MaduraKredit foto: Google Maps Kholis Mansur saja

Pulau Madura merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang dikelilingi oleh pulau-pulau indah lainnya. Berada di utara pulau Bali dan dekat pulau Lombok, Pulau Kangean ternyata masih menjadi bagian dari wilayah Sumenep. Pulau cantik ini memang masih belum banyak dikenal orang. Anda dapat mengunjungi pulau ini dengan feri dalam waktu sekitar 8 jam.

Pulau yang dikelilingi lautan ini memiliki beberapa spot snorkeling. Memasuki perairan pulau ini Anda akan dihadapkan dengan terumbu karang yang indah dan air laut yang jernih yang dapat Anda temukan di perairan Pulau Kangean. Keindahan alam bawah laut juga didukung dengan panorama alam yang mempesona dari wisata ini.

Biaya tur: Dari Rp 150.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kangayan, Kab.Sumenep, Jawa Timur.

5. Gili Ketapang, Probolinggo

Daya tarik Gili KetapangSumber gambar: Google Maps Rio Wija

Tak hanya di Madura dan Lombok, di kota Probolinggo pun Anda bisa menemui Gili. Pasalnya, kota cantik ini memiliki pesona yang akan memukau banyak wisatawan. Terletak kurang lebih 8 km ke arah pantai utara kota Probolinggo dan berada di Selat Madura, Anda dapat menyeberanginya melalui Pelabuhan Copper Edge.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini. Pertama-tama, Anda tentu wajib snorkeling. Karena pulau cantik ini memiliki biota laut yang indah yang tidak boleh Anda abaikan. Terumbu karang warna-warni dan berbagai spesies ikan kecil membuat Anda betah dengan aktivitas menyelam di laut Gili Ketapang.

Saat menyelam di pulau yang satu ini Anda juga bisa menjumpai beberapa ikan badut yang lucu. Jika lelah snorkeling, Anda juga bisa berjalan-jalan menyusuri pulau seluas 150 hektar ini. Tentu daya pikat destinasi yang satu ini akan membuat Anda ingin mengunjunginya. Tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak dan menikmati keindahan alam di tempat wisata yang satu ini.

Biaya tur: Dari Rp 12.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sapia, Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab.Probolinggo, Jawa Timur.

6. Pulau Bawean, Gresik

Fasilitas Pulau Bawean GresikSumber gambar: Google Maps samsul afrika

Bawean adalah salah satu pulau di kawasan Laut Jawa. Lebih tepatnya, jaraknya sekitar 120 kilometer dari utara kota Gresik. Di sini Anda akan menemukan spesies rusa endemik yang hanya bisa Anda jumpai di kawasan Pulau Bawean. Rusa tersebut berjenis Axis Kuhli, yang tentunya akan asing ditelinga kebanyakan orang.

Pulau yang satu ini menawarkan destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Sebut saja seperti pemandian air panas yang sangat menyegarkan. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Danau Kastoba, Tanjung Gaang, Pulau Noko dan juga Pulau Gili. Melihat rusa di penangkaran juga menjadi tujuan wisata yang menarik untuk dicoba. Selain itu, menjelajahi pantai saat air surut juga merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Biaya tur: Dari Rp59.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pulau Bawean, Kec. Sangkapura, Cab.Gresik, Jawa Timur.

7. Gili Iyang atau Pulau Oksigen, Sumenep

Pulau Gili IyangSumber Gambar: Google Maps Omponk Lyno

Gili Iyang atau sering disebut Pulau Oksigen dikenal memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Yordania. Udara bersih dan segar akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terutama yang ingin mencari nuansa alam yang asri dan udara yang segar.

Pulau yang satu ini memiliki pepohonan yang cukup rimbun. Sehingga akan mampu meningkatkan kadar oksigen di atas rata-rata. Tak hanya dikenal dengan udaranya yang sejuk dan segar, Oxygen Island juga menawarkan aktivitas laut yaitu snorkeling dan diving yang pasti Anda sukai. Kegiatan ini juga memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

Biaya tur: Dari Rp20.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Dungkek, Kec. Dunkek, Kab.Sumenep, Jawa Timur.

8. Gili Bidadari, Sumenep

Gili BidadariSumber gambar: Google Maps fadel abu aufa

Hamparan pasir putih yang indah tentunya akan menjadi salah satu daya tarik utama wisatawan saat berkunjung ke pulau yang satu ini. Pulau ini merupakan wilayah yang cukup kecil, sehingga hanya dihuni oleh beberapa kepala keluarga saja. Nama pulau yang satu ini dinamakan Gili Bidadari karena mayoritas penduduk yang menghuni pulau ini adalah wanita.

Selain memiliki hamparan pasir yang sangat putih dan halus, pulau yang satu ini juga memiliki air laut yang cukup jernih. Aktivitas yang biasa Anda lakukan di pulau ini adalah menikmati semilir angin pantai dan juga menyaksikan berbagai aktivitas warga. Mulai dari melaut hingga mengolah ikan teri. Tentu saja, Anda bisa membawa pulang ikan teri sebagai oleh-oleh.

Biaya tur: Dari Rp 165.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Banmaleng, Kec. Gilile, Cab.Sumenep, Jawa Timur.

9. Gili Raja, Sumenep

Gili RajaKredit Foto: Google Maps Horri sebagai Shoff

Daerah Sumenep, Madura memiliki banyak pulau yang bisa Anda kunjungi. Diantaranya adalah Gili Raja di sebelah tenggara Pulau Madura. Gili ini memiliki keindahan tersendiri. Sehingga Anda akan dibuat takjub dengan pesonanya. Terutama bagi Anda yang suka menyelam di bawah air.

Hal ini dikarenakan pulau cantik ini memiliki wisata alam bawah laut yang sangat mempesona dan tidak kalah menakjubkan dari yang lainnya. Selain terpesona dengan keindahan biota lautnya, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Beringin yang memiliki pesona indah tersendiri. Tidak jauh dari pantai Anda akan menemukan pohon beringin yang sangat besar.

Jika Anda melangkah di bawah pohon beringin, Anda akan menemukan sebuah sumur kuno yang anehnya tidak pernah kering. Keunikan itu tentu saja akan Anda temukan di pulau cantik ini. Selanjutnya, di Gili Raja Anda juga bisa menemukan makam Ki Agung Demang yang konon merupakan penghuni pertama pulau yang satu ini.

Biaya tur: Dari Rp 150.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kecamatan Gilile, Kab.Sumenep, Jawa Timur.

10. Gili Pandan

Gil PandanSumber gambar: Google Maps Fortunata Riana

Ada satu pulau lagi yang bisa Anda kunjungi saat berada di kawasan Sumenep. Dimana pulau yang satu itu bernama Gili Pandan yang memiliki keindahan yang tak kalah mempesona dari pulau lainnya. Meski termasuk salah satu pulau tak berpenghuni, Gili Pandan kerap menjadi tempat wisata para wisatawan.

Tak heran, karena pulau yang satu ini memiliki keindahan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Airnya sangat jernih, pemandangannya sangat mempesona dan suasananya sangat bagus, akan membuat Anda tertidur. Jadi ada baiknya mengunjungi tanggul ini bersamaan dengan mengunjungi daerah Sumenep.

Biaya tur: Dari Rp 7.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Gilipandan, Banmaleng, Kec. Gilile, Cab.Sumenep, Jawa Timur.

Inilah deretan pulau cantik di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi untuk liburan tak terlupakan. Pulau ini memiliki keindahan yang sangat mempesona dan tidak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya. Bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat-tempat seru dan baru, deretan pulau cantik di sebelah timur Pulau Jawa wajib dikunjungi. Sehingga Anda bisa merasakan keindahan alam di tengah pulau.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button