Tempat Wisata

10 wisata pantai terpopuler di Demak

10 wisata pantai terpopuler di Demak

Membutuhkan Liburan yang menyenangkan? Ini adalah daftar turisnya Pantai yang populer di Demak, Jawa tengah. Tempat wisata bahari terindah dan eksotik dan paling populer kepadamu Mengeksplorasi Kapan Putuskan liburan ke Demak.

Banyak orang yang tertarik berkunjung ke Demak karena di sana terdapat daftar wisata religi Islam yang menarik. Selain wisata religi, wisata alam di sana tak kalah indahnya dengan daerah lain. Inilah alasan tepat bagi Anda untuk berkunjung ke Demak dan menikmati setiap momen di pesisir pantai.

Biasanya aktivitas yang bisa dilakukan di pantai sangat beragam, mulai dari menikmati pemandangan alam dan semilir angin laut, bermain pasir, melakukan olahraga air yang ditawarkan, hingga menikmati hidangan khas pantai di Demak. Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama keluarga atau teman agar semakin seru.

Jika Anda ingin berkunjung ke Demak dalam waktu dekat dan terutama ingin mengunjungi pantainya, berikut rekomendasinya. Pantai di sini bukan hanya sekedar pantai saja, namun juga menjadi destinasi wisata alam dekat pantai yang sayang untuk dilewatkan. Di bawah ini adalah rekomendasi pantai terbaik di Demak yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Glagah Wangi, Istanbul

Pantai Glagah Wangi, IstanbulFoto: Google Maps/M. Aji Saputro

Jika Anda ingin bermain-main di pantai yang masih sepi dan jarang dikunjungi, Pantai Glagah Wangi di Istanbul adalah pilihan yang tepat. Dengan tiket masuk senilai 15.000 rupee, Anda bisa leluasa menikmati semua fasilitas yang ada di dalamnya.

Agar tidak membahayakan pengunjung, pengelola pantai membatasi jam berkunjung pada pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Pantai ini terletak di desa Tambakbulusa, tidak jauh dari ibu kota Demak dan dapat dicapai dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Untuk menuju pantai ini dari ujung desa harus menaiki perahu yang disediakan untuk wisatawan. Setelah singgah di dermaga pantai, Anda bisa langsung menuju pantai yang letaknya tidak jauh dari sana. Banyak spot foto menarik di tempat ini, termasuk jalan menuju pantai yang penuh hutan bakau.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Desa Tambakbulusan, Dukuh, Kecamatan Bongsari. Karangtengah, Kab.Demak, Jawa Tengah.

2. Pantai Surodadi

Pantai SurodadiFoto: Google Maps/Suprayitno 12

Pantai lain yang direkomendasikan adalah Pantai Surodadi yang terletak di desa bernama sama, Surodadi. Pantai ini terkenal dengan kemampuannya dalam mengelola dan menjaga hutan bakau yang ada di sana, memberikan daya tarik tersendiri sebagai daya tarik wisata.

Sebagai area percontohan penghijauan yang dilakukan di pinggir pantai, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam di sana. Mulai dari rimbunnya hutan bakau, pantai yang bersih, hingga suasana alam asri yang masih terkesan sejuk meski berada di kawasan pesisir pantai.

Ombak di sana relatif tenang sehingga aman untuk bermain dan berenang di air. Selain itu, pantainya cukup panjang sehingga Anda bisa bermain di sana dan menjelajahi berbagai habitat alam. Di akhir pekan, pantai ini cukup ramai karena menjadi tempat rekreasi wisatawan lokal.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Surodadi, Kec. Sayung, Kab.Demak, Jawa Tengah.

3. Hutan Mangrove di Pantai Morosari Sayung

Hutan bakau di Pantai Morosari SayungFoto: Google Maps/Boentoro Kamara

Jika ingin merasakan liburan pantai yang lebih natural, Anda bisa mengunjungi hutan bakau di dekat Pantai Morosari Sayung. Berbeda dengan pantai lain yang pantainya berpasir dan garis pantainya menarik, di sini Anda bisa menikmati kesejukan pepohonan bakau yang rimbun.

Agar menikmati hutan bakau dapat berjalan lancar, pihak pengelola telah menyediakan jembatan panjang yang menghubungkan dermaga dengan hutan bakau. Jadi Anda tidak perlu repot melintasi hutan bakau dan mengotori kaki Anda.

Selain hutan bakau, berbagai satwa endemik juga bisa Anda jumpai di pantai ini. Jika ingin berjalan sedikit lebih jauh, Anda bisa menuju tempat wisata religi terdekat yaitu makam terapung Syekh Mudzakir.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Tambaksari, Kecamatan Sidogemah. Sayung, Kab.Demak, Jawa Tengah.

4. Pantai Sayung Morosari

Pantai Morosari SayungFoto: Google Maps/Dody Wijaya

Di dekat hutan bakau Morosari Sayung, Anda juga bisa mampir ke pantai yang letaknya tidak jauh. Pantai ini lebih dikenal dengan nama WBM atau Wisata Bahari Morosari karena destinasi wisata yang diunggulkan tidak hanya satu tempat saja.

Jika ingin sedikit menjelajah, dari pantai ini Anda bisa menuju hutan bakau dan makam Syekh Mudzakir serta melihat bekas pemukiman dan tambak milik warga yang terkena dampak abrasi pada tahun 1997. Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini jangan ragu untuk menggunakan semua fasilitas yang disediakan.

Anda bisa berjalan kaki menuju hutan bakau dan berbagai tempat wisata menarik di dekat Pantai Morosari Sayung. Namun jika lelah, Anda bisa menaiki kendaraan bermotor yang telah disediakan. Meski dikelilingi air laut, namun di kawasan ini masih terdapat air tawar.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Bedono, Kec. Sayung, Kab.Demak, Jawa Tengah.

5. Ujung Pantai Morodemak

Ujung dari Pantai MorodemakFoto: Google Maps/DB. Mochran

Tidak jauh dari pusat kota Demak anda bisa singgah dan mengunjungi pantai Morodemak, namun sebaiknya berhenti di ujung pantai. Karena terkenal sebagai tempat melihat matahari terbenam yang indah karena tidak terhalang oleh pepohonan atau bangunan.

Jika Anda mengunjungi bagian pantai ini Anda tidak perlu membayar tiket masuk karena tiket masuknya gratis. Tempat wisata ini juga buka selama 24 jam sehari sehingga anda bisa dengan mudah berkemah dan bermain api unggun di tempat ini. Namun pastikan Anda sudah meminta izin dan melakukan aktivitas sesuai prosedur.

Untuk memudahkan mobilisasi wisatawan, Anda dapat berjalan di jalan cor dan beton yang dibangun dengan cara ini. Meski tidak ramai, namun beberapa deretan kapal bisa Anda temukan di dekat pantai dan dermaga, menambah kesan bersih dan indahnya pemandangan.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Morodemak, Kec. Bonang, Kab.Demak, Jawa Tengah.

6. Pantai Moro

Pantai MoroFoto: Google Maps/Ahmad Bonang Amirullah

Pantai ini berbeda dengan pantai Morosari di Sayung sebelumnya. Pasalnya Pantai Moro terletak di kawasan Bonang, tidak jauh dari pusat kota Demak. Dari ibu kota menuju pantai ini tidak perlu menghabiskan waktu lama karena jalurnya sudah dirancang sebaik mungkin agar mudah dijangkau.

Hal yang menarik dari pantai ini adalah nuansa alam yang masih bisa dirasakan. Airnya jernih dan langit sering kali jernih dan tidak berawan. Spot foto di pantai ini cukup menarik, tepatnya di bagian belakang lanskap, Di tepi pantai Anda bisa melihat kapal-kapal yang tertata rapi.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Morodemak, Kec. Bonang, Kab.Demak, Jawa Tengah.

7. Pantai Glagah Wangi

Pantai Glagah WangiFoto: Google Maps/Rajib Husein

Pantai ini terkenal karena memiliki mitos tentang ular raksasa dan istana magis yang megah. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini diharapkan menjaga sikap dan bahasanya agar tidak membuat kesal para penjaga di Pantai Glagah Wangi.

Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang menarik dan akses mudah menuju hutan bakau. Anda bisa berjalan-jalan menikmati keindahan pantai ini atau menggunakan perahu untuk merasakan segarnya angin.

Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan antara lain berswafoto, menyaksikan aktivitas memancing di sekitar pantai, serta menikmati kuliner khas pesisir di beberapa restoran yang ada di lokasi. Anda juga bisa menunggu hingga matahari terbenam untuk mengambil foto pemandangan yang menarik.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Desa Tambakbulusan, Kecamatan Bongsari. Karangtengah, Kab.Demak, Jawa Tengah.

8. Pantai Onggojoyo

Pantai OnggojoyoFoto: Google Maps/Ubaydee

Terletak di Desa Wedung, Anda bisa mampir ke pantai ini jika ingin menikmati langsung sensasi merasakan budaya masyarakat pesisirnya. Pantai 24 jam ini hanya bisa diakses dengan tiket masuk senilai Rs 5.000. Dengan paket ini Anda bisa bermain di pantai sepuasnya.

Pantai Onggojoyo menyuguhkan pemandangan pantai yang menarik, alami dan indah. Destinasi wisata ini cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan teman. Di akhir pekan, pantai ini cukup ramai karena sering menjadi tujuan wisata lokal masyarakat.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Onggojoyo memiliki banyak pepohonan rindang untuk memberikan keteduhan. Anda bisa menikmati air dan sejuknya angin laut serta menikmati wisata kuliner di dekatnya.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Kolam Gojoyo, Wedung, Kab.Demak, Jawa Tengah.

9. Ekowisata di pesisir Pantai Kedungmutih

Ekowisata di pesisir Pantai KedungmutihFoto: Google Maps/Yulia Angelina

Tempat ini awalnya bukan tempat wisata, melainkan tempat ekowisata penanaman bibit mangrove. Namun belakangan dibuka menjadi objek wisata bagi masyarakat. Sebagai lokasi ekowisata, Anda tidak hanya berwisata tetapi juga belajar.

Seperti halnya tempat wisata lainnya di kawasan ini, terdapat juga spot selfie menarik di sini. Mulai dari lampu dan aksesoris berbentuk kupu-kupu, love dan berbagai panel dengan kalimat-kalimat menarik.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kedungmutih, Kec. Wedung, Kab. Demak, Jawa Tengah.

10. Hutang Mangrove di Pantai Morodemak

Hutang mangrove di Pantai MorodemakFoto: Google Maps/Ubaydee

Selain wisata pantai, Anda juga bisa mengunjungi hutan bakau yang letaknya dekat Pantai Morodemak. Di hutan mangrove ini, Anda bisa menjelajahi pepohonan mangrove dengan menggunakan perahu kecil yang bisa disewa oleh pengunjung.

Buka 24 jam sehari, anda juga bisa memancing di tempat ini dan harga per orangnya hanya 15.000 rupiah. Disarankan untuk mengunjungi pantai ini pada sore atau pagi hari untuk menghindari teriknya sinar matahari.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Morodemak, Kec. Bonang, Kab.Demak, Jawa Tengah.

Itulah beberapa wisata pantai dan hutan bakau yang ada di Demak. Berbagai tempat wisata ini bisa Anda kunjungi kapan saja, namun jangan lupa untuk memperhatikan cuaca dan mempertimbangkan keberlanjutan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button