Tempat Wisata

14 Rekomendasi Wisata Pantai di Padang 2024

Wisata pantai di Padang – Mendengar nama Padang tentu pikiran kita tertuju pada masakan yang selalu menggiurkan. Masakan Padang sebenarnya sangat terkenal di seluruh tanah air. Meski demikian, ibu kota Sumatera Barat ini ternyata memiliki keindahan alam yang luar biasa, khususnya pantainya.

Padang, sebuah kota di bagian barat Pulau Sumatera yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Lokasinya cukup strategis karena berada di jalur barat Sumatera. Sebab, industri pariwisata cukup berkembang di sana. Mulai dari sejumlah tempat wisata alam hingga sejarah dan berbagai hotel untuk menginap.

Kali ini Travelandword tertarik dengan beberapa tempat wisata pintar di Padang. Jika Anda membutuhkan rekomendasi berlibur ke Padang, pantai-pantai berikut ini bisa masuk Daftar Keinginan Anda.

Rekomendasi Tempat Wisata Pantai di Padang yang Bagus

Setiap pantai tentunya memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri. Mulai dari pantai berpasir putih hingga pantai dengan beragam fasilitas modern.

Pantai air tawar

Pantai favorit di Padang, Pantai Air ManisPantai favorit di Padang, Pantai Air ManisPantai favorit di Padang, Pantai Air Manis

Pantai Air Manis merupakan salah satu pantai terpopuler di Padang. Pantainya cukup bersih dan menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah di sore hari. Pantainya cenderung landai dan ombaknya tidak terlalu besar. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa banyak yang bermain air di pinggirnya. Untuk hiburan yang lebih canggih, tersedia juga ATV dan permainan perahu.

  • Harga tiket: Rp 5.000 (anak-anak) dan Rp 10.000 (dewasa)
  • Alamat : Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang

Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok Painan Padang melalui Google Maps Arseno IrvanoPantai Carocok Painan Padang melalui Google Maps Arseno IrvanoPantai Carocok Painan Padang melalui Google Maps Arseno Irvano

Pantai berpasir putih, pantai sepi dan hamparan pegunungan hijau di sekelilingnya hanyalah beberapa keindahan yang ditawarkan pantai ini yang terletak tidak jauh dari kota Padang. Bahkan, Pantai Carocok juga menjadi surganya wisata pantai yang dilengkapi dengan banana boat, donut boat, snorkeling bahkan jet ski.

  • Harga tiket: Rp 5.000/orang
  • Alamat : Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merekomendasikan pantai di Padang melalui ig@makyu501Pantai Nirwana merekomendasikan pantai di Padang melalui ig@makyu501Pantai Nirwana merekomendasikan pantai di Padang melalui ig@makyu501

Bagi pecinta fotografi, inilah salah satu pantai terbaik yang bisa Anda kunjungi. Pantai Nirwana dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk berburu foto keren, terutama karena pemandangan matahari terbenam di sore hari. Ombak pantai yang tenang dan deretan pohon kelapa di dekatnya hanyalah sebagian kecil dari keindahan pantai ini.

  • Harga tiket: Rp 15.000 (anak-anak) dan Rp 20.000 (dewasa)
  • Alamat : Jl. Raya Padang – Painan, Tlk. Bayur, Kota Padang, Sumatera Barat

Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah Padang Pariaman melalui IG @ayokepariamanPantai Gandoriah Padang Pariaman melalui IG @ayokepariamanPantai Gandoriah Padang Pariaman melalui IG @ayokepariaman

Berikutnya adalah Pantai Gandoriah di kawasan Padang Pariaman. Rasanya pantai ini tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke Padang. Selain keindahan pantainya, ada juga beberapa spot foto yang instagramable. Konon nama Gandoriah berasal dari seorang gadis dalam cerita rakyat Minangkabau.

  • Harga tiket: Rp 5.000/orang
  • Alamat : Jl. Nasri Nasar, Pariaman Tengah, Pariaman, Sumatera Barat

Pantai Pulau Sirandah

Pantai Pulau Sirandah melalui IG @ PulausirandahPantai Pulau Sirandah melalui IG @ PulausirandahPantai Pulau Sirandah melalui IG @ Pulausirandah

Pulau Sirandah terkenal dengan air lautnya yang super jernih dan pantai berpasir putih di sepanjang pantainya. Ada juga pulau kecil berbentuk penyu di dekat pulau tersebut. Keindahan alam bawah laut cocok untuk kegiatan seperti snorkeling dan diving.

  • Harga tiket:-
  • Alamat : Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Pantai Carolina

Pantai Carolina melalui IG @CarolinaPadang BeachPantai Carolina melalui IG @CarolinaPadang BeachPantai Carolina melalui IG @CarolinaPadang Beach

Rekomendasi wisata pantai di Padang selanjutnya adalah Pantai Caroline yang berada di kawasan Bungus. Pantai yang terletak di kawasan Teluk Bungus ini memiliki ombak yang landai. Pemandangan alam disekitarnya sangat eksotik. Pengunjung bisa bersantai, bermain air atau berteduh di bawah pohon yang berada tak jauh dari pantai. Tersedia juga perahu wisata untuk menjelajahi keindahan pantai.

  • Harga tiket: Rp 10.000/orang
  • Alamat : Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Bungus Teluk Kabung, Bungus Sel., Kec. Bungus Tlk. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pantai Pulau Pasumpahan

Wisata Pantai di Pulau Pasumpahan melalui IG @ Pulau_PasumpahanWisata Pantai di Pulau Pasumpahan melalui IG @ Pulau_PasumpahanWisata Pantai di Pulau Pasumpahan melalui IG @ Pulau_Pasumpahan

Ada banyak pulau-pulau kecil yang termasuk dalam wilayah administratif Kota Padang. Salah satunya Pulau Pasumpahan yang menawarkan air laut biru berpadu dengan pasir putih. Air laut yang jernih, hijaunya pepohonan, dan pantai berpasir putih membentuk kombinasi yang istimewa. Harga tiket masuk ke pulau ini hanya Rp 15.000, namun tentunya Anda juga perlu menyiapkan sejumlah uang untuk menyeberang dengan perahu.

  • Harga tiket: Rp 15.000/orang
  • Alamat : Tlk. Kabung Sel., Kec. Bungus Tlk. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pantai Taplau Padang

Simak rekomendasi pantai di Padang melalui IG @pantaipadangSimak rekomendasi pantai di Padang melalui IG @pantaipadangSimak rekomendasi pantai di Padang melalui IG @pantaipadang

Taplau adalah istilah bahasa Minang dan merupakan singkatan dari Tapi Lauik atau dikenal juga dengan sebutan “pantai”. Pantai Padang merupakan pantai yang cukup modern dengan garis pantai yang panjang. Atraksi lainnya antara lain pasir putih dan bukit bernama Gunung Padang.

  • Harga tiket: Rp 5.000/orang
  • Alamat: Flamboyan Baru, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat

Pantai Pasir Jambak

melalui ig @pantai_pasir_jambakmelalui ig @pantai_pasir_jambakmelalui ig @pantai_pasir_jambak

Pantai di kota Padang juga tidak kalah kerennya dengan beberapa pantai yang disebutkan di atas. Menawarkan hamparan pantai yang panjang, deretan pohon kelapa yang tertata rapi, serta panorama matahari terbenam yang eksotis. Keunikan lainnya adalah pasirnya yang merupakan perpaduan warna putih dan coklat. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan seperti bersantai, berburu makanan, dan berselancar.

  • Harga tiket: gratis
  • Alamat : Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pariwisata di Pulau Mandeh

Wisata Pulau Mandeh Padang melalui IG @mandeh_wishland_tourWisata Pulau Mandeh Padang melalui IG @mandeh_wishland_tourWisata Pulau Mandeh Padang melalui IG @mandeh_wishland_tour

Pulau Mandeh merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di pesisir selatan Sumatera Barat. Pulau dengan luas 18.000 hektar ini sudah banyak dikenal baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan teluk, hijaunya perbukitan dan kepulauan begitu mempesona. Karena kecantikannya tersebut, ia sering disebut sebagai “Raja Sumatera”. Tentunya untuk menuju ke sana Anda memerlukan perahu untuk menyeberang.

  • Tiket masuk: Mulai Rp 250.000/orang (paket wisata)
  • Alamat : Ganting Parak Gadang, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Klub Pantai Marawa

Wisata pantai yang bagus di Padang, Marawa Beach ClubWisata pantai yang bagus di Padang, Marawa Beach ClubWisata pantai yang bagus di Padang, Marawa Beach Club

Marawa Beach Club merupakan destinasi wisata bahari dengan konsep beach club yang khas di Bali. Kerjasama Rans Entertainment dan Syah Establihment ini menghadirkan tempat wisata di Padang yang populer dan kekinian. Sebuah objek wisata bertaraf internasional, namun tidak mengabaikan unsur budaya. Hal ini terlihat pada arsitektur restorannya yang bergaya Rumah Gadang.

  • Tiket masuk: Rp 50.000 (anak-anak), Rp 100.000 (dewasa)
  • Alamat : Kawasan Pantai Air Manis Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat.

Pulau Sikuai

Objek wisata pantai selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Sikuai. Pulau ini bersama Pulau Sirandah, Pulau Pasumpahan dan sejumlah pulau kecil lainnya biasanya menjadi tujuan paket wisata pulau. Pulau ini beriklim tropis sepanjang tahun dan pantainya terbuat dari pasir putih. Sekitar 2,4 hektar pulau ini digunakan sebagai tempat rekreasi, selebihnya berupa pantai dan hutan.

  • Harga Tiket: Mulai Rp 200.000/orang (Paket Day Tour ke Pulau Padang)
  • Alamat : Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang.

Pulau Pagang

Berikutnya ada wisata di Pulau Pagang yang letaknya tidak jauh dari kawasan wisata Mandeh dan dekat dengan Pulau Pamutusan. Meski letaknya tak jauh dari Kota Padang, namun secara administratif sebenarnya berada di Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau ini dikelola oleh keluarga Sultan Taharudin.

  • Harga Tiket: Mulai Rp 200.000/orang (Paket Day Tour ke Pulau Padang)
  • Alamat : Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Pantai Puruih

Pantai Puruih PadangPantai Puruih PadangPantai Puruih Padang

Sejak tahun 2022, Pemerintah Kota Padang mencanangkan program desa tematik di setiap kecamatan. Salah satu yang diprioritaskan adalah Desa Elo Pukek yang terletak di pantai Puruih. Para pecinta wisata bisa menikmati kawasan pantai, melihat matahari terbenam, mencari kuliner dan menyaksikan aktivitas para nelayan.

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata pantai di Padang Sumatera Barat. Tentu saja masih banyak pantai yang bisa Anda jelajahi, namun beberapa pantai di atas merupakan pantai yang sebaiknya Anda masukkan ke dalam rencana liburan Anda.

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button