Tempat Wisata

15 oleh-oleh khas semarang yang populer

15 oleh-oleh khas semarang yang populer

Hal apa saja yang biasanya terlintas saat berwisata ke Semarang? Mungkin sebagian orang memikirkan destinasi wisata di Semarang yang sangat indah. Namun tahukah Anda kalau kuliner oleh-oleh khas Kota Semarang juga wajib dikunjungi?

Berlibur ke Semarang bisa jadi pilihan yang tepat. Selain itu, setelah mengunjungi semua destinasi di Semarang, Anda bisa membawa pulang oleh-oleh.

Ada begitu banyak jenis oleh-oleh yang bisa dipilih. Terkadang Anda mungkin bingung menentukan oleh-oleh mana yang cocok dan digemari banyak orang. Namun nyatanya semua oleh-oleh yang ada di Semarang mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Berikut 15 oleh-oleh khas Semarang yang patut Anda ketahui.

1. Lumpia

lumpiaFoto oleh Budi Puspa Wijaya di Unsplash

Sudah bukan rahasia lagi kalau lumpia menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang paling digemari. Kunjungan Anda ke kota ini tentu belum lengkap tanpa membeli lumpia.

Yang paling populer adalah lumpia yang diisi rebung. Kalau kebanyakan masyarakat di daerah lain biasanya menggunakan isian sayur atau telur, lumpia di Semarang menggunakan isian rebung.

2. Bandeng presto

Bandeng prestofoto dari Budiutomo di Twitter

Semarang sebenarnya merupakan salah satu kota penghasil ikan laut terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika ikan bandeng menjadi salah satu makanan yang hanya bisa ditemui di kota semarang.

Salah satu olahan bandengan di Semarang yang sangat terkenal dan sering dijadikan oleh-oleh adalah Bandeng Presto. Persiapan ini memastikan rasa yang sangat lezat dan lezat.

3. babat wingko

babat WingkoFoto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Oleh-oleh ini merupakan makanan ringan berbahan dasar tepung ubi yang didominasi campuran kelapa muda yang diparut. Ia juga mengandung campuran gula kelapa sehingga menciptakan rasa gurih hingga lengket.

Setiap toko menawarkan banyak rasa. Anda bisa memilih rasa seperti durian, pisang, coklat dan masih banyak lagi.

4. Brownies biji poppy

Brownies biji poppyFoto oleh Priscilla Du Preez di Unsplash

Dilihat dari namanya, umat Islam mungkin akan berpikir dua kali sebelum memutuskan membelinya karena opium dikenal sebagai produk haram. Sebenarnya nama Opium diadopsi karena secara historis berasal dari toko opium.

Varian rasa brownies ini adalah coklat sehingga banyak yang menyukainya. Namun ada juga rasa lain seperti pisang, pandan dan vanilla.

5. Gulungan Wingko

gulungan wingkoFoto oleh Kuliner Semarang di Instagram

Tak hanya ada wingko babat, Semarang juga punya wingko gulung yang sangat enak. Makanan ini menjadi sangat populer karena dimiliki oleh Sandra Dewi. Seniman inilah yang menjadi pemilik sekaligus penggagas makanan unik tersebut.

Wingko sendiri awalnya menjadi salah satu kuliner terkenal di Semarang. Kemudian Sandra Dewi melakukan inovasi baru yaitu pembuatan cetakan gulung. Selain itu kemasannya juga lebih laku sehingga banyak orang yang berminat.

6. Tahu bakso

Tahu BaksoFoto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Oleh-oleh khas Semarang berikutnya adalah Bakso Tahu. Makanan ini sebenarnya sangat sederhana namun sangat populer di kalangan penduduk lokal dan wisatawan.

Sesuai dengan namanya, makanan ini terdiri dari tahu yang diisi bakso. Ada dua jenis bakso tahu yang bisa dipilih: digoreng atau direbus.

7. Kue sarang lebah

kue sarang lebahFoto oleh Ikadapurhangus di Envato Elements

Sesuai dengan namanya, oleh-oleh ini memiliki bentuk yang menyerupai sarang tawon. Bahan dasarnya adalah tepung beras yang dipadukan dengan santan dan gula merah.

Kue ini khas desa Welahan. Hampir seluruh masyarakat disana adalah pembuat kue ini. Namun tentunya setiap pabrikan mempunyai ciri khasnya masing-masing.

8. kue mochi

kue mochiFoto oleh Hengki di Instagram

Oleh-oleh ini hanya bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Semarang. Kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut, bahkan membuat Anda merasa seperti sedang menggigit permen karet karena teksturnya yang sangat lembut.

Suvenir ini sangat populer di kalangan wisatawan. Tidak hanya konsistensinya yang sangat lembut, tetapi juga mengandung berbagai isian yang sangat gurih. Mulai dari kacang tanah, wijen, gula merah dan masih banyak lagi.

9. Rel Roti Ganjel

Rel roti ganjelFoto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Dilihat dari namanya saja, jajanan ini mempunyai keunikan yang cukup membuat wisatawan penasaran. Sebenarnya jajanan ini merupakan olahan kue yang hampir mirip dengan brownies.

Yang menarik banyak wisatawan untuk mengolah makanan ini sebagai oleh-oleh adalah kemasannya yang sangat cantik. Kemasannya hampir menyerupai kue dengan wadah bening.

10. Lontong Spekkoek Wiki

Lontong Spekkoek WikiFoto oleh Waiki Lapis Legit di Google Maps

Oleh-oleh khas Semarang ini wajib Anda bawa pulang karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang nikmat. Kue ini terbuat dari tepung tapioka yang dipadukan dengan selai coklat.

Lontong Spekkoek Wiki memiliki banyak rasa yang patut untuk dicoba. Saat membeli, Anda tidak hanya bisa mencicipi coklat, tapi juga pandan dan blueberry.

11. TumpiSemarang

Tumpi SemarangFoto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Tentu bagi sebagian orang nama oleh-oleh ini akan sangat asing. Di daerah lain, makanan ini biasa disebut dengan rempeyek. Bentuknya lebar seperti daun dan mempunyai penutup yang bermacam-macam.

Ada yang ditaburi kacang-kacangan, teri, lotho dan masih banyak lagi. Rasanya sangat lezat dan benar-benar nikmat. Karena makanan ini juga memiliki umur simpan yang lama, sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

12. Torakur

Torakurfoto dari Rahmat Hidayanto di Twitter

Oleh-oleh yang satu ini merupakan jenis makanan manis yang unik. Meskipun manisan biasanya dibuat dari mangga atau buah-buahan lainnya, torakur dibuat dari tomat dan juga kurma pilihan.

Tomat dan kurma dikeringkan lalu ditunggu beberapa hari untuk diolah. Jika dirasa sangat kering, buatlah kedua bahan ini menjadi manisan yang nikmat.

13. Roti yang luar biasa

Roti yang luar biasaFoto oleh Reo Francois di Google Maps

Roti Cemerlang merupakan oleh-oleh yang bentuknya mirip dengan roti biasa, hanya saja terdiri dari lapisan-lapisan unik yang berbeda. Yang membuat roti ini populer hingga saat ini adalah resep kunonya yang masih dilestarikan dan digunakan hingga saat ini.

Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh yang banyak jumlahnya. Namun jika ingin memberikan kesan resep lama, pertimbangkan untuk membelinya di tempat yang sudah ada sejak lama.

14. Tahu Petis

Saya kenal PetisFoto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Jajanan ini bisa ditemukan di daerah lain. Namun, yang membuatnya berbeda dan istimewa adalah rasa dari buah petitnya. Ada juga tambahan sayuran yang membuat tahu ini semakin nikmat.

Rasa petitnya perpaduan antara gurih dan manis. Ini menciptakan rasa yang sangat nikmat.

15. Ayam tulang lunak

Ayam tulang lunakFoto Ayam Tulang Lunak Kraton Kranggan di Google Maps

Seperti namanya, proses pengolahan ayam ini menggunakan pressure cooker untuk melunakkan tulang namun tidak menghancurkannya sepenuhnya. Jadi Anda juga bisa menikmati tulang ayam yang ternyata banyak mengandung vitamin.

Biasanya makanan ini dikemas dalam mika transparan agar terlihat lebih menarik. Kantong plastik dengan motif sablon khas juga bisa Anda dapatkan di toko ini.

5 Pusat Oleh-Oleh di Semarang yang Wajib Anda Kunjungi

1.Jalan Pandanaran

Jalan Pandanarang yang berada di dekat Simpang Lima merupakan pusat oleh-oleh terkenal di Semarang. Di sini Anda akan menemukan berbagai jajanan khas Semarang yang cocok untuk dibawa.

2. Pujasera Simpang Lima

Simpang Lima merupakan kawasan yang sangat terkenal di Semarang karena banyak terdapat tempat penjualan oleh-oleh. Pujasera merupakan toko yang sangat populer di kalangan wisatawan karena yang dijualnya cukup banyak.

3. Gedung Dekranasda

Tempat oleh-oleh di Jalan Pahlawan No. 8 ini sangat populer di kalangan wisatawan. Karena tidak hanya menyediakan makanan, tapi juga sandang. Banyak jenis makanan juga yang dijual, jadi Anda bisa memilih mana yang paling Anda sukai.

4. KampoengSemarang

Selain berjualan oleh-oleh, Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Semarang. Semua suvenir dijual dengan harga yang sangat wajar. Anda bisa membeli dalam jumlah banyak karena harganya sangat terjangkau.

5. Pasar Johar

Pasar Johar dianggap sebagai pusat oleh-oleh terbesar di Kota Semarang karena banyak produk yang dijual di sana. Anda juga bisa membeli berbagai jenis oleh-oleh, mulai dari makanan hingga pakaian.

Nah itulah beberapa informasi mengenai oleh-oleh yang sangat rekomended di kota semarang. Saat berlibur ke Semarang, jangan lupa untuk membeli semua oleh-oleh ini. Anda juga bisa membelinya di pusat oleh-oleh yang direkomendasikan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button