Tempat Wisata

15 Pantai Terindah Di Riau Yang Wajib Dikunjungi

Inilah daftar rekomendasi pantai terindah di provinsi ini Riau. Obyek wisata laut yang kaya akan keajaiban, populer dan paling hits, cocok untuk menjadi tujuan liburan anda selanjutnya.

Wisata laut menjadi pilihan liburan yang tak pernah sepi peminat. Bicara soal pantai, setiap daerah di Indonesia selalu memiliki wisata pantainya masing-masing yang begitu menarik untuk dijelajahi. Tak terkecuali Provinsi Riau yang juga memiliki sejumlah pantai dengan panorama alam yang indah tak kalah dengan Bali.

Penasaran apa saja wisata bahari yang ada di Riau? Berikut ini adalah daftar wisata pantai populer di Riau yang bisa Anda kunjungi selama liburan.

1. Pantai Selat Baru

Pantai Selat BaruSumber gambar: Google Maps Paijan

Salah satu spot tepi pantai di Riau yang layak untuk dijelajahi adalah Pantai Selat Baru yang terletak di kawasan Desa Selat Baru. Wisata bahari ini merupakan salah satu objek wisata unggulan di daerah tersebut. Jangan heran jika datang ke sini bisa bertemu dengan banyak pengunjung lainnya. Apalagi saat akhir pekan atau musim liburan tiba, jumlah pengunjung akan semakin banyak dan memenuhi kawasan Pantai Selat Baru.

Suasana yang ditawarkan pantai yang satu ini memang sangat menarik. Mulai dari ombaknya yang tidak terlalu besar untuk berenang dengan aman, hingga pasir putihnya yang cukup lembut untuk bermain istana pasir. Selain itu, Anda juga akan menemukan cukup banyak warung makan yang siap memanjakan perut Anda saat lapar. Di sini Anda akan menemukan pilihan seafood yang cukup lengkap dan beberapa jajanan lainnya.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kampung Selat Baru, Kec. Bantan, Cab.Bengkalis, Riau.

2. Pantai bulan purnama

pantai bulan purnamaKredit foto: Google Maps Ivan Ridvan

Jika Bali memiliki Pantai Purnama yang terkenal di Gianyar, maka Riau juga memiliki Pantai Purnama yang berada di kawasan Dumai. Namun bedanya di sini Anda tidak bisa turun ke bibir pantai untuk menikmati pasirnya. Pasalnya, kawasan bibir Pantai Purnama masih berupa pasir berlumpur. Meski demikian, tidak sedikit pun mengurangi minat para pengunjung yang datang ke wisata bahari ini.

Salah satu daya tarik Pantai Purnama terletak pada keindahannya yang memukau. Tak heran jika pantai yang satu ini disebut sebagai salah satu pantai terindah di Indonesia. Di beberapa saung yang disediakan, Anda bisa menikmati pemandangan laut biru yang begitu indah sambil duduk santai. Selain itu, banyak juga penjual es krim kelapa di kawasan pantai yang bisa kamu nikmati di hari yang panas.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Purnama, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai, Riau.

3. Pantai Utara Rupat

Pantai Rupat UtaraKredit foto: Google Maps Atika Muliadari

Keindahan Pantai Rupat Utara tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya, jadi sayang sekali jika tidak mengunjunginya. Belum banyak orang yang mengetahui destinasi wisata ini, sehingga kawasan ini masih sepi dan asri. Suasananya yang tenang bisa membuat Anda merasa seperti pemilik pantai cantik ini. Menikmati ketenangan pantai yang jauh dari hiruk pikuk kota tentunya akan menyegarkan kembali semangat Anda.

Jika baru pertama kali menginjak Pantai Rupat Utara, dijamin langsung jatuh cinta karena panorama alamnya begitu mempesona. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata ini adalah sore hari. Nikmati pemandangan matahari terbenam yang begitu indah dan anggun di tepi pantai, memberikan suasana eksotis dan romantis yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain.

harga tiket: Rp15.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Teluk Rhu, Kec. Rupat Utara, Cab.Bengkalis, Riau.

4. Pantai Lapin

Pantai LapinSumber Gambar: Google Maps Yul Achyar

Pasir pantai yang putih dan halus serta ombak yang tidak terlalu besar membuat Pantai Lapin layak untuk dijelajahi. Meski masih tergolong objek wisata baru, pamor Pantai Lapin langsung menyedot perhatian masyarakat. Di akhir pekan, pantai di kawasan Bengkalis tak pernah sepi. Bahkan, tidak hanya turis lokal yang datang, tapi juga turis mancanegara.

Ini membuktikan bahwa wisata laut ini memiliki keindahan yang bukan main-main. Di sini Anda juga dapat menyewa perahu lokal untuk berlayar di sekitar area pantai dan menikmati angin laut yang menyegarkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Lapin adalah pada sore hari menjelang senja karena pemandangan matahari terbenam di sini begitu mempesona dan sangat indah.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Tanjungpunak, Kec. Rupat Utara, Cab.Bengkalis, Riau.

5. pinggir pantai

Pantai SampingKredit foto: Google Maps alva rahma

Garis pantai sekitar 7 km dengan gurun putih bersih membuat Pantai Sisi begitu populer dan wajib dikunjungi. Pantai di kawasan Serasan ini menawarkan pemandangan bawah laut yang dipenuhi terumbu karang yang indah, sehingga cocok untuk snorkeling.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Genting, Kec. Serasan, Cab.Natuna, Kepulauan Riau.

6. Pantai Batu Kasah

Pantai Batu KasahKredit Foto: Google Maps Yafet Yanri Sirupang

Wisata laut selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan di Kepulauan Riau adalah Pantai Batu Kasah. Di pinggir pantai Anda akan menemukan deretan pohon kelapa yang berjejer tumbuh subur, serta bongkahan batu granit besar yang tersebar di beberapa spot. Batu granit ini menjadi salah satu daya tarik Pantai Batu Kasah dan sering dijadikan objek foto oleh pengunjung.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Cemaga Tengah, Kec. Bunguran Selatan, Cab.Natuna, Kepulauan Riau.

7. Pantai Padang Melang

Pantai Padang MelangSumber gambar: Google Maps Aries Andjar

Pantai Padang Melang memiliki garis pantai terpanjang di provinsi Kepulauan Riau, dengan pasir putih yang begitu halus dan bersih. Ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, terutama keluarga dengan anak-anak. Karena anak-anak dapat bermain dan bermain-main dengan bebas di area pantai yang luas, dan banyak ikan-ikan kecil berenang dengan indahnya, yang pasti akan disukai oleh anak-anak Anda.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Letung, Kec. Jemaja, Kab.Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

8. Pantai Pelawan

Pantai PelawanKredit foto: Google Maps Gunawan Azhar

Pantai Pelawan yang terletak di kawasan Pangke, Meral ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang membuat kawasan pantai menjadi lebih sejuk dan menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu fasilitas di pantai ini juga cukup memadai membuat pengunjung betah selama menginap. Mulai dari tempat parkir yang cukup luas, toilet yang bersih, tempat cuci piring, beberapa pendopo yang tersebar di sekitar area pantai, hingga penginapan yang tidak jauh.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Panke, Kec. Meral, Cab.Karimun, Kepulauan Riau.

9. Pantai Sekilak

Pantai SekilakKredit foto: Google Maps Kapten Jack

Wisata laut selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Sekilak. Pantai yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang sangat alami, dengan panorama tebing-tebing perbukitan yang rindang. Selain tebing, terdapat juga hutan bakau yang ditumbuhi banyak spesies tanaman bakau. Hutan bakau yang hijau membuat kawasan pantai semakin teduh dan sejuk.

harga tiket: Rp9.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

10. Pantai Mirota

Pantai MirotaKredit foto: Google Maps D2RW

Pantai Mirota memiliki air laut yang begitu jernih dan bersih sehingga pemandangan bawah laut pun bisa terlihat jelas dari permukaan air. Anda bisa berenang atau bermain air di sekitar pantai sambil mengagumi surga bawah laut yang terlihat begitu mempesona. Selain itu, Pantai Mirota juga memiliki beragam pepohonan yang memenuhi pantainya sehingga membuat suasana di sekitarnya menjadi lebih sejuk, segar, dan rindang.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Sijantung, Kec. Galang, kota Batam, kepulauan Riau.

11. Pantai Lagoi

Pantai LagoiKredit foto: Google Maps renhatd T bolon

Pantai Lagoi merupakan wisata laut dengan paket lengkap, karena disini tidak hanya ada pasir putih dan laut biru yang indah. Namun wisata menyusuri hutan bakau dan Sungai Sebong yang mengalir langsung ke laut juga ditawarkan. Di sini Anda juga bisa menikmati resort dengan fasilitas lengkap untuk menginap dan bersantai bersama keluarga, pasangan atau sahabat.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kabin Bintan, Kepulauan Riau.

12. Pantai batu hijau

Pantai batu hijauSumber Gambar: Google Maps Romi Hermawan

Pemandangan yang agak tidak biasa menanti Anda di Pantai Batu Berdaun, karena pantai ini terletak di antara beberapa danau kecil dengan air berwarna hijau. Selain itu di sekitar pantai juga banyak terdapat pohon kelapa dan cemara yang membuat pantai Batu Berdaun semakin sejuk.

harga tiket: Rp3.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Steinblatt, Kec. Singkep, Cab Lingga, Kepulauan Riau.

13. Pantai Trikora

Pantai TrikoraSumber Gambar: Google Maps MR Hadytama

Berada di kawasan Kawal, Pantai Trikora merupakan salah satu tempat wisata laut yang wajib Anda kunjungi saat liburan di Riau. Pantai ini memiliki beberapa tempat menarik untuk dijelajahi seperti suaka bakau dan desa nelayan. Ada juga beberapa resor mewah dengan fasilitas lengkap di sekitar pantai yang bisa Anda gunakan untuk akomodasi.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Cab.Bintan, Kepulauan Riau.

14. Pantai Melayu

Pantai MalaysiaKredit foto: Google Maps M Itang Rusady

Pantai Melayu memiliki air laut yang biru jernih dengan ombak yang relatif tenang, sehingga bisa dijadikan tempat berenang dan berbagai aktivitas air lainnya. Area pantainya juga cukup luas, sehingga Anda bisa bermain berbagai permainan seperti sepak bola, voli pantai, layang-layang dan masih banyak lagi yang lainnya.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Trans Barelang, Bulang, Rempang Cate, Kec. Galang, kota Batam, kepulauan Riau.

15. Pantai Nongsa

Pantai NongsaKredit foto: Google Maps Sean Miller

Pantai Nongsa sangat dekat dengan bagian selatan Singapore Beach. Nah dari kawasan pantai ini kamu bisa menikmati pemandangan gemerlap lampu gedung-gedung megacity Singapore yang menjulang tinggi di malam hari. Pemandangan sunset juga begitu indah dan mempesona sehingga mampu memberikan kesan yang sangat romantis dengan panorama ungu yang begitu memukau.

harga tiket: Rp9.500; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Riau yang terkenal dengan perkebunan kelapa sawit dan tambang minyaknya ternyata juga memiliki sejumlah pantai yang tak kalah menarik. Keindahan pantainya memang tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali dan pantai lainnya. Selain itu, beberapa pantai tersebut memiliki garis pantai yang cukup panjang dan lebar sehingga nyaman bagi Anda untuk melakukan berbagai aktivitas pantai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button