Berita Wisata

15 Rekomendasi Wisata Gratis di Jakarta untuk Liburan Imlek

Jakarta

Libur tahun baru Imlek tinggal beberapa hari lagi, kamu harus buru-buru menentukan destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi selama liburan ini. Selain itu, bagi Anda yang tidak memiliki liburan panjang di tahun baru Imlek ini, sebaiknya berkeliling Jakarta saja.

Pasalnya, Jakarta memiliki beberapa objek wisata yang tak kalah menarik bahkan gratis untuk dikunjungi. Pasti perpaduan seru jalan-jalan di tengah kota, keren dan juga gratis.

Penasaran ingin tahu di mana lokasinya? Yuk simak artikel ini selengkapnya.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

1. Kota Tua Shanghai Sedayu

Liburan saat liburan Imlek rasanya kurang pas jika tidak mengunjungi Chinatown. Dengan ini, akan lebih cocok jika Anda mengunjungi Kota Tua Shanghai Sedayu.

Karena wisata ini menyuguhkan kunjungan dengan tema khas Tionghoa. Ada berbagai hal berbau Tionghoa di sini, seperti pagoda besar dengan arsitekturnya yang khas, mural dengan cerita dan karakter khas Tionghoa, suasana, hingga makanan khasnya.

Lokasi: Kota Tua Shanghai Sedayu, Cakung, Jakarta Timur

Jam buka: 10:00 – 22:00 WIB (hari kerja), 07:00 – 23:00 WIB (akhir pekan).

2. Taman Skywalk Senayan

Tempat wisata ini saat ini sedang sukses dengan masyarakat. Memang, Skywalk Senayan Park menawarkan pemandangan lanskap ibu kota yang indah dari ketinggian.

Apalagi arsitektur bangunan tempat wisata ini cukup estetis dan modern, sehingga setiap orang yang berkunjung pasti akan mendokumentasikannya dalam bentuk foto.

Lokasi: Senayan Park Mall, Jl.Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat

Jam buka: 15:00 hingga 21:00 WIB.

3. Kota Tua

Kota Tua merupakan kunjungan yang bisa menjadi rekomendasi untuk menghabiskan waktu liburan Anda kali ini. Pasalnya, kawasan kota lama kini memiliki wajah baru setelah direvitalisasi.

Saat ini, kota tua sudah memiliki berbagai bangunan yang telah direvitalisasi dan dihias. Selain itu, Kota Tua kini lebih ramah pejalan kaki karena memiliki zona pejalan kaki yang lebih luas dari sebelumnya.

Lokasi: Kota Tua, Jakarta Utara

Jam buka: 06:00 – 22:00 WIB.

4. Ecopark Tebet

Meski Jakarta dikenal sebagai daerah yang cukup panas, namun saat ini ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Tebet dengan suasana yang sejuk. Salah satunya dengan mengunjungi Tebet Eco Park.

Taman ini akan dibuka kembali pada Maret 2022 dengan luas kurang lebih 7 hektar. Konsep tempat wisata ini adalah mengutamakan fungsi ekologis, ruang sosial, pendidikan tetapi juga rekreasi.

Lokasi: Jalan Tebet Barat Raya, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan

Jam buka: 06:00 – 22:00 WIB.

5. Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta

Mengunjungi perpustakaan bisa menjadi sesuatu yang berbeda pada liburan Anda kali ini. Pasalnya, menikmati buku dan suasana perpustakaan yang santai dapat membantu Anda melepaskan diri dari hiruk pikuk hari biasa.

Apalagi sekarang sudah ada perpustakaan umum yang tidak hanya memiliki koleksi buku yang melimpah, tapi juga indah dan nyaman untuk dikunjungi.

Lokasi: Taman Ismail Marzuki Jl.Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat Kota, DKI Jakarta

Jam buka: 09:00 – 17:00.

6. Perpustakaan Nasional

Selain Perpustakaan Umum DKI Jakarta yang saat ini sedang viral dan menjadi tempat nongkrong favorit banyak orang, Jakarta juga memiliki perpustakaan yang awalnya cukup dikenal yaitu Perpustakaan Nasional.

Perpustakaan ini terkenal karena memiliki bangunan yang tinggi dan luas. Yang menarik, gedung ini juga terdiri dari 24 lantai yang setiap lantainya memiliki berbagai koleksi dan fasilitas yang berbeda.

Lokasi: Jl.Merdeka sel persegi. No.11, RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Pusat Kota Jakarta, DKI Jakarta

Jam buka: 08:00 – 21:00 hari kerja, 09:00 – 16:00 akhir pekan.

7. Monas

Tak jauh dari Perpustakaan Nasional, ada sebuah tempat yang menjadi ikon provinsi DKI Jakarta, yaitu Monas. Tempat ini sering dikunjungi warga Jakarta untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti berfoto, berolahraga, atau jalan-jalan.

Lokasi: Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Jam buka: 08:00 – 22:00 WIB.

8. Galeri Nasional

Tanpa harus jauh-jauh dari Monas, kamu juga bisa menikmati satu lagi yang tak kalah menarik dan juga gratis dikunjungi, yaitu Galeri Nasional. Tempat wisata ini menjadi favorit para pecinta seni. Apalagi, tempat ini juga kerap menjadi tempat favorit anak muda untuk menyelenggarakan kurma museum.

Lokasi: Jl. Tim Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Jam buka: 09:00 – 16:00 WIB.

7. Kuil Organik Toa Se

Merayakan liburan tahun baru Imlek rasanya kurang lengkap jika tidak merayakannya dengan mengunjungi dan menikmati suasana tempat-tempat etnik Tionghoa. Klenteng merupakan salah satu tempat berkumpulnya etnis Tionghoa untuk beribadah dan merayakan tahun baru.

Seperti klenteng Toa Se Bio di Glodok. Ada berbagai ritual rutin untuk menyambut tahun baru Imlek, seperti penyalaan lilin harapan atau atraksi barongsai yang juga harus dilakukan saat Tahun Baru Imlek.

Lokasi: Jl.Victoria III No.48 B, RT.11/RW.3, Glodok, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat

Jam buka: 06:00 – 18:00.

8. Vihara Dharma Bhakti

Berada tidak jauh dari Kelenteng Toa Se Bio, Kelenteng Dharma Bhakti juga menjadi tempat ibadah yang wajib Anda kunjungi pada liburan Imlek kali ini. Berada di Pecinan Glodok tepatnya di dekat Pasar Petak Sembilan, suasana di sekitar vihara ini pasti akan riuh dan kental dengan nuansa Imlek.

Selain itu, mereka juga memiliki budaya yang sering dilakukan saat Imlek yaitu budaya melepaskan burung dari sangkarnya. Itu adalah tanda kasih sayang dan kebebasan yang diberikan kepada burung itu.

Lokasi: Petak Sembilan, Jl.Victoria III No.19, RT.3/RW.2, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat

Jam buka: 06:00 – 16:00 WIB.

9. Pecinan Glodok

Pasca revitalisasi, kawasan Glodok menjadi tempat yang sangat indah untuk dikunjungi. Apalagi dalam suasana imlek, di sini Anda akan merasakan kentalnya pesta sambil menjumpai beberapa tempat wisata yang cocok untuk Anda.

Ada berbagai tempat yang bisa Anda kunjungi seperti teh Pantjoran.

10. Wisata kota dengan bus

Kegemaran berkeliling kota Jakarta dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum reguler merupakan hal rutin yang sering dilakukan oleh masyarakat Jakarta. Namun berkeliling Jakarta menggunakan bus tanpa atap menjadi sesuatu yang unik untuk dicoba pada liburan kali ini.

Untuk naik bus Transjakarta tanpa atap, Anda bisa naik di halte bertanda BW4. Pemberhentian untuk menaiki bus ini adalah halte ILTI Monas, Sarinah, Bundaran HI, Bumi Putra, Karet, GBK dan Senayan.

Perjalanan satu arah berlangsung 40 menit hingga 1 jam. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan gedung pencakar langit atau Jakarta yang berbeda dari lantai 2 bus Transjakarta. Menariknya lagi, bus ini gratis dan Anda hanya perlu membawa uang tunai atau flazz saja.

Lokasi: Halte ILTI Monas, Sarinah, Bundaran HI, Bumi Putra, Karet, GBK dan Senayan.

Jam buka: 06:00-17:00 WIB (hari kerja), 10:00-17:00 (Sabtu), 12:00-19:00 (Minggu).

11. Lapangan lembu jantan

Bull ground saat ini menjadi taman kota dengan standar internasional. Lahan ini memiliki luas kurang lebih 5 hektar yang terdiri dari area olah raga, monumen dan hutan kota.

Terdapat berbagai fasilitas yang membuat betah semua orang disini, karena memiliki fasilitas seperti lapangan, area hijau, spot foto dan air mancur yang sering terjadi pada akhir pekan.

Jam buka: 06:00 – 18:00 WIB (Senin sampai Kamis) dan 06:00 – 20:00 WIB (Jumat sampai Minggu).

12. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Setelah taman ini direvitalisasi, taman ini menjadi tempat favorit banyak orang untuk menghabiskan waktu luangnya. Taman ini memiliki desain yang estetis dan indah, serta memiliki rerumputan yang hijau dan menyejukkan.

Lokasi: Jl.Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan

Jam buka: 07:00-22:00 WIB.

13. Taman Meneng

Taman Menteng adalah salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Jakarta. Hal ini dikarenakan Menteng Park memiliki berbagai fasilitas dan juga destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Di taman ini juga terdapat tempat jogging yang bisa anda gunakan untuk berolahraga, ada juga taman bermain anak, air mancur dan rak Buku Jakarta.

Lokasi : Jl.HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat

Jam buka: 05:00 – 22:00 WIB.

14. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Setelah taman ini direvitalisasi, taman ini menjadi tempat favorit banyak orang untuk menghabiskan waktu luangnya. Taman ini memiliki desain yang estetis dan indah, serta memiliki rerumputan yang hijau dan menyejukkan.

Lokasi: Jl.Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan

Jam buka: 07:00-22:00 WIB.

15. Taman Meneng

Taman Menteng adalah salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Jakarta. Hal ini dikarenakan Menteng Park memiliki berbagai fasilitas dan juga destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Di taman ini juga terdapat tempat jogging yang bisa anda gunakan untuk berolahraga, ada juga taman bermain anak, air mancur dan rak Buku Jakarta.

Lokasi : Jl.HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat

Jam buka: 05:00 – 22:00 WIB.

Simak Video “Liburan Imlek, Taman Margasatwa Ragunan Sepi Pengunjung”
[Gambas:Video 20detik]
(misalnya/misalnya)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button