Tempat Wisata

15 Spot Foto di Pantai Baron Gunung Kidul – Tiket Masuk

Siapa yang sudah pernah mengunjungi Pantai Baron? Salah satu dari empat pantai klasik di Yogyakarta ini terlihat sangat mengesankan. Bahkan, pesonanya seakan tidak pernah habis dan selalu dikunjungi kembali.

Maka dari itu, tidak salah jika objek wisata ini sering menjadi tujuan utama para wisatawan, terutama para pelajar dari berbagai daerah yang datang ke sini saat musim liburan. Perpaduan warna yang mengesankan menjadi daya tarik utama tempat ini.

Sebelum mengunjungi pantai, lihat dulu garis pantainya yang sudah terlihat mengesankan. Dari air laut yang jernih, sungai berwarna biru kehijauan, berpasir coklat dan pepohonan hijau tumbuh di kanan dan kiri. Sungguh, keindahannya tidak bisa dipungkiri.

Anda yang sudah lama tidak ke tempat ini akan terkejut dengan perubahan yang terjadi di sini. Karena sungai yang kamu lihat sekarang tingginya hampir 2 meter lho. Namun, dulunya sungai ini tak lebih dari air sungai biasa yang masih bisa ditembus.

Oleh karena itu, kita wajib menggunakan perahu nelayan yang tersedia di sini untuk penyeberangan saat ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena ongkos penyeberangannya juga cukup murah hanya 10.000 rupiah pulang pergi.

Menariknya, air yang membentuk teluk ini sebenarnya adalah air tawar. Dan jika Anda melihat lebih dekat, Anda dapat melihat bahwa air yang keluar dari lapisan tanah semakin deras setiap hari. Untuk membentuk apa yang Anda lihat sekarang.

Biaya masuk ke Pantai Baron

Biaya masukFoto:

Tarif masuk pantai Baron tidak terlalu mahal. Kami hanya akan dikenakan biaya 10.000 rupiah. Menariknya, tiket yang Anda bayarkan juga merupakan tiket masuk ke beberapa pantai seperti Drini, Krakal, Kukup, dan Indrayanti.

Selain itu, Anda akan dikenakan biaya parkir yang sangat ringan di dompet Anda. Akan dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah bagi yang menggunakan kendaraan bermotor. Dikenakan tarif 10.000 rupiah bagi yang menggunakan mobil.

Kebijakan biaya masuk wisata Pantai Baron dapat berubah sewaktu-waktu.

Kunjungi juga daftar 50 Wisata Pantai Gunung Kidul yang menawarkan pemandangan alam yang indah.

Rute ke lokasi

Rute ke lokasiFoto:

Alamat pantai Baron ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Perjalanan menuju tempat ini memakan waktu sekitar 60 km atau 1 jam 45 menit. Ada dua cara untuk menuju tempat wisata Pantai Baron.



1. Penggunaan kendaraan pribadi

Rute ke lokasiFoto:

Jalan menuju Pantai Baron bisa dimulai dari kota Yogyakarta menuju Piyungan, Pathuk, jalan lingkar selatan. Kemudian berkendara menuju Tepus melalui Jalan Saptosari hingga tiba di properti wisata kebanggaan masyarakat Gunung Kidul ini.

Rute menuju Pantai Baron juga bisa Anda tempuh dari Jalan Imogiri. Via Panggang, Jalan Saptosari hingga Tepus. Ikuti saja jalan yang akan membawa Anda ke tempat wisata ini.

Kunjungi juga Pantai Indrayanti yang paling terkenal di Gunung Kidul.

2. Penggunaan transportasi umum

Rute ke lokasiFoto:

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum. Mulai di Terminal Giwangan dan naik bus ke Terminal Wonosari. Kemudian, dari Terminal Wonosari, naik bus kembali ke Pantai Baron.

Sejarah Pantai Baron Gunung Kidul

Sejarah Pantai BaronFoto:

Pesona pantai yang mengesankan ini juga memiliki sejarah sejarah yang mengesankan. Nama Baron konon berasal dari seorang bangsawan Belanda bernama Baron Skeber.

Dia tidak sengaja berlabuh pada titik ini. Baron Skeber jatuh cinta dan menjadikan tempat ini sebagai tempat persembunyiannya. Makanya nama tempat wisata ini menyandang nama Pantai Baron.

Kunjungi juga pantai Seruni yang populer di kalangan wisatawan.

Kegiatan yang dapat dilakukan

Sejarah Pantai BaronFoto:

Berbagai aktivitas ditawarkan saat mengunjungi objek wisata ini. Diantaranya adalah

1. Upacara Adat

Sejarah Pantai BaronFoto:

Usahakan tampil pada tanggal 1 Syuro penanggalan Jawa atau tanggal 1 Muharram. Di sini kita bisa merasakan keindahan dan pesona budaya kota Yogyakarta yang sempat viral karena ditolak banyak pihak.

Pesta kurban atau disebut juga sedekah laut ini merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena hasil panen ikan sangat melimpah. Upacara sakral ini berlangsung hampir setiap tahun.

Kunjungi juga Pantai Banyunibo yang menawarkan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

2. Taman Teknologi Baron

Sejarah Pantai BaronFoto:

Wisata pantai Baron tidak hanya menawarkan air laut, tapi juga. Pesona lain yang tak kalah mengesankan adalah jam matahari yang sangat Instagrammable.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan panel surya yang mengubah sinar matahari menjadi listrik. Menikmati pemandangan dari sini pun tak kalah eksotis. Jadi jangan sampai ketinggalan.

3. Mercusuar

Sejarah Pantai BaronFoto:

Apakah Anda ingin sesuatu yang menantang? Disini kita disuguhkan mercusuar yang menampilkan pesona Pantai Baron dari atas. Biaya sebesar 5.000 rupiah akan dikenakan untuk kedatangan.

Untuk menuju mercusuar ini Anda harus menapaki jalan dan tangga yang terjal, selalu ditemani angin sepoi-sepoi. Nah, dari sini pun kamu bisa melihat pantai kecil yang konon tersembunyi. Keindahannya tak kalah dengan Pantai Baron.

Simak juga daftar pantai paling direkomendasikan di Gunung Kidul.

Daya tarik lain

atraksi lainFoto:

Tak hanya itu, atraksi lain juga dihadirkan untuk kita.

1. Nikmati porsi kuliner

Sejarah Pantai BaronFoto:

Berkat banyaknya tempat berlabuh untuk kapal nelayan, ikan di sini berlimpah. Ya, ketika Anda mengunjungi tempat ini Anda juga harus menikmati berbagai jenis olahan ikan yang disajikan dengan bumbu yang berbeda. Ada rica asam manis yang bisa digoreng dan dibakar, dengan pilihan ikan yang super lengkap, mulai dari udang, cumi, hingga kakap.

2. Beli oleh-oleh khas bahari

Sejarah Pantai BaronFoto:

Ada sesuatu yang hilang ketika Anda tiba di sini tetapi tidak membeli apa pun. Coba mampir ke warung-warung yang sudah menjual berbagai souvenir cantik dan menarik, seperti gantungan kunci biota laut.

3. Duduk di bawah pohon yang rindang

Sejarah Pantai BaronFoto:

Saat datang ke sini, kita semua akan langsung disambut dengan suasana yang tenang dan menyenangkan dengan pepohonan yang asri. Angin sepoi-sepoi bertiup terus menerus dan menyentuh kulit.

Saat sudah begini, duduk di bawahnya dan menggelar tikar adalah momen kebersamaan yang tepat. Ada beberapa tempat di bawah pohon ini yang bisa menyewa tikar tanpa batas waktu dengan harga 20.000 rupiah.

Simak juga daftar pantai terindah di gunung ini, sayang sekali jika dilewatkan.

4. Foto bersama

Sejarah Pantai BaronFoto:

Bagi anda yang datang bersama keluarga dan ingin berfoto dengan background pantai yang sangat lucu. Namun, saya bingung karena saya tidak membawa kamera berkualitas tinggi. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi.

Di sini jasa fotografer langsung dengan kualitas gambar lebih tajam siap membantu Anda dan melengkapi kenangan kita di sini. Harganya juga tidak terlalu mahal, hanya 20.000 rupiah untuk sekali pose.

Ketajaman warna, serta pencahayaan yang tepat, menjadikan foto tersebut sebagai kenangan berharga yang tidak akan terlupakan sedikitpun.

Pantai Baron adalah surga yang tidak akan pernah ada habisnya. Pesona Gunung Kidul memang mengesankan dan membuat kita terkagum-kagum dengan keistimewaan kota Yogyakarta. Jadi kapan Anda akan mengunjungi objek wisata ini lagi?

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button