Tempat Wisata

18 Tempat Wisata di Bengkulu Yang Wajib Dikunjungi Paling Hits

Tempat wisata di bengkulu Bengkulu adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera. Kata “Bengkulu” sendiri berarti “pantai barat”, karena letak tepatnya provinsi ini berada di barat daya Sumatera. Bengkulu sendiri merupakan salah satu daerah yang menerapkan ajaran Islam secara cukup ketat dan disiplin.

Bahkan, cara berpakaian masyarakat Bengkulu kini diatur dalam raperda. Namun, peraturan ini tidak dimaksudkan untuk jahat, tetapi dimaksudkan untuk melindungi martabat orang itu sendiri dengan mengharuskan mereka untuk berpakaian rapi dan tertutup. Bengkulu sendiri memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Destinasi wisata di Bengkulu

Berikut Wisataseru.com yang merangkum daftar tempat wisata Bengkulu terpopuler yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke provinsi yang dulunya merupakan pengasingan Bunga Karno:

1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah pengasingan bersejarah Bung Karno di BengkuluRumah pengasingan bersejarah Bung Karno di Bengkulu

Akibat tindakan kerasnya yang blak-blakan terhadap penjajah Belanda, Bung Karno berulang kali diasingkan. Antara lain ke Bengkulu, di mana ia kemudian menikah dengan Ibu Fatmawati. Untuk memasuki tempat wisata sejarah yang terletak di desa Aggut ini, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2.500,- saja.

2. Pantai Panjang

Tempat wisata Pantai Panjang BengkuluTempat wisata Pantai Panjang Bengkulu

Dari pusat kota Bengkulu, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai destinasi wisata populer ini. Berlokasi di Jalan Pesisir Pantai Panjang, pengunjung tidak dipungut biaya apapun untuk masuk ke Pantai Panjang atau gratis. Sedangkan fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai dari restoran hingga toilet umum.

3. Benteng Marlborough

Tempat Wisata Sejarah Benteng Marlborough BengkuluTempat Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Terletak persis di depan Pantai Panjang, tempat wisata ini menjadi saksi bisu konflik antara dua kekuatan kolonial Indonesia, yakni Belanda dan Inggris. Pengunjung harus membayar tiket masuk mulai dari Rp. 2.500 untuk bisa memasuki benteng ini. Ada banyak spot foto menarik dari bangunan bergaya Inggris di sini.

4. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi via Instagram.com @pesonabengkuluPantai Tapak Paderi via Instagram.com @pesonabengkulu

Hanya 100 meter dari Pantai Panjang dan Benteng Marlborough terdapat Pantai Tapak Paderi yang menjadi pelabuhan utama Bengkulu pada masa penjajahan Belanda. Menikmati sunset menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Pengunjung juga tidak dipungut biaya sepeser pun untuk menghabiskan waktu di pantai yang indah ini.

5. Danau pembalasan belum datang

Tempat Wisata Danau Balas Dendam Belum BengkuluTempat telaga balas dendam belum jadi Bengkulu

Destinasi wisata yang satu ini memang tidak seseram namanya. Terletak di sebuah cagar alam, danau yang satu ini masih sangat alami dan belum terjamah oleh campur tangan manusia. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau dan pepohonan di sini secara gratis. Sayangnya, tidak ada fasilitas pendukung yang memadai, sehingga agak merepotkan.

6. Danau Mas Harun Bastari

Tempat Wisata di Danau Mas Harun Bastari BengkuluTempat Wisata di Danau Mas Harun Bastari Bengkulu

Tempat wisata air ini terletak di Kabupaten Rejanglebong dan menghadap ke danau yang dikelilingi perbukitan. Dengan tiket masuk seharga Rp. 10.000,- Pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam di sekitar danau yang sayang jika tidak digunakan untuk fotografi. Fasilitas pendukungnya lengkap, mulai dari toilet hingga shelter.

7. Pulau Tikus Bengkulu

Berkendara ke Pulau Tikus BengkuluBerkendara ke pulau Tikus Bengkulu

Pulau ini merupakan pulau tersendiri di sebelah barat Bengkulu. Untuk mencapai pulau ini, wisatawan harus menggunakan speedboat atau perahu nelayan. Biasanya perjalanan ke pulau ini ditampung oleh biro perjalanan dengan biaya Rp. 150.000,-. Di pulau ini Anda bisa bermain pasir, berenang, dan snorkeling.

8. Kebun Stroberi

Kebun Stroberi melalui MildainiKebun Stroberi melalui Mildaini

Destinasi agrowisata di Kota Curup ini dibanderol Rp 7.500 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa. Di sini pengunjung bisa mencicipi strawberry segar, memetik sendiri lalu membawanya pulang seharga Rp. $8.000 per ons saja. Fasilitas penunjang antara lain toilet umum untuk pengunjung.

9. Air Terjun Curup

Obyek Wisata Alam Air Terjun Maung (Curup Maung)Obyek Wisata Alam Air Terjun Maung (Curup Maung)

Masih di Curup ada objek wisata alam yang sangat cocok saat musim kemarau tiba yaitu Air Terjun Curup. Tanpa membayar tiket masuk, pengunjung bisa langsung menikmati keindahan alam air terjun yang memiliki danau dangkal di bawahnya. Meski sangat populer, tidak ada fasilitas umum seperti toilet.

10. Kebun Teh Bukit Daun

Tempat wisata Kebun Teh Bukit Daun BengkuluTempat wisata Kebun Teh Bukit Daun Bengkulu

Sebagai daerah dengan struktur dataran tinggi, Bengkulu tentunya sangat cocok sebagai penghasil bahan baku teh. Salah satu perkebunan teh yang terkenal di sana adalah Bukit Daun dan terletak di Curup. Agriturismo ini dimiliki oleh PT. Teh Dandang dan terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Fasilitas lain yang tersedia adalah toilet umum.

11. Pantai Jakarta

Pantai Jakat via SunflowordsPantai Jakat via Sunflowords

Hanya berjarak 1 km dari pusat kota Bengkulu, wisatawan mencapai Pantai Jakat yang juga merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, namun ada biaya parkir mulai Rp. 2.000 tergantung jenis kendaraan. Wahananya cukup lengkap yaitu banana boat, jet ski dan boat.

12. Pusat Makanan Khas Bengkulu

Pusat makanan khas Bengkulu di seluruh RajawalimediaPusat makanan khas Bengkulu di seluruh Rajawalimedia

Berada di persimpangan lima suprapto, destinasi wisata kuliner yang satu ini akan menggiurkan lidah pengunjung. Aneka makanan khas Bengkulu mulai dari lontong, lempuk hingga kerupuk ditawarkan untuk menggiurkan lidah wisatawan. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 3000,- Pengunjung bisa puas menikmati berbagai menu yang tersedia.

13. Kampung Cina Kuno Bengkulu

Kampung Tua Tionghoa Bengkulu via PinterestKampung Tua Tionghoa Bengkulu via Pinterest

Dewan Kota Bengkulu mempertahankan Pecinan ini, yang terletak di sebelah selatan Benteng Marlborough. Wisatawan tidak dikenakan retribusi apapun jika berkunjung ke salah satu kawasan tertua di Bengkulu ini. Disarankan untuk berkunjung selama perayaan Tahun Baru Imlek karena selalu ada pesta meriah yang terbuka untuk umum.

14. Sungai Berava

Wisata alam Sungai Berau BengkuluWisata alam Sungai Berau Bengkulu

Sungai dengan air yang sangat jernih di kota Muko-muko ini menjadi tujuan wisata yang populer dijadikan sebagai arena arung jeram. Wisatawan tidak membayar apa-apa hanya dengan berjalan di sekitar sungai dimana ikan-ikan kecil di sungai dapat terlihat dengan jelas dari permukaan. Fasilitas umum hanya tersedia berupa toilet.

15. Air Terjun Suban

air terjun subanair terjun suban

Tidak jauh dari Kota Curup terdapat destinasi wisata alam yang indah yaitu Air Terjun Suban. Wisatawan bisa langsung menyelam ke sungai yang mengalir tepat di bawah pancuran air terjun. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak saja.

16. Museum Negeri Bengkulu

Atraksi Museum Negeri BengkuluAtraksi Museum Negeri Bengkulu

Berlokasi di Jalan Harapan Pembangunan No.08, Museum Bengkulu yang dibangun dengan gaya etnik rumah adat ini dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Tiket masuknya juga sangat murah, hanya Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 3.000 untuk dewasa. Di sini pengunjung bisa belajar tentang sejarah Bengkulu.

17. Pantai Teluk Sepang

Tempat Wisata Pantai Teluk Sepang BengkuluTempat Wisata Pantai Teluk Sepang Bengkulu

Pantai di desa Teluk Sepang ini disebut sebagai hidden gem Bengkulu oleh para pelancong. Karena keberadaannya belum begitu populer di kalangan wisatawan dan belum ada eksplorasi oleh pemerintah. Tanpa retribusi, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan keunikan pepohonan di sekitarnya yang condong ke arah laut.

18. Bukit Kaba

Tempat wisata alam Bukit Kaba BengkuluTempat Wisata Alam Bukit Kaba Bengkulu

Jika Anda menyukai panjat tebing, tidak ada salahnya untuk mencoba Bukit Kaba yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong. Mereka disambut oleh lintasan terjal selama beberapa jam dan kemudian mencapai posisi tiga mata kawah. Tidak ada retribusi yang dikenakan kepada wisatawan untuk pendakian.

Menyimpulkan

Demikian ulasan mengenai rekomendasi tempat wisata populer di Bengkulu yang wajib dikunjungi saat liburan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda bersama keluarga tercinta.

Kunjungi juga: 19 Pantai Terindah Di Bengkulu

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button