Tempat Wisata

3 hal menarik yang bisa dilakukan di Sumber Maron

Sumber Maron merupakan salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh masyarakat Malang dan sekitarnya. Tempat wisata ini bernuansa alam dan yang paling populer adalah permainan river tubing.

Jam buka: 07.00-18.00 WIB
harga tiket: Rp 3.000/orang
Kontak:
Alamat: Karangsuko, pertunjukan, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, pertunjukan, Malang, Jawa Timur 65174
Fasilitas umum: masjid, toilet
Akses jalan: Musim semi
Bisnis: Ada
Peta Daring: tunjukkan peta

Sumber MaronFoto (c) @hisbul_maulana

Sumber Maron

Sumber Maron tidak hanya memiliki mata air yang mengalir di awal sungai, tetapi juga air terjun dengan bentuk yang unik. Jika air terjun biasanya tegak maka airnya jatuh dari atas (sesuai namanya), di Sumber Maron air terjunnya dangkal.

Hampir datar tapi karena ada sedikit tanjakan terlihat seperti air terjun. Derajat kemiringannya hanya sekitar 60 derajat, tingginya hanya 5-6 meter.

Karena bentuknya, Anda bisa mengendarai apa saja dengan ban. Ini seperti slide, hanya slide yang berbentuk alami.

Bayangkan nikmatnya berenang di air sungai segar yang mengalir dari mata air asli, dengan kedalaman yang tidak berbahaya yang bisa dinikmati anak-anak.

Sumber Maron dulunya adalah sungai yang dimanfaatkan warga sekitar sebagai tempat mengairi sawah, ada juga yang digunakan untuk menanam kangkung. Namun kini kebutuhan tersebut telah berubah dengan penggunaan situs tersebut sebagai objek wisata terkenal di kota Malang.

Meski wisatanya hanya berupa air terjun dan air sungai yang mengalir seperti biasa, ternyata ada sisi edukasinya juga.

Pelatihan di antaranya dengan hadirnya mesin Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Disingkat dengan nama PLTH.

Sering digunakan oleh mahasiswa atau mahasiswa untuk menambah ilmu, tugas kuliah, atau sekedar penelitian. Enak kan, selain bersenang-senang dengan airnya, kita sedikit banyak mengenal bentuk pembangkit listrik yang memanfaatkan air terjun untuk mata pencaharian warga sekitar.

Seperti melihat secara langsung kekurangan suatu daerah berupa listrik, tapi sekali lagi, mereka melakukan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Hal menarik lainnya di sini adalah wisata foto. Jangan tanya seberapa menarik foto-foto di Sumber Maron. Itu semua tergantung pada kreasi Anda.

Pokoknya dijamin tidak mengecewakan.

Sumber cerita mistik Maron

Uniknya disini juga terdapat cerita mistis. Maklum, kita hidup di tanah Indonesia, jadi jangan berharap menyimpang jauh dari mitos lokal.

Dikatakannya, dulu Sumber Maton merupakan tempat yang sering dijadikan sebagai Pesugihan. Kejadian aneh sering terjadi di Sumber Maron.

Seperti penampakan setan, hantu dan segala macamnya. Menurut para turis yang beberapa kali mengambil foto, sosok misterius itu berhasil ditangkap.

Namun di balik tempat seram itu, Sumber Maron tetap ramai dikunjungi. Bahkan tempat tersebut masih dipilih sebagai tempat perkemahan.

Sebenarnya mitos ini bisa menjadi semacam peringatan bagi kita sebelum memasuki suatu tempat apalagi tempat yang baru bagi kita, jangan pernah lupa untuk meminta perlindungan kepada Yang Maha Kuasa.

Hal Menarik di Sumber Maron

Sekarang kita tahu bahwa Sumber Maron memiliki air tawar, ada air terjun, ada juga mitos, kami akan menjelaskan lebih detail apa yang menarik dari wisata air.

Merupakan permainan river tubing atau mengelilingi sungai dengan ban. Di Sumber Maron, game ini terkenal dengan harga yang terjangkau. Selain terjangkau, tentunya tidak kalah seru dengan river tubing di tempat wisata lainnya.

Ada juga permainan flying fox. Dengan medan yang mendukung bagus akan menyenangkan meluncur di bawah tali dan di atas sungai yang airnya jernih dan indah.

Lalu ada wisata menarik lainnya. Yaitu terapi ikan. Celupkan saja kaki Anda di kolam yang disediakan dan dalam hitungan detik Anda akan dimakan ikan!

Itu artinya kulit matimu akan dimakan ikan.

Kemudian Anda bisa bermain air dan simpai sepuasnya di Sungai Sumber Maron.

Sumber harga tiket Maron

Mengetahui semua wahana tetapi tidak mengetahui harga tiket menuju ke sana tidak lengkap.

Harganya sangat murah, lebih murah daripada masuk ke kolam. Cukup dengan harga 3.000 saja. Tapi ada juga yang bilang gratis.

Namun, ada harga sewa ban, menunggang kuda, parkir dan ke toilet.

Untuk parkir kami mengenakan biaya 2.000 untuk jenis sepeda motor dan 5.000 untuk mobil.

  • Sewa ban kecil: 3.000
  • Sewa ban sedang: 7.000
  • Ban tabung sungai: 10.000
  • Kelelawar Buah: 10.000
  • Dan terapi ikan cukup membayar 15.000.

Lokasi mata air Maron

Sepanjang jalan menuju Sumber Maron, Anda akan disambut di dekat persawahan hijau dan dua sungai yang mengalir di pinggir jalan. Tidak sulit untuk menemukan lokasinya. Jalannya juga mudah dilalui.

Wisata ini beroperasi dari Karangsuko, Pagelaran, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur 65174.

Ada banyak rute menuju Sumber Maron.

Untuk kenyamanan, cukup gunakan peta google, Anda pasti akan menemukan tempat wisata.

Sumber galeri foto Maron

Sumber MaronFoto (c) @lugman_chakim17

Sumber MaronFoto (c) @uzan.gl125

Sumber MaronFoto (c) @dowdiex_d_setyyo

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Jangan lupa untuk menyewa bebek karet bagi anda yang tidak bisa berenang. Jangan khawatir jika Anda tiba-tiba terseret arus sungai karena arus masih terkendali di sana.

Baca juga Songgoriti Malang

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button