Berita Wisata

5 Rekomendasi Wisata Gua di Jogja, Seru untuk Caving dan Rafting!

Yogyakarta

Jogja juga menyuguhkan destinasi alam berupa goa yang wajib dikunjungi oleh para penggemar arung jeram atau arung jeram baik penggemar gua maupun berlubang. Berikut rekomendasi wisata goa di Jogja yang cocok untuk Anda berlubang dan arung jeram.

Mencoba pengalaman caving dan rafting di Jogja bisa menjadi pilihan bagi wisatawan. olahraga berlubang dan arung jeram bisa dilakukan di sejumlah objek wisata gua di Jogja.

Buat yang penasaran, berikut rekomendasi wisata goa di Jogja yang cocok untuk caving dan rafting, terangkum detikJateng di situs web resmi dan situs perjalanan Trip Advisor.

Rekomendasi wisata goa di jogja

1. Gua Jomblang

Gua Jomblang terletak di Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Jogja. Dikutip dari laman Visit Jogja, Gua Jomblang ini gua vertikal membutuhkan alat dan keahlian khusus untuk turun dan menjelajahi gua.

Untuk merasakan pengalaman turun ke Gua Jomblang, wisatawan yang tidak memiliki alat khusus cukup membayar sewa alat dengan kisaran harga Rp 450.000 hingga Rp 1.000.000. Harga tersebut sudah termasuk paket gua vertikal lengkap dengan peralatan, guide dan makan siang.

2. Gua Pindul

Selain itu ada Gua Pindul yang terletak di Jalan Goa Pindul Prestasi 2, RT3, RW16, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Dikutip dari situs resminya, Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350m, lebar hingga 5m, jarak permukaan air hingga atap goa 4m, dan kedalaman air sekitar 5 hingga 12 meter.

Gua ini memiliki 3 area. Yakni zona terang, zona gelap dan zona gelap dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Gua Pindul juga menawarkan paket cave tubing yaitu kegiatan menyusuri gua menggunakan ban dalam. Paket wisata ini dibandrol dengan harga Rp 40.000 saja. Bagi pemula tidak perlu khawatir karena akan didampingi oleh pemandu.

3. Gua Cerme

Gua Cerme terletak di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Dikutip dari laman Bantulpedia milik Kabupaten Bantul, Gua Cerme berada di ketinggian sekitar 500 mdpl dengan panjang gua sekitar 1.200 meter.

Gua Cerme juga menawarkan keindahan stalagtit dan stalagmit. Selain itu, ada air terjun dan sungai bawah tanah yang mengalir di sepanjang gua. Tempat wisata ini buka mulai pukul 07:00 hingga 18:00 WIB.

4. Gua Sriti

Kunjungan gua berikutnya adalah Gua Sriti yang terletak di Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Tidak hanya cocok untuk berlubanggua ini juga menawarkan pengalaman wisata sejarah.

Dikutip dari situs Kemdikbudristek, Gua Sriti masuk dalam daftar cagar budaya di Indonesia. Sedangkan untuk menikmati keindahan Gua Sriti, wisatawan cukup membayar tiket sebesar Rp30.000 per orang.

5. Cocokkan Gua

Gua Tanding juga bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin melakukan caving dan rafting. Gua ini terletak di Jalan 2, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul.

Dikutip dari situs resminya, speleologi atau berlubang di Gua Tanding, bisa memakan waktu sekitar 1,5 jam. Selama perjalanan berlubangwisatawan akan dipandu oleh guide yang juga akan menceritakan kisah goa ini.

Simak Video “Saat Yogyakarta Ramai Dikepung Turis Saat Libur Nataru”
[Gambas:Video 20detik]
(saya/sip)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button