Tempat Wisata

6 Zona yang Wajib Dikunjungi di Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan memiliki ribuan koleksi satwa, selain tentunya tempat rekreasi menarik yang masih berada di dalam KBR. Berbagai spesies hewan di Kebun Binatang Ragunan antara lain:

Mamalia

Harimau sumatera di zona mamalia Kebun Binatang RagunanHarimau sumatera di zona mamalia Kebun Binatang RagunanHarimau sumatera merupakan salah satu koleksi satwa langka yang berada dalam perlindungan negara dan terdapat di zona mamalia.

Di zona ini kita bisa melihat banyak mamalia. Koleksinya antara lain: Beruang Madu, Harimau Sumatera, Siamang, Gorila, Babi Hutan, Tapir, Singa, Benggala/Harimau Putih, Monyet Bekantan, Beruk, Kukang, Lutung Budeng, Monyet Kokah, Monyet Boti.

Lalu ada marmoset, nilgai, macan tutul Sri Lanka, jaguar, sitatunga, rusa tutul, anoa, binturong, simpanse, banteng jawa, gajah sumatera, yaki, simpai, surili dan orangutan kalimantan.

reptil

Penyu di Kebun Binatang RagunanPenyu di Kebun Binatang RagunanAda berbagai jenis reptil yang ditemukan di kandang atau akuarium. Foto: Google Maps/R Nurhidayat

Sedangkan di kawasan ini kita akan bertemu dengan komodo, penyu kuping merah, ular sanca patola, ular sanca bunga, kadal salvatorian, king kobra, kadal lidah biru, kadal hitam, kadal maluku, ular piton beras putih, dan kadal hijau.

unggas dan burung

Pelikan di zona unggasPelikan di zona unggasDi zona unggas terdapat jenis burung, termasuk pelikan. Foto: Google Maps/Ali Ibrahim

Bagi pecinta unggas khususnya burung. Mengunjungi kawasan ini adalah pilihan terbaik. Karena di zona tersebut kita bisa mengamati berbagai jenis burung, yaitu:

Pelikan/Burung, Flamingo, Elang Laut Kepala Abu-abu, Elang Irlandia, Kasuari Gelamir Soliter, Burung Beo Coklat, Burung Beo Merah Punggung Kuning, Burung Puyuh Mahkota Sengayan, Bangau Tongtong, Burung Beo, Burung Beo Ekor Kalung dan Elang Bondol.

Lalu ada burung merak biru, kasuari berkepala dua, kakatua kerajaan, kakatua jambul belerang, burung enggang, burung pekakak, burung dara mahkota zaman Victoria, dan burung unta. Ada juga berbagai hewan lainnya di Kebun Binatang Jakarta.

Baca: Cisarua Bogor Safari Park: Tiket Masuk dan Atraksi Satwa

Pusat Primata SCHMUTZER

Zona khusus untuk menampung berbagai primata dari seluruh Indonesia. Perancangannya mengusung konsep outdoor, sehingga hewan-hewan tersebut terkesan berada di habitat aslinya. Jika ingin menyaksikannya, Anda bisa melihat melalui terowongan dan jembatan yang tersedia.

Taman Refleksi

Jika Anda ingin berolahraga atau sekadar berfoto, Anda juga bisa mengunjungi kebun binatang ini. Ada beberapa lapangan olahraga di taman. Waktu yang tepat untuk bersantai di tempat ini adalah pagi atau sore hari untuk menghindari teriknya sinar matahari.

Kebun binatang anak-anak

Nah kawasan ini sangat cocok bagi kita yang membawa anak-anak. Karena di zona tersebut terdapat hewan-hewan yang disukai anak-anak. Di zona ini juga terdapat akuarium besar dengan ikan arapaima Amazon seberat 100 kg.

Tentunya masih banyak atraksi lain yang bisa kita lihat di kebun binatang ini, misalnya: Menunggang Gajah, Menunggang Unta, Taman Perahu Angsa dan masih banyak lagi. Tidak salah jika memilih kebun binatang ini sebagai destinasi wisata warga Jakarta.

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan

Saat beristirahat di kebun binatang ini, Anda akan merasa betah karena fasilitasnya lengkap. Mulai dari toilet yang bersih, tempat parkir hingga tempat parkir yang luas. Ada juga toko persewaan sepeda dan toko yang menjualnya Toko penggemar. Bagi yang ingin salat, terdapat masjid di area kebun binatang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button