Tempat Wisata

7 Palung Laut Terdalam di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!

7 Palung Laut Terdalam di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!

Palung laut terdalam di Indonesia – Indonesia memiliki wilayah perairan yang lebih luas dibandingkan daratan. Tak heran jika Indonesia memiliki banyak lautan yang masing-masing memiliki keanekaragaman tersendiri.

Laut Indonesia memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah palung laut yang kedalamannya ribuan meter.

Palung Samudera merupakan suatu cekungan topografi di dasar laut dengan lebar yang relatif sempit namun ujungnya sangat panjang dan dalam. Biasanya, palung laut mengalami kondisi yang lebih ekstrim dibandingkan wilayah lainnya.

Kami punya daftar 7 palung laut terdalam di Indonesia. Berikut ulasan lengkapnya!

Memahami palung laut

Palung laut adalah cekungan berbentuk lembah di dasar laut yang sangat dalam dan disebabkan oleh proses geologi seperti lempeng tektonik atau erosi.

Palung laut memiliki kedalaman yang bervariasi dan bahkan memanjang ratusan hingga ribuan meter di bawah permukaan laut.

Palung laut seringkali merupakan tempat yang mempunyai tekanan hidrostatis yang cukup tinggi dan kondisi lingkungan yang ekstrim.

Palung laut terdapat hampir di seluruh lautan di dunia, seperti Palung Mariana di Samudera Pasifik yang kedalamannya bisa mencapai 10.900 meter di bawah permukaan laut.

Daftar palung laut terdalam di Indonesia

Apa saja lembah terdalam di Indonesia? Berikut beberapa di antaranya:

1. Palung Weber

Ilustrasi Palung Weber di atas KapalakuIlustrasi Palung Weber di atas Kapalaku

Palung Weber dianggap sebagai parit terdalam pertama di Indonesia dan terletak di kawasan Laut Banda Kepulauan Maluku, Indonesia.

Palung samudera ini memiliki kedalaman 7.440 m. Palung yang terdapat di Kepulauan Maluku sebenarnya merupakan cekungan bawah di bagian depan busur perkotaan rangkaian pulau vulkanik.

Proses terbentuknya palung ini belum diketahui. Bahkan ada ilmuwan asal Australia yang mencoba mempelajari evolusi tektonik Busur Banda dan melakukan eksperimen.

Namun, sejauh ini semuanya masih merupakan hipotesis yang belum terbukti.

2. Parit Jawa

Palung Jawa atau dikenal juga dengan sebutan Palung Ganda Sunda merupakan palung terdalam kedua di Indonesia.

Palung Jawa terletak di sisi timur Samudera Hindia atau 305 km dari pantai barat daya Sumatera dan Jawa.

Palung Jawa sendiri diyakini merupakan titik terdalam di Samudera Hindia, dengan kedalaman rata-rata sekitar 7140 m dan pemandangan 2600 m.

Pada tahun 2004, terjadi gempa bumi berkekuatan 9,1 di kedalaman laut yang akhirnya memicu tsunami dan berdampak sangat luas pada parit ini.

3. Palung Buton

Palung Buton dengan kedalaman sekitar 4.180 m ditemukan antara tahun 1920 hingga 1930 berkat aktivitas ekspedisi Snellius-1.

Snellius sendiri diambil dari nama seorang astronom fisika dan matematika yang hidup antara tahun 1580 hingga 1626.

Kemudian digunakan dalam ekspedisi ini, karena ekspedisi serupa dilakukan kembali pada tahun 1984-1985.

Ekspedisi Snellius dipimpin oleh Perdana Menteri Van Riel, pensiunan marinir Belanda dan kepala Departemen Oseanografi dan Meteorologi Maritim di KNMI.

4. Palung Sangihe

Terletak di kawasan Laut Maluku, Palung Sangihe merupakan palung laut terdalam keempat di Indonesia. Palung Sangihe terletak di antara Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Filipina.

Depresi ini memiliki kedalaman rata-rata sekitar 3.850 m. Parit ini sendiri juga awalnya ditemukan pada ekspedisi Snellius-1.

5. Parit Talud

Terletak di timur laut Sulawesi Utara, Palung Talud merupakan palung laut terdalam kelima di Indonesia. Di kawasan lautan ini terdapat pertemuan arus yang menyebabkan banyak ikan berkumpul di lokasi tersebut.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa perairan sekitar Palung Talud menjadi tempat favorit para nelayan saat mencari ikan. Palung gelombang memiliki kedalaman rata-rata sekitar 3.450 meter

6. Parit Ternate

Palung Ternate juga terletak di perairan Maluku dan merupakan palung laut terdalam keenam di Indonesia dengan kedalaman sekitar 3.450 meter.

Palung ini terletak di perairan utara Maluku dan sama dengan palung lainnya di Indonesia bagian timur, dimana palung ini ditemukan pada ekspedisi Snellius-1.

Sebagai bagian dari temuan ekspedisi Snellius-1, parit ini diterbitkan dalam 21 seri buku.

“The Snellius Expedition” adalah judul seri buku terbitan EJ Brown, Belanda. Bahkan banyak yang mengklaim temuan ekspedisi Snellius-1 menjadi landasan penting bagi pengetahuan oseanografi Indonesia hingga saat ini.

7. Palung Timor

Daftar palung laut terdalam di Indonesia yang terbaru adalah Palung Timor. Sesuai dengan namanya, palung ini terletak di Laut Timor, lebih tepatnya berbatasan dengan Timor Leste dan benua Australia di sebelah selatan. Palung Timor memiliki kedalaman sekitar 3.310 meter.

Menutup

Sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai sejumlah palung laut terdalam di Indonesia. Semoga pembahasan kali ini cukup menarik bagi Anda dan terima kasih.

Baca juga: 14 gunung tertinggi di pulau sumatera

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button