Tempat Wisata

Air Terjun Bajuin Tanah Laut – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Air Terjun Bajuin Tanah Laut – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Air Terjun Bajuin Pesona air terjun yang asri dan asri di Tanah Laut memikat pengunjung dengan keelokan alamnya yang mempesona, terutama keindahan air terjun bertingkat yang mempesona.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Damar Lima, distrik. Batu Ampar, Cab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Bajuin merupakan objek wisata yang populer dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Tempat rekreasi ini mempunyai pesona alam yang selalu membuat wisatawan ingin tinggal lebih lama. Bahkan air yang mengalir dari atas terlihat sangat jernih dan indah menembus bebatuan.

Setiap tempat di destinasi ini dikaruniai pepohonan rimbun yang membuat suasana semakin menyenangkan. Pengunjung yang datang akan merasakan hembusan angin dari atas pohon. Selain itu, dilakukan perbaikan pada air terjun sehingga menjadikan wisata ini semakin indah.

Anda yang ingin memilih tempat bertemu sanak saudara saat liburan bisa mengunjungi Bajuin. Sembari menikmati kunjungan, wisatawan dijamin bisa mengambil foto-foto estetik. Selain itu, setiap lokasi dikelilingi oleh pemandangan yang berbeda-beda.

Tempat Wisata Air Terjun Bajuin yang Ditawarkan

Daya Tarik Air Terjun BajuinKredit foto: Ikhtisar Google Maps Saya

Pariwisata yang bagus

Air Terjun Bajuin sangat indah jika dilihat dari dekat karena banyak terdapat pepohonan lebat di sana. Tanaman ini bahkan terlihat subur karena warnanya yang hijau. Banyak pohon yang sengaja ditanam di kawasan wisata untuk menciptakan suasana asri.

Pengunjung wajib menjelajah saat berlibur karena tempat indah ini sayang untuk dilewatkan. Selain itu, suara air terjun dan kicau burung membuat destinasi ini terasa lebih alami. Jadi ketika berkunjung, rasakan sejuknya udara dan lihatlah tempat yang indah.

Tempat yang indah

Beragamnya pilihan tempat indah selalu memanjakan mata. Selain itu, Air Terjun Bajuin kerap menjadi objek wisata yang mampu memberikan foto estetik.

Wisatawan yang berwisata ke suatu destinasi tak pernah lupa membawa kamera untuk mengoleksi foto. Bahkan ada juga yang sengaja merekam video selama berada di objek wisata cantik tersebut.

Anda bisa berfoto dengan latar belakang jembatan, pepohonan rimbun, hingga air terjun yang jatuh dari sumber mata air. Biasanya, saat cuaca cerah, traveler pun mencari tempat lain. Alhasil, air terjun tak pernah terlihat tenang.

Tingkat air terjun

Bajuin memiliki air terjun tiga tingkat yang sangat mempesona. Tingkatan ini berdekatan sehingga wisatawan dapat menikmati ketiga aliran tersebut. Air terjun pertama memiliki ketinggian 750 meter. Tingkat kedua panjangnya 1200 meter dan tingkat ketiga panjangnya 1800 meter dan dapat digunakan untuk bermain.

Seluruh tingkatan air terjun diketahui mengandung sumber mata air yang sangat jernih. Batu-batu yang menempel di aliran air dan terbawa arusnya juga membuat wisata semakin indah. Jika Anda berhati-hati, Anda dapat mengalami tiga ketinggian air yang berbeda. Pastikan juga untuk mengundang teman atau keluarga saat bermain agar permainan semakin lengkap.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun BajuinSumber gambar: Google Maps Zainuddin

Air Terjun Bajuin terletak di kawasan Sungai Bakar, Bajuin, Kalimantan Selatan. Tamu yang datang dari kota Palaihari memerlukan jarak sekitar 16 kilometer.

Diketahui, objek wisata cantik ini tidak sulit ditemukan karena hanya berjarak 30 menit dari kota. Apalagi jika menggunakan sepeda motor, Anda bisa sampai dengan cepat saat bepergian.

Biasanya wisatawan kerap mengambil jalur dari Jalan Ahmad Yani yang berada di dekat Palaihari. Telusuri rute ke Jalan Datu Insyad dan langsung menuju Jalan Balirejo.

Tak jauh dari jalur ini, wisatawan bisa menuju ke Jalan Atu-Atu. Kemudian temukan Jalan Bajuin dengan melihat papan yang akan memandu Anda menuju air terjun indah ini.

Jalurnya dilengkapi jalan aspal yang mulus dan tidak terjal. Meski tidak berada di pusat kota, namun air terjun ini memiliki jalur yang mudah.

Bahkan, seluruh tamu bisa berkunjung ke tempat tersebut untuk menikmati taman dan hiruk pikuk warga sekitar. Jadikan perjalanan semakin seru dengan mengajak sanak saudara dan menggunakan Google Maps bila perlu.

Biaya masuk wisata alam

Air Terjun Bajuin selalu ramai pengunjung di hari libur karena tarif masuknya yang tidak terlalu mahal. Biaya masuk wisata ini adalah Rp 10.000 untuk setiap orang yang ingin merasakan liburan disana.

Wisatawan bisa membeli tiket setelah sampai di tempat wisata. Budget yang dikeluarkan memang murah, apalagi Anda bisa melakukan aktivitas seru.

Meski harga tiketnya terjangkau, namun masih sedikit warung yang ada di kawasan ini. Bahkan Waterfall tidak menyediakan tempat persewaan seperti ban atau jaket pelampung.

Para tamu diharapkan membawa sendiri sebelum mengikuti tur. Hal ini tentu tidak akan menambah anggaran dan pengunjung bisa menekan biaya liburan.

Harga lain yang harus Anda bayar ketika memarkir kendaraan Anda di area tersebut. Namun untuk parkir, tarifnya hanya Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk bus atau mobil.

Wisatawan akan bersuka cita karena biaya liburan ke air terjun populer ini masih terjangkau kantong mereka. Jadi jangan ragu lagi jika ingin mengikuti wisata ini.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Air Terjun BajuinSumber gambar: Google Maps Mechadot SHSW

1. Ambil foto

Air Terjun Bajuin menjadi tempat berfoto estetik karena menyimpan sejuta keindahan alam. Bahkan ada jembatan berwarna putih di sana yang sering digunakan untuk fotografi.

Anda bisa mengambil foto dari sudut jembatan atau langsung di bawah air terjun. Namun gunakanlah kamera tahan air jika ingin mengambil foto sambil bermain air di sana.

2. Piknik

Jika ingin makan siang di kawasan air terjun, Anda bisa memilih tempat mana saja. Selain itu, paviliun didirikan di seluruh area untuk berlindung.

Anda juga dapat membeli makanan dari kios penjual di dekat tujuan Anda. Menikmati liburan sekaligus memanjakan perut merupakan aktivitas yang sayang untuk dilewatkan.

3. Duduk santai

Menghirup udara sejuk sambil duduk dan bersantai di pendopo merupakan hal yang lumrah. Selain itu, tidak terasa panas saat diduduki meski cuaca sedang panas.

Di sana masih asri dan air yang jatuh ke waduk memberikan angin sejuk. Oleh karena itu, ketika traveler tiba di pagi hari, sangat tepat untuk bersantai di Air Terjun Bajuin.

4. Nikmati panoramanya

Rangkaian panorama yang melengkapi keindahan air terjun tidak akan membuat wisatawan bosan. Seluruh sudut kawasan selalu menyuguhkan pemandangan indah seperti perbukitan, pepohonan, dan air terjun.

Ada pula gunung yang bisa dilihat karena destinasi alam ini belum dipenuhi bangunan. Anda yang datang pastinya bisa melihat panoramanya dengan lebih baik.

5. Bermain air

Air Terjun Bajuin menampilkan air jernih yang jatuh di antara bebatuan besar. Wisatawan yang bermain air merasakan tubuhnya menjadi lebih rileks.

Bahkan, tidak ada sampah yang dibuang sembarangan ke sumber air tersebut karena cukup bersih. Para tamu dapat merasakan jernihnya air dan melihat batu-batu kecil yang ada di dalam air terjun ini.

6. Temukan

Berjalan-jalan santai sambil menjelajahi kawasan wisata merupakan kegiatan seru yang wajib Anda coba. Wisatawan yang hobi menjelajahi kawasan alam pasti akan senang menjelajah.

Selain itu, objek wisata cantik ini selalu menyuguhkan pesona alam yang baru. Anda bisa menjelajahi lokasi tertentu, menikmati panorama sekaligus mengajak orang tercinta untuk berwisata.

7. Trekking di Air Terjun Bajuin

Pengunjung yang ingin berlibur ke Air Terjun Bajuin harus melewati beberapa jalan yang cukup melelahkan. Anda harus menaiki ratusan anak tangga sebelum sampai ke air terjun.

Namun, aktivitas ini disukai banyak orang karena para pelancong bisa berlibur sambil trekking. Bahkan ada beberapa tamu yang mendaki ke lokasi lain di dekat air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas menuju Air Terjun BajuinSumber gambar: Google Maps Muhammad Aulia Ihsan

Air Terjun Bajuin masih belum memiliki fasilitas yang cukup untuk menampung liburan wisatawan. Namun hal tersebut tidak pernah menjadi masalah besar karena masih ada sebagian orang yang berlibur ke destinasi ini.

Tempat parkirnya dekat dengan objek wisata dan mampu menampung lebih dari 30 kendaraan. Bus, mobil atau motor bisa diparkir di sana.

Tiket dibeli di pintu masuk, sangat dekat dengan tempat parkir. Toilet umum tersedia meski jumlahnya masih sedikit.

Anda masih bisa menggunakan toilet karena gratis dan bersih. Mushola yang sering dicari wisatawan belum ada dan lokasi air terjun cantik ini masih cukup jauh dari tempat ibadah.

Peralatan bermain air tidak bisa disewa karena tidak banyak petugas yang menjaga air. Tempat kuliner juga masih jarang ditemui di sekitar objek wisata alam ini.

Untuk menghindari kebosanan saat berlibur, traveler harus mempersiapkan segala perlengkapannya dari rumah. Terdapat paviliun di setiap sudut, namun jumlahnya tidak banyak dan pengunjung sering singgah di tempat tersebut untuk duduk.

Demikian ulasan Air Terjun Bajuin yang bisa dijadikan destinasi wisata. Wisatawan hanya perlu mempersiapkan segala perlengkapannya karena belum tersedia di sana.

Disarankan juga membawa kamera untuk memotret objek. Nikmati keseruan berlibur bersama kerabat dekat agar aktivitas semakin menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button