Tempat Wisata

7 Pantai di Gunung Kidul Yang Sedang Viral dan Akan Hits di Tahun 2023

Jika Anda berlibur ke Jogja, jangan lewatkan menjelajahi pantai-pantai indah dan eksotik Gunung Kidul. Seperti diketahui, salah satu kabupaten di provinsi DIY ini memiliki potensi wisata bahari yang istimewa dengan pantainya yang indah.

Saat ini popularitas pantai Gunung Kidul semakin meningkat karena banyak wisatawan yang memposting aktivitas liburannya di pantai-pantai tersebut. Keindahan pantai yang mempesona dan tempat-tempat tersembunyi menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Rekomendasi pantai di Gunung Kidul 2023

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak pantai berbeda di Gunung Kidul yang bisa Anda kunjungi selama liburan di Jogja. Setiap pantai memiliki pesona dan eksotisme yang memikat yang akan membuat liburan Anda semakin tak terlupakan.

Jika Anda sudah mengunjungi beberapa pantai terkenal seperti Baron, Kukup, dan Krakal, tidak ada salahnya menjelajahi destinasi pantai lainnya. Jika Anda masih bingung ingin mengunjungi pantai yang mana, informasi berikut bisa menjadi referensi.

1. Pantai Sundak

Dikenal dengan nama Pantai Sundak, pantai cantik di Gunung Kidul ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Anda akan disuguhi eksotisme pantai yang sangat indah, cocok untuk menyegarkan jiwa yang penat.

Perpaduan warna yang cukup kontras antara hijaunya perbukitan karang, birunya laut, dan pasir putih membuat semua orang betah berada di Pantai Sundak. Entah itu sekedar menikmati suasana atau mencari spot foto dan bermain pasir.

Lokasi

Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY

jam buka

24 jam

Perabot

Tempat parkir, musholla, persewaan alat snorkeling, toilet, toko oleh-oleh, warung makan, bumi perkemahan

harga tiket

HTM Rp5.000

Parkir motor Rp 2.000

Parkir Rp 5.000

Sewa paviliun Rp 10.000 – Rp 20.000

2. Pantai Indrayanti

Rekomendasi selanjutnya adalah Pantai Indrayanti yang mungkin sudah sering Anda dengar, karena pantai di Gunung Kidul ini sangat populer dan menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati sejak dibuka pada tahun 2009 lalu.

Aslinya bernama Pantai Pulang Syawal, pantai ini tidak hanya menyuguhkan keindahan dan pesona pantai yang begitu indah, namun juga menawarkan aktivitas liburan yang menyenangkan. Anda bisa bersantai di Pantai Indrayanti Gunung Kidul, bermain jet ski atau berjalan-jalan di tepi pantai.

Lokasi

Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY

jam buka

Setiap hari dari pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB

Perabot

Tempat parkir, kafe, musala, restoran, toilet, akomodasi, paviliun, dan persewaan jet ski

harga tiket

10.000 Rp

3. Pantai Drini

Pantai indah di Gunung Kidul ini tidak jauh dari Pantai Indrayanti. Ombak dan air laut yang jernih semakin memikat jika dipadukan dengan lembutnya pasir putih. Pantai kecil ini dikelilingi oleh tebing karang yang indah.

Kedua sisi pantai di tempat wisata ini terlihat berbeda dengan ombak yang cukup kencang di bagian barat sedangkan di bagian timur lebih tenang. Anda tidak hanya bisa menikmati suasana pantai dan bermain pasir, tetapi juga mendaki ke puncak bukit dan mencari spot foto.

Lokasi

Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, DIY

jam buka

24 jam

Perabot

Tempat parkir, warung makan, musala, tempat foto, toilet, pendopo, persewaan kano, warung makan dan souvenir

harga tiket

HTM Rp 10.000

Parkir motor Rp 2.000

Parkir Rp 5.000

4. Pantai Nglambor

Nama pantai di Gunung Kidul ini sangat populer di kalangan wisatawan karena menawarkan berbagai keindahan dan daya tarik. Salah satu tempat paling populer di kalangan pengunjung adalah keindahan dunia bawah laut yang mempesona.

Berada di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan, pantai ini berbentuk seperti laguna, sehingga arus air dan ombaknya agak tenang. Di pantai eksotis ini Anda bisa leluasa mengagumi keindahan ikan warna-warni.

Lokasi

Ngandong, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul

jam buka

Setiap hari mulai pukul 07.30 WIB – 17.00 WIB

Perabot

Tempat parkir, penginapan, persewaan alat snorkeling, toilet, warung makan, mushola, wahana hiburan

harga tiket

HTM Rp5.000

Parkir motor Rp 2.000

Parkir Rp 5.000

Parkir Bus Rp 20.000

Perjalanan snorkeling 50.000 Rp./jam

5. Pantai Ngobaran

Namun jika ingin menjelajahi berbagai pantai yang ada di Gunung Kidul, Anda bisa menikmati liburan di Pantai Ngobaran. Tak kalah populer dari rekomendasi pantai sebelumnya, Pantai Ngobaran juga menyimpan sejuta pesona yang memanjakan mata.

Anda diajak menikmati keindahan pantai dari atas tebing. Menariknya, tempat ini menunjukkan toleransi antar umat beragama. Hal ini dikarenakan di kawasan pantai terdapat mushola, pura dan pura yang letaknya berdekatan.

Bagi Anda yang mencari spot foto, ada banyak tempat yang bisa dijelajahi. Salah satunya spot foto berupa jembatan perahu di atas tebing yang menjorok ke laut. Untuk hasil foto terbaik, Anda bisa menggunakan jasa foto di Pantai Ngobaran, Gunung Kidul, Jogja.

Lokasi

Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, DIY

jam buka

Selasa – Minggu 24 jam (Senin tutup)

Perabot

Tempat parkir, mushola, pura, spot foto, toilet, kios

harga tiket

5.000 Rp

6. Pantai Sadranan

Jika Anda masih penasaran dengan keindahan pantai di Gunung Kidul Jogja, tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Sadranan. Membanggakan pesona alam yang begitu asri, pantai ini menawarkan berbagai aktivitas seru.

Anda yang ingin menikmati liburan asik di pantai ini tidak boleh melewatkan berbagai aktivitas seperti snorkeling, berenang, kano, berkemah dan mencari spot foto dengan pemandangan yang menakjubkan.

Pantai eksotis di Gunung Kidul ini juga cocok untuk kuliner karena menawarkan berbagai menu makanan laut yang menggugah selera seperti ikan, kerang, cumi, udang dan lain-lain. Jika ingin bersantai, cukup menyewa gazebo dan menikmati senja dengan keindahan sunset.

Lokasi

Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY

jam buka

24 jam

Perabot

Tempat parkir, gazebo, persewaan alat snorkeling, toilet, jasa foto, stand makanan

harga tiket

HTM Rp 10.000

Parkir motor Rp 2.000

Parkir Rp 5.000

Sewa alat snorkeling seharga Rp 25.000-50.000

Sewa kano seharga Rp50.000

7. Pantai Timang

Jika Anda ingin menikmati momen liburan pantai dengan aktivitas yang menantang, mengunjungi Pantai Timang adalah pilihan terbaik Anda. Petualangan Anda sudah dimulai ketika Anda pergi ke kota pantai ini karena jalannya cukup terjal dan menuntut.

Daya tarik utama tempat wisata ini adalah adanya fasilitas gondola tradisional yang mengantarkan pengunjung ke pulau kecil tersebut. Angin kencang dan ombak besar di bawah pasti akan menambah adrenalin.

Lokasi

Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY

jam buka

24 jam

Gondola dimulai pukul 07:00 WIB – 17:00 WIB

Perabot

Tempat parkir, jembatan gantung, gondola, toilet, kios suvenir

harga tiket

HTM Rp5.000

Gondola Rp 100.000

Jembatan Gantung Rp 100.000

Wisata pantai di Gunung Kidul menawarkan berbagai macam pilihan dengan pesona dan keindahan tersendiri. Ada beberapa pantai untuk dijelajahi untuk penyegaran dan relaksasi. Namun, jika ingin mencoba aktivitas yang menantang, datang saja ke Pantai Timang.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button