Berita Wisata

9 Alternatif Wisata di Sukoharjo Jika Destinasi Wisata Jogja Penuh

Krjogja.com – Musim liburan Nataru pasti ramai dengan destinasi wisata di Jogja. Jangan khawatir, kota-kota di sekitar Jogjakarta juga memiliki banyak tempat wisata yang menakjubkan untuk dipilih. Salah satunya bisa ke Kabupaten Sukoharjo.

Jarak Jogja ke Sukoharjo tidak begitu jauh, hanya 60,7 kilometer dan dapat ditempuh dengan mobil sekitar 2,5 jam. Dan dijamin perjalanan anda akan terbayar dengan pemandangan dan suasana yang indah dan nyaman.

Sukoharjo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah, kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan pemandangan alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui tentang keindahan dan tempat keren di Sukoharjo.

Mulai dari situs budaya, situs sejarah, spot foto kekinian, hingga air terjun yang memanjakan mata harus segera Anda jelajahi. Berikut rekomendasi wisata ke Sukoharjo yang dirangkum Krjogja.com:

1. Danau Claket
Danau Claket merupakan tempat wisata favorit bagi masyarakat setempat. Tempat ini menawarkan spot foto terbaik. Telaga Claket terletak di kawasan perbatasan antara Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo.

Di sana Anda akan disuguhkan pemandangan danau dengan tebing dan perbukitan di sekelilingnya. Pepohonan yang masih rimbun menciptakan suasana tenang dan damai yang akan membuat setiap pengunjung jatuh hati.

Meski ukuran danaunya tidak terlalu luas, sirkuit ini menawarkan pesona keindahan alam yang begitu indah. Selain cocok sebagai spot hunting foto, Telaga Claket juga menjadi spot favorit para penghobi mancing.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Danau Claket, silahkan menuju ke perbatasan Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo. Harga masuk yang dipatok juga sangat ekonomis, sekitar Rp 5.000.

2. Waduk Mulur
Waduk Mulur bagi anda pecinta panorama sunset alias matahari terbenam, Waduk Mulur menawarkan lokasi yang strategis dan tepat untuk melihat matahari terbenam dengan jelas dan leluasa.

Selain itu, Waduk Mulur sering dijadikan sebagai area pemancingan, sama seperti bendungan lainnya. Jika Anda memiliki hobi berburu foto dan memancing yang bagus, tempat ini akan sangat cocok untuk mendukung hobi Anda.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Waduk Mulur, Anda dapat mengambil jalan dari Kota Solo menuju kawasan Bendosari, Sukoharjo. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini kapanpun Anda mau.

Memang Waduk Mulur buka setiap hari, baik di tanggal merah maupun di hari biasa. Untuk bisa masuk ke tempat tersebut, Anda tidak perlu membayar tiket masuk atau gratis. Lokasinya di Dondong, Mulur, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo.

3. Bendungan Colo
Salah satu tempat wisata Kabupaten Sukoharjo yang bisa dibilang sangat berbeda dengan wisata lainnya adalah Bendungan Colo. Bendungan ini sebenarnya dibangun untuk mengairi sawah penduduk desa.

Namun karena struktur dan desainnya yang menarik, bendungan ini banyak dikunjungi oleh penduduk lokal bahkan orang dari luar daerah. Uniknya, tempat ini tiba-tiba menjadi tempat wisata ketika orang-orang penasaran dengan desain bangunannya.

Sebagai objek wisata yang belum tersentuh pemerintah, Bendungan Colo masih belum memiliki fasilitas yang memadai. Meski begitu, Anda tetap bisa mengunjungi wisata ini kapanpun Anda mau.

Jika Anda turun Anda akan melihat deretan beton persegi yang tertata rapi. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Lokasinya di Jembatan Bendung Colo, Jetis, Pengkol, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

4. Gunung Sepikul
Destinasi wisata Gunung Sepikul memiliki pesona alam yang jarang ditemui di daerah lain. Pasalnya, terdapat 2 bukit kembar yang kokoh mendominasi dan menjadi salah satu daya tarik wisata.

Wisata alam ini sering dijadikan tempat berburu foto dengan kualitas terbaik. Bagi Anda yang menyukai fotografi, khususnya fotografi lanskap, tempat ini adalah jawabannya. Anda akan mendapatkan foto dengan pemandangan yang indah dan menawan. Terletak di Kerten, Tiyaran, Kec. Boulou, Kab. Sukoharjo.

5. Air Terjun Krajan
Bagi Anda yang membutuhkan liburan ke tempat yang tenang dan nyaman, Curug Krajan adalah jawabannya. Di sana Anda akan disambut dengan pesona alam yang khas serta pemandangan pedesaan yang indah.

Suara air terjun yang diselimuti udara segar khas pedesaan menghadirkan suasana yang tenang, nyaman dan damai. Sambil merasakan kealamiannya, Anda bisa mandi atau berenang di sungai yang tenang.

Air yang lembut dan nuansa alam bisa membuat liburan Anda lebih bermakna. Dikatakan sebagai air terjun, wisata alam ini memiliki air terjun yang tidak terlalu besar dan tinggi.

Meski begitu, Anda akan melihat kejernihan dan kebersihan air yang masih sangat alami. Bahkan, lokasinya tidak banyak berubah. Dengan demikian, Curug Krajan dapat digolongkan sebagai wisata alam yang belum banyak dijamah oleh masyarakat. Terletak di Krajan, Kec. Weru, Kab. Sukoharjo.

6. Umbul Pecinan Seribu Batu
Tempat wisata bahari di Sukoharjo lainnya yang patut dikunjungi adalah Umbul Pecinan Seribu Batu. Atraksi permainan air ini memiliki atraksi yang berada di kolam renang yang dialiri langsung dengan air bersih dari mata air.

Di sana, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas bermain air seperti berenang, mandi, dan berendam di waktu senggang sambil menikmati keindahan alam dalam suasana yang tenang. Terletak di Pacinan, Gentan, Kec. Sukoharjo, Kab. Sukoharjo.

7. Geopark Seribu Batu
Salah satu tempat rekreasi keluarga yang wajib dikunjungi adalah Batu Seribu Geopark. Lokasi wisata ini berjarak sekitar 20 km sebelah selatan kota Sukoharjo.

Di sana, Anda akan disuguhi pemandangan indah kota Sukoharjo yang tidak banyak berubah. Jika ingin mengunjungi wisata tersebut, Anda hanya perlu mengeluarkan tiket masuk sekitar Rp2.000. Lokasinya di Gentan, Kec. Boulou, Kab. Sukoharjo.

8. Pilih Pilih
Sendang Pinilih merupakan salah satu destinasi wisata air di Sukoharjo yang juga wajib anda kunjungi. Di sana Anda akan disuguhi mata air segar yang mengalir ke baskom besar.

Di sekitar lokasi tempat tersebut terdapat tanaman yang rimbun dan hamparan sawah yang indah sejauh mata memandang. Sendang Pinlih juga menjadi destinasi wisata keluarga yang layak dikunjungi untuk berlibur.

Untuk bisa berkunjung ke Sendang Pinilih, Anda bisa menempuh perjalanan dari arah pusat kota menuju Sawah Jero, Jangglengan, Sukoharjo. Mengunjungi pemandian air juga sangat hemat.

Pasalnya pihak pengelola hanya mematok harga tiket masuk sebesar 7000 saja. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa menikmati fasilitas seperti 3 kolam renang dan kolam ikan yang disediakan di Sendang Pinlih. Lokasi di Dusun I, Janggglengan, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

9. Gunung Taruwongso
Wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indah kota Sukoharjo dari ketinggian adalah Gunung Taruwongso. Memang gunung ini tidak memiliki ketinggian seperti gunung pada umumnya. Namun dari segi keindahan, Gunung Taruwongso adalah pemenangnya.

Untuk mengunjunginya, Anda tidak perlu melewati medan yang berat dan sulit. Obyek wisata alam Gunung Taruwongso dilengkapi dengan akses wisata yang dapat dilalui dengan kendaraan. Lokasi di Tengklik, Watubonang, Kec. Tawangsari, Kab. Sukoharjo.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button