Tempat Wisata

9 Pantai Lombok Paling Memikat yang Wajib Anda Kunjungi

Ada banyak pantai di Lombok yang bisa dijadikan destinasi liburan di akhir pekan atau saat liburan panjang. Untuk memudahkan pilihan Anda, berikut ini kami sajikan 9 pantai di Lombok yang paling terkenal dan layak untuk dikunjungi.

Pantai di Lombok

Lombok merupakan salah satu pulau di Indonesia yang banyak dijadikan tujuan liburan oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pulau yang berada di sebelah timur pulau Bali ini memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah indah dan menariknya dengan daerah lain di Indonesia.

Salah satu objek wisata yang bisa Anda temukan dan nikmati di pulau Lombok adalah pantai. Pantai-pantai di pulau ini tersebar di empat kabupatennya yaitu Pantai Lombok Utara, Pantai Lombok Barat, Pantai Lombok Tengah dan juga Pantai Lombok Timur.

Bahkan, kini banyak juga pantai-pantai baru dan masih sepi yang bisa kita jumpai di Lombok. Secara umum, pantai-pantai tersembunyi di Lombok ini berada di kawasan Lombok Selatan yang sepertinya akan segera menjadi kabupaten tersendiri.

Untuk lebih jelasnya silahkan lanjutkan membaca informasi mengenai 9 pantai di Lombok berikut ini. Kami sajikan dalam ulasan singkat, lengkap dengan detail lokasi, harga tiket masuk, dan waktu operasional.

Pantai di Lombok

Di bawah ini adalah daftar 9 pantai di Lombok yang bisa Anda kunjungi, mulai dari pantai terkenal hingga pantai yang masih sepi dan tersembunyi.

Pantai Gili Trawangan

gili trawangan

lokasi : Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara
HTM : Rp 2.500 (lokal) – Rp 5.000 (internasional)
jam operasi : 24 jam

Siapa yang tidak mengenal pantai yang satu ini. Kamu yang suka travelling pasti sudah mengenalnya kan?

Pantai Gili Trawangan terletak di barat daya Pulau Lombok, tepatnya di Kabupaten Lombok Utara, sekitar 27,7 kilometer dari kota Mataram.

Untuk menuju pantai ini Anda harus menyeberangi lautan dari Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan menggunakan pilihan transportasi berupa perahu kayu, speedboat atau perahu wisata.

Selain pesona Gili, objek wisata Pantai Gili Trawangan memiliki suasana pantai yang masih asri dan bersih dengan ombak yang tenang.

Pantai ini sangat cocok bagi anda yang suka berenang. snorkeldan juga Menyelam karena selain ombak airnya yang tenang, pantai ini juga kaya akan berbagai macam biota laut.

Di pagi dan sore hari Anda juga bisa merasakan momen indah di pantai ini matahari terbit dan matahari terbenam dari pantai.

Pantai Kuta

Pantai Kuta

lokasi : Pujut, Kabupaten Lombok Tengah
HTM :-
jam operasi : 24 jam

Selain Bali, Lombok juga memiliki pantai bernama Pantai Kuta. Pantai ini terletak di Desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling populer bagi wisatawan lokal di Lombok. Daya tariknya terletak pada bentuk pasir pantainya yang berwarna putih dan sedikit kecoklatan, yang sangat mirip dengan banyak paprika.

Selain pasir, pantai di Lombok ini juga menawarkannya Pekerjaan
tempat menarik yang bagus sebagai lokasi foto atau sebagai tempat pandang untuk melihat bagian pantai kuta dari ketinggian.

Pekerjaan Ini berupa sebuah bukit tinggi yang disebut Bukit Mandalika, yang terletak di pantai barat.

Jika Anda datang ke pantai ini, Anda bisa mendaki Bukit Mandalika dan merasakan keindahannya lanskap Pantai Kuta dari atas. Selain itu dari bukit ini, Anda bisa memotret kawasan pantai Kuta dengan lebih leluasa dengan kamera dari sudut manapun yang Anda inginkan.

pantai merah muda

pantai merah muda

lokasi : Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur
HTM : Rp 10.000 (lokal) – Rp 50.000 (internasional)
jam operasi : 24 jam

Pantai Pink atau Pantai Tangsi terletak di Kabupaten Lombok Timur, tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru.

Daya tarik tempat wisata di Lombok ini adalah pasir pantainya yang terlihat berwarna pink dari jauh. Inilah sebenarnya asal muasal penamaan pantai ini dengan Pink Beach.

Kemudian di pantai ini juga terdapat tebing tinggi di sisi barat pantai yang membuat pemandangan pantai semakin indah.

Di pantai ini, Anda dan anak-anak Anda yang masih kecil terlibat dalam aktivitas air seperti berenang, snorkelatau Menyelam karena ombak airnya sangat tenang.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

lokasi : Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat
HTM : Rp 15.000/orang
jam operasi : 24 jam

Pantai Senggigi adalah properti wisata pantai legendaris di Lombok. Sebelum munculnya pantai-pantai baru di Lombok seperti sekarang ini, Pantai Senggigi sering menjadi tujuan wisata masyarakat Lombok.

Pantai Senggigi terletak di Kabupaten Lombok Barat. Pesonanya terletak pada bentuk pasir dengan gradasi warna dari hitam ke putih, dengan garis pantai yang sangat panjang.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati suguhan di pantai ini matahari terbenam saat sore hari. Airnya jernih dan juga sangat mudah untuk melihat berbagai spesies biota laut yang menghuni pantai.

Tidak hanya itu, di pesisir pantai Senggigi ini Anda juga bisa menemukan dan mengunjungi dua situs budaya yang sudah dikenal baik oleh masyarakat adat maupun wisatawan.

Situs budaya tersebut adalah Batu Layar dan Batu Bolong. Di Batu Layar Anda akan menemukan makam seorang ulama besar yang konon merupakan salah satu ulama yang menyebarkan agama Islam di Lombok pada zaman dahulu. Sebaliknya di Batu Bolong, Anda akan menemukan sebuah pura Hindu yang cukup unik karena dibangun di atas batu karang.

Pantai Selong Belanak

Pantai Mullet

lokasi : Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah
HTM : Rp 2000/orang
jam operasi : 24 jam

Pantai Selong Belanak menawarkan daya tarik berupa kawasan pantai yang bersih dengan hamparan pasir putih menghiasi kawasan pantai.

Air pantainya juga sangat bersih, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk berenang atau melakukan aktivitas air lainnya.

Terdapat pula sebuah bukit di sisi timur pantai ini yang ditumbuhi berbagai jenis pohon dan tumbuhan.

Berfoto bersama kami Latar Belakang Pantai dan perbukitan tentunya akan memberikan hasil foto yang indah dan menarik.

Pantai Tunak

pantai yang stabil

lokasi : Taman Nasional Gunung Tunak, Lombok Tengah
HTM : Rp 5000/orang
jam operasi : 24 jam

Pantai Tunak merupakan salah satu pantai baru dan tersembunyi di Lombok yang mungkin jarang diketahui wisatawan.

Pantai ini sangat cocok bagi anda yang sangat menyukai objek wisata pantai yang tenang dengan nuansa alam yang masih sangat alami.

Pantai Tunak terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Tunak Kabupaten Lombok Tengah.

Daya tarik utamanya adalah pasir pantai yang tampak keemasan berpadu dengan air laut yang sangat jernih.

Selain itu, di bentangan pantai ini juga terdapat bukit-bukit yang sering dijadikan motif foto oleh pengunjung. Sudut pandang juga kini telah dibangun di puncak bukit, yang dapat berfungsi sebagai lokasi selfie
Atur melawan samudra biru di bawah.

Namun karena pantai ini jarang dikunjungi, fasilitas yang tersedia masih sangat terbatas. Agar tidak kelaparan di pantai ini, Anda perlu membawa bekal dari rumah karena masih belum ada penjual makanan.

Pantai Sekotong

Pantai Sekotong

lokasi : Sekotong, Lombok Barat
HTM : Rp 5000/orang
jam operasi : 24 jam

Daya tarik pantai ini selain pasir putih dan air lautnya yang jernih adalah adanya Balai Budidaya Laut Lombok sebagai tempat penangkaran berbagai jenis biota laut seperti teripang, lobster dan biota laut lainnya.

Jadi kalau ke sini, kamu tidak hanya bisa menikmati indahnya suasana pantai, tapi juga belajar banyak hal tentang budidaya biota laut.

Selain itu, banyak juga bukit-bukit tinggi yang bisa dibuat di pantai ini Pekerjaan mengambil gambar atau selfiesekaligus tempat untuk mengamati bagian pantai Sekotong dengan lebih leluasa.

Pantai Tanjung Bloom

Pantai Tanjung Bunga

lokasi : Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur
HTM : Rp 150.000/orang
jam operasi : 24 jam

Bagi Anda yang ingin melihat dan berinteraksi dengan makhluk laut bernama penyu, Anda wajib datang ke salah satu pantai di Lombok bernama Pantai Tanjung Bloam.

Selain sebagai tempat wisata, pantai di Tangsi, Desa Temeak, Jerowaru ini memang terkenal sebagai tempat pengamatan penyu di Lombok.

Dari segi keindahan, di pantai ini Anda akan menemukan pantai berpasir putih yang berpadu dengan birunya air laut serta tebing karang yang menjadi habitat penyu.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat melakukan aktivitas pantai karena ombak di pantai Tanjung Bloam sangat besar.

Pantai Nipa

pantai Palm

lokasi : Malaka, Pemenang, Lombok Utara
HTM :-
jam operasi : 24 jam

Pantai ini tidak jauh dari pantai Senggigi. Anda dapat mencapai pantai ini hanya dalam waktu sekitar 20 menit dengan mobil dari tepi pantai Senggigi dengan jalan beraspal halus.

Alamat lengkap Pantai Nipah terletak di Dusun Nipah, Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.

Daya tarik yang ditawarkan pantai ini adalah air lautnya yang jernih berwarna hijau berpadu dengan indahnya suasana kawasan pantai berkat banyaknya pohon kelapa.

Di pantai ini Anda bisa menikmati banyak kegiatan wisata air seperti berenang, snorkel, Menyelamdan juga menjelajahi laut dengan perjalanan perahu nelayan atau kano.

Itu tadi nama-nama pantai di Lombok yang nantinya bisa kamu jadikan tujuan liburan saat akhir pekan atau saat musim liburan panjang. Dari 9 daftar pantai di Lombok yang sudah kami ulas di atas, pantai mana yang membuat kamu penasaran dan tidak sabar untuk mengunjunginya sobat travellers?

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button