Tempat Wisata

Panduan backpacking terbaik untuk Yogyakarta, murah dan menyenangkan, dijamin menyenangkan

Liburan jauh dari kota bukan hanya tentang kemewahan atau anggaran besar. Dengan berjalan kaki backpackerAnda bisa menghemat banyak biaya dan tidak perlu berhemat waktu lama untuk mencapainya, lho!

Kota mana yang paling Anda nikmati saat itu? backpacking? Betul, Yogyakarta dengan aksesibilitasnya yang mudah termasuk harga tiket bus yang terjangkau adalah salah satu jawabannya!

Tips Backpacking - Taman Sari Jogja - Area Kolam Renang (arkanantaholiday)Taman Sari Jogja – Area Kolam Renang (arkanantholiday)

Kota yang terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia ini sering disebut sebagai kota pelajar karena memiliki banyak universitas. Salah satunya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Yogyakarta memiliki keraton yang masih dihuni oleh keluarga Sultan. Ini adalah salah satu fitur uniknya.

Yogyakarta, atau sering disebut dengan Jogja, adalah kota di mana Anda bisa melihat bagaimana tradisi dan budaya Jawa masih dilestarikan hingga saat ini. Misalnya batik, perak, wayang golek dan juga gudeg sebagai makanan khas mereka.

Soto Bathok Mbah Katro, Yogyakarta Yogyakarta (Javafoodie)Soto Bathok Mbah Katro, Yogyakarta Yogyakarta (Javafoodie)

Selain tradisi dan budayanya yang kental, Yogyakarta juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Mulai dari pura, kebun binatang hingga pantai yang menarik. Sarana transportasi menuju kota ini sangat terjangkau dan variatif termasuk bus dengan harga tiket bus yang terjangkau cocok untuk para traveller backpacker.

Jadi apa saja yang perlu Anda persiapkan? backpacking ke Yogyakarta? Simak panduannya di bawah ini!

1. Pilih transportasi murah

Tips Backpacking - Transportasi Murahtransportasi murah

Demi menghemat biaya liburan, pilihan sarana transportasi bisa berdampak besar. Jangan menggunakan pesawat atau kereta api jika Anda ingin menghemat anggaran waktu Anda backpacking. Selama kota tujuan Anda mudah diakses dengan bus, ini adalah pilihan terbaik.

Harga tiket bus ke Yogyakarta mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 200.000 tergantung armada dan titik keberangkatan. Dengan menghemat biaya transportasi, Anda bisa menggunakan anggaran Anda untuk hal lain. Selain itu, biasanya banyak penawaran khusus atau potongan harga tiket bus yang ditawarkan oleh situs pemesanan tiket online.

Jadi, selalu perhatikan penawaran atau diskon khusus tiket bus saat merencanakan liburan! Perjalanan darat ke Yogyakarta juga akan menyenangkan dengan pemandangan yang indah di sepanjang jalan.

2. Cari penginapan ala backpacker

Tip Backpacking - HostelCari akomodasi ala backpacker

Setelah menghemat harga tiket bus, saatnya mulai mencari akomodasi. momen backpackinghindari hostel mewah seperti hotel

Untungnya, Yogyakarta memiliki banyak penginapan murah dan tentunya nyaman. Ada Homestay, hostel, hotel kapsul, bahkan apartemen yang bisa disewa per hari cukup murah. Juga, penginapan biasanya terletak di dekat tempat-tempat wisata yang menarik.

Biaya akomodasi berkisar antara Rp 90.000 hingga Rp 200.000 tergantung tipe kamar yang dipilih. Setiap tarif memiliki fasilitas sendiri dan beberapa juga menawarkan sarapan.

Jadi sangat murah untuk harga sebuah penginapan bukan? Selain harga tiket bus yang murah, akomodasi tidak harus mahal untuk tetap nyaman.

3. Wisata Kuliner Murah

Tips Backpacking - Gudeg Yu Djum (Toshiko)wisata kuliner murah

Cara menghemat uang untuk mengisi perut adalah dengan membawa bekal dan mencari makanan murah. Pertama, bawalah makanan yang tahan lama dan mengenyangkan, seperti roti atau mie instan. Kedua, jelajahi restoran murah dan bagus.

Yogyakarta adalah surganya makanan enak dan murah! Berbagai kuliner khas yang lezat tersedia di mana-mana, mulai dari hidangan tradisional seperti Gudeg hingga hidangan internasional. Aneka makanan khas Indonesia seperti mie ayam, soto hingga nasi kucing angkringan bisa dinikmati dengan harga terjangkau.

Setelah menghemat harga tiket bus, akomodasi dan makan, pilihlah tempat wisata yang juga tidak terlalu mahal. Candi Prambanan, Gumuk Pasir, Pantai Parangtritis dan beberapa pantai lainnya biasanya berharga sekitar Rp 10.000.

Selain hemat dan seru-seruan, pastikan kamu juga liburan ya backpacking kamu yakin. Selalu pakai masker dan jaga kebersihan agar tetap aman selama pandemi ini.

Source: anekatempatwisata.com

Related Articles

Back to top button