Tempat Wisata

Curug Luhur, tempat rekreasi air terjun yang eksotis di Bogor

Curug Luhur Bogor menawarkan wisata air terjun yang paling cantik itu mampu menarik perhatian wisatawan. Wisata alam di Gunung Salak dan dilengkapi dengan wahana waterpark.

harga tiket: Rp35.000, Waktu aktif: 07.00-17.00 WIB, Alamat: JL.Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab.Bogor, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Curug Luhur Bogor adalah salah satu keindahan alam di kaki Gunung Salak. Pesona keindahannya menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Banyak wisatawan yang datang setiap hari untuk menikmati keindahan air terjun ini. Pengunjungnya tidak hanya warga Bogor, tapi juga dari luar daerah.

Tempat wisata air terjun ini menawarkan liburan yang menyenangkan dengan fasilitas wisata yang lengkap. Sebagai salah satu wisata air terjun, juga menawarkan taman bermain air atau waterpark. Cocok untuk liburan apapun, dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Terletak di daerah pegunungan, air terjun ini terkenal dengan udaranya yang sejuk dan bersih. Bagi yang sehari-hari tinggal di perkotaan, tempat yang indah seperti Curug Luhur tentunya bisa menjadi obat penghilang stres dan penat. Selain itu, tempatnya tidak terlalu sulit untuk dijangkau, banyak yang memilih berlibur ke air terjun ini.

Atraksi Air Terjun Luhur

Daya tarik air terjun yang agungKredit foto: Instagram indoflashlight | Indonesia

1. Keajaiban keindahan air terjun

Dalam bahasa Sunda, ditinggikan berarti tinggi, sesuai dengan gambaran yang diberikan oleh Curuh Luhur. Pemandangan air terjun setinggi 50 meter menjadi suguhan utama bagi pengunjung. Aliran air yang berasal dari mata air di Gunung Salak sangat jernih dan sejuk. Aliran sungai jatuh ke kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang.

Selain air terjun utama, pengunjung juga disuguhi pemandangan air terjun kembar yang bersebelahan. Air terjun kembar ini merupakan aliran sungai yang sengaja dialihkan. Saat hujan, air terjun semakin deras di titik ini, tetapi airnya masih jernih.

Air terjun mengalir melalui dinding batu yang ditumbuhi tanaman hijau. Pemandangan air terjun yang menyegarkan mata menjadi sajian bagi semua wisatawan yang datang.

2. Udara sejuk

Tempat wisata di kaki Gunung Salak ini memiliki udara pegunungan yang sejuk. Udara yang bersih dan segar dapat dinikmati oleh para pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. Meski mudah dijangkau dari jalan raya, namun air terjun ini tidak terlalu dekat dengan jalan raya, sehingga udaranya lebih bersih.

Curug Luhur berada di ketinggian 624 meter di atas permukaan laut dengan udara pegunungan yang sejuk. Udara yang bebas polusi ini membuat wisatawan semakin nyaman menikmati liburannya. Karena letaknya yang berada di lembah, air di tempat wisata ini juga sangat sejuk. Sayang sekali jika tidak mencoba berendam untuk menikmati kesegaran airnya.

Jika Anda datang di pagi hari, Anda akan lebih senang menjelajahi kawasan wisata ini. Bersantai tanpa harus buru-buru pulang karena hari sudah mulai gelap. Nikmati kesegaran udara dan juga kesejukan air pegunungan di Curug Luhur Bogor.

3. Taman Air

Curug Luhur sedikit berbeda dengan objek wisata air terjun pada umumnya dan memiliki kompleks waterpark di sebelahnya. Taman bermain air ini dibangun di dekat air terjun. Air untuk waterpark ini berasal dari sungai-sungai di kawasan ini dengan suhu air yang sangat sejuk.

Adanya waterpark di samping air terjun menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat liburan yang ideal bersama anak-anak. Pengunjung anak-anak bisa lebih aman saat bermain di area taman air sambil melihat keindahan air terjun di dekatnya.

Seluncuran airnya juga didesain menarik dengan berbagai warna. Membuat kesan ceria yang berbeda dari lanskap alam yang didominasi hijau di sekelilingnya. Beberapa seluncuran air juga memiliki bentuk yang unik seperti naga. Selain seluncuran, seluncuran air berbentuk kepala naga juga digunakan untuk spot foto.

4. Fasilitas lengkap

Tempat wisata ini menawarkan wisata alam dengan fasilitas yang lengkap. Inilah daya tarik utama yang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pengunjung akan meningkat saat liburan sekolah atau liburan.

Dibandingkan dengan tempat wisata air terjun lainnya, Curug Luhur lebih mahal. Namun, tempat ini memiliki fasilitas yang lebih lengkap, termasuk taman air.

5. Mudah dijangkau

Daya tarik lain dari tempat wisata ini adalah lokasinya yang strategis. Wisatawan tidak perlu berjalan jauh dari tempat parkir menuju lokasi air terjun. Jalurnya cukup mudah, tidak perlu masuk hutan seperti wisata air terjun kebanyakan.

Alamat, Lokasi Rute & Harga Tiket Curug Luhur

Alamat Curug LuhurKredit foto: Instagram Ogy TM

Air terjun ini bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan untuk Anda dan keluarga. Situs ini berada di kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Akses menuju lokasi air terjun lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil karena jalan menuju tempat ini sudah beraspal dan dalam kondisi baik.

Pilih jalur menuju Ciampus melalui kebun raya dan Cikaret. Jejak ini mudah diakses dan Anda dapat menggunakan papan nama yang disediakan. Namun, rute ini biasanya lebih ramai atau padat pada jam-jam sibuk.

Alternatif lain yang lebih cepat bisa melalui desa di Jalan Soleh Iskandar. Ambil jalur menuju Simpang Pagelaran dan lurus terus hingga sampai di tempat Curug Luhur.

Bepergian dengan kendaraan pribadi membuat perjalanan ke air terjun ini lebih mudah dan nyaman. Namun, pengendara tetap perlu berhati-hati karena beberapa ruas jalan menanjak, turunan, dan banyak tikungan. Sepanjang perjalanan Anda akan ditemani pemandangan hijau perbukitan dan persawahan.

Berbeda dengan tempat wisata air terjun kebanyakan yang murah. Tiket masuk ke air terjun ini lebih mahal dari biasanya, yaitu Rp 40.000 per orang. Namun, tiket tersebut sesuai dengan fasilitas yang bisa Anda gunakan nantinya. Tempat wisata yang dikelola swasta ini memiliki fasilitas yang jauh lebih luas dibandingkan wisata air terjun kebanyakan.

Anda dapat mengunjungi tempat wisata ini kapan saja dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Pengunjung hanya perlu membayar tiket di loket masuk untuk menggunakan semua fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Curug Luhur

Aktivitas Air Terjun LuhurKredit foto: Google Maps Ahmad Buhori

1. Nikmati panorama air terjun

Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun dengan mengamatinya dari dekat. Beberapa bebatuan dan daerah kering bisa menjadi tempat bersantai sambil menikmati panorama alam di tempat wisata ini.

Secangkir kopi panas atau teh manis adalah cara yang bagus untuk beristirahat dan bersantai. Menyeruput kopi atau teh panas di depan background alam yang indah pasti akan terasa berbeda.

2. Berenang di kolam air terjun

Kesegaran air di kawasan wisata ini tentu sayang untuk dilewatkan. Selain itu, air terjun ini memiliki kolam alami di bawahnya. Pengunjung atau wisatawan bisa berenang di kolam untuk merasakan kesegaran air yang terlihat begitu jernih.

Dinginnya air di kolam alami ini dapat membantu Anda rileks dan meregangkan otot. Badan terasa jauh lebih segar. Namun Anda tetap harus berhati-hati untuk tidak berenang terlalu dekat dengan air terjun. Derasnya air terjun bisa membuat pusaran air yang berbahaya bagi keselamatan wisatawan. Jadi berenang saja di pantai.

3. Bermain di taman air

Jika Anda salah satu orang yang tidak berani bermain di dekat air terjun, maka taman air di samping air terjun agung ini bisa menjadi pilihan Anda. Ada beberapa kolam dengan perosotan yang bisa Anda coba.

Pengunjung yang membawa anak-anak juga bisa mengajak si kecil bermain air di waterpark. Seluncuran kecil yang tidak terlalu tinggi bisa menjadi permainan yang menyenangkan untuk si kecil. Anda pasti akan betah bermain di area waterpark ini.

4. Memotret

Liburan selalu identik dengan fotografi. Apalagi jika destinasi liburan Anda memiliki view yang bagus. Keindahan alam tempat wisata ini juga tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai tempat hunting foto. Beberapa spot terbaik bisa dijadikan background untuk pemotretan.

Tempat terbaik yang ditawarkan adalah di dekat air terjun utama, dua air terjun, taman air atau dekat perosotan. Anda bisa berpose apik di spot-spot foto ini untuk mendapatkan hasil yang bagus.

5. Makanan

Liburan bersama teman atau keluarga tentu tak lepas dari pergi makan. Jika Anda membawa bekal, segera bawa keluar untuk dinikmati bersama rombongan. Anda bisa memilih tempat yang nyaman untuk menata tikar atau makan bersama teman dan keluarga.

Jika Anda tidak membawa makanan sendiri, jangan khawatir, Anda bisa membelinya di warung-warung yang ada di sekitar tempat wisata ini. Setelah puas bermain air dan berfoto, Anda bisa melanjutkan makan.

6. Bersantai di gazebo

Beberapa gazebo disediakan oleh pengelola sebagai tempat bagi wisatawan atau pengunjung untuk bersantai. Hanya duduk dan menikmati pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk dapat membantu Anda menghilangkan stres dan kelelahan. Mengembalikan kesegaran pikiran yang berada di bawah tekanan dari rutinitas pekerjaan setiap hari.

Selain relaksasi dan penat, bersantai di dekat air terjun populer ini juga bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan kebosanan. Bagi Anda yang terlalu lama berada di rumah dan jarang piknik, tempat wisata di Bogor ini bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan.

Fasilitas yang ada di Curug Luhur Bogor

Fasilitas Air Terjun Bogor LuhurKredit foto: Google Maps fauji atta

Tersedia tempat parkir yang memadai bagi pengunjung. Namun, pada akhir pekan atau masa liburan, tempat parkir di tempat wisata ini penuh. Bagi yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil, biaya parkir di tempat wisata ini adalah Rp 20.000. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkirnya Rp 8.000.

Pengelola juga menyediakan loker bagi wisatawan yang ingin menyimpan barang berharga. Fasilitas lainnya adalah paviliun yang dibangun di beberapa lokasi dekat waterpark.

Tidak ketinggalan fasilitas toilet dan kamar mandi. Wisatawan yang kebasahan setelah berenang bisa berganti pakaian dengan aman dan nyaman tanpa harus membayar lagi.

Fasilitas lain yang disediakan oleh pengelola air terjun ini adalah warung makan, tempat ibadah dan penginapan. Meski tiketnya lebih mahal, fasilitas di tempat wisata ini sangat lengkap. Dengan fasilitas yang masuk akal tersebut, liburan Anda akan lebih nyaman dan memuaskan.

Itulah beberapa informasi menarik tentang tempat wisata Curug Luhur Bogor. Tempat wisata alam yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas ini bisa menjadi pilihan liburan Anda bersama orang tersayang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button