Tempat Wisata

Coban Rais Batu – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Coban Rais adalah tempat wisata air terjun yang sering dianggap sebagai air terjun terindah di Kota Batu. Padahal, hal ini tidak mengherankan karena tempat wisata ini sangat identik dengan pesona alamnya yang memanjakan mata setiap orang yang melihatnya.

Air terjun ini memiliki ketinggian yang menakjubkan sekitar 75 meter. Warnanya sangat putih dan kokoh seperti pisau alami membelah bebatuan dan pepohonan rindang di sekitarnya.

Karena keindahannya, Coban Rais menjadi tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Batu, Malang. Banyak yang rela datang dari jauh hanya untuk melihat kemegahan yang ditawarkan air terjun ini.

Daya tarik yang dimiliki Coban Rais

Daya tarik Coban RaiKredit foto: Facebook.com @kitamuda.id

Air terjun ini merupakan tempat wisata alam yang selalu ramai dikunjungi pengunjung bahkan pada hari-hari sibuk. Atraksinya sangat beragam sehingga tidak diragukan lagi setiap orang tertarik untuk mengunjungi tempat ini setidaknya sekali dalam hidup mereka.

1. Terletak di daerah perbukitan

Hal pertama yang membuat Coban Rais begitu menarik adalah letaknya yang strategis karena berada di daerah perbukitan. Hal itu menjadikannya pemandangan alam yang sangat menakjubkan dikelilingi pepohonan dengan ketinggian yang lebat yang dapat membuat udara di sekitarnya menjadi sangat segar.

Kedekatannya dengan lereng Gunung Panderman juga membuatnya menjadi tempat wisata favorit para pemanjat tebing dan pencari petualangan. Hutan di sekitar area air terjun dapat melindungi pengunjung dari panas terik matahari, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir harus berteduh di mana meskipun berkunjung pada siang hari.

2. Air yang mengalir mengalir dengan mempesona

Selain pepohonan yang rindang, air mengalir dengan sangat menawan dan anggun di tempat wisata ini. Dari atas, suara gemericik air yang deras menyebabkan deru air yang sangat besar, namun itulah yang membuat tempat ini begitu menakjubkan dibandingkan dengan tempat wisata alam lainnya.

Sungai-sungai di tempat ini terlihat begitu jernih dan bersih karena sampah-sampah yang berserakan langsung dibersihkan oleh penjaga tempat ini. Hal ini juga memungkinkan pengunjung untuk melihat ikan-ikan kecil berenang bolak-balik di sungai dengan mata telanjang.

3. Suasana Damai

Tak bisa dipungkiri Coban Rais adalah angin segar. Anda tidak perlu khawatir dengan polusi suara atau polusi udara karena tempat ini jauh dari pusat kota sehingga tidak ada keramaian atau kendaraan dengan suara yang mengganggu.

Anda hanya akan mendengar kicauan burung kecil, yang terdengar cukup sering, dan mereka terbang cukup jauh dari tanah. Selain itu, gemericik airnya bisa terdengar lembut, sehingga bisa menenangkan pikiran dan selalu tentram.

Daya Tarik Coban RaisSumber gambar: Twitter.com @eastjavatourism

4. Harus dicapai dengan berjalan kaki

Karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota, akses ke tempat ini cukup sulit. Pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 3 kilometer sebelum sampai di lokasi sebenarnya. Meskipun demikian, pemandangan yang bisa Anda lihat di sepanjang jalan begitu indah sehingga Anda tidak akan merasa lelah.

5. Spot foto menarik

Di tempat wisata Coban Rais ini terdapat berbagai spot foto yang sangat menarik dengan berbagai bentuk. Salah satu spot foto yang paling terkenal adalah spot foto dengan bentuk kayu besar “I Love You”. Spot foto ini mudah ditemukan karena letaknya bersebelahan dengan Taman Bukit Bulu.

Karena bentuknya yang unik, banyak wisatawan yang menggunakan spot foto ini sebagai background untuk beraktivitas selfie atau foto dengan orang yang dicintai. Suasana romantis juga membuat pengunjung rela antre panjang untuk berfoto di spot-spot foto yang dianggap ikonik dari tempat ini.

Alamat Coban Rais, Lokasi Rute dan Harga Tiket Masuk

Alamat Coban RaisKredit foto: Facebook.com @cobanrais

Coban Rais berpusat di sekitar Gunung Panderman, sebuah gunung yang memisahkan Kabupaten Blitar dari wilayah Malang Raya Jawa Timur. Terletak di kabupaten Batu, wisatawan dapat dengan mudah menemukan tempat wisata ini karena semakin banyak angkutan umum yang dapat digunakan untuk mencapai tempat ini.

Anda bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Batu dan menunggu sekitar 30 menit hingga satu jam tergantung cuaca dan kondisi jalan untuk mencapai tempat tersebut. Dalam perjalanan, Anda dapat melalui terminal Batu, di mana Anda dapat menemukan informasi tentang cara menuju air terjun ini.

Kemudian Anda dapat memarkir kendaraan Anda di sekitar perkemahan. Dari tempat ini Anda harus bersiap berjalan cukup lama dan berhati-hati karena Anda akan melintasi puluhan sungai yang sangat menantang. Untuk itu, saat memasuki tempat ini, Anda harus memakai sepatu anti slip dan tidak memakai sepatu hak tinggi.

Biaya masuk yang harus dibayar sebelum memasuki Coban Rais cukup murah dan sangat bersahabat. Pengunjung hanya dikenakan biaya 10.000 per orang dan setelah itu diperbolehkan masuk ke area air terjun yang buka setiap hari.

Namun, perhatikan bahwa harga ini masih hanya termasuk biaya masuk. Jadi jika Anda ingin menikmati wahana lain yang tersedia di tempat ini, Anda tetap harus mengeluarkan uang untuk membayar tiket wahana tersebut.

Kegiatan Seru di Coban Rais

Aktivitas di Coban RaisKredit foto: Google Maps (Ahmad Wahyu)

1. Fitur air

Aktivitas pertama yang dilakukan di tempat wisata ini tentunya bermain air. Sungai di tempat wisata ini memiliki air yang begitu segar dan menenangkan sehingga sangat cocok untuk mandi atau berenang. Selain itu, arus air yang tidak terlalu deras bisa dijadikan sebagai tempat bersantai di dalam air.

2. Kunjungi Bukit Bulu Coban Rais dan Taman Bunga Batu

Di tempat wisata ini ada beberapa wahana lain yang tidak kalah menarik yaitu Bukit Bulu dan Batu Flower Garden. Bukit Bulu merupakan bukit yang mengelilingi kawasan wisata ini dan menawarkan pemandangan bukit yang dipenuhi rerumputan hijau segar.

Sedangkan Batu Flower Garden adalah taman yang penuh dengan bunga dan spot foto yang sangat indah. Taman ini paling banyak dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan menarik dan wahana yang sangat unik dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

3. Bermain di hutan salju

Penasaran bagaimana rasanya bermain di salju? Jika iya, maka Coban Rais bisa menjadi tempat wisata yang tepat untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut karena tempat ini memiliki zona khusus yang penuh dengan salju.

Ada berbagai fasilitas di zona ini yang didesain menyerupai kawasan di luar negeri. Untuk menggunakan zona ini Anda tidak perlu khawatir karena pengelola sudah menyiapkan sarung tangan tebal dan baju khas musim dingin untuk wisatawan.

4. Taman Hammock

Hammock Park yang masih menjadi situs di Batu Flower Garden juga menjadi wahana yang patut dicoba. Taman ini menawarkan berbagai wahana menarik yang dapat membuat pengunjung menikmati keindahan Batu Flower Garden.

Beberapa wahana yang bisa Anda coba adalah Flying Hammock, Hammock Tower, Triangle Hammock Tower, Spider Hammock, dan Hammock Garden. Semua wahana ini terdiri dari aktivitas unik yang dijamin memberikan sensasi tersendiri jika Anda memutuskan untuk mencoba.

Kegiatan Coban RaisKredit foto: Google Maps (Agus Subakti)

5. Bersepeda udara

Wahana sepeda udara merupakan wahana yang tidak boleh dilupakan jika membicarakan tempat wisata di Coban Rais ini. Pengunjung yang menyukai sensasi menantang adrenalin juga bisa menggunakan wahana ini untuk memuaskan hasrat mereka karena bisa merasakan serunya bersepeda di udara maupun di ketinggian.

Dengan mengendarai sepeda gantung, pengunjung dapat meminta fotografer di sekitar wahana untuk memotret aktivitas mereka selama berada di atas. Pengunjung juga dapat menggunakan sepeda secara berdampingan, sehingga para pecinta dapat menggunakan wahana ini untuk menciptakan momen indah bersama.

6. Berkemah

Selain sebagai tempat liburan, ternyata tempat wisata ini juga populer sebagai tempat perkemahan. Tentunya hal ini dikarenakan panorama alamnya yang sangat menantang, sehingga menarik minat wisatawan dan ilmuwan untuk memanfaatkannya sebagai area camping dan adventure.

Tak hanya itu, di kawasan ini terdapat jalur pendakian menuju puncak Gunung Panderman yang sangat cocok untuk para pendaki biasa. Daerahnya tidak terlalu sulit dijangkau, disertai dengan suasana alam yang begitu segar sehingga tempat ini begitu populer di kalangan pecinta alam.

7. Menikmati keindahan air terjun

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah menikmati keindahan air terjun. Di bawah area air terjun Anda dapat duduk dan bersantai sambil menyaksikan air terjun yang jatuh dengan indah dari atas ke bawah dalam waktu yang singkat.

Fasilitas wisata di Coban Rais

Sumber gambar: Twitter.com @puspitafm

Fasilitas di Coban Rais cukup lengkap dan hampir mirip dengan tempat wisata lainnya. Di tempat ini, fasilitas seperti warung makan, tempat parkir, toilet dan lain-lain tersedia bagi pengunjung.

Selain itu, di pintu masuk terdapat banyak pedagang yang menjajakan berbagai makanan dan oleh-oleh khas Jawa Timur. Dapat digunakan oleh pengunjung yang merasa lapar dan ingin menjelajahi tempat ini untuk pengalaman kuliner.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan tentang Coban Rais, tempat wisata terkenal di Malang. Tempat wisata dengan air terjun ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, namun ternyata juga menawarkan berbagai kelebihan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button