Tempat Wisata

Svargabumi Borobudur, destinasi wisata hits dengan panorama persawahan di Magelang

harga tiket: Rp30.000, Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Borobudur-Ngadiharjo, Kec. Borobudur, Kab.Magelang, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Berdekatan dengan Yogyakarta, berbagai destinasi wisata di Magelang pun tak kalah menarik. Magelang terkenal dengan Candi Borobudur yang sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya Borobudur, Magelang semakin dikenal dengan hadirnya destinasi wisata Instagramable terbaru bernama Svargabumi Borobudur.

Destinasi wisata ini sempat viral di media sosial dengan jumlah pengunjung yang semakin hari semakin meningkat. Destinasi wisata yang baru dibuka pada 8 Agustus 2020 ini berhasil memukau wisatawan dari berbagai daerah.

Di sana Anda akan menemukan pemandangan yang tidak biasa. Jika biasanya hanya melihat gedung-gedung, jalanan ramai, kebisingan kendaraan yang lewat setiap hari, maka wisatawan akan merasakan suasana tenang dan damai di sana. Terkadang kicau burung mewarnai ketenangan dan kedamaian suasana disana.

Pemandangan Svargabumi Borobudur

Atraksi Svargabumi BorobudurKredit foto: Instagram Mixx

1. Memiliki nama yang unik

Destinasi wisata Instagrammable yang satu ini memiliki nama yang unik. Nama “Svargabumi” didefinisikan sebagai sepotong kecil surga di bumi. Disebut surga karena lokasinya yang berada di tengah-tengah persawahan yang hijau. Sawah disana memang tidak becek dan sawah becek, namun penataannya sangat tertata rapi di sekitar spot-spot foto yang indah.

Objek wisata ini dibangun di tengah persawahan di atas lahan seluas 3 hektar. Sawah bersih dimiliki oleh penduduk setempat dan disewakan karena memiliki potensi wisata yang besar. Karena ini tanah sewa, pemiliknya tetap menggarap sawah, jadi hasil panen 100% milik mereka.

2. Mengusung konsep pariwisata Kembali ke Alam

Daya tarik utama destinasi wisata ini adalah konsepnya yang berbeda dengan destinasi wisata lainnya. Svargabumi menawarkan konsep wisata back-to-nature dimana suasana yang dihadirkan adalah suasana pedesaan yang kental dengan sentuhan. Pengunjung akan dibuat takjub dengan hamparan sawah alami untuk menikmati keindahan Magelang dengan cara yang berbeda.

konsep perjalanan kembali ke alam diaplikasikan pada berbagai spot foto yang sengaja ditempatkan oleh pemandu wisata serasi dengan hamparan luas persawahan yang hijau tanaman padi. Menariknya, suasana khas pedesaan bisa dirasakan di sana karena para petani sibuk menggarap sawahnya agar ladangnya tetap produktif dan indah dipandang mata.

3. Melihat panorama yang berbeda dari sudut yang berbeda

Objek wisata yang dimiliki oleh SvargabumiKredit foto: Google Maps IG cloudtenggara

Seperti namanya, Svargabumi Borobudur adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat Candi Borobudur, Bukit Menoreh dan Puncak Borobudur dari jauh. Selain itu, wisatawan dapat melihat panorama Gunung Merapi dan Merbabu dari arah timur. Di sebelah barat, wisatawan bisa melihat panorama Gunung Sumbing.

Dengan keunggulan berbagai panorama yang dapat dinikmati wisatawan dari satu tempat dalam waktu yang bersamaan, tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. Manajemen berhasil menghadirkan Svargabumi sebagai tempat wisata yang memadukan budaya modern dan unsur alam yang menarik. Sehingga tempat ini menjadi buruan para pecinta selfie.

4. Apakah tur? Kedua Lapisan’ Setelah Candi Borobudur

Salah satu pemilik Svargabumi, Putranto Cahyono, menjelaskan bahwa yang disebut lapisan kedua karena di tempat ini wisatawan masih bisa menikmati keindahan Candi Borobudur. Bahkan, tempat ini dianggap Surga atau Svarga karena lokasinya yang begitu memanjakan mata.

Manajemen mengutamakan penguatan masyarakat sekitar. Sawah-sawah disewakan untuk dijadikan objek wisata alam yang indah, namun para petani tidak kehilangan pekerjaan. Mereka dapat terus bekerja di ladang dan pemilik tanah mengolahnya. Pupuk, irigasi dan benih didukung oleh manajemen Svargabumi dan hasilnya dikembalikan ke masyarakat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat SvargabumiKredit foto: Instagram Mixx

Viralnya destinasi ini membuat banyak wisatawan penasaran dengan lokasinya. Mereka ingin mampir secara langsung dan menikmati suasana yang bisa menghilangkan kepenatan dalam jiwa. Foto-foto wisatawan di Svargabumi Borobudur yang dibagikan melalui media sosial berhasil membuat wisatawan lain penasaran dengan situasi dan kondisi nyata di tempat.

Lokasi tempat wisata populer tersebut berada di Dusun Ngaran, Magelang. Tempat wisata ini merupakan alternatif wisata di Magelang bersama dengan Candi Borobudur. Panorama yang ditampilkan juga berbeda. Keberadaannya tidak begitu jauh dari Candi Borobudur, hanya sekitar 3 kilometer arah selatan candi.

Berlokasi strategis tepat di sisi jalan Borobudur-Ngadiharjo, di kawasan desa Borobudur. Akses jalan menuju objek wisata bagus. Para wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk sampai ke tempat tersebut.

Ancer-ancernya mudah dengan mengambil jalur menuju Candi Borobudur. Setelah sampai di areal parkir candi Borobudur, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur lurus dengan melewati Jalan Baddrawati.

Setelah melewati Jalan Baddrawati, wisatawan dapat mengikuti penunjuk arah menuju tujuannya, Svargabumi. Agar tidak bingung, wisatawan terutama yang dari luar bisa menggunakan bantuan Google Maps atau bertanya kepada penduduk setempat apakah Anda pergi ke Svargabumi.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Svargabumi BorobudurKredit foto: Google Maps Habibi Yusuf Sarjono

Sebelum berencana mengunjungi Svargabumi, wisatawan harus mengetahui hari dan jam buka terlebih dahulu. Surga di Bumi terbuka untuk umum Senin sampai Minggu kecuali Kamis. momen akhir pekantempat wisata populer di magelang ini buka lebih awal dan tutup lebih lambat dari biasanya hari dalam seminggu

Waktu terbaik untuk mengunjungi Svargabumi Borobudur adalah di pagi atau sore hari saat pemandangan paling indah di sana. Para wisatawan yang datang berkunjung pada pagi atau sore hari akan disuguhi panorama langit biru yang berpadu dengan hamparan sawah hijau dan kuning yang mempesona. Jam buka pada hari kerja (Senin sampai Jumat) adalah pukul 08.00 hingga 17.00.

Selama akhir pekan (Sabtu-Minggu) dari pukul 06:30 hingga 18:00. Tempat wisata tidak buka pada hari Kamis. Untuk harga tiket masuk, wisatawan dikenakan biaya Rp30.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak. Biaya ini sudah termasuk biaya pengambilan foto di setiap lokasi yang disediakan, sehingga wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk setiap spot foto.

Untuk menghindari kepadatan penduduk, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah saat hari dalam seminggu Setiap spot foto biasanya memiliki antrian saat sedang ramai, sehingga wisatawan harus mengikuti antrian tanpa menerobos masuk agar suasana tetap tenang dan damai.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Svargabumi Borobudur

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan di Svargabumi BorobudurKredit foto: Instagram Dekorasi rumah yang unik

1. Foto hunting tersedia di spot foto yang berbeda

Svargabumi Borobudur menawarkan 22 spot foto yang berbeda. Bahkan, ada sebuah lorong yang menyuguhkan kemegahan Candi Borobudur dari sudut tertentu. Setiap spot foto terhubung dengan jalur kayu yang tertata rapi. Jalan setapak terlihat sangat estetis, dipadukan dengan berbagai spot foto yang indah.

Bahkan, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk setiap spot foto yang tersedia di sana. Sehingga semua spot foto gratis jika para wisatawan memang tidak ingin melewatkan salah satu spot foto yang tersedia. Svargabumi sering dijadikan lokasi foto sebelum pernikahan karena pemandangannya yang unik dan suasananya yang menenangkan jiwa.

2. Mainkan Ayunan

Selain tempat kursi yang unik dengan berbagai bentuk mulai dari kursi taman hingga kursi rotan dengan bentuk yang tidak biasa, wisatawan juga dapat menikmati sensasi bermain ayunan di tengah persawahan yang hijau. Saat berayun, angin sepoi-sepoi dan segar menghampiri para wisatawan. Tentu saja sensasi goyangnya berbeda dengan sensasi goyang biasa.

Bermain ayunan di Svargabumi akan sangat keren jika kamu mengajak pasanganmu. Selama ayunan, wisatawan dapat meminta fotografer untuk mengabadikan momen atau menggunakan tripod yang dibawa sendiri oleh wisatawan dari rumah. Foto-foto tersebut pasti menggugah rasa penasaran akan lokasi tempat tersebut.

3. Nikmati gemericik air kolam

Svargabumi Borobudur juga menawarkan kolam kecil penuh ikan. Suara gemericik air begitu menyejukkan, apalagi suasana di tengah persawahan yang sejuk dan angin yang begitu semilir. Wisatawan juga bisa menggunakan tempat ini sebagai lokasi foto karena berfoto di tempat ini memberikan perasaan berada di tengah pedesaan Bali.

Banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata populer ini dan menilai suasana tempat wisata ini mirip dengan suasana persawahan Ubud, Bali. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin menikmati sensasi berada di Bali dapat mengunjungi tempat wisata tersebut.

4. Bersantai sambil duduk di Kacang saku

Hal yang Dapat Dilakukan di Svargabumi BorobudurKredit foto: ratu termuda Google Maps

Ada beberapa di Svargabumi karung kacang bagi wisatawan untuk duduk dan bersantai sambil berfoto. Selain bean bag, ada juga tempat bersantai di spot “mengambang” yang juga bisa digunakan untuk bersantai. Beberapa tempat relaksasi ini bebas digunakan wisatawan sambil menikmati sejuknya angin khas pedesaan.

Duduk dan bersantai menghadap ke sawah merupakan kegiatan wisata yang tidak ada duanya. Pemandangan yang masih sangat alami menjadi jelas melalui aktivitas para petani yang bekerja di ladang. Agar Svargabumi Borobudur tidak merusak ladang keberuntungan para petani, karena mereka bisa tetap bekerja seperti biasa.

5. Kuliner di restoran atau kafe di area tersebut

Di sekitar tempat wisata terdapat beberapa restoran atau kafe dengan penawaran kuliner yang menarik. Para wisatawan yang datang dari luar daerah bisa menikmati sajian kuliner khas Magelang sambil memandangi persawahan yang asri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di area SvargabumiSumber gambar: Google Maps Bayu Putranto

Jika Anda berencana untuk berlibur di Svargabumi Borobudur, wisatawan tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada. Meski merupakan objek wisata baru, pengelola wisata menawarkan fasilitas yang lengkap.

Fasilitas yang dimaksud adalah mushola, kafe atau restoran, tempat parkir kendaraan besar, toilet, kamar, kamar mandi, serta berbagai spot foto unik dan anti mainstream. Wisatawan luar kota tidak perlu takut Zona karena icon di situs sama dengan yang ada di media sosial.

Dari satu tempat ke tempat lain, pengelola menyediakan jalan setapak dari kayu yang ditata rapi agar persawahan tidak rusak karena terinjak wisatawan yang datang berkunjung.

Svargabumi Borobudur dapat dijadikan sebagai alternatif wisata di wilayah Magelang. Tidak hanya Jogjakarta, Anda bisa mencoba berkunjung ke Magelang dan mengunjungi beberapa destinasi wisata di sana. Magelang tidak hanya memiliki Candi Borobudur sebagai objek wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button