Tempat Wisata

Curug Nangka Bogor – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp7.500, Waktu aktif: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Kecamatan Sukajadi. Tamansari, Kab.Bogor, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Bogor merupakan destinasi wisata dengan daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Curug Nangka yang merupakan bagian dari Taman Nasional Halimun Salak. Air terjun ini memiliki pesona tersendiri yang membuat pengunjung betah berlama-lama disana. Tempat ini sangat mudah diakses dengan mobil, jadi tidak terlalu sulit.

Nama air terjun ini konon diambil dari banyaknya pohon nangka yang mengelilinginya pada zaman dahulu. Inilah ciri yang membedakannya dengan air terjun lainnya. Kini sudah tidak ada lagi pohon nangka di sekitar air terjun yang indah ini. Meskipun demikian, orang masih menyebut nangka karena namanya telah menjadi ciri khasnya sampai sekarang.

Destinasi wisata alam ini memiliki suasana yang sangat sejuk. Ini karena ketinggiannya 750 meter di atas permukaan laut. Jadi pengunjung bisa menikmati kesejukan ini untuk menjernihkan pikiran dan bersantai. Ada juga aliran sungai yang jernih yang menjadi jalur bagi pengunjung menuju Curug Nangka, membuat perjalanan ke sini terasa seru dan menyenangkan.

Daya Tarik Curug Nangka

Atraksi Air Terjun NangkaKredit foto: Instagram.com @bellacalistha

1. Pemandangan alam Curug yang indah

Air terjun ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Masalah ini. menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata alam ini. Lokasinya yang masih berada di lereng Gunung Salak membuat suasana sejuk khas pegunungan. Aliran sungai dan banyaknya pepohonan berkontribusi pada panorama penuh yang bisa dinikmati dari air terjun alami ini.

2. Kolam di bawah air terjun yang jernih

Selain pemandangannya yang indah, kolam air terjun ini juga sangat menarik bagi pengunjung. Airnya sangat jernih dan menyegarkan, sehingga sangat nyaman untuk mandi maupun berendam. Pengunjung juga bisa bermain air asalkan tidak terlalu dekat dengan air terjun, bagi yang tidak ingin berenang atau mandi bisa menikmati keindahan air dari tepi air terjun.

3. Aliran sungai yang jernih

Curug Nangka juga memiliki daya tarik berupa aliran sungai yang jernih. Air Sungai merupakan panduan pengunjung menuju lokasi air terjun. Air sungai yang jernih pasti akan memikat pengunjung untuk mandi atau berenang. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang sungai yang mempesona untuk diunggah langsung ke media sosial.

Daya Tarik Curug NangkaKredit Foto: Google Maps (Air Terjun Curug Nangka)

4. Suasana sejuk

Karena air terjun yang indah ini berada 750 meter di atas permukaan laut, suasananya sangat sejuk dan tidak terlalu panas. Hal ini tentunya sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai, menjernihkan pikiran dan bersantai. Nuansa sejuk tempat wisata ini juga terbantu dengan rimbunnya vegetasi yang mengelilinginya. Hal ini membuat udara terasa lebih segar di kawasan air terjun alami ini.

5. Pepohonan yang rimbun

Salah satu air terjun alami di Bogor ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun. Tentu saja, banyak pohon ini cocok sebagai tempat berteduh. Pengunjung dapat bersantai di bawah pepohonan sambil menikmati pemandangan air terjun yang menakjubkan. Kehadiran vegetasi di sekitarnya juga memberikan udara segar, sehingga pengunjung betah berlama-lama di sini.

6. Area perkemahan khusus

Curug Nangka juga dilengkapi dengan area camping khusus yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Kawasan ini tentunya sangat menyenangkan bagi pengunjung yang kebetulan ingin berkemah bersama keluarga dan teman-teman. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan fasilitas penunjang. Pengelola sudah menyediakan listrik dan toilet agar pengunjung bisa berkemah di sini dengan nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi Curug Nangka

Alamat Air Terjun NangkaKredit Foto: Google Maps (Nikita Kamka)

Curug Nangka terletak di lereng Gunung Salak, tempatnya masih dalam wilayah Taman Nasional Halimun Salak. Jadi jalan menuju air terjun ini sangat mudah untuk dicapai. Pengunjung bisa datang ke sini dari Kota Bogor, Jawa Barat. Ada dua jalur yang bisa digunakan untuk menuju air terjun alami ini.

Pertama melalui pintu tol Bogor Outer Ring Road. Kedua, gunakan jalur Ciapus untuk mencapai lokasi air terjun. Jika ingin melalui Bogor Outer Ring Road, pengunjung dapat mengambil pintu luar di area Lotte Mart.

Kemudian belok kiri menuju Yasmin. Ikuti jalan ini hingga sampai di kawasan Cimaburan. Dari kawasan Cimaburan, ikuti jalan lagi hingga sampai di gerbang air terjun. Jadi, menggunakan jalur ini sangat mudah karena cukup mengikuti jalan umum yang disediakan. Kemudian, jika ingin melalui jalur Ciapus, pengunjung bisa menuju Tol Jagorawi.

Setelah sampai di pintu keluar, Anda bisa belok kanan untuk menuju mal BTM sekaligus Kebun Raya Bogor. Dari kawasan ini, pengunjung bisa berbelok ke arah Cipus atau Ciomas. Ikuti jalan ini ke Jalan Pasir Kuda dan belok kanan ke Jalan Raya Ciapus. Ikuti jalan ini lagi sampai Anda mencapai pintu masuk air terjun.

Ketika Anda sampai di lokasi Air Terjun Nangka ini, Anda harus ingat tentang kondisi lalu lintas. Saat berkunjung ke sini pada hari biasa, berhati-hatilah agar tidak terjebak di jalan. Jadi bisa lebih cepat untuk pergi atau kembali dari air terjun ini. Juga, akan lebih baik untuk menghindari musim hujan ketika Anda datang ke sini. Hal ini penting karena jalan menuju tempat ini licin dan aliran air terjunnya berbahaya.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Nangka

Harga tiket Air Terjun NangkaKredit foto: Google Maps (Hachi Februaryndu)

Biaya masuk ke Curug Nangka cukup terjangkau. Destinasi wisata alam ini memiliki dua pintu gerbang, keduanya menuju ke lokasi air terjun. Untuk gerbang pertama, pengunjung hanya perlu membayar Rp 7.500. Untuk gerbang kedua, pengunjung bisa membayar 15.000 rupee. Kedua harga tersebut cukup terjangkau, sehingga pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Harga parkir sendiri juga cukup terjangkau. Pada hari biasa, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Pada akhir pekan, pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp 7.500 untuk sepeda motor dan Rp 15.000 untuk mobil. Sedangkan untuk jasa campingnya sendiri harganya juga cukup terjangkau, hanya Rp 20.000 per malam.

Kegiatan Seru di Curug Nangka

Aktivitas di Curug NangkaKredit foto: Instagram.com @barkahbar

1. Jalan-jalan

Curug Nangka merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok untuk jalan-jalan. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di ketinggian, sehingga suasananya sejuk dan udaranya terasa segar.

Jalan menuju tempat wisata alam ini menanjak dan berkelok-kelok. Namun pada kenyataannya, hal itu menciptakan sensasi dan tantangan tersendiri. Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah sambil hiking.

2. Bersantai sambil menikmati keindahan air terjun

Selain hiking, bersantai juga merupakan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di air terjun alami ini. Pengunjung bisa menikmati keindahannya sambil berteduh di bawah rimbunnya pepohonan. Kehadiran vegetasi juga membuat udara menjadi segar. Bersantai di air terjun ini tentu menyenangkan karena bisa menyegarkan pikiran dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

3. Menyelam dan berenang di kolam renang

Pengunjung tidak hanya bisa berjalan dan bersantai, tetapi juga mandi dan berenang di air terjun yang indah ini. Tentu saja, datang jauh-jauh ke sini tidak lengkap, tetapi tidak menikmati kesegaran airnya.

Karena itu, banyak pengunjung, yang berenang sekaligus, menyelam ke dalam kolam. Namun, hindari aktivitas ini selama musim hujan karena arus air terjun yang sangat kuat dapat membahayakan keselamatan.

4. Berkemah

Wisata Air Terjun Nangka ini juga memiliki area camping khusus yang tentunya bisa dimanfaatkan pengunjung. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi saat ingin mencari tempat camping yang nyaman. Selain itu, fasilitas seperti kamar mandi, lampu dan listrik disediakan. Dengan cara ini, pengunjung dapat membersihkan diri dan mendapatkan pencahayaan yang sesuai. Perangkat elektronik juga bisa dioperasikan di sini.

Aktivitas Air Terjun NangkaKredit foto: Google Maps (Lina Marliana)

5. Ambil foto

Pemandangan di air terjun alami ini sangat indah, sehingga berfoto menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pengunjung dapat memilih poin yang menurut mereka bagus untuk membuat foto dengan latar belakang yang unik dan menarik. Tentunya hasil foto unik dan menarik bisa langsung dibagikan di akun media sosial pribadi.

6. Nikmati santapan terjangkau

Ada berbagai penjual makanan di sekitar kawasan air terjun ini yang bervariasi. Harga yang ditawarkan untuk setiap makannya juga terjangkau dan tidak terlalu mahal. Sehingga pengunjung bisa menikmatinya setelah menikmati keindahan air terjun. Ini akan mengisi perut Anda dan membuat perjalanan pulang lebih menyenangkan.

7. Berburu suvenir

Ada berbagai penjual suvenir di sekitar air terjun di Bogor ini. Tentunya hal ini bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin mencari oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Harga souvenir sangat terjangkau. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir isi dompetnya akan dikosongkan. Jadi jangan lupa untuk membeli oleh-oleh setelah menikmati pesona air terjun ini.

Fasilitas Wisata di Curug Nangka Bogor

Fasilitas Air Terjun NangkaKredit foto: Google Maps (Akbar Nugroho)

Curug Nangka juga menawarkan berbagai fasilitas bagi pengunjung. Tersedia tempat parkir yang cukup luas bagi pengunjung yang meninggalkan kendaraannya. Selain itu, ada juga area khusus yang bisa digunakan untuk camping. Hal ini tentunya sangat menyenangkan bagi pengunjung yang datang bersama teman dan keluarga. Anda tidak perlu lagi bingung mencari tempat camping.

Selain itu, air terjun alami ini menawarkan berbagai fasilitas lainnya. Terdapat fasilitas listrik dan penerangan untuk memudahkan pengunjung jika membutuhkan penerangan yang memadai dan terbiasa menggunakan perangkat elektronik.

Toilet dan kamar mandi juga tersedia, yang sangat berguna jika Anda ingin membersihkan diri. Selain itu, ada bonus sarapan pagi jika kebetulan berkemah di area yang disediakan di lokasi ini.

Pengunjung tidak perlu khawatir soal makanan, karena sudah ada warung yang menawarkan makanan dengan harga terjangkau. Pilihan masakannya pun beragam sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan selera masing-masing. Ada juga penjual oleh-oleh yang bisa dimanfaatkan pengunjung jika ingin mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh keluarga.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai objek wisata, alamat, tiket masuk, aktivitas dan berbagai fasilitas yang ditawarkan Curug Nangka. Destinasi wisata alam ini memang menarik bukan hanya karena namanya saja tetapi juga karena keindahan alamnya. Jadi jika Anda kebetulan berkunjung ke Bogor, khususnya Taman Nasional Halimun Salah, cobalah untuk mengunjungi air terjun alami ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button