Tempat Wisata

12 Tempat Wisata Di Sigi Terbaik & Paling Hits Yang Wajib Dikunjungi

Objek wisata di Sigi – Nama Kabupaten Sigi menjadi buah perdebatan, mengingat tempat ini baru saja mengalami gempa yang cukup kuat.

Namun, sebelum dan sesudah gempa, Sigi adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Banyak tempat wisata alam yang menampilkan keindahan dan keanggunannya.

Sayang sekali jika kita harus melakukannya tanpanya. Jika Anda tertarik dengan kabupaten di Sulawesi Tengah ini, berikut beberapa tempat wisata di Kabupaten Sigi yang cocok untuk traveler seperti Anda.

Tempat wisata yang direkomendasikan di Sigi

Pengikut Wisataseru.com rekomendasi tempat wisata di sigi terbaik yang wajib anda kunjungi :

1. Paralayang Matantimali

Paralayang Matantimali via Antaranews - Tempat Wisata di SigiParalayang Matantimali via Antaranews

Lokasi: Desa Matantimali, Banawa Selatan, Kabupaten Sigi

Paralayang tentu sudah tidak asing lagi bagi para penggemar olahraga ekstrim. Ternyata Kabupaten Sigi juga menawarkan wisata paralayang. Dinamakan Paralayang Matantimali karena terletak di Desa Matantimali, Banawa Selatan, Kabupaten Sigi.

Hanya 2 km dari Desa Wayu, yang juga terkenal dengan paralayangnya. Desa Matantimali sendiri berada di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut.

Desa ini juga cukup bersejarah karena pernah menjadi lokasi pos pengawasan Belanda. Mereka yang menghindar dari paralayang juga bisa menikmati pemandangan Kota Palu dari sini.

2. Wisata alam kapopo

Wisata Alam Kapopo via Antarafoto - Tempat Wisata di SigiWisata alam Kapopo via Antarafoto

lokasi: Ngatabaru, Kec. Sigi Biromaru, Kab. Sigi

Tahura yang merupakan singkatan dari Taman Hutan Raya merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Sigi yang sayang untuk dilewatkan. Ada objek wisata alam di taman ini yang bernama Wisata Alam Kapopo.

Sesuai dengan namanya, wisata ini menyuguhkan pemandangan alam dengan pepohonan yang rimbun di seluruh penjuru. Pohon-pohon hias tersebut antara lain angsana, ebony, cendana dan sebagainya. Tak ketinggalan, ada fasilitas outbond, tower dan tracking.

Anda yang ingin menginap bisa mengunjungi penginapan di dalamnya. Ada juga shelter yang biasa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Wisata alam ini sendiri sudah dijalankan sejak tahun 1990, namun baru diresmikan pada tahun 2003 sebagai Wisata Alam Kapopo.

3. Air Terjun Wera dan Taman Wisata

Air Terjun Wera Sulawesi Tengah - Tempat Wisata di SigiAir Terjun Wera via Sulawesi Tengah.go.id

lokasi: Balumpewa, Kec. Dolo Barat, Kab. Sigi

Saat berkunjung ke Taman Wisata Wera, jangan lupa untuk mengunjungi Air Terjun Wera. Taman Wisata Wera sendiri merupakan kawasan hutan lindung dengan vegetasi yang beragam dan terawat dengan baik.

Jika beruntung Anda bisa menemukan burung gagak, kasuari, ayam hutan dan berbagai jenis mamalia. Jika sudah puas berjalan-jalan, Anda bisa menuju air terjun Wera yang tingginya 80 meter.

Bermain di Wera dan di sekitar air terjun pasti akan membuat Anda merasa segar kembali. Lokasinya sendiri berada di Desa Ballumpewa, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Harga tiket masuknya sekitar Rp 10.000. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

4. Arung Jeram di Sungai Oloboju

Arung Jeram Sungai Oloboju - tempat wisata di SigiArung jeram di sungai Oloboju

lokasi: Olobuju, Kec. Sigi Biromaru, Kab. Sigi

Tempat wisata di Kabupaten Sigi lainnya yang bisa memacu adrenalin Anda adalah Oloboju River Tubing Rafting. Lokasinya di pintu keluar Oloboju, Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.

Di sini Anda bisa pergi tubing, menyusuri sungai yang deras dengan tabung. Harga untuk tube sekitar Rp 75.000 dan minimal 5 orang. Ini sudah termasuk biaya sewa helm, jaket safety, ban, guide, dokumentasi dan snack.

Ada juga yang lebih mahal sekitar Rp 200.000 minimal 7 orang. Termasuk 2 kali makan, BBQ, peralatan tubing dan banyak lagi. Untuk menyusuri sungai sendiri biasanya memakan waktu lebih dari 1 jam.

5. Matantimali

KTT MatantimaliKTT Matantimali

Alamat: Desa Matantimali, Kecamatan Banawa Selatan, Sigi

Obyek wisata Desa Matantimali memang sangat menakjubkan. Desa di Gunung Gawalise ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan Anda bisa melihat daratan di atas awan di pagi hari.

Lomba paralayang bertaraf internasional juga sering diadakan di desa ini. Anda juga bisa berkemah di Matantimali, tetapi karena udaranya dingin, Anda harus membawa jaket dan selimut untuk persiapan malam.

Ada juga kios di dekatnya, jadi Anda tidak perlu khawatir membawa terlalu banyak perbekalan. Jika ingin ke desa ini silahkan datang ke Kecamatan Banawa Selatan, Sigi.

6. Tanda pena

tanda penatanda pena

lokasi: Sibedi, Kec. Marawola, Kab. Sigi

Satu lagi tempat wisata di Kabupaten Sigi yang bertemakan alam yaitu Bulu Tanda. Bulu Tanda adalah sebuah bukit yang hanya dikelilingi oleh rerumputan. Tidak ada pohon di bukit ini kecuali satu pohon di puncak bukit. Inilah yang membuat Bulu Tanda begitu unik.

Bisa dibilang Bulu Tanda adalah wisata bagi para penggemar landscape photography atau wisatawan yang hanya ingin duduk tenang menikmati pemandangan sambil menyeruput kopi.

Tempat ini sendiri terletak di Desa Sibedi, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi. Jika Anda berangkat dari Palu, hanya 25 menit berkendara untuk sampai ke Bulu Tanda.

7. Air Terjun Mantikole

Air Terjun Mantikole di atas UnipaliAir Terjun Mantikole di atas Unipalu

lokasi: Balomoa, Kec. Dolo, Kab. Sigi

Tidak hanya air terjun Wera, Sigi juga memiliki air terjun lain yaitu air terjun Mantikole. Kemudian air terjun ini memiliki sesuatu yang unik, karena ada kolam air panas alami di dekatnya.

Air Terjun Mantikole memiliki tiga sumber air panas, sehingga sering dikunjungi orang tidak hanya untuk jalan-jalan tetapi juga untuk terapi kesehatan. Selain itu, pemandangan di sekitar air terjun masih alami. Banyak burung masih berkeliaran bebas di kawasan ini.

Jika ingin ke air terjun ini cukup datang ke Balomoa, Dolo Barat, Kabupaten Sigi. Anda harus menyiapkan uang tiket untuk tiket Anda sendiri, karena penjaga pintu biasanya meminta uang tiket. Harga tiket bervariasi.

8. Pemandian Air Panas Bora

Pemandian Air Panas Bora melalui CodplayerPemandian Air Panas Bora melalui Cosplayer

lokasi: Bora, Kec. Sigi Biromaru, Kab. Sigi

Tak kalah dari Mantikole, ada lagi pemandian air panas terkenal di Sigi, yaitu Pemandian Air Panas Bora. Situs ini terletak di Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Pemandian air panas ini sudah berbentuk seperti kolam renang besar berkat pengelolaan yang baik.

Di sekitar pemandian ini juga banyak terdapat fasilitas mulai dari restoran hingga penginapan. Harga tiket dibagi menjadi tiket untuk pengunjung biasa dan pengunjung yang ingin mandi. Harganya sekitar Rp 6000 per orang.

9. Danau Lindu

Danau Lindu tentang KabarseleberDanau Lindu tentang Kabarseleber

lokasi: Puro’o, Kec. Kecamatan Lindu. Sigi

Danau Lindu memiliki luas kurang lebih 34,88 km², menjadikan danau ini sebagai danau terbesar kedua di Sulawesi Tengah.

Danau ini juga merupakan danau tektonik yang dikelilingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Lantawungu, Gunung Tumawu dan Gunung Nokilalaki.

Hal ini membuat danau ini sangat indah dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di Danau Lindu termasuk berkeliling dengan perahu sewaan, fotografi, dan banyak lagi.

Namun, untuk sampai ke Danau Lindu, Anda perlu menyewa ojek dan angkutan barang. Tarif angkutan barang sekitar Rp 80.000. Anda dapat memulai perjalanan dengan ojek dari kabupaten Kulawi.

10. Sekolah Alam Awan Hijau Kamalisi.

Sekolah Alam Kamalisi 'Awan Hijau' via SultengnewsSekolah Alam Kamalisi ‘Awan Hijau’ via Sultengnews

lokasi: Daenggane, Kec. Kinovaro, Kab. Sigi

Green Cloud School terletak di Pegunungan Kamlisi, Desa Denggune, Kabupaten Sigi. Sekolah ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki Sungai Ta, yang airnya dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat.

Sekolah Alam Awan Hijau sendiri merupakan sekolah dengan konsep lingkungan dan ditujukan untuk anak-anak di Kamalisi.

Banyak fasilitas di sekolah ini antara lain persawahan, wahana flying fox, rumah baca hingga area taman kanak-kanak. Jika ingin melihat proses belajar atau bahkan ikut belajar, coba saja datang ke sini.

Kunjungi juga: 25 Tempat Wisata Terbaik di Bulukumba

11. Pertapaan Kopi Organik

Kopi organik Padepokan via Desaporame.blogspotcomKopi organik Padepokan via Desaporame.blogspot.com

lokasi: Porame, Kec. Kinovaro, Kab. Sigi

Selain itu, Wisataseu.com juga merekomendasikan pertapaan kopi organik yang bisa Anda siapkan sebagai destinasi liburan di akhir pekan atau saat musim liburan.

Sambil menikmati secangkir kopi yang nikmat, nikmati udara segar di kabin yang disediakan pengelola di dekat kolam renang.

Selain itu, Padepokan kopi organik ini juga menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner di Sigi yang sangat layak untuk direkomendasikan. Wisatawan bisa memilih sendiri jenis ikan dan sayuran yang akan diolah dan tentunya masih segar.

12. Air Terjun Parapa

Air Terjun ParapaAir Terjun Parapa

lokasi: Tongoa, Kec. Palolo, Cab.Sigi

Tempat wisata terakhir yang kami rekomendasikan di Sigi adalah Air Terjun Parapa yang sangat eksotis. Terletak di Desa Tongoa, Kecamatan Palopo, air terjun ini sangat seru untuk dijadikan tempat mandi.

Air Terjun Parapa menghadirkan kolam alami yang sangat asyik untuk digandakan sebagai tempat berendam sepuasnya. Air terjun ini memiliki outlet air yang cukup besar, jadi jangan heran jika wajah Anda bisa terkena cipratan air, atau setidaknya embun yang sejuk.

Menyimpulkan

Wah, banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. itulah sekilas tentang rekomendasi tempat wisata di kabupaten sigi yang sangat recommended untuk dikunjungi.

Kunjungi juga: 21 Tempat Wisata di Pinrang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button