Tempat Wisata

Coban Jahe, Air Terjun Eksotis Penuh Nilai Sejarah di Malang

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB, Alamat: JL.Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Air Terjun Begawan atau sering disebut dengan Coban Jahe merupakan salah satu tempat wisata alam di Desa Begawan yang masih berada dalam kawasan RPH Sukopuro Jabung Forestry Unit II. Air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras, terutama saat musim hujan, dengan ketinggian sekitar 45 meter.

Kawasan wisata alam air terjun di Malang ini menawarkan kesegaran yang bisa Anda rasakan melalui rimbunnya pepohonan dan gemericik air yang jatuh dari ketinggian. Suasana yang ditawarkan di tempat ini juga bisa membuat Anda merasa tenang dan nyaman.

Coban Jahe sangat cocok untuk persinggahan melepas penat dari aktivitas sehari-hari Anda. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk kamu yang suka berfoto, karena pemandangan alam yang begitu mencolok bisa menjadi spot foto yang fotogenik.

Daya Tarik Coban Jahe

Daya Tarik Coban JaheKredit foto: Google Maps Fajarwati Nurjadidah

1. kamp India

Tempat ini juga menawarkan sensasi menginap yang seru dalam suasana alam. Anda akan menemukan tenda bergaya suku asli Amerika yang sangat unik di kawasan air terjun ini. Tidur di teepee sambil menikmati gemericik air terjun tentunya akan menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan bagi Anda.

2. Cerita unik

Di balik keindahan alam yang bisa menyejukkan hati, air terjun ini memiliki sejarah kelam di masa lalu. Tidak jauh dari kawasan air terjun ini terdapat monumen taman kuburan. Tugu peringatan ini menjadi saksi pembantaian 38 tentara Indonesia oleh Belanda sekitar tahun 1948.

Sejarah menjadikan air terjun ini bernama Coban Jahe yang berasal dari kata “Pejahe” yang berarti kematian (pejuang). Sejarah dan monumen taman makam menjadi daya tarik utama air terjun ini.

3. Bayangan pepohonan

Seperti kawasan air terjun lainnya, Coban memiliki suasana alam yang bisa menyejukkan hati dan pikiran. Pepohonan yang rimbun di sekitar kawasan wisata air terjun ini turut memberikan kesejukan udara yang bisa membuat semua orang betah untuk menginap di tempat ini.

4. Taman bunga yang indah

Selain pepohonan yang rindang, air terjun ini juga memiliki taman bunga yang tak kalah indahnya. Berbagai jenis bunga dengan warna berbeda bermekaran di area taman bunga ini. Kehadiran taman bunga ini membuat area air terjun semakin berwarna.

5. Kafe Terapung

Daya Tarik Coban JaheKredit foto: Google Maps Sanny Octavia Kusnadi

Tepat di bawah Air Terjun Coban Jahe terdapat spot terapung yang menarik banyak pengunjung untuk mendaki. Di sini Anda bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang pemandangan air terjun yang indah sambil menikmati pesona air terjun dari dekat.

6. Jembatan Bambu

Daya tarik lain dari coban ini adalah jembatan bambu yang sejuk. Sebenarnya, sistem jembatan ini adalah penghubung antara taman bunga dan area perkemahan India. Namun karena spotnya sangat menarik, banyak pengunjung yang ingin berfoto di jembatan ini.

7. Kafe dan spot foto yang menarik

Ada juga kedai kopi di Coban yang menawarkan pilihan makanan dan minuman siap santap. Tidak jauh dari kafe ini terdapat beberapa bangku kayu tempat Anda bisa bersantai dan menikmati alam.

Manajemen Coban Jahe juga menawarkan sejumlah spot foto menarik. Anda bisa berfoto dengan pemandangan alam dan juga berbagai spot foto yang instagramable.

8. Kolam air alami

Suasana alam yang sejuk diselimuti bebatuan dan rimbunnya pepohonan menjadi dominasi di kawasan wisata ini dengan air terjun. Coban ini memiliki saluran air yang cukup deras sehingga menciptakan genangan alami genangan air. Keindahan kolam alami ini benar-benar akan memanjakan setiap mata yang melihatnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Coban JaheKredit foto: Google Maps Mochamad Ilman

Kawasan wisata Coban Jahe ini berada di Kabupaten Malang tepatnya di Jalan Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kecamatan Jabung. Anda juga dapat menemukan area ini di peta gppgle. Jadi jika Anda bingung, Anda bisa langsung menggunakan navigasi Google Maps.

Untuk menuju tempat wisata air terjun ini, Anda perlu melakukan perjalanan yang tidak terlalu jauh dengan akses jalan yang cukup memadai. Rute tersebut dapat diakses dari pusat kota di Malang. Pertama Anda harus berjalan di Tumpang sampai Anda tiba di pintu gerbang dengan tulisan “Selamat datang di Tumpang”.

Dari pintu gerbang sudah banyak terdapat papan penunjuk arah yang menunjukkan arah wisata air terjun ini. Jarak dari pusat kota Malang ke air terjun ini diperkirakan sekitar 23 km dengan durasi sekitar 50 menit.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Coban GingerKredit Foto: Instagram Resmi Coban Jahe

Anda tidak akan dikenakan biaya masuk yang mahal untuk memasuki kawasan wisata Air Terjun Coban Jahe. Cukup, hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di kawasan air terjun ini.

Biaya parkir juga ditetapkan untuk setiap kendaraan di kawasan ini, namun Anda tidak perlu khawatir karena biaya parkir kendaraan di sini juga cukup murah. Yaitu Rp 2000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000,- untuk kendaraan roda empat. Tempat wisata ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, jadi kamu bisa mengunjungi tempat ini pada pagi dan sore hari

Dengan biaya yang relatif murah, Anda bisa menikmati kawasan wisata alam yang masih mempertahankan keindahannya. Dan tentunya menjadi pengalaman yang menarik bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Coban Ginger

Aktivitas di Coban GingerKredit foto: Google Maps Syamsul Arifin

1. Berkemah atau bermalam di kawasan Coban

Selain perpaduan keindahan alam dan suara air terjun yang menarik, ada beberapa aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Coban Jahe. Kegiatan camping mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda, pengelola akan menyediakan ruang yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Selain itu jika ingin membuat api unggun juga ada tempat khusus.

Anda dapat menikmati suasana malam dengan suara air terjun yang menenangkan. Di pagi hari Anda kemudian akan disuguhkan dengan udara segar dari pepohonan di sekitar Coban. Anda juga bisa joging ke Coban yang hanya berjarak 300m dari perkemahan.

2. Mainkan river tubing

Sebenarnya pengunjung kawasan wisata ini dilarang mandi di air terjun karena dianggap terlalu berbahaya. Anda tidak perlu sedih untuk mengobatinya, Anda tetap bisa mencoba wahana river tubing di arus air terjun ini. Kegiatan ini dijamin menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi Anda.

3. Nikmati pemandangan taman bunga

Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan air terjun dan rimbunnya pepohonan, tetapi juga menikmati panorama mempesona taman bunga di kawasan wisata air terjun ini. Pengelola tidak hanya membuat taman bunga di bagian atas, tetapi juga di bagian bawah di sisi sungai sisi jembatan. Taman bunga ini membuat Coban Ginger terlihat semakin cantik.

4. Bersantai di kafe yang unik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Coban GingerKredit foto: Facebook oleh Ms. Galuh Magpela

Di sini Anda juga bisa menikmati suasana alam sambil bersantai di kafe. Ada sebuah kafe unik di sini, yaitu Indian Cafe yang terletak di ujung area air terjun. Dengan atap jerami dan bahan bangunan kayu, kafe ini terlihat sangat unik.

Menu-menu di kafe India ini juga cukup ramah kantong. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan harga makanan dan minuman yang disediakan. Anda juga bisa bersantai di kafe ini bersama keluarga atau teman sambil bermain-main.

5. Berburu foto dengan spot instagramable

Bagi pecinta foto, Indian Garden di Coban Jahe bisa menjadi pilihan yang tepat untuk hunting foto. Karena taman ini memiliki berbagai spot foto yang bisa kamu jelajahi. Ada juga kafe terapung di tengah kolam yang juga menarik untuk dijadikan latar foto. Spot ini sangat cocok sebagai spot foto romantis bersama pasangan.

Selain itu, seluruh pelosok kawasan wisata air terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat indah. Jadi Anda juga bisa berfoto di setiap sudut kawasan wisata ini. Foto yang dihasilkan pasti akan terlihat instagramable dengan keindahan alam yang mempesona.

6. Perjalanan ke Coban

Buat kamu yang suka berpetualang, mungkin aktivitas trekking ini bisa masuk daftar tempat wisata kamu di kawasan Coban Jahe. Anda dapat menjelajahi treks air terjun lain yang ada di dekat kawasan wisata ini. Beberapa di antaranya adalah Coban Sari, Coban Katak dan Coban Ani.

7. Kereta api

Anda juga bisa menenangkan pikiran sejenak dengan berolahraga di kawasan air terjun ini. Gerakan diiringi suara air terjun yang indah ini dapat menenangkan baik pikiran maupun hati. Di sini Anda dapat memilih olahraga ringan seperti jogging atau yoga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

fasilitas di kawasan wisataKredit foto: Google Maps Lockey Iran

Untuk kawasan wisata air terjun, fasilitas di tempat ini cukup memadai. Seperti ada beberapa warung dengan menu makanan dan minuman yang berbeda, ada juga kamar mandi atau toilet dengan kebersihan yang dikelola dengan sangat baik oleh pengelola kawasan wisata Coban Jahe.

Fasilitas penunjang lain yang tersedia di lokasi ini antara lain rumah ibadah atau mushola, tempat parkir mobil yang luas, bumi perkemahan, kafe India, persewaan peralatan tubing, gazebo, taman bunga, jembatan, berbagai spot foto Instagramable, dan masih banyak lagi kawasan wisata lainnya.

Anda tidak perlu lagi khawatir dengan fasilitas yang tersedia di tempat wisata air terjun ini. Karena dengan peralatan yang lengkap dan banyak Anda akan ingin merasa nyaman dan tinggal di tempat ini. Pengunjung tidak hanya nyaman, tapi juga bisa terbantu dengan segala fasilitas yang tersedia.

Itulah beberapa hal menarik tentang kawasan wisata alam air terjun hits di Malang. Coban Jahe tentunya bisa masuk dalam daftar tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button