Berita Wisata

6 Lembah Jawa Timur Ramah Liburan

Surabaya

Daerah pegunungan selalu menarik untuk dikunjungi. Selain udaranya yang segar, kawasan dataran tinggi ini juga dikenal memiliki panorama pegunungan yang indah.

Salah satu daya tarik alam dataran tinggi adalah lembah. Yaitu dataran yang dikelilingi pegunungan atau perbukitan dengan panorama yang tak kalah mempesona.

Hampir semua provinsi di Indonesia memiliki lembah. Seperti di Jawa Timur yang memiliki 6 lembah indah dan bisa dijadikan pilihan untuk akhir pekan.

Apa saja lembah di Jawa Timur? Simak ulasan berikut ini.

6 Lembah Jawa Timur

1. Lembah Dieng, Pasuruan

Lembah Dieng PasuruanLembah Dieng Pasuruan Foto: Spesial/ Risalah wonkawak

Lembah Dieng terletak di Dusun Dieng, Desa Jeruk Purut, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Lembah Dieng yang merupakan bekas kawasan pertambangan viral di media sosial karena keindahannya.

Saat viral, banyak orang yang penasaran dan akhirnya mampir ke Lembah Dieng untuk melihat keindahan rerumputan yang hijau. Sementara di sekitarnya terdapat beberapa kolam berbentuk lembah dengan kedalaman 10 hingga 30 meter.

Jika Anda ingin melihat keindahannya, Anda hanya membayar parkir. Apa yang kamu tunggu? singgah di Lembah Dieng untuk berfoto.

2. Lembah Lengkehan

Lembah LengkehanLembah Lengkehan Foto: Istimewa/ adrinpunyablog.com

Di Kabupaten Pasuruan juga terdapat Lembah Lengkehan yang terletak di jalan menuju Gunung Arjuno-Welirang. Yaitu Lembah Lengkehan yang terletak di Raung Deres, Pecalukan, Prigen, Pasuruan.

Lembah Lengkehan sering dijadikan tempat berkemah karena panoramanya yang sangat indah. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan matahari terbenam yang sempurna di sini.

3. Lembah Gunung Tumpeng

Lembah Gunung TumpengLembah Gunung Tumpeng Foto: Istimewa/ Kemenparekraf

Lembah Gunung Tumpeng terletak di Desa Gerbo, Purwodadi, Pasuruan. Kawasan ini juga merupakan buffer zone bagi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Lembah ini juga dikenal dengan sirkuit pendidikannya. Kelompok keluarga dapat mempelajari berbagai tanaman dan sawah di sini sambil menikmati panorama yang menakjubkan dan kearifan lokal.

4. Lembah Rusa

lembah rusaLembah Rusa Foto oleh: Backpacker khusus/anak-anak

Di Kabupaten Pasuruan juga terdapat Lembah Rusa yang terletak di Mager Sari, Pecalukan, Prigen. Tepatnya di kawasan Alas Lali Jiwo, jalur pendakian Gunung Welirang.

Vallée des Cerfs dihiasi dengan padang rumput hijau yang luas dan suasananya tenang. Oleh karena itu, Lembah Rusa sering dijadikan sebagai tempat peristirahatan.

5. Lembah Monyet

Lembah MonyetLembah Kera Foto: Istimewa/ Dok. Desa Gambingan

Beranjak ke Kabupaten Malang, ada kunjungan ke Lembah Rusa yang terletak di kawasan Hutan Jati, Gampingan, Pagak. Monkey Valley terkenal dengan daerahnya yang sering dijadikan sebagai lokasi panjat tebing.

Selain itu, Monkey Valley juga memiliki pemandangan rerumputan yang hijau. Anda juga tidak boleh melewatkannya.

6. Lembah Malang yang Indah

Lembah Malang yang IndahLembah Malang Indah Foto: Nadya CL

Valley Indah Malang adalah area camping atau glamping yang glamor. Tentunya dengan akomodasi dan fasilitas yang lebih mewah dari camping ground biasa.

Wisata ini berlokasi di kawasan Sawah/Kebun, Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Tepatnya di sekitar lereng Gunung Kawi. Ada banyak jenis glamping yang bisa Anda pilih untuk liburan keluarga di sini.

Demikian informasi tentang 6 lembah di Jawa Timur. Ayo berlibur kawan!

Tonton video “Lembah Harau, Cakar Bergaya dengan Tebing Indah, Sumatera Barat”
[Gambas:Video 20detik]
(hse/matahari)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button