Tempat Wisata

Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah, Tiket Masuk dan Lokasi

Rumah Tjong A Fies Medan Sejarah Singkat
Rumah Tjong A Fies Medan 13
Mengetahui sejarah Rumah Tjong A Fie langsung dengan ahlinya dan cara berbisnis Rumah Tjong A Fie lama
jam buka 09.00 – 17.00
harga tiket Dewasa/Umum 35.000 dan Pelajar 20.000
Kontak 0813-7516-0031
akomodasi
alamat Jalan Jendral Ahmad Yani VII No. 105, Kesawan, Medan Barat, Kesawan, Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20236

Denah rumah Tjong A Fie

Medan punya banyak sejarah unik selain Istana Maimun, Medan juga punya cerita menarik tentang rumah Tjong A Fie. Bangunan tua yang berdiri lebih dari 130 tahun yang lalu ini memiliki banyak cerita unik, bahkan hingga saat ini para wisatawan datang ke tempat ini karena sejarahnya. Singkatnya, Rumah Tjong A Fie adalah bangunan terdaftar Grade I, diresmikan pada tahun 2014 dan telah ada sejak tahun 1900 Masehi. Dibangun oleh Tjong A Fie setelah ia sukses menjadi orang kaya di Indonesia.

Beberapa foto rumah saudagar kaya ini akan memberikan gambaran bagaimana Anda menginap di tempat ini.

Rumah Tjong A Fies Medan 14

Rumah Tjong A Fies Medan 15
Rumah Tjong A Fie Medan 16
Rumah Tjong A Fies Medan 17 Rumah Tjong A Fies Medan 18 Rumah Tjong A Fies Medan 19 Rumah Tjong A Fies Medan 20 Rumah Tjong A Fies Medan 13 Rumah Tjong A Fie Medan 22 Rumah Tjong A Fie Medan 23

Semua foto

Rumah Tjong A Fies adalah sebuah rumah besar yang diwarisi oleh seorang saudagar kaya keturunan Tionghoa bernama Tjong A Fie. Tempat ini memiliki makna dan sejarah yang besar karena kedudukan dan peran sosial Tjong A Fie yang cukup besar di masa lalu.

Tjong A Fie sendiri adalah seorang pengusaha yang sangat sukses dan terkenal. Lahir di Guangdong, China, ia pergi ke Hindia Belanda dan mendirikan bisnisnya di Medan. Berkat jabatannya, ia bertemu banyak orang hebat, mulai dari pemerintah kerajaan hingga pemerintah kolonial Belanda. Kemudian ia diangkat menjadi pemimpin etnis Tionghoa di Indonesia sejak saat itu.

Dengan kedudukan dan kekayaan yang sangat tinggi, Tjong A Fie juga dikenal sebagai seorang dermawan. Berbagai perkembangan di Kota Medan tidak lepas dari campur tangan beliau. Sebelum kematiannya, ia membuat wasiat untuk menyumbangkan seluruh kekayaannya kepada Yayasan Toen Moek Tong untuk mendukung kehidupan di berbagai bidang seperti; B. Bantuan bencana, pendidikan bagi anak-anak pekerja keras dan berbakat, dan bagi penyandang disabilitas tanpa memandang suku atau ras.

Sekarang rumah itu dikelola oleh Keturunan Tjong A Fie dan keluarganya. Desain yang indah dan unik dengan perpaduan yang kuat antara gaya Cina dan budaya Eropa dan Melayu membuat rumah terlihat berbeda dan sangat menonjol dibandingkan dengan yang lain. Sekarang rumah orang kaya itu telah menjadi Wisata sejarah Medan terkenal dan penuh misteri.

Rumah bersejarah ini telah ditetapkan sebagai salah satu bangunan bersejarah dan cagar budaya oleh pemerintah Medan. Bangunan bersejarah ini memang sangat luas, mencapai 6000 meter persegi.

Pembukaan rumah misterius ini untuk umum pada tahun 2009. Sejak saat itu, wisatawan dapat menggali lebih dalam untuk mengetahui lebih banyak tentang sosok saudagar kaya di masa lalu.

Di mana Rumah Tjong A Fie Dengan itu, pengunjung bisa melihat desain interior yang sangat unik. Selain itu, terdapat pula berbagai koleksi mebel tradisional yang masih terawat dan bersih. Para wisatawan dapat melihat beberapa foto pemilik rumah ini. Selain itu, saudagar kaya Cina ini sangat teliti dalam mendokumentasikan setiap aktivitasnya. Mulai dari foto keluarga hingga upacara pernikahan anggota keluarga. Ada juga ruangan khusus untuk menyimpan koleksi bukunya.

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini harus mempersiapkan mental yang tinggi. Karena biasanya ada yang menjaga karena rumahnya sudah berumur ratusan tahun, konon di tempat ini ada hantu yang memakai baju cina.

Denah rumah Tjong A Fie

Bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat wisata sejarah dan misterius ini, Anda bisa menggunakan berbagai angkutan umum yang tersedia. Rumahnya tidak jauh dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Medan. Lokasi rumah ini tepatnya di Jalan Jendral Ahmad Yani VII, No.105, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan. Silakan lihat lokasi di Google Maps di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Tiket masuk dan jam buka rumah Tjong A Fie

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata sejarah ini, Anda bisa datang ke rumahnya. Bangunan bersejarah ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Tiket masuk rumah ini dibagi dua, tiket masuk dewasa 30.000 sedangkan tiket masuk pelajar hanya 20.000.

Ingin berlibur ke wisata heritage di kota Medan ini? Ada banyak hal untuk dilihat dan dipelajari Rumah Tjong A Fies seperti budaya kuno dan keharmonisan masyarakat multi etnis yang ada di kota ini.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button