Tempat Wisata

Museum Angkut, destinasi wisata museum modern di Batu Malang

Museum Angkut menawarkan hiburan dihitungberbeda dengan perjalanan Aneka ragam di kota Batu Malang. Museum Transportasi dengan banyak koleksi jenis kendaraan dari seluruh dunia dari waktu ke waktu.

harga tiket: Rp100.000, Waktu aktif: 12.00–20.00 WIB, Alamat: J L. Kanal Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Jika Anda memutuskan untuk berlibur ke Malang, tidak lengkap rasanya jika tidak datang ke Kota Batu. Kota Batu mana yang sangat terkenal dengan kawasan wisatanya yang murah dan tak tertandingi. Salah satu wisata yang cukup terkenal adalah Museum of Transport, di mana Anda bisa menemukan berbagai hal menarik begitu memasuki destinasi wisata ini.

Museum Angkut sendiri merupakan salah satu museum transportasi modern pertama di Indonesia. Museum ini sendiri memiliki unsur seni dan budaya dengan tetap mengusung konsep edukasi dan hiburan bagi para pengunjungnya. Dibuka pertama kali pada tahun 2014, museum ini tampaknya telah menarik banyak perhatian wisatawan setiap tahunnya.

Darimana? Destinasi wisata ini memiliki konsep yang cukup brilian karena wisata ini juga tercatat sebagai museum transportasi pertama di Asia. Anda dan keluarga akan menemukan banyak alat transportasi dari dalam dan luar negeri yang tidak akan Anda temukan dimanapun.

Daya Tarik Museum Wisata Angkut Wisata

Daya tarik Museum TransportasiKredit foto: Google Maps pratomowindu

Adanya daya tarik tersendiri yang dimiliki destinasi museum wisata ini yang pada akhirnya menarik wisatawan dari luar kota untuk ikut berwisata. Karena daya tarik yang dimiliki destinasi wisata ini tidak dapat ditemukan di wisata lainnya. Untuk itu, berikut ulasan daya tarik wisata museum transportasi:

1. Ada banyak alat transportasi

Seperti namanya, ada banyak angkutan musim ini dengan koleksi lebih dari 300. Angkutan itu sendiri juga cukup unik karena ada yang tradisional dan ada juga yang modern, semuanya dipadu padankan dengan berbagai model atau lansekap bangunan eksotis dunia seperti eropa dan Amerika.

2. Adanya zona Sunda-Kelapa dan juga Batavia

Museum transportasi ini memiliki zona yang cukup unik dan salah satunya adalah zona Sunda-Kelapa dan juga Batavia. Zona ini sendiri memang sengaja didesain semenarik mungkin dengan era Sunda Kelapa dan Batavia agar pengunjung bisa merasakan sensasinya.

Dan yang pasti ketika pengunjung datang ke sana, mereka akan mendapat ilmu. Tentang proses perkembangan Sunda Kelapa dan Batavia dari masa ke masa.

3. Ada zona Uni Eropa

Objek wisata selanjutnya terletak di zona Uni Eropa yang dirancang oleh 4 negara besar yaitu Jerman, Italia, Prancis dan juga Inggris. Ada yang unik dari zona ini karena banyaknya koleksi mobil-mobil vintage buatan Inggris.

Tentunya pengunjung juga bisa melihat mobil-mobil vintage dengan nilai sejarah yang katanya juga pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth II. Lalu ada Land Rover, mobil andalan Ratu Elizabeth II saat berada di Australia.

4. Ada gangster dan zona Broadway

Di bawah ini adalah zona yang menciptakan kembali suasana kota Chicago pada tahun 1920-an ketika ada gangster yang sangat terkenal bernama Al Capone saat itu. Pengunjung mengikuti jejak para gangster, bahkan pengunjung bisa merasakan sensasi berada di kota asli Chicago.

5. Ada zona Hollywood

Bagi sebagian orang yang suka film Hollywood, tidak perlu jauh-jauh ke Amerika. Karena di museum transportasi ini Anda mendapatkan perasaan datang langsung ke pedesaan.

Di zona ini Anda akan menemukan banyak replika kendaraan yang sering digunakan di box office Hollywood. Misalnya seperti mobil Batman atau mobil yang digunakan di film Scooby Doo.

Alamat, rute, lokasi, dan harga tiket Museum Angkut

Alamat Museum AngkutKredit foto: Google Maps Lili Lie

Destinasi museum ini beralamat di nomor 2 Jalan Sultan Agung Ngaglik. Yang masih termasuk dalam Jatim Park Group Tour. Untuk menuju destinasi wisata tersebut, rute yang ditempuh cukup mudah, karena kendaraan roda dua maupun roda empat dapat memasuki kawasan wisata tersebut.

Jika Anda datang dari arah Surabaya, luangkan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit untuk sampai ke museum angkut ini. Namun, mungkin waktu di kemacetan akan lebih lama. Untuk melakukan ini, Anda harus dapat memilih hari untuk mengunjungi objek wisata museum di Kota Batu, Jawa Timur.

Bagi anda yang menggunakan angkutan umum dari Malang bisa naik stasiun Malang, selanjutnya anda perlu naik angkutan umum dan turun di terminal Landungsari. Kemudian Anda perlu naik bus yang menuju Jombang, setelah itu Anda bisa turun ke Museum Angkut.

Karena biaya masuk ke destinasi wisata yang satu ini sendiri akan berbeda pada hari biasa dan akhir pekan. Untuk hari Senin sampai Kamis harga tiketnya sekitar Rp 70.000 sedangkan untuk hari Jumat sampai Sabtu harga tiketnya Rp 100.000.

Karena yang menjadi daya tarik museum ini adalah koleksinya. maka pengunjung yang membawa kamera Handycam, DSLR, Polaroid, kamera digital dll akan dikenakan biaya tambahan. Itu Rp 30.000 per kamera.

Kegiatan menarik di Museum Angkut

Kegiatan Museum TransportasiSumber gambar: Twitter Ibnu

1. Memasuki kabin VIP pesawat kepresidenan

Museum Angkut menawarkan pengunjung kesempatan untuk melihat seperti apa dari booth VIP, yang sering digunakan oleh Presiden. Meski pesawatnya adalah replika, kabin VIP Runway 27 dibuat dengan model aslinya.

Tak hanya duduk santai di kursi kabin, tapi juga masuk ke ruang kemudi, kokpit. Di sana Anda bisa melihat bagaimana rasanya menjadi pilot.

2. Berkendara dengan pahlawan super

Bagaimana rasanya berada di belakang kemudi Batmobile yang sering digunakan untuk ngebut? Museum itu sendiri memiliki teknologi VR sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman mengendarai mobil yang digunakan Batman untuk memburu musuhnya.

Anda harus memakai kacamata khusus terlebih dahulu sebelum dapat merasakan keseruan mengendarai Batmobile. Setiap kali Anda menabrak sesuatu, Anda akan merasakan kejutan di dalam mobil.

3. Jalan-jalan di Chinatown dan Batavia

Budaya negara Tionghoa sudah lama melekat di Nusantara, maka tak heran Museum Angkut juga memiliki zona khusus untuk Pecinan. Pengunjung bisa berjalan-jalan menyusuri jalan-jalan kecil yang dihiasi lampion merah khas China. Sehingga memberikan kesan berkelas bagi setiap orang yang datang ke sana.

Dari kawasan Chinatown, Anda bisa langsung memulai petualangan ke Batavia, yang dulunya adalah Jakarta. Stasiun kereta kota, yang menjadi tempat pertama menyambut masuk zona Batavia. Dan di sana Anda bisa melihat replika kereta uap hitam di masa lalu.

4. Bernyanyi dan menari dengan pahlawan super

Di museum modern ini, pahlawan super tidak hanya bisa melawan penjahat, tetapi juga menyelamatkan orang, seperti di film-film. Namun, mereka memiliki kemampuan lain, yaitu menari dan menyanyi bersama para pengunjung Museum Angkut.

Jika Anda datang ke zona Broadway pada pukul 16.30, Anda akan menemukan berbagai superhero mulai dari Superman, Spider-Man, Batman dan superhero lainnya menari mengikuti irama musik. Tentu saja Anda akan menemukan kesurupan yang menarik ketika Anda sampai di sana.

5. Tonton acara pemetaan 3D

Aktivitas seru yang bisa kamu nikmati adalah menonton tayangan pemetaan 3D. Jika Anda ingin melihat pertunjukan ini, Anda harus sudah berada di Museum Angkut pada malam hari. Karena acara ini jam 19:45.

Dimana bangunan di dalam museum akan menampilkan gambar tiga dimensi yang sesuai dengan subjek yang akan ditampilkan. Tentu saja, menikmati malam di musim foto ini pasti akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.

6. Bisa belajar tentang budaya nusantara melalui koleksi topeng

Jika Anda puas melihat berbagai jenis kendaraan khas negara Indonesia bahkan luar negeri. Maka kini saatnya melihat seperti apa budaya nusantara melalui kumpulan ratusan topeng dari Sabang hingga Merauke.

Jika penasaran dengan koleksi topengnya, Anda bisa masuk ke Museum Pusaka Indonesia. Keunikan topeng berbentuk sempurna pasti akan menginspirasi Anda. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang sangat menyukai seni dan budaya.

Namun, tidak hanya topeng saja yang bisa dilihat di tempat ini, ada beberapa koleksi lain dari berbagai daerah di Indonesia. Dan jangan lupa untuk membaca deskripsinya agar kamu tahu asal usul daerah tersebut dan sejarahnya.

Fasilitas yang tersedia di Museum Angkut Batu Malang

Fasilitas Museum TransportasiSumber Gambar: Google Maps Putri Hapsari

Museum Angkut tentunya memiliki fasilitas yang sangat lengkap karena merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Dimana hal tersebut juga menunjang kenyamanan bagi para wisatawan yang datang.

Ada tempat parkir mobil yang sangat besar di dekat area pintu masuk. Sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat parkir untuk kendaraan pribadi. Lalu ada juga restoran di zona pasar terapung atau di food court. Di mana Anda dapat menikmati makanan lezat yang pasti akan memanjakan lidah Anda.

Selain itu, terdapat fasilitas umum seperti toilet, ATM, dan lift sehingga pengunjung dapat bersantai lebih baik di museum hewan ini. Bahkan ada mobil antar-jemput yang tersedia untuk disewa jika Anda lelah berjalan di sekitar museum hewan.

Lalu ada juga mushola yang sangat bersih di museum hewan ini. Sehingga pengunjung yang beragama Islam tetap bisa beribadah dengan nyaman dan aman saat beristirahat.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda tentang Museum Angkut yang merupakan tempat wisata modern di Kota Batu. Pastikan untuk memasukkan destinasi wisata ini ke dalam itinerary dan rasakan keseruannya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button