Tempat Wisata

Pantai Iboih Sabang – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; map: Cek lokasi

Wisata pantai seringkali menjadi tujuan utama berlibur. Wisatawan menjadikan pantai sebagai destinasi populer karena banyak pemandangan dan keindahan alam yang eksotis. Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan wisata pantainya yang indah seperti Pantai Iboih. Wisatawan disuguhi kekayaan alam yang masih alami dan memiliki keindahan yang masih alami.

Secara umum, wisatawan tidak hanya menikmati keindahan yang ditawarkan laut dan pantai. Namun, fenomena alam seperti sunset dan sunset juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang menjadikan destinasi pantai sebagai tempat liburan pilihan mereka. Karena itu, banyak pengelola yang merombak dan merenovasi fasilitas pantai yang ada.

Renovasi tersebut dilakukan dengan tujuan agar wisatawan yang berada di pantai bisa betah berlama-lama. Diharapkan juga para wisatawan tetap antusias berkunjung. Terletak di Sabang, pantai ini memiliki banyak cerita keindahan. Bagi para traveller yang belum pernah ke Pantai Iboih, berikut beberapa hal menarik terkait pantai cantik ini.

Objek Wisata Pantai Iboih

Pemandangan di pantai IboihKredit foto: Google Maps Michael LIU

1. Memiliki hutan lindung

Bagi wisatawan yang belum pernah bertemu dengan keindahan hutan lindung, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi pantai ini. Pasalnya, pantai ini memiliki kawasan hutan lindung yang memiliki keindahan tumbuhan dan pepohonan yang menarik. Area pantai dikelilingi oleh hutan lindung, sehingga wisatawan dapat bersantai sambil mengamati tanaman dan tidak akan merasakannya.

Hutan lindung di kawasan ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer. Karena keindahannya tak hanya terletak di pantai dan lautnya saja, tapi juga tumbuh-tumbuhan di sekitarnya.

Saat pengunjung menunggu matahari terbenam, keindahan sunset yang diselimuti keadaan langit yang berwarna jingga merona akan sangat terlihat, membuat pantai terlihat eksotis.

2. Keajaiban dunia bawah laut

Umumnya pantai langka yang menampilkan keindahan alam bawah laut. Pengunjung harus menyelam untuk menikmati wahana bawah laut. Namun berbeda dengan Pantai Iboih. Pantai ini memiliki pemandangan bawah laut yang alami. Pemandangannya bisa dilihat langsung tanpa harus menyelam.

Hal ini membuat banyak wisatawan semakin bersemangat untuk mengunjungi pantai ini. Pengelola juga menyediakan beberapa alat yang dapat digunakan wisatawan jika ingin menikmati keindahan alam bawah laut. Wisatawan dapat melihat ikan-ikan kecil, kemudian beberapa makhluk laut lainnya, dan banyak lagi.

Pemandangan ini tentu bisa mengundang kedamaian dan ketenangan. Pemandangan darat menawarkan keindahan yang eksotis, namun pemandangan bawah laut menawarkan ketenangan bagi yang menikmatinya.

3. Keindahan matahari terbit

Wisatawan selalu menantikan momen saat matahari terbit di Pantai Iboih. Terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang indah. Hal ini dikarenakan letak geografis pantai ini sangat mendukung terbitnya matahari.

Jika wisatawan ingin menikmati keindahan sunset juga bisa, namun keindahannya akan sedikit berkurang dan tidak akan sama dengan pantai pada umumnya. Saat mentari pagi mulai menampakkan keberadaannya, wisatawan bisa melihat akan ada kabut yang indah.

Suasana segarnya udara pagi dengan keindahan pantai dan laut sukses membuat suasana sunrise semakin mempesona. Banyak wisatawan menganggap momen ini sebagai momen yang sangat penting. Karena Anda menikmati keindahan alam yang luar biasa dan belum terjamah.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Pantai Iboih

Alamat Pantai IboihSumber gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Pernahkah Anda mendengar istilah Kota Sabang? Banda Aceh sering disebut kota Sabang atau ujung Indonesia. Banyak destinasi wisata pantai di pulau ini yang masih alami dan memiliki keindahan yang luar biasa, termasuk Pantai Iboih. Pantai ini terletak di provinsi Aceh, tepatnya di kota Sabang, di wilayah Sukakarya.

Untuk menuju tempat wisata pantai ini juga sangat mudah. Setiap wisatawan, baik lokal maupun asing, dapat dengan mudah mengunjungi pantai ini. Selain itu, transportasi umum dapat dengan mudah ditemukan. Juga rute menuju tempat pantai ini.

Saat pengunjung memulai pemberangkatan dari Banda Aceh bisa langsung menuju lokasi Pelabuhan Lue-Lue, banyak rambu-rambu jalan yang harus diikuti. Ada dua cara untuk sampai ke tempat ini. Bisa dilakukan dengan speedboat dengan waktu tempuh sekitar 45 menit atau dengan kapal ferry dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Tentu saja kedua tarif tersebut berbeda.

Setelah wisatawan tiba di pulau Weh dengan Pantai Iboh, mereka dapat menggunakan transportasi umum seperti bus. Waktu tempuh menuju Pantai Iboih kurang lebih 40 menit. Meskipun cukup panjang, wisatawan akan menemukan banyak pepohonan rindang yang indah di sekitar jalan menuju pantai yang masih memiliki nuansa alam.

Tiket Masuk Pantai Iboih

Tiket Masuk Pantai IboihKredit foto: Google Maps Riau Magz

Terkenal dengan keindahan laut, pantai dan hutannya yang terlindung, Pantai Iboih tidak memungut biaya apapun bagi pengunjung yang datang. Pantai ini bisa dikunjungi kapan saja dengan gratis. Namun, juga pada hari libur nasional. Pengunjung hanya perlu membayar biaya menginap untuk sampai ke pantai ini.

Meski akomodasi di pantai ini berbayar, harganya tidak terlalu mahal. Jika wisatawan menggunakan speedboat, hanya perlu membayar 50.000. Bagi yang menggunakan feri maka dikenakan biaya sebesar 20.000.

Kedua harga akomodasi tersebut berbeda karena waktu tempuh yang berbeda. Pengunjung tidak perlu khawatir merogoh kocek dalam-dalam begitu sampai di Banda Aceh.

Aktivitas Seru di Pantai Iboih

Aktivitas seru di Pantai IboihKredit Foto: Google Maps Mama Shakila Channel

Padahal, ada banyak aktivitas pantai yang bisa dilakukan. Mulai dari berenang, memancing dan masih banyak lagi. Namun yang membedakannya adalah keindahan dan pemandangan yang dipajang. Pantai Iboih memiliki keindahan alam yang luar biasa yang membuat pengunjung betah selama menginap di pantai ini. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini.

1. Jelajahi

Saat jelajah pada umumnya di hutan atau di pegunungan, akan sangat berbeda dengan pantai yang satu ini. Pengunjung dapat menjelajahi pantai ini dan menikmati berbagai keindahan alam. Tempat yang akan diteliti adalah garis pantai. Pantainya cukup panjang, yang lebih menarik minat wisatawan.

Pengunjung bisa menemukan berbagai hal menarik di bibir Pantai Iboih. Misalnya ada bebatuan yang ditata sangat menari, kontur pantai yang bagus dan masih banyak lagi.

2. Snorkeling

Siapa yang tidak suka dengan kegiatan ini? Snorkeling merupakan salah satu kegiatan yang paling diminati oleh wisatawan karena kegiatan ini dapat menawarkan pemandangan yang indah dan luar biasa yang belum pernah ditemukan di darat. Membenamkan diri dalam keindahan dunia bawah laut adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk penyelam profesional tentunya bisa menyelam secara mandiri dengan peralatan yang lengkap. Kemudian wisatawan yang masih amatir atau pemula diberikan pemandu atau trainer yang bisa mengawasi mereka selama proses menyelam.

Akomodasi murah terdekat ke pantai

Reddoorz SyariahSumber gambar: Twitter teman liburan

Bagi wisatawan yang memiliki tempat terpencil, sangat disarankan untuk mencari akomodasi. Pasalnya, saat Anda berkunjung ke pantai ini, pasti akan membutuhkan banyak waktu untuk menikmati keindahan yang lebih memuaskan. Berikut ini adalah beberapa penginapan yang memiliki jarak terdekat dengan Pantai Iboih.

1. Reddoorz Syariah

Penginapan ini mendapat rating yang bagus karena cukup dekat dengan pantai. Bahkan jika Anda tidak segera memesan, Anda mungkin kehabisan ruang. Fasilitas di hotel ini cukup lengkap. Bahkan pengunjung bisa menikmati TV, AC hingga WiFi. Jika ingin menginap di sini, pengunjung hanya perlu membayar sekitar 250.000 per malam.

2. Bungalo & Restoran Olala

Akomodasi dengan restoran ini memiliki harga yang cukup masuk akal. Hanya perlu membayar 230.000 untuk setiap malamnya, pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas yang lengkap. Kemudian yang terbaik adalah penginapan ini sangat dekat dengan pantai.

3. Bungalo Oyo

Penginapan yang mengutamakan pelayanan dan fasilitas ini kerap dipadati pengunjung. Penginapan ini juga terkenal dengan kebersihannya. Meski sedikit mahal, kualitas tidur dijamin di sini. Harga yang ditawarkan untuk setiap malamnya berkisar antara 290.000 hingga 310.000 rupiah.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Iboih Sabang

Fasilitas Pantai Iboih SabangKredit foto: Google Maps Rizki Foody

Pantai ini dikenal memiliki fasilitas yang lengkap. Hal ini dikarenakan pantai ini telah menjadi destinasi yang banyak dikunjungi oleh banyak orang. Dengan ini, pengelola akan mengevaluasi kualitas fasilitas di kawasan ini dalam jangka waktu tertentu.

Kemudian selalu berikan update pada beberapa fasilitas. Dengan tujuan agar wisatawan bisa betah. Meski merupakan kawasan yang banyak dikunjungi, namun kebersihan tempat ini selalu diperhatikan.

Pantai Iboih adalah tujuan wisata yang terkenal dan paling banyak dikunjungi di Sabang. Hal ini tentu sangat disayangkan bagi wisatawan yang belum pernah ke tempat ini. Anda tidak perlu khawatir tentang jam buka. Karena setiap pengunjung bisa menikmati keindahan pantai ini kapan saja dan tanpa batas waktu. Pantai ini juga tidak memungut biaya masuk.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button