Tempat Wisata

Keindahan Pantai Indrayanti, surga laut yang eksotis di Jogja

Pantai Indrayanti Salah satu wisata bahari di Gunung Kidul, Jogja yang menawarkan keindahan alam bak langit. Pantai yang eksotis dengan pasir putih yang mempesona dan fasilitas wisata yang memadai.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Pariwisata di Yogyakarta memang tiada duanya, mulai dari budaya, seni, pendidikan hingga keindahan pantainya yang patut diacungi jempol. Banyak sekali hal menarik yang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang selalu rindu untuk berkunjung. Pengingat sejarah masa lalu yang tercermin dalam bangunan yang terdaftar adalah bagian dari pesona yang diingat banyak pengunjung.

Ada satu kawasan keindahan bahari yang tiada duanya yaitu Gunung Kidul. Pantai Indrayanti adalah berapa banyak orang yang tahu tujuan ini. Pemandangan eksotis yang dipadukan dengan cerita mistis menjadi salah satu keunggulannya. Maka tidak heran banyak orang yang datang berkunjung setiap harinya.

Saat Anda berada di sekitar, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak melihat keindahan dan menghilangkan penat yang menumpuk di pikiran Anda. Tentu saja juga akan ada banyak tarian dan aktivitas.

Atraksi Pantai Indrayanti

Tempat Wisata di Pantai IndrayantiKredit foto: Google Maps Angga Maviers

1. Pasir putih

Daya tarik utama dari tempat ini adalah pantai berpasir putih yang luas dan indah. Warnanya yang putih dan teksturnya yang lembut cocok untuk bersantai. Berjalan-jalan melalui daerah sekitarnya juga mudah dilakukan. Kebersihannya juga sangat terjaga, sehingga sangat cocok sebagai tempat bermain dan tentunya cocok untuk kegiatan bersama anak-anak seperti permainan pasir.

2. Terumbu Karang

Tebing karang menjulang indah di sisi pantai dengan gradasi warna dan tekstur menambah sentuhan eksotis. Cocok sebagai tempat berfoto atau sekedar menikmati aktivitas di sekitar. Panorama yang ditawarkannya menambah nilai estetika berpadu dengan suasana damai, menyejukkan tanpa riuhnya kendaraan kota besar.

3. Panorama matahari terbenam

Matahari terbenam adalah yang paling menarik semua orang untuk mengunjungi dan menghabiskan sore hari dengan suasana romantis di Pantai Indrayanti. Tentu saja fenomena ini juga ada di tempat lain, namun sensasi yang ditawarkan tentu berbeda. Jika Anda memang pecinta panorama alam yang masih alami, maka singgah di sini akan menjadi pilihan terbaik.

4. Pemandangan Laut

Pemandangan laut lepas yang membentang tak berujung dengan air biru jernih tak bisa dipungkiri oleh mata yang memandangnya. Semuanya akan disajikan kepada Anda setibanya di pintu masuk. Setelah beberapa saat, perasaan lega, tenang, dan damai muncul. Tentunya dengan gambar ini sangat cocok jika anda ingin menyegarkan kembali otak anda dari kepenatan akibat beban kerja.

5. Wahana ekstrim

Daya tarik lain yang mungkin hanya bisa ditemukan di beberapa destinasi laut adalah penyediaan wahana ekstrim. Salah satunya yang bisa Anda temukan adalah jet ski dengan biaya sewa yang cukup murah. Kondisi ombak yang mendukung memastikan pengalaman berkendara di laut lepas yang luas. Layanan mengemudi profesional juga tersedia untuk pemula.

6. Kafe dan restoran

Bagi Anda yang menyukai kelezatan kuliner, tempat ini pasti akan menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya, berbagai restoran dan kafe berjejer rapi di sekitar tempat ini menawarkan sajian makanan yang enak dan lezat. Tentunya hal ini membutuhkan anggaran yang baik agar tidak ada biaya liburan yang bocor.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Indrayanti

Alamat Pantai IndrayantiKredit foto: Google Maps Nurul Meita Ramadhiyani

Alamat wisata pantai indah ini berada di Desa Tepus, Gunung Kidul. Lokasinya juga tidak jauh dari beberapa destinasi bahari lainnya seperti Sundak, Omandeng, Sadranan dan juga Ngandong yang langsung ke timur. Kumpulan kawasan ini termasuk jalan-jalan yang sering dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Rute yang dapat digunakan dapat dimulai dengan titik awal di pusat kota dengan jarak sekitar 70 km. Akses yang dilalui adalah jalan Wonosari melalui sungai jalan lingkar Timur kemudian menuju ke arah Piyungan. Setelah berkendara, ikuti rambu ke Patuk ke Wonosari, lalu ke Karanjerek dan Hargosari. Rute terakhir adalah menuju Tepus lalu ikuti petunjuknya.

Anda juga dapat menggunakan jalur akses alternatif melalui area Imogiri dan kemudian melanjutkan menuju Siluk. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke Panggang dan juga Saptosari, lalu Trowono dan Baron. Dari titik ini Anda kemudian dapat melanjutkan ke arah timur dengan jarak sekitar 10 km menuju pantai Indrayanti.

Bagi Anda yang belum familiar dengan daerah-daerah tersebut, sebaiknya ambil jalur pertama. Hal yang perlu diperhatikan adalah kesiapan fisik dan performa kendaraan. Karena akses jalan yang dilalui memiliki medan yang cukup terjal untuk mendaki tanjakan dan turunan yang cukup terjal dan berbahaya.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Indrayanti Jogja

Tiket Masuk Pantai IndrayantiSumber Gambar: Google Maps pribadhi satriawan

Informasi harga tiket yang dikenakan untuk setiap pengunjung berkisar sekitar Rp 10.000. Biaya ini murah namun dapat dicapai oleh berbagai kelompok orang dari berbagai lapisan masyarakat. Selain itu, Anda tidak akan pernah menyesali pembayaran tersebut karena keindahan yang ditawarkan akan sangat memukau Anda.

Selain jumlah di atas, ada juga sejumlah pembayaran tambahan yang perlu disiapkan bagi Anda yang berniat mengunjungi Pantai Indrayanti bersama keluarga untuk kunjungan wisata. Ada biaya parkir yang dirinci sebesar Rp 4.000 untuk roda dua dan Rp 15.000 untuk roda empat. Keamanan dan ketersediaan lahan sangat terjamin oleh pengelola.

Aktivitas menarik di Pantai Indrayanti

Aktivitas di pantai IndrayantiKredit foto: Google Maps Teguh Nasa

1. Kuliner

Bepergian dan banyak aktivitas yang tentunya menguras tenaga pasti membuat perut terasa lapar. Selain itu, akses yang agak curam membuat setiap pengunjung ingin segera menyegarkan tubuh dengan air dan makanan lezat sambil melihat keindahan hamparan laut lepas. Ada banyak kafe dan restoran yang menjual bahan makanan.

2. Main jet ski

Wahana ekstrim yang patut dicoba saat mengunjungi tempat wisata ini adalah jet ski. Pengelola juga sudah menawarkan sewa dengan biaya yang bervariasi, mulai dari harga termurah yaitu hanya Rp 25.000. Jika Anda merasa belum menguasainya, bukan berarti Anda tidak bisa menikmatinya, karena ada juga layanan mengemudi profesional.

3. Melihat keindahan matahari terbenam

Sunset View adalah permainan utama, dimanapun dan kapanpun seseorang melakukan aktivitas pariwisata. Apalagi saat mengunjungi tempat-tempat yang menawarkan alam sebagai objeknya. Di Pantai Indrayanti Anda bisa mendapatkan semua pengalaman tersebut. Kesannya sama sekali tidak kalah dengan tempat lain.

4. Bermain di pantai

Jika Anda tidak suka berenang atau tidak bisa berenang dengan baik, Anda bisa bermain pasir di sekitar pantai. Hamparan pasir putih bersih dan lembut yang luas sangat cocok untuk tempat menghabiskan waktu, terutama bersama anak-anak. Ombaknya juga tidak terlalu berbahaya, jadi Anda bisa melakukan aktivitas di sekitarnya.

5. Ambil foto

Bepergian tanpa mengabadikan momen melalui fotografi pasti akan terasa kurang. Selain itu, kebutuhan untuk update di media sosial adalah suatu keharusan di zaman sekarang ini. Di sana Anda akan menemukan banyak tempat terbaik sebagai latar belakang. Abadikan setiap momen terbaik dengan bidadari yang tepat agar rekaman yang Anda terima juga dapat diunggah.

6. Berkemah

Garis pantai yang jauh dan luas bisa dimanfaatkan untuk bermalam bersama dengan mendirikan tenda. Tentunya semua perlengkapan dan bahan yang diperlukan bisa disiapkan dari rumah. Selain itu, tribun di sekitarnya hanya buka hingga sore hari. Abadikan matahari terbit dan nikmati pemandangan malam yang menyedihkan ditemani cahaya bulan dan bintang.

7. Menikmati keindahan laut lepas

Bagi Anda yang menyukai pemandangan laut lepas yang biru dan menenangkan, pantai Indrayanti adalah pilihan yang tepat. Menawarkan pesona alam yang indah dengan pepohonan hijau yang rindang menambah kesejukan. Selain itu, gradasi warna air laut yang indah juga menjadi nilai tambah, duduk dan jalan-jalan adalah cara terbaik menikmati liburan di sana.

Penginapan murah di sekitar pantai Indrayanti

Akomodasi di pantai IndrayantiKredit foto: Google Maps Yogi Trilaksono

1. OYO 2634 Griya Birowo Syariah

OYO 2634 Griya Birowo Syariah merupakan akomodasi terdekat yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang berwisata ke tempat wisata Indrayanti dari luar kota. Kamar yang disediakan memiliki fasilitas yang cukup baik dengan kebersihan dan perawatan yang baik. Untuk menginap Anda harus menyediakan Rp 151.000 per malam.

2. Akomodasi Barokah

Barokah Inn merupakan alternatif resort yang bisa Anda pilih karena dekat dengan tempat tersebut. Jarak yang harus ditempuh sekitar 6,61 kilometer. Jumlah kamar yang tersedia juga terbatas. Jika Anda tertarik untuk tinggal di sini Anda perlu mengalokasikan anggaran ekstra. Adapun biaya yang harus dibayarkan per malam, Rp 264.807,-.

3. Jaya Wonosari

Hotel ini paling dekat dengan Pantai Indrayanti dengan jarak 19,88 km. Bentuk kamar menyerupai kos-kosan. Fasilitas yang ditawarkan lumayan untuk ukuran akomodasi standar. Kebersihan dan perawatan infrastruktur yang ada sangat baik dilakukan, sehingga sangat nyaman. Harga untuk satu malam adalah Rp 250.000.

4. Resor Azana Hijau

Penginapan ini memiliki pemandangan halaman hijau yang indah. Jumlah kamar yang tersedia cukup banyak dengan dukungan penuh. Kebersihan dan kenyamanan yang ditawarkan sangat terjaga. Jika ingin bermalam selama perjalanan dan/atau menyewa salah satu kamar untuk beristirahat, dikenakan biaya Rp 250.000.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Indrayanti Jogja

Fasilitas Pantai Indrayanti JogjaKredit foto: Google Maps Ratno Partawi

Fasilitas properti telah sepenuhnya disediakan oleh pengelola. Biaya yang diperoleh digunakan sebagai modal untuk perbaikan dan pemeliharaan sarana prasarana yang ada. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Karena keamanan dan segala kebutuhan penunjang dapat dengan mudah didapatkan.

Fasilitas penunjang yang dimaksud antara lain mushola, fasilitas en suite, parkir mobil serta kafe dan restoran. Sedangkan wahana yang ditawarkan juga sangat menarik, seperti jet ski dan berbagai jenis lainnya. Pembaruan dan penambahan sarana dan prasarana pendukung terus dilakukan untuk memberikan kenyamanan pengunjung.

Demikian uraian singkat mengenai hal-hal yang ada di pantai Indrayanti, yang bisa dijadikan referensi untuk merencanakan liburan Anda. Akan ada banyak keunikan, pesona dan hal-hal mengesankan yang akan mewarnai waktu Anda bersama keluarga atau teman. Tidak ada salahnya mampir sambil berwisata di sekitar kawasan Yogyakarta.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button