Tempat Wisata

Pantai Sendang Biru, pesona pantai yang asri dan asri di Malang

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Seperti yang telah diketahui sejak lama, Malang merupakan salah satu daerah yang menawarkan berbagai tempat wisata yang memukau. Banyak sekali pantai-pantai indah yang ada di kawasan ini dan semuanya memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri yang dapat membuatnya semakin diminati oleh para penggemarnya, salah satunya adalah Pantai Sendang Biru.

Pantai ini sebenarnya terletak di daerah Malang Selatan dan terkenal dengan air lautnya yang berwarna biru cerah. Karena pantai ini berada di tepi laut, ia dapat menawarkan pemandangan laut yang begitu indah sehingga pengunjung akan dibuat takjub dengan gambar laut yang muncul tanpa henti.

Banyak sekali hal menarik yang bisa pengunjung temukan di pantai ini. Tak hanya cantik, pantai ini kerap menjadi tempat yang sayang untuk dilewatkan saat berada di Malang.

Daya Tarik Pantai Sendang Biru

Daya tarik pantai musim semi yang biruKredit foto: Instagram Hizbul Maulana

1. Lokasi Pantai Keren

Daya tarik pertama yang dimiliki Pantai Sendang Biru adalah lokasi pantainya yang begitu sejuk. Di tempat ini, pengunjung tidak perlu khawatir kulitnya akan terbakar matahari di siang hari karena pantai ini sangat sejuk dan dijamin akan melindungi pengunjung dari sengatan matahari.

Hal itu bisa terjadi karena pantai ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan dedaunan yang cukup lebar. Sebut saja pohon kelapa dan berbagai pohon lainnya yang berperan penting dalam menjaga keserasian dan kesejukan suasana di pantai ini. Keberadaan pohon tersebut juga mampu membuat udara pantai menjadi sangat segar dan alami.

2. Suasana tenang dan damai

Selain itu, Pantai Sendang Biru memiliki suasana yang cukup tenang dan damai. Anda tidak akan mendengar suara bising yang terkadang mengganggu pengunjung, seperti suara knalpot kendaraan, suara manusia yang mengganggu dan sebagainya. Sebaliknya, Anda akan dimanjakan dengan suasana teduh yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Oleh karena itu, pantai ini disebut sebagai pantai yang sempurna untuk relaksasi diri, baik bersama keluarga maupun sendirian. Rasa damai yang tidak bisa dirasakan di perkotaan dapat menenangkan pikiran kita dan melupakan segala masalah atau pekerjaan berat yang terkadang membuat otak kita lelah.

3. Deburan ombak

Seperti yang sudah disebutkan, pantai ini memang terkenal dengan ombaknya yang begitu populer di kalangan peselancar. Bagaimana tidak, ombak di sini cukup besar dan bisa membantu para peselancar merasakan sensasi digulung ombak laut yang sangat mengasyikkan.

Meski begitu, pengunjung tidak perlu terlalu khawatir jika ingin berenang di pantai ini. Karena ombak di sekitar pantai tidak terlalu besar bahkan terasa cukup tenang, Anda dan pengunjung lainnya tidak perlu khawatir tersapu ombak saat berenang di tepi pantai. Namun demikian, orang harus berhati-hati di tempat ini.

4. Tempat favorit ikan cantik

Objek Wisata yang Dimiliki oleh Blue Spring BeachKredit foto: Instagram Hizbul Maulana

Salah satu alasan utama yang membuat Pantai Sendang Biru begitu populer di kalangan wisatawan adalah karena merupakan tempat yang sangat alami yang dapat memukau siapa saja. Banyak hal yang membuat pantai ini begitu populer tidak hanya di kalangan masyarakat tetapi juga dengan ikan-ikan yang terkadang melintas di bawah air yang jernih.

Ikan-ikan tersebut dari berbagai spesies yang sama-sama cantik dan Anda dapat dengan mudah mengamati perilaku mereka begitu Anda berada di atas kapal. Apalagi saat hari cerah dan matahari bersinar terik, Anda bisa melihat betapa asyiknya ikan-ikan berenang di bawah air yang tenang.

5. Pemandangan matahari yang menakjubkan

Semua pantai memang terkenal dengan pemandangan matahari yang indah, dan Pantai Sendang Biru juga memilikinya. Menghadap ke laut selatan, pantai ini tentu mampu menampilkan pemandangan matahari kepada pengunjung, baik itu terbenam bebas maupun terbit.

Di tempat ini tidak ada kendala, tidak seperti daerah perkotaan atau pedesaan yang terhalang oleh bangunan tertentu yang membuat kita sulit melihat matahari. Karena kelebihan tersebut, banyak pengunjung yang menyarankan untuk mengunjungi tempat ini pada sore hari sebelum matahari terbenam.

6. Asal-usul yang menarik

Daya tarik terakhir yang dimiliki pantai ini adalah asal usulnya yang cukup menarik. Ada beberapa cerita mistis di sekitar pantai ini dan itu berasal dari cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi oleh orang-orang yang tinggal di sekitar tempat itu.

Namun kabarnya sejarah penamaan pantai ini tak lepas dari keberadaan mata air di bawah bukit. bulu atau musim semi Memiliki air yang biru dan sangat jernih, sehingga konon pantai ini bernama Sendang Biru.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Mata Air BiruSumber gambar: Twitter kebanyakan orang indonesia

Pantai Sendang Biru terletak di Kecamatan Sumbermanjing, salah satu kecamatan yang masih berada di lingkar yang sama dengan Kabupaten Malang di Jawa Timur. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dan sulit dijangkau akan membantu pengunjung untuk mencapai lokasi dengan mudah. Namun, pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum di sini.

Anda bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Malang karena jaraknya hanya sekitar 65 kilometer. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju kawasan Galang kemudian terus ikuti petunjuk arah untuk sampai ke Pabrik Gula Krebet. Dari pabriknya banyak sekali petunjuk arah yang harus diperhatikan untuk menuju ke pantai sehingga tidak perlu khawatir tersesat.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Pantai Blue SpringKredit Foto: Instagram Wisata Malang Raya

Tidak jauh berbeda dengan tempat wisata lainnya, jika ingin berkunjung ke Pantai Sendang Biru juga akan dikenakan biaya masuk. Biaya masuk yang perlu dikeluarkan untuk menikmati semua keindahan pantai ini juga tidak terlalu mahal, yaitu hanya sekitar 12.000 rupiah untuk satu orang.

Harganya tentu saja sangat murah sehingga mampu menarik banyak peminat untuk berkunjung ke pantai ini. Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar tiket parkir, tergantung kendaraan yang dibawa. Namun, harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada perubahan kondisi dan situasi.

Aktivitas Menarik di Pantai Sendang Biru

Aktivitas Pantai Mata Air BiruKredit foto: Facebook Kabar Surabaya

1. Naik perahu

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Pantai Sendang Biru adalah naik perahu. Perahu bisa disewa dengan harga yang cukup bersahabat dan Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Dengan perahu ini Anda akan diajak oleh para nelayan untuk mengelilingi kawasan laut yang mempesona. Anda bisa melihat dengan mata kepala sendiri betapa indahnya pemandangan yang ada di tempat ini, begitu juga dengan pemandangan bawah lautnya, yang bisa terlihat jelas secara sepintas meski Anda tidak menyelam ke dalamnya.

2. Kunjungi Pulau Sempu

Ada sebuah pulau kecil di pantai ini yang dianggap sangat dilindungi oleh pemerintah karena pulau ini sebenarnya adalah cagar alam yang dikelola dengan sangat hati-hati. Pulau ini bernama Pulau Sempu dan letaknya tidak terlalu jauh dari Sendang Biru, bahkan bisa dibilang cukup dekat.

Pengunjung yang mampir ke pantai ini akan selalu melihat seperti apa kondisi Pulau Sempu. Hamparan yang tidak terlalu luas menjadikan pulau ini begitu banyak keindahan alam yang masih belum terjamah oleh tangan manusia biasa, sehingga tidak heran jika pulau ini sangat dilindungi. Untuk mengunjungi pulau ini Anda perlu merogoh kocek sebesar 100.000 rupiah.

3. Memancing

Yang membuat pulau ini begitu terkenal adalah ikannya yang sangat beragam dan berukuran besar. Ikan ini mudah ditangkap saat hari semakin sore dan airnya cukup tenang.

Anda bisa mengikuti nelayan mencari ikan dan melihat sendiri betapa seru prosesnya. Jika beruntung bisa mendapatkan ikan berukuran jumbo yang tentunya sangat enak untuk diolah dengan racikan dapur yang menggiurkan.

4. Lihat pesta adat

Jika Anda berkunjung ke Pantai Sendang Biru pada bulan September, jika Anda datang di waktu yang tepat, Anda dapat melihat adat tradisional masyarakat sekitar. Pestanya khusyuk dan Anda bisa melihat keindahan yang ditawarkan oleh masyarakat.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di dekat Pantai Mata Air BiruKredit Foto: Google Maps Kukuh Hari Prayogo

1. Pondok Bambu

Penginapan pertama yang bisa kamu pilih saat ingin mengunjungi Pantai Sendang Biru adalah Pondok Bamboe. Untuk menginap di tempat ini Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari 340.000 rupiah per malam. Jaraknya sendiri cukup dekat dengan pantai yang hanya sekitar 2 kilometer.

2. Homestay Ariesta

Selain itu, ada Homestay Ariesta yang lokasinya sangat dekat dengan kawasan pantai yang indah ini. Penginapan yang satu ini memang sudah lama dikenal sebagai pilihan yang tepat bagi wisatawan luar kota yang berkunjung ke pantai yang satu ini. Harga yang harus dikeluarkan untuk menginap disini masih ramah dompet.

3. Lina homestay

Terakhir adalah Lina Homestay. Dengan jarak yang cukup dekat yaitu 5 kilometer dari kawasan pantai, Anda bisa menginap di sini dengan harga yang terjangkau mulai dari 260.000 per malam. Fasilitas penginapan juga sangat memuaskan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Mata Air BiruKredit Foto: Google Maps Warung Bu Wit Ikan Bakar Sendang Biru

Seperti tempat wisata lainnya, Pantai Sendang Biru juga menawarkan fasilitas yang dapat membantu pengunjung merasa senang. Ada toilet, warung makan, persewaan perahu, tempat parkir, gardu jaga, tempat ibadah dan lain sebagainya.

Semua fasilitas tersebut dapat digunakan oleh pengunjung secara gratis. Meski tidak selengkap pantai lainnya, namun fasilitas tersebut tetap menjamin pengunjung merasa nyaman dan tidak ada masalah lagi.

Selain itu, pengamanan di pantai ini juga tidak boleh dianggap remeh. Karena itu, pengunjung yang berlibur di tempat ini dapat merasakan suasana liburan tanpa diganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian informasi yang bisa anda dapatkan tentang Pantai Sendang Biru. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Malang bisa menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini wajib dikunjungi saat berkunjung ke kota apel.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button