Tempat Wisata

Pantai Pok Tunggal, pantai berpasir putih yang indah di Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantainya menawan, menarik untuk dijelajahi di Gunungkidul. Pantai berpasir putih yang menawarkan keindahan yang mempesona dan merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

harga tiket: Rp3.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tepus, Kec. Tepus, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Liburan adalah waktu yang paling ditunggu oleh banyak orang. Saat liburan tiba, tempat-tempat wisata akan dipenuhi wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal yang berlibur, wisatawan mancanegara juga akan menghabiskan waktu di tempat-tempat wisata. Salah satu tempat yang akan dipenuhi wisatawan adalah Pantai Pok Tunggal.

Pantai ini sudah dikenal banyak orang terutama yang tinggal di daerah Gunung Kidul. Pantai memiliki daya tarik yang kuat, sehingga dapat menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Oleh karena itu, pantai ini selalu menjadi andalan Gunung Kidul.

Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berlibur. Banyak orang yang merekomendasikan untuk mengunjungi Pantai Pok Tunggal saat berkunjung ke Yogyakarta. Berikut adalah beberapa informasi tentang tempat yang mungkin Anda ketahui.

Atraksi Pantai Pok Tunggal

Atraksi Pantai Pok TunggalSumber gambar: Twitter backpacker indonesia

1. Kecantikan alami

Tidak bisa dipungkiri bahwa pantai ini memiliki keindahan yang membuat orang tersipu malu. Pantai berpasir putih yang luas, angin pantai yang segar dan air pantai yang jernih memastikan semua orang betah berlama-lama di tempat ini. Oleh karena itu, banyak turis asing yang menghabiskan waktu liburannya di sini.

2. Pohon Duras

Nama tempat ini berasal dari sebuah pohon yang berdiri di pinggir pantai ini. Pohon ini hanya satu, sehingga warga sekitar sangat berhati-hati dengan pohon tersebut. Wisatawan yang datang berlibur dilarang keras merusak pohon ini karena merupakan ciri utama Pantai Pok Tunggal.

3. Buang sampah

Pantai ini cukup bersih dibandingkan dengan pantai lainnya. Pemerintah dan warga telah mengeluarkan peraturan larangan membuang sampah di kawasan wisata. Mereka tak segan-segan menjatuhkan sanksi berat kepada wisatawan yang tidak membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan.

4. Tiket murah

Jika anda mencari tempat wisata yang murah maka disinilah tempatnya. Harga tiket masuknya tidak lebih dari Rp10.000. Dengan harga segitu kamu bisa bermain sepuasnya di pantai ini. Fasilitas yang tersedia juga tidak terlalu mahal, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan masalah biaya.

5. Tempat yang bagus untuk melihat matahari terbenam

Saat sore hari tiba, banyak wisatawan memenuhi andalan pantai Gunung Kidul. Suasana dan pemandangan matahari terbenam yang indah menarik banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Bisa juga dibilang tempat yang cukup romantis sebagai tujuan liburan bersama pasangan.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Pok Tunggal

Alamat Pantai Pok TunggalKredit foto: Google Maps Jogja Tourism Indonesia0501

Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Tepus, salah satu desa di Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Diapit oleh Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal dan Pantai Siung. Anda bisa menggunakan mobil, sepeda motor atau angkutan umum.

Akses menuju tempat wisata cukup mudah. Untuk menuju tempat wisata ini lebih mudah jika Anda datang dari Wonosari, Yogyakarta, Wonogiri, Klaten, Sukoharjo dan Solo. Bagi Anda yang bukan berasal dari kota-kota tersebut, Anda bisa menggunakan jalur Yogyakarta agar lebih mudah.

Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, akan memakan waktu 2 jam atau 80 kilometer. Perjalanan dari Yogyakarta ke Wonosari. Kemudian berbelok ke selatan menuju Tepus. Setelah itu Anda akan menemukan gerbang pengiriman dan pertigaan. Setelah itu, belok kiri dan tujuan Anda sudah di depan mata.

Anda juga dapat menggunakan beberapa angkutan umum seperti bus umum atau angkutan umum lainnya. Carilah angkutan umum yang berhenti di terminal bus kota Gunung Kidul. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan ojek atau kendaraan sewa lainnya untuk mencapai Pantai Pok Tunggal.

Biaya masuk tunggal untuk Pantai Pok

Harga tiket tunggal untuk Pantai PokSumber foto: Facebook Pantai Pok Tunggal

Rata-rata tempat wisata alam di Indonesia mematok harga yang cukup murah bagi wisatawan lokal. Hal ini juga berlaku untuk Pantai Pok Tunggal. Biaya masuknya sekitar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk minibus.

Bagi Anda yang ingin berkemah, Anda harus membayar biaya tambahan. Tarif sewa camping ground mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000 per tenda per malam. Tenda dan perlengkapan camping lainnya harus dibawa dari rumah karena di kawasan wisata ini tidak ada penyewaan peralatan tersebut.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pok Tunggal

Aktivitas pantai Pok TunggalKredit foto: Tur dan Perjalanan Harga Wajar Facebook

1. Berenang

Tentunya aktivitas yang pasti bisa kamu lakukan di pantai ini adalah berenang. Air lautnya sangat bersih dan tidak gatal di kulit. Tempat wisata alam ini juga cukup aman untuk berenang karena tidak memiliki ombak yang terlalu besar.

2. Bermain pasir

Kegiatan ini disukai oleh sebagian besar anak-anak. Anda juga bisa mencobanya karena kegiatan ini cukup menyenangkan jika dilakukan oleh orang dewasa. Banyak juga wisatawan yang menuliskan nama atau gambar berukuran besar di atas pasir pantai ini karena sangat menarik saat berfoto nantinya.

3. Mendaki

Jika Anda seorang penantang maka pilihan Anda tepat saat berlibur di tempat wisata ini. Ada tebing karst yang mengelilingi Pantai Pok Tunggal. Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba memanjat tebing ini. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, bawalah perlengkapan dari rumah.

Bagi Anda yang ingin mendaki tebing ini, sangat disarankan untuk ditemani oleh orang yang sudah berpengalaman di bidangnya. Meski terlihat mudah, panjat tebing seperti ini membutuhkan keahlian di bidangnya untuk bisa sukses dalam panjat tebing. Anda juga dapat meminta bantuan penduduk setempat.

4. Menyelam dan snorkeling

Jika Anda penasaran dengan kehidupan laut yang berbeda yang hidup di pantai ini, pertimbangkan untuk menyelam atau snorkeling. Airnya yang cukup tenang membuat aktivitas ini lebih mudah bagi Anda. Anda harus membawa peralatan dari rumah untuk kegiatan ini karena tidak ada penyewaan peralatan di lokasi ini.

Bagi Anda yang ingin mengabadikan momen di bawah air, sangat disarankan untuk membawa kamera anti air. Jika Anda membawa kamera tahan air, Anda bisa menyelam dengan bebas sambil memotret keindahan bawah laut pantai yang eksotis ini.

5. Kunjungi sungai bawah tanah

Salah satu keunikan dari objek wisata alam ini adalah adanya sungai bawah tanah. Banyak wisatawan mengunjungi tempat itu karena menurut kepercayaan masyarakat setempat, airnya bisa menjadi anugerah. Air di tempat ini juga menjadi sumber air minum bagi wisatawan dan penduduk di daerah tersebut.

6. Berkemah

Tempat wisata alam ini memiliki bumi perkemahan yang sangat luas. Banyak pengunjung yang bermalam di tempat ini karena ingin mencoba pengalaman bermalam di Pantai Pok Tunggal. Anda harus membawa tenda dan perlengkapan berkemah lainnya dari rumah karena tidak ada lokasi persewaan perlengkapan berkemah di wisata ini.

7. Ambil foto

Secara keseluruhan, tempat wisata ini memiliki keindahan yang bisa dibandingkan dengan pantai-pantai di pulau Bali. Waktu terbaik bagi anda yang ingin memotret pantai ini adalah pada sore hari atau dini hari. Pada waktu-waktu tersebut terdapat sunset dan sunrise yang semakin menambah nilai keindahan tempat ini.

Akomodasi murah dekat Pantai Pok Tunggal

Akomodasi Single di Pantai PokKredit foto: Google Maps Yoga Hamtaroo

1. Putra Darma Inn

Tempat ini terletak di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di penginapan ini mulai dari Rp 200.000.

Fasilitas yang Anda dapatkan adalah meja, TV, shower, tempat parkir yang luas dan restoran. Selain itu, tempat ini juga dekat dengan toko suvenir dan mini market. Tempat ini adalah salah satu akomodasi anggaran terbaik di daerah ini.

2. Busur bambu Indrayanti

Tempat ini terletak di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di penginapan ini mulai dari Rp 350.000,00.

Fasilitas yang anda dapatkan adalah shower, tv, parkir. Layanan kamar 24 jam, restoran, dan lainnya. Desain penginapan ini cukup unik karena menggunakan bambu.

3. Homestay Taman Batu

Penginapan ini terletak di Jalan Raya Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di tempat ini mulai dari Rp 200.000.

Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti TV, kipas angin, kamar mandi pribadi dan lain-lain. Meski terlihat seperti rumah biasa, penginapan ini masih cukup nyaman jika digunakan untuk bermalam.

4. Keluarga angkat di Jogo Segoro

Penginapan ini bisa kamu temukan di kawasan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di lokasi ini mulai Rp 275.000,00.

Anda mendapatkan beberapa fasilitas umum seperti Wi-Fi, parkir, layanan kamar dan lain-lain. Tempatnya cukup nyaman dan mendapat review bagus dari sebagian besar pelanggan yang pernah memiliki pengalaman menginap di tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pok Tunggal

Fasilitas di Pantai Pok TunggalSumber gambar: Twitter Wisata Labiru

Secara umum fasilitas di pantai ini cukup memuaskan. Meski tidak selengkap, fasilitas yang ditawarkan berkualitas dan bersih. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah

1. Tempat parkir

Tempat parkir di tempat wisata ini cukup luas. Jika Anda membawa kendaraan sendiri, ada biaya parkir. Keamanan juga cukup terjamin sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang dibawa.

kamar mandi ke-2

Kamar mandi yang tersedia terlihat seperti kamar mandi umum di tempat wisata lainnya. Ada biaya untuk menggunakan fasilitas ini.

3. Restoran

Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa bahan makanan yang cukup selama liburan di tempat ini. Banyak kedai makanan lokal yang menyajikan hidangan murah dan lezat yang tentu saja sangat cocok dengan selera orang Indonesia.

4. payung

Payung ini berfungsi sebagai pelindung dari terik matahari. Anda juga bisa menyewanya jika kehabisan tempat.

Beberapa informasi di atas bisa Anda jadikan referensi jika ingin berlibur ke Pantai Pok Tunggal. Liburan ke objek wisata memerlukan informasi yang akurat dan lengkap agar dapat direncanakan dengan baik dan dilaksanakan sesuai dengan harapan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button