Tempat Wisata

Pantai Dewi Mandapa, pantai yang indah dengan panorama hutan mangrove di Lampung

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Gebang, Kec. Spiegelfeld, Kab.Pesawaran, Lampung; map: Cek lokasi

Keindahan wisata pantai tidak hanya dimiliki oleh pulau Bali saja, namun Lampung juga memiliki pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Pantai Dewi Mandapa namanya, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling direkomendasikan terutama untuk anak muda.

Pantai ini terletak di kawasan Padang Cermin, Desa Gebang, Kabupaten Pasewaran, Provinsi Lampung. Tempatnya cukup sulit untuk dilalui karena jalan menuju pantai ini tidak beraspal dan juga tidak terlalu lebar. Tapi tenang, semuanya akan terbalas dengan keindahan pantai dan objek wisata di sana.

Karena pantainya yang indah dan fasilitas wisata yang menarik, banyak wisatawan, baik lokal maupun asing, mengunjunginya. Banyak juga spot foto yang menjadi salah satu daya tarik pantai ini. Mulai dari kawasan hutan mangrove, pulau cinta yang terdapat di dalamnya, Dermaga Asmara dan masih banyak lagi.

Atraksi Pantai Dewi Mandapa

Pantai Dewi MandapaSumber Gambar: Google Maps Ira Sw

Memang pantai ini bukan satu-satunya destinasi wisata di Lampung, namun tidak bisa dipungkiri keindahannya mampu memukau banyak wisatawan sehingga banyak yang mengunjunginya. Tak hanya turis lokal, turis asing bahkan turis asing pun berkunjung ke sana. Karena pantai ini memiliki pesona tersendiri yang tidak dimiliki pantai lainnya.

1. Kecantikan alami

Pantai Dewi Mandapa memiliki keindahan alam yang mampu menarik wisatawan untuk berduyun-duyun kesana. Berasal dari pantai yang sejuk dan indah, pasir putih, air laut biru semi hijau dan pepohonan bakau yang lebat berjajar di bibir pantai. Sungguh pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan.

2. Dewi Mandapa Pulau Cinta Pesawaran

Salah satu daya tarik pantai ini adalah Pulau Cinta Dewi Mandapa Pesawaran. Pulau cinta ini merupakan pulau kecil yang terdiri dari tumpukan pasir putih berbentuk hati yang seolah-olah mengambang di air.

Ada jembatan pejalan kaki kayu antara pantai dan pulau. Sebuah gerbang mini dibangun untuk menyambut para wisatawan. Biasanya para wisatawan menjadikan tempat ini sebagai spot foto.

Selain itu, di Pulau Cinta terdapat balkon unik berhias payung berbentuk jamur. Di sana kita bisa duduk di kursi kayu panjang khas untuk berjemur atau sekedar bersantai menikmati pemandangan pantai yang dikelilingi hutan mangrove.

3. Banyak spot foto

Objek Wisata yang dimiliki Pantai Dewi MandapaSumber gambar: Google Maps Ira SW

Tidak hanya di Pulau Cinta Dewi Mandapa Pesawaran yang bisa dijadikan spot foto, banyak area di pantai yang bisa dijadikan spot foto. Di sekitar pantai, saat ombak menghempas pantai, air lautnya berwarna biru hingga hijau.

Dan hutan bakau, ditata sedemikian rupa sehingga seolah-olah mengambang di tengah laut. Di titik ini juga terdapat kursi kayu, serta papan yang tertata rapi, yang sangat estetis sebagai spot foto.

4. Dermaga Romantis

Ada lagi spot foto yang menjadi daya tarik Pantai Dewi Mandapa, yaitu Dermaga Asmara. Dermaga Asmara sendiri merupakan dermaga yang didesain dengan kombinasi bakau dan anjungan kayu di atas air laut. Dilengkapi dengan pernak pernik, kursi dan payung, kita bisa berfoto sepuasnya disana dengan background hutan mangrove yang tidak kita dapatkan di tempat lain.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Dewi MandapaKredit foto: Google Maps Nike Mei

Pantai Dewi Mandapa terletak di kawasan Padang Cermin. Situs ini terletak di Provinsi Lampung, Kabupaten Pesawaran, Kecamatan Teluk Pandan, Desa Gebang. Pantai ini terletak di Dermaga Ketapang, di tengah penyeberangan dari Pantai Sari Ringgung ke Pulau Pahawang.

Rute yang akan dilalui adalah melalui jalan Kantor Pemerintah Kota Bandar Lampung. Perjalanan dari kota Bandar Lampung menuju kawasan Padang Cermin cukup panjang. Nanti setibanya di Padang Cermin kita akan disambut dengan akses pantai kurang lebih 0,5km. Jalan ini harus ekstra kuat untuk dilalui karena jalan belum diaspal dan lebar jalan.

Namun ada cara lain, jika kita ke sana dari arah Terminal Rajabasa, Bandar Lampung, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Rute yang bisa ditempuh adalah Jalan Pramuka, lalu ke Jalan Teuku Cik Ditiro, lalu ke Jalan Raden Imba Kusuma Ratu. Dari sana kita bisa langsung menuju kawasan Padang Cermin untuk menuju Pantai Dewi Mandapa.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Pantai Dewi MandapaSumber Gambar: Google Maps Ade N

Untuk bisa mengunjungi Pantai Dewi Mandapa kita cukup membayar biaya parkir saja. Namun bagi yang ingin menjelajah ke dalam, menuju Pulau Cinta dan Dermaga Asmara, harus membayar tiket masuk lagi. Harga yang berbeda berlaku antara hari kerja dan hari libur.

Pada hari biasa, biaya parkir motor dan mobil adalah Rp 10.000 dan Rp 30.000. Pada hari libur, biaya parkir motor dan mobil masing-masing Rp 15.000 dan Rp 50.000, sedangkan tiket masuknya sendiri memiliki harga yang berbeda.

Untuk tiket masuk dermaga, kita hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Namun untuk masuk ke spot Pulau Cinta kita harus membayar tiket masuk seharga Rp15.000 per orang. Kalau kita mau kesana sebaiknya di hari biasa, karena di akhir pekan bisa dipastikan jumlah pengunjungnya akan lebih banyak dari biasanya.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Dewi Mandapa

Aktivitas di Pantai Dewi MandapaKredit foto: Google Maps Muhammad Fajri

1. Ambil foto

Biasanya tujuan utama sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Pantai Dewi Mandapa adalah untuk berfoto. Karena spot foto yang disediakan sangat banyak dan estetis, spot foto yang ada menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

2. Jelajahi dermaga

Selain sebagai spot foto, kita juga bisa menjelajah dermaga. Karena pemandangan disana tidak kalah indahnya, sehingga bisa memanjakan mata kita.

3. Snorkeling

Bagi pecinta snorkeling tidak perlu khawatir karena kita bisa snorkeling disana. Kita bisa membawa peralatan snorkeling sendiri atau menyewa peralatan snorkeling disana dengan harga sekitar Rp 40.000. Batas aman untuk snorkeling adalah 100m dari garis pantai yang indah ini. Ada banyak ikan kecil, terumbu karang dan jika kita beruntung kita akan menemukan ubur-ubur kecil.

4. Berjemur dan bersantai

Salah satu hal yang tidak boleh kita tinggalkan ketika pergi ke pantai adalah berjemur. Kita bisa berjemur di pantai atau bisa juga di kawasan Pulau Cinta. Karena di Pulau Cinta juga terdapat balkon unik yang dihiasi dengan payung berbentuk jamur. Di sana kita bisa duduk di kursi kayu panjang khas deckchairs sambil bersantai menikmati pemandangan pantai yang didominasi hutan mangrove.

Akomodasi di sekitar

Akomodasi Pantai Dewi MandapaSumber gambar: Google Maps BATIQA Hotel Lampung

1. Batiqa Hotel Lampung

Salah satu penginapan yang bisa kita tempati saat berkunjung ke Lampung adalah Hotel Batiqa. Hotel ini mengusung konsep lokal untuk setiap kamarnya. Batiqa sendiri memiliki 108 kamar, 98 kamar superior, dan 10 suite. Harga mulai dari Rp 530.000 per malam.

2. Whiz Prime Hotel Ahmad Yani Lampung

Hotel Whiz Prime merupakan hotel bintang 3 yang sering menjadi pilihan wisatawan yang berkunjung ke Lampung. Karena kami memiliki lokasi yang strategis dan fasilitas yang lengkap, kami hanya perlu membayar Rp 420.000 per malam untuk menikmati fasilitas di sana.

3. Pop Hotel Tanjung Karang

Pilihan bagi wisatawan yang ingin menghemat uang. The Pop Hotel dikenal sebagai hotel dengan harga terjangkau. Meski kamar yang disediakan tidak terlalu besar, namun cukup nyaman untuk sekedar bersantai. Kita hanya perlu membayar Rp 280.000

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Dewi MandapaKredit foto: Google Maps Santa Julia

Keberadaan fasilitas sangat penting bagi suatu tempat wisata. Begitu juga untuk tempat wisata di Lampung. Pantai Dewi Mandapa menawarkan fasilitas yang lengkap kepada para pengunjungnya.

Fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas, toilet, pendopo, restoran bertebaran di sana-sini. Tidak hanya fasilitas umum saja yang tersedia di sana, tetapi juga fasilitas penunjang kegiatan wisata.

Fasilitas penunjangnya antara lain seperangkat peralatan snorkeling yang disediakan bagi pecinta olahraga air ini. Area spot foto seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara serta lonceng dan peluit di dalamnya yang bisa kita gunakan untuk berfoto dan bersantai. Seperti kursi, papan, payung sebagai tempat berteduh dan masih banyak lagi.

Itu tadi ulasan singkat tentang Pantai Dewi Mandapa. Pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika kita ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Walaupun perjalanan menuju kesana cukup sulit dan penuh dengan kecuraman, namun semua itu akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan dan tempat wisata yang ada disana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button