Tempat Wisata

Pulau Cinta Gorontalo – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Cinta merupakan salah satu destinasi wisata bahari paling romantis di Gorontalo. Pulo Cinta adalah eco-resort berbentuk hati yang unik, mirip dengan resort di Maladewa.

Biaya Tur: Mulai dari Rp 3.000.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Patoam, Kecamatan. Botumoito, taksi Boalemo, Gorontalo; map: Cek lokasi

Jauh dari hiruk pikuk kota, Pulau Cinta bahkan menjadi destinasi wisata alam yang sangat populer sebagai pulau terpencil di Gorontalo. Hamparan pasir putih yang indah, laut yang jernih dengan terumbu karang yang mempesona dan hutan mangrove yang indah sangat menarik bagi pengunjung.

Pulau di Teluk Tomini, Gorontalo ini tak hanya terkenal dengan panorama alamnya yang luar biasa, juga konon memiliki legenda yang tak kalah romantisnya dengan tempat wisata lainnya. Konon dahulu pulau ini merupakan tempat persembunyian dan saksi bisu cinta terlarang antara putri cantik putra saudagar Belanda dengan Pangeran Gorontalo.

Didukung oleh legenda dan keindahan alam yang mempesona, pulau berbentuk hati ini semakin populer di kalangan pasangan dan keluarga. Apalagi eco-resort yang mengelola tempat ini juga semakin menambah daya tarik dan menambah pesona pulau tujuan wisata ini.

Tempat wisata pulau cinta gorontalo

Tempat wisata Pulau Cinta GorontaloSumber gambar: Google Maps Ebt Esdmgorontalo

1. Pulaunya berbentuk hati

Seperti namanya, pulau ini pun memiliki bentuk hati yang sangat terlihat jika dilihat dari atas. Bentuknya yang unik ini memberikan sentuhan romantis bagi pasangan yang datang ke sini untuk berlibur dan berbulan madu.

2. Tempatnya cocok untuk fotografi

Pemandangan alam yang memukau membuat aktivitas liburan Anda di pulau berbentuk hati ini sangat cocok untuk diabadikan dalam potret kamera.

3. Pemandangan langit yang indah

Dari area ini Anda bisa melihat hamparan bintang di langit malam. Bintang-bintang ini akan menerangi malam Anda ketika Anda bepergian ke sini. Tempatnya sangat jauh dari kota sehingga langit terlihat bersih tanpa polusi udara.

Anda juga tidak perlu repot berjalan jauh, karena Anda bisa melihat sunset dan sunrise secara bersamaan dari gubuk tempat Anda menginap di Pulo Cinta.

4. Pesona laut yang biru jernih

Lokasinya yang jauh dari kota dan terlindung dari polusi air membuat langit di sekitar pulau begitu jernih dan memancarkan warna biru safir yang mempesona. Laut yang jernih memungkinkan wisatawan untuk menikmati pemandangan indah di balik laut.

5. Akomodasi berdiri di atas air

Penginapan berupa rumah panggung di tengah laut menjadi salah satu ikon wisata kawasan ini. Selain itu, penginapan yang terbuat dari kayu dan beratap jerami ini mengusung konsep ramah lingkungan, sehingga wisatawan tidak perlu takut akan dampak tempat wisata ini terhadap lingkungan alam pulau.

6. Snorkeling langsung dari mana saja di area resor

Objek Wisata yang dimiliki oleh Pulau Cinta GorontaloSumber gambar: Google Maps Armando Perdana

Dari gubuk tempat Anda menginap, wisatawan bisa langsung berenang dan menikmati keindahan laut di bawah tempat tidur. Anda tidak perlu repot untuk melakukan perjalanan jauh karena Anda dikelilingi langsung oleh laut dengan keindahan yang luar biasa.

7. Tempat menyelam yang mempesona

Ada beberapa area untuk menyelam atau scuba diving dengan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Di sana pengunjung dapat melihat berbagai jenis biota laut di Gorontalo serta berbagai terumbu karang yang indah. Lokasi dapat dicapai dengan perahu yang disewa dari pengelola.

8. Tempat yang bagus untuk bermeditasi

Lokasinya sebagai pulau terpencil membuat Pulau Cinta Gorontalo begitu tenang dan jauh dari polusi udara, suara dan air. Alasan ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan melepaskan diri dari hal-hal tersebut serta bermeditasi sejenak untuk menyatu dengan alam.

9. Hutan mangrove yang lestari

Wilayah pesisir pulau ini dikelilingi oleh hutan bakau yang cukup besar. Hutan ini tidak hanya berfungsi untuk melindungi pulau dari air pasang, tetapi juga menarik pengunjung untuk berpetualang di sekitar hutan dan menikmati pemandangan yang tidak kalah luar biasa.

10. Dikelilingi oleh pulau-pulau kecil

Bagi wisatawan yang bosan dengan wisata air, Anda bisa menyewa perahu dan menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitar tempat wisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Tempat Wisata Pulo Cinta

Alamat Pulo CintaKredit Foto: Saluran Yoman Google Maps

Destinasi wisata alam yang terkenal sebagai tempat bulan madu bagi pasangan muda ini terletak di Teluk Tomini, Desa Patoameme, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

Wisatawan yang datang dari luar wilayah Sulawesi dapat mengambil jalur penerbangan menuju Bandara Jalaluddin, Gorontalo. Pelajaran penerbangan pagi sangat dianjurkan, karena wisatawan masih harus menempuh perjalanan darat 2 jam dari bandara ke Pelabuhan Tilamuta di Kabupaten Boalemo dengan kendaraan roda dua atau empat.

Jika wisatawan sudah memesan akomodasi sebelumnya, mereka tidak perlu lagi khawatir dengan biaya transportasi, karena pengelola biasanya menawarkan tumpangan kendaraan gratis. Setelah sampai di Pelabuhan Tilamuta, naik kapal motor selama 15-30 menit menuju Pulau Cinta.

Penyeberangan perahu motor sendiri terbagi menjadi 2, yang pertama gratis bagi wisatawan yang memesan kamar selama 3 hari 2 malam. Kemudian untuk yang kedua, bagi wisatawan yang memesan hanya 2 hari, 1 malam dikenakan biaya Rp 500.000.-.

Biaya Perjalanan ke Pulau Cinta Gorontalo

Biaya Perjalanan ke Pulau Cinta GorontaloKredit foto: Google Maps Kaka Monoarfa

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan berwisata ke Pulau Cinta, Anda perlu membayar mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp 12.000.000 per hari. Tergantung paket wisata yang ingin Anda ambil.

Jumlah pembayaran sudah termasuk transportasi di pelabuhan Tilamuta ke area pulau, sewa peralatan menyelam dan snorkeling dan makan 3 kali sehari yang disediakan dengan konsep buffet di tempat pantai di tengah pulau yang romantis ini.

Menjadi tempat yang populer bukan berarti pulau berbentuk hati ini menawarkan banyak pilihan akomodasi. Pulo Cinta romantis yang sebelumnya tidak berpenghuni ini hanya dikelola oleh resor pertama dan satu-satunya, yaitu resor ramah lingkungan.

resor ramah lingkungan sendiri merupakan penginapan dengan konsep ramah lingkungan, dibangun dengan mempertimbangkan dampak keberadaannya terhadap lingkungan. Tempat peristirahatan tersebut berupa cottage, dengan bangunan berupa rumah-rumah yang berdiri di atas panggung kayu dan berdiri di tengah laut yang biru jernih.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Cinta

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau CintaKredit foto: Google Maps Maxi Szplitk

1. Snorkeling dan Menyelam

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas air, tidak perlu khawatir karena setiap cottage dilengkapi dengan peralatan snorkeling, sehingga wisatawan dapat berenang di sekitar cottage dan menikmati pemandangan terumbu karang di bawah jalan resor.

Untuk kegiatan menyelam cukup dengan menyewa perahu, dan dalam waktu 5 menit wisatawan langsung sampai di lokasi penyelaman dengan pemandangan yang luar biasa.

2. Pendakian Pulau

Bagi Anda yang tidak terlalu suka berenang, hiking bisa menjadi pilihan yang menarik. Meski terhitung pulau kecil, para wisatawan tetap senang menjelajahi pulau ini. Apalagi jika Anda mempertimbangkan bahwa tidak hanya pantai berpasir putih yang terbentang di seluruh pulau, tetapi juga bukit-bukit kecil dan hutan hijau yang indah.

3. Menikmati sunset dan sunrise

Wisatawan bisa melihat sunset dan sunrise langsung dari penginapan terapung yang disewakan. Dengan jarak yang cukup jauh dari masing-masing penginapan, sudah pasti di mana pun Anda menginap di Pulau Cinta, Anda akan mendapatkan pemandangan sunset dan sunrise terbaik.

4. Lihatlah bintang-bintang di langit malam

Dengan langit malam yang gelap dan bebas polusi udara, pengunjung dapat melihat bintang-bintang yang berkelap-kelip begitu terang di langit Gorontalo. Bintang-bintang yang bertebaran di langit terlihat begitu luar biasa saat melihat laut yang begitu jernih dan memantulkan kerlap-kerlip bintang di langit.

5. Petualangan hutan bakau

Bagi Anda yang sangat suka jalan-jalan dan mencoba segala macam aktivitas di kawasan pulau, Anda bisa mencoba merasakan petualangan di hutan mangrove yang tidak jauh dari pantai. Hutan mangrove yang hijau memiliki pesona tersendiri dan jika Anda beruntung Anda akan melihat beberapa biota laut yang hidup di dekat mangrove.

6. Mengunjungi pulau-pulau di sekitar resort

Meski hanya ada satu pulau dengan resort yang megah, pulau ini masih memiliki pulau-pulau kecil untuk dikunjungi wisatawan dan tentunya alamnya yang sangat alami.

7. Ambil foto

Semua tempat di pulau ini sangat menarik dan memiliki pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa berlibur sambil mengejar foto sebanyak-banyaknya, karena keindahan alam sekitar memang tiada habisnya.

8. Makan malam romantis di pantai

Hal inilah yang menjadi fokus utama banyak pasangan yang menghabiskan bulan madu mereka di Pulau Cinta. Dengan fasilitas yang disediakan pengelola, pengunjung bisa menikmati makan malam romantis di tepi pantai bersama pasangannya dengan diterangi cahaya lilin kecil yang cantik.

Fasilitas yang tersedia di Pulo Cinta Gorontalo

Fasilitas Pulo Cinta GorontaloKredit foto: Google Maps Arie Yuliarti

Jauh dari pulau-pulau dan berada di daerah terpencil bukan berarti pulau ini kekurangan fasilitas. Dengan pengelolaan yang baik, wisatawan dapat menemukan fasilitas yang memadai. Pengelola Pulo Cinta Eco Resort menawarkan WiFi gratis di area pulau, TV, air bersih di setiap cottage dan tempat persewaan peralatan diving dan snorkeling.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir kelaparan, karena ada layanan restoran resor untuk mengantarkan makanan dan minuman Anda saat berlibur. Para tamu juga disediakan tempat khusus di tengah pulau dengan tema buffet untuk 3 kali makan sehari. Tentunya dengan rasa yang enak dan menu yang berganti setiap hari.

Pengelola juga menyediakan pilihan penjemputan di bandara dan transportasi laut. Anda tidak perlu khawatir dengan biaya tambahan untuk fasilitas tersebut karena biaya akomodasi di Pulau Cinta sudah termasuk dalam biaya semua fasilitas yang ada di pulau ini.

Tentunya dengan banyaknya aktivitas dan keindahan yang ditawarkan di Pulau Cinta, liburan di tempat ini tentunya bisa menjadi pengalaman yang berharga. Apalagi bagi Anda yang suka menghabiskan waktu liburan bersama pasangan dan keluarga, tempat yang menghargai privasi para pengunjungnya ini bisa membuat liburan Anda lebih berwarna.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button