Tempat Wisata

Pulau Wayag Raja Ampat – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Tempat dan Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp100.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Selpele, Waigeo Barat, Kab.Raja Ampat, Papua Barat; map: Cek lokasi

Pulau Wayag merupakan ikon Raja Ampat yang sangat terkenal dengan keindahan pantai dan perbukitan karstnya yang banyak didatangi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Kekayaan bawah laut dengan flora dan fauna yang menakjubkan membuat pulau ini menjadi magnet bagi pecinta alam dan petualang lagi dan lagi.

Pulau indah ini sendiri berada di utara Waisai. Perairannya sangat unik karena airnya memiliki banyak warna tergantung pada kedalamannya. Di pantai, airnya akan berwarna biru kehijauan dan biru muda, sementara lebih dalam akan berwarna biru tua. Pulau ini juga memiliki pulau-pulau kecil berupa bebatuan karang dengan puncaknya ditumbuhi pepohonan membentuk gugusan yang indah.

Setelah berpetualang di Pulau Wayag, Anda harus siap kembali ke alam. Tidak ada akomodasi, jadi Anda harus berkemah. Jalur internet juga tidak ada sehingga Anda perlu rehat sejenak dari media sosial. Anda dapat menikmati alam dan petualangan, menikmati perbukitan dan menyelam ke perairan yang indah.

Pemandangan pulau Wayag

Tempat Wisata di Pulau WayagKredit foto: Google Maps Tri W gmail

Keunikan keindahan alam pulau ini memang sangat menakjubkan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

1. Keindahan air

Pulau Wayag memiliki perairan yang sangat indah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Air lautnya tenang dan berwarna biru. Saat berada di perairan dangkal, kejernihan air memungkinkan wisatawan untuk melihat terumbu karang di dasar air dan ikan-ikan yang hidup di sekitarnya dari atas perahu.

Tidak hanya itu, biota laut di perairan pulau ini juga sangat menakjubkan. Wisatawan dapat menemukan berbagai jenis terumbu karang, serta hewan laut yang hidup di dalamnya. Dengan keindahan alam bawah lautnya, tak heran perairan di sekitar pulau ini menjadi spot diving yang sangat populer.

2. Keindahan pantai

Tidak hanya dunia bawah lautnya saja, namun juga keindahan pantai-pantai di kawasan pulau ini sangat luar biasa. Pulau dengan air biru jernih ini berpadu dengan pasir putih sehingga terlihat sangat indah. Dari pantai ini, pengunjung bisa menikmati kesegaran airnya. Kejernihannya juga memungkinkan pengunjung untuk melihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil di dasarnya.

3. pulau karst

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau WayagKredit foto: Google Maps NKN Multimedia

Pulau-pulau karst yang berjejer merupakan ciri khas Pulau Wayag dan menjadi daya tarik tersendiri yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Pulau ini berbentuk seperti bukit dengan pepohonan di atasnya, sehingga terlihat hijau di laut biru di sekitarnya. Keberadaan pulau karst ini menambah keindahan tempat wisata.

Untuk menikmati keindahan pulau ini, wisatawan perlu mendaki bukit. Cukup berat dan membutuhkan persiapan fisik untuk mendaki jalur ini. Selain itu, wisatawan perlu sangat berhati-hati dan mengikuti jalan setapak agar tidak jatuh ke jurang ke laut lepas, namun setelah sampai di puncak semua perjuangan akan terbayarkan.

4. Hiu Karang

Salah satu atraksi yang bisa memberikan pengalaman tak terlupakan adalah keberadaan hiu karang yang biasa berenang bebas di tepian pantai. Hiu ini ramah dan tidak berbahaya bagi wisatawan untuk memberi mereka makan. Tentu saja, makanan yang disediakan sudah diperiksa oleh petugas konservasi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Wayag - alamat pulauKredit foto: Google Maps kehidupan Adrian

Pulau Wayag adalah salah satu pulau di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini milik Desa Weigo Barat, sebelah utara Waisai. Pulau itu sendiri juga memiliki gugusan pulau-pulau kecil. Sebagai ikon dari Kepulauan Raja Ampat sendiri, pulau ini banyak dikunjungi wisatawan dibandingkan pulau lainnya.

Untuk mencapai kawasan pulau, Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Sorong dan naik speedboard untuk menuju Waisai. Wahana air ini berlangsung kurang lebih 2 jam. Selain itu, Anda bisa langsung menuju Kepulauan Wayag dari Waisai yang memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau WayagKredit foto: Instagram BAJO || RAJA AMPAT || SUMBA

Biaya menuju Pulau Wayag sebenarnya tergantung dari mana perjalanan Anda dimulai. Jika dari Sorong bisa menggunakan speedboard dengan harga Rp 100.000 hingga Rp 250.000 ke Waisai. Saat masuk Raja Ampat, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 500.000 yang bisa digunakan selama satu tahun. Sedangkan turis asing harus membayar Rp 1.000.000.

Untuk berkeliling pulau Anda perlu menyewa speedboard. Sewa itu sendiri tergantung pada jarak yang ditempuh. Rata-rata Rp 7.500.000 untuk jarak jauh saja sekitar Rp 10-12 juta dengan kapasitas 10-12 orang sehingga jauh lebih murah untuk menyewa speedboard dengan rombongan.

Dalam hal akomodasi, anggaran juga penting. Jika Anda ingin menghemat uang, Anda dapat membangun tenda. Jika tidak, Anda bisa menginap dengan homestay seharga Rp 300.000-400.000 per malam. Untuk resort dengan fasilitas lengkap, sewa kamar per malam bisa mencapai Rp 1.000.000-2.000.000 per malam.

Kegiatan Seru di Pulau Wayag

Aktivitas di Pulau WayagKredit foto: Google Maps Bibi_ Bhswt

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pulau cantik ini. Kegiatan ini akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan dan Anda tidak akan menyesal menghabiskan waktu di kepulauan Raja Ampat yang ikonik ini. Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Berenang

Airnya yang dangkal dan jernih memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas berenang. Selain itu, pantai di sekitar Pulau Wayag memiliki ombak yang tenang. Berenang untuk menikmati kesegaran air laut merupakan kegiatan yang menyenangkan dan cukup aman dari bahaya hanyut oleh ombak.

2. Snorkeling dan Menyelam

Perairan di daerah ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah, sehingga snorkeling atau scuba diving adalah kegiatan yang populer terutama dilakukan oleh wisatawan yang datang ke pulau ini. Ada banyak resor yang menawarkan penyewaan peralatan untuk kegiatan ini, serta akomodasi dan pemandu.

3. Perjalanan dengan kapal

Aktivitas seru di pulau WayagKredit foto: Instagram BAJO || RAJA AMPAT || SUMBA

Anda bisa mencoba aktivitas yang satu ini. Naik perahu dan mendayung di perairan dangkal untuk membuat pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan. Dari atas perahu ini Anda bisa melihat keindahan terumbu karang dan juga ikan-ikan kecil yang berenang di dasarnya. Kejernihan airnya membantu Anda menikmati ekosistem di perairan dangkal ini.

4. Mendaki

Anda juga bisa melakukan aktivitas yang satu ini. Pendakian ke puncak Pulau Wayag akan memberikan Anda spot terbaik untuk menikmati keindahan alam yang terhampar di bawahnya. Perjalanan akan cukup berat, tetapi semua ini terbayar dengan persembahan alam yang sepadan dengan energi yang dikeluarkan.

Akomodasi di sekitar

Dekat Akomodasi Pulau WayagaKredit gambar: Google Maps Hermann Gruber

1.Resor Teluk Sorido

Penginapan ini terletak di Yenbuba, Kabupaten Raja Ampat. Merupakan tempat menginap terbaik jika ingin menginap di kepulauan Raja Ampat. Lokasinya yang nyaman juga ditingkatkan oleh keindahan pedesaan di sekitarnya. Penduduk di sekitar penginapan juga sangat ramah. Penginapan juga menawarkan akomodasi untuk menyelam, termasuk pemandu.

2. Prajas Homestay

Penginapan ini terletak di Pulau Waigo, tidak jauh dari Pulau Wayag. Hanya sekitar 3 kilometer. Penginapan ini menawarkan akomodasi yang nyaman tetapi juga nuansa yang sangat tradisional. Anda juga akan dihadapkan dengan pemandangan alam yang indah dan menu seafood yang lezat.

3. Resor Eco Misool

Penginapan ini sangat direkomendasikan saat berkunjung ke Raja Ampat. Tempatnya juga tidak terlalu jauh dari lokasi pulau. Selain layanan mewah, resor ini juga menawarkan fasilitas berupa akomodasi untuk menyelam dan snorkeling. Anda juga mendapatkan panduan untuk memudahkan menemukan situs menyelam terbaik.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di Pulau WayagSumber gambar: Google Maps Motopacker Indonesia

Pulau Wayag merupakan tujuan wisata bagi pengunjung yang ingin berpetualang di alam, sehingga tidak akan banyak menemukan fasilitas yang layak. Namun, Anda bisa menemukan transportasi berupa perahu untuk berkeliling kawasan ini. Fasilitas ini menjadi kebutuhan Anda untuk menikmati kawasan ini.

Tidak ada akomodasi yang tersedia di area pulau. Jika ingin bermalam, Anda bisa mendirikan tenda. Berkemah tidak hanya menghemat uang Anda, tetapi juga memungkinkan Anda untuk lebih menikmati alam. Tetapi jika Anda tidak ingin berkemah, Anda harus melihat ke daerah pulau lain untuk akomodasi.

Penginapan atau resort di kawasan Raja Ampat biasanya menawarkan wisata yang berbeda. Jika Anda ingin menyelam atau snorkeling, resor tempat Anda menginap akan menyediakan peralatan scuba untuk Anda. Selain itu, Anda akan dipandu ke tempat-tempat terbaik untuk melihat keindahan biota laut di perairan pulau ini.

Pulau Wayag yang menjadi ikon Kepulauan Raja Ampat memang wajib dikunjungi. Dengan keindahan alamnya, Anda dapat berpetualang melintasi alam, mendaki bukit dan menyelam ke laut serta rehat sejenak dari media sosial karena tidak ada internet di kawasan ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button