Tempat Wisata

Taman Palalangon, tempat wisata keluarga yang hits dengan pesona alam di Bandung

harga tiket: Rp25.000, Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: JL.Gambung, Cibodas, Kec. Pasirjambu, Kab.Bandung Jawa Barat; map: Cek lokasi

Bandung terbukti menjadi kota yang kaya akan destinasi wisata, salah satunya adalah Taman Palalangon. Lokasinya di Ciwidey, Bandung Selatan dengan pesona alam yang masih segar jauh dari lokasi industri. Tak heran jika banyak wisatawan asing maupun mancanegara menyempatkan diri untuk berkunjung ketika datang waktu liburan.

Pemandangan alam yang indah tak lepas dari lokasinya yang strategis, yakni perbukitan. Dengan konsep modern dan banyak tempat wisata, sebaiknya Anda datang ke tempat yang masih dekat dengan tempat wisata Perbukitan Barusen ini. Apa saja daya tarik tempat wisata di Kecamatan Pasirjambu? Mari kita bahas sepenuhnya di bab berikutnya.

Atraksi Taman Palalangon

Atraksi Taman PalalangonSumber Gambar: Google Maps Taman Palalangon

Berbicara tentang daya tarik Taman Palalangon tentu tidak ada habisnya. Hal ini dikarenakan banyak sekali hal yang perlu dibahas, mulai dari konsep bangunan hingga wahana yang tersedia hingga pemandangan alam yang terlihat indah dari sudut pandang yang berbeda.

1. Wahana Water Boom

Sebagai objek wisata panorama alam, tidak lengkap rasanya tanpa wahana Waterboom. Anda bisa berenang sepuasnya bersama rombongan sambil menikmati segarnya suasana alam pegunungan. Anak-anak dan orang dewasa dipisahkan sesuai dengan kedalaman kolam.

Meski tidak sebesar yang ada di tempat wisata lainnya, Anda bisa menikmati seluncuran air, percikan air yang jatuh dari atas dan hal-hal menarik lainnya yang berkaitan dengan aktivitas kolam renang.

2. Pesona alam

Liburan yang baik yang dapat menyegarkan pikiran dari penat akibat aktivitas sehari-hari. Taman Palalangon adalah salah satunya yang bisa Anda lakukan untuk tujuan ini. Pesona alam yang asri dikelilingi persawahan membuat arwah melupakan kerasnya hidup walau sesaat.

Selain persawahan, Anda bisa menikmati pemandangan pegunungan dan perkebunan penduduk setempat dengan pajangan bunga yang indah. Pastinya Anda ingin bersantai sambil menikmati sajian alamnya bukan? Silakan gunakan paviliun yang tersedia di sana secara gratis. Anda juga dapat memesan makanan dan minuman jika diperlukan.

3. Berbagai spot foto

Pemandangan PalalangonKredit foto: Google Maps Abstrak 6626

Berlibur jika tidak membawa oleh-oleh bisa disebut percuma. Banyaknya spot foto di Palalangon Park memastikan Anda tidak akan pernah bosan berswafoto atau selfie. Misalkan Anda mengambil foto dari atas melihat ke bawah. Hasilnya pasti menarik dan menakjubkan jika bisa mendapatkan angle yang pas.

Namun ada juga bangunan yang mirip dengan Empire atau Kerajaan Sunda dengan konsep modern. Tidak besar, tapi bisa muat di bingkai kamera. Buat kamu yang suka bunga, ada juga spot foto berupa tempat duduk melingkar dengan hiasan bunga di atasnya.

4. Villa dan penginapan

Meski bukan villa utama dan merupakan bagian dari salah satu fasilitas, namun villa juga menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata Jawa Barat ini. Jika konsep bangunan dan nama penginapannya berasal dari nama boneka, tentu tampil unik.

Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda, dari yang murah hingga yang mahal. Pilihan termurah biasanya tinggal di kamar. Berbeda dengan kelas villa yang harganya hanya bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke atas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman PalalangonKredit foto: Instagram Aliya312009

Pastikan Anda datang ke Jalan Gambung, Dusun Cisondari, Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat jika tertarik dan ingin mengunjungi objek wisata Taman Palalangon.

Rute menuju lokasi dapat bervariasi tergantung dari mana Anda berasal. Misal kita ambil jalan umum saja, mulai dari Tol Soreang. Dari jalan tol, berkendara menuju Jalan Raya Ciwidey hingga ke kawasan Situ Patenggang. Lokasinya dekat dari sana, Anda hanya perlu mencari tanda atau bertanya kepada penduduk setempat.

Lain lagi jika anda start dari Terminal Leuwi Panjang, maka anda harus menempuh jarak kurang lebih 30km. Jalannya bagus dan lalu lintasnya lancar, jadi Anda mungkin bisa sampai di sana dalam waktu 30 menit atau kurang.

Biaya masuk objek wisata

Taman PalalangonKredit gambar: Tatang Rahmat

Biaya masuk berbeda tergantung pada hari dan kategori usia. Untuk hari Senin sampai Jumat harga tiketnya 25.000 rupiah. Di akhir pekan atau hari libur nasional yaitu Sabtu dan Minggu tarifnya agak mahal yaitu 30.000 per orang. Lain halnya dengan anak-anak yang hanya membayar 10.000 rupiah untuk masuk. Dengan harga segitu kamu sudah bisa menikmati wahana Waterboom dan spot foto gratis.

Anda akan dikenakan harga terpisah selain dari wahana di atas. Sebut saja Spot Water Duck dengan tiket masuk sebesar 15.000 rupiah, Boom Boom Car mulai dari 20.000 rupiah, atau jika ingin naik kereta mini juga dikenakan tiket seharga 10.000 rupiah. Masih sangat murah dibandingkan dengan sensasi dan tingkat kepuasan yang didapat.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Taman Palalangon

Aktivitas di Taman PalalangonSumber gambar: Google Maps robbi saat ini

Yang terpenting dari berlibur di tempat wisata yang menarik adalah melakukan aktivitas yang sesuai dengan apa yang ada di sana. Taman Palalangon sendiri menawarkan banyak aktivitas seru baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

1. Selfie dengan Spot Unik

Tidak hanya pemandangan alam yang indah saja yang bisa Anda jadikan sebagai spot foto untuk dijadikan profil atau postingan di media sosial. Banyak juga tempat untuk selfie dan foto bersama yang cukup unik. Contohnya adalah Titanic, tentu saja itu bukan kapal yang sebenarnya! Hanya tiruan yang jauh dari kata serupa namun tetap cocok sebagai background foto tanpa harus melalui proses editing.

Anda dapat mengambil foto dari depan seperti biasa. Namun, kami sarankan mengambil sudut pandang dari bawah, karena ada hiasan air terjun sebagai tambahan. Meski hanya sebuah lukisan, hasilnya tak kalah menarik dari aslinya.

2. Berenang di Waterboom

Aktivitas menarik lainnya adalah berenang di Waterboom, salah satu daya tarik objek wisata Taman Palalangon. Ukurannya memang agak kecil, tapi game di dalamnya cukup lengkap. Ada seluncuran air dengan jalur berkelok-kelok yang bisa memacu adrenalin Anda, dan ada juga ember raksasa yang siap tumpah saat air sudah penuh.

Wahana yang satu ini cocok untuk anak-anak dan orang tua yang ingin menghabiskan liburan bersama mereka. Dua kolam yang tidak terlalu dalam menjadi salah satu alasannya. Namun demikian, anak di bawah umur harus diawasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Berlayar di sekitar perahu bebek

Hal menarik yang bisa dilakukan di Taman PalalangonKredit foto: Google Maps Ceplin Murabati

Selain Waterboom, Anda juga bisa menikmati aktivitas seru dengan berkeliling danau menggunakan perahu bebek. Tarifnya sudah kami sebutkan di bab biaya masuk di atas yaitu 15.000 rupiah. Harga yang luar biasa ini memungkinkan Anda untuk berlayar di sekitar danau dengan bebek dan sepeda.

Selain kesehatan, Anda juga bisa menikmati suasana alam di danau dengan pepohonan rindang yang menyentuh permukaan air. Manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin karena ada batas waktu maksimum untuk membayar tarif satu kali. Biasanya petugas akan memanggil nomor perahu bebek jika waktunya sudah habis.

4. Permainan anak-anak

Jika Anda membawa rombongan keluarga dengan anak di bawah umur, silakan ajak mereka ke aktivitas seru di area bermain anak. Ada lokasi khusus yang bisa digunakan dengan permainan yang cukup lengkap. Beberapa andalannya adalah mobil mini, becak mini, dan sepeda roda dua dan tiga.

Jangan khawatir tentang keselamatan mereka karena areanya berada di atas halaman sehingga aman dan ramah anak. Tapi ada baiknya jika kamu selalu menemaninya saat dia bercanda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di PalanginSumber Gambar: Google Maps Taman Palalangon

Dari segi fasilitas yang setara dengan tempat wisata lainnya, Anda berhak mendapatkan tempat parkir yang aman di lokasi utama Taman Palalangon. Ada gazebo tempat Anda bisa bersantai sambil melihat anak-anak bermain. Selain itu, tersedia pula restoran atau warung untuk mengisi perut yang lapar dengan menu yang bervariasi.

Fasilitas wajibnya adalah mushola dan toilet. Jika Anda memilih untuk bermalam, vila atau resort siap menyambut Anda dan rombongan. Beberapa lokasi atau tempat menawarkan fasilitas Wi-Fi gratis, silakan tanyakan kepada petugas untuk detailnya.

Kekayaan alam Indonesia tidak hanya didasarkan pada produksi alam, tetapi juga pada banyak tempat wisata yang menjadi saksinya. Tempat wisata Taman Palalangon hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak objek wisata yang patut kita banggakan. Oleh karena itu, selalu jaga dan cintai alam di sekitarmu.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button